Jadwal Ramadhan di Kota-Kota Besar Dunia

solar path in the sky

(Chart courtesy of http://www.ummah.net)

Berhubung karena saya masih mencari topik-topik keagamaan yang cocok buat ditampilkan di blog saya selama bulan Ramadhan ini, maka untuk sementara waktu saya akan memposting postingan iseng ini. Postingan iseng ini berupa jadwal Ramadhan di beberapa kota besar di dunia, jadi bagi yang belum pernah/jarang naar het buitenland gaan, bisa mengira-ngira waktu sahur dan waktu buka di negeri-negeri orang. Namun karena Ramadhan tahun ini kebetulan dekat dengan autumnal equinox yaitu dimulainya musim gugur secara astronomis, maka lamanya berpuasa di berbagai tempat di bumi ini hampir seragam. Untuk itu saya juga akan menampilkan jadwal waktu-waktu Ramadhan di beberapa kota besar dunia andaikan terjadi di dekat waktu-waktu summer solstice di bulan Juni ataupun winter solstice di bulan Desember, agar kita mengetahui seberapa besar variasi lamanya berpuasa di berbagai tempat di Bumi, terutama untuk kota-kota di dunia yang berlintang tinggi. Penentuan jadwal Ramadhan ini tentu sangat erat dengan penentuan waktu shalat, untuk itu saya akan mereviu sedikit tentang bagaimana penentuan masuknya waktu-waktu sholat. Untuk itu saya uraikan sedikit cara penentuan waktu-waktu sholat:

Shubuh (Fajr): Seperti gambar di atas, Shubuh dimulai pada saat fajar pertama mulai terlihat di cakrawala, hal ini terjadi pada saat matahari berada di posisi twilight begins pada diagram di atas, biasanya saat fajar dimulai pada saat matahari berada 15o sampai 18o di bawah cakrawala atau horizon, dan Shubuh berakhir pada saat piringan matahari mulai terlihat di cakrawala yaitu di posisi sunrise pada diagram di atas.

Zuhr : Zuhr (Zuhur) dimulai pada tengah hari, yaitu pada saat matahari berada di titik tertinggi atau titik zenith, yaitu di posisi mid-day pada diagram di atas. Ada ulama yang mengatakan bahwa pada saat matahari tepat berada pada titik tertinggi kita haram melakukan sholat, untuk itu kita harus menunggu 3 menit setelah tengah hari agar piringan matahari benar-benar meninggalkan titik zenith.

Catatan: Tengah hari secara astronomis TIDAK HARUS PERSIS dengan pukul 12 siang!

Asr (Asar) : Asar ada 2 metode, yaitu metode Shafi dan metode Hanafi. Pada metode Shafi Asar dimulai pada saat panjang bayangan benda mempunyai panjang 1 kali bayangan benda tersebut ditambah panjang bayangan pada saat waktu tengah hari. Sedangkan menurut metode Hanafi, Asar dimulai pada saat panjang bayangan benda mempunyai panjang 2 kali bayangan benda tersebut ditambah panjang bayangan pada saat waktu tengah hari. Di Indonesia dipakai metode Shafi sedangkan metode Hanafi banyak dipakai di daerah-daerah yang berlintang tinggi.

Maghrib: Dimulai pada saat piringan matahari terbenam di bawah cakrawala, dalam diagram di atas terletak di posisi Sunset, waktu maghrib berakhir pada saat cahaya senja benar-benar telah hilang dari cakrawala atau pada diagram di atas terletak pada posisi Twilight Ends.

Isha: Isha dimulai pada saat cahaya senja telah hilang sama sekali di ufuk cakrawala atau di posisi Twilight Ends, sedangkan waktu shalat Isha berakhir adalah pada saat cahaya Fajar pertama muncul di cakrawala atau di posisi Twilight Begins. Seperti halnya Twilight Begins, posisi matahari pada Twilight Ends juga berada pada saat matahari berada 15o hingga 18o di bawah cakrawala.

Nah, sebagai penutup saya akan sajikan jadwal Ramadhan untuk hari diterbitkannya postingan ini (20 September), serta pada saat winter (22 Desember) dan summer solstice (22 Juni) untuk beberapa kota besar di dunia, nah bandingkan sendiri panjangnya hari dan malam untuk beberapa kota tersebut! Jadwal Ramadhan yang saya berikan hanyalah waktu Shubuh dan Maghrib saja untuk menghemat tempat, dan perlu dicatat bahwa jadwal ini bukanlah resmi, jadwal resmi mungkin bisa berbeda hingga beberapa menit. Kalkulasi menggunakan freeware PrayerMinder yang diinstal di Palm LifeDrive saya.

Kota-kota yang merah adalah kota-kota sub-tropis selatan: Sydney, Australia dan Auckland, Selandia Baru. Yang biru adalah kota-kota sub-tropis utara, sedangkan yang hitam (Singapura dan Mekah) adalah kota-kota yang secara geografis terletak di daerah tropis. Kita melihat di bulan Juni (musim panas), belahan bumi utara mengalami siang hari yang panjang, sebaliknya di belahan bumi selatan, siang hari agak pendek. Sedangkan di bulan Desember kebalikannya, belahan bumi selatan yang mengalami siang hari yang panjang, sedangkan belahan bumi utara mengalami siang hari yang agak pendek. Waktu-waktu di tabel bawah, sudah disesuaikan sesuai Daylight Savings Time (DST) untuk waktu musim panas di masing-masing kota kecuali untuk Tokyo, Mekah dan Singapura yang tidak mengenal DST.

Kota Fajr (22 Jun) Maghrib (22 Jun) Fajr (22 Des) Maghrib (22 Des) Fajr (20 Sep) Maghrib (20 Sep)
Auckland 06.00 17.12 04.05 20.40 04.49 18.15
London 03.39 21.21 05.59 15.53 05.01 19.07
Los Angeles 03.57 20.12 05.24 16.52 05.14 18.59
Makkah 04.13 19.05 05.34 17.43 04.54 18.20
Moscow 03.49 22.18 06.36 15.57 05.29 19.39
New York 03.18 20.30 05.37 16.31 05.07 18.59
Paris 04.39 21.57 06.44 16.55 05.52 19.57
Singapore 05.45 19.12 05.46 19.03 05.46 19.02
Sydney 05.30 16.53 03.56 20.05 04.26 17.48
Tokyo 02.36 18.59 05.15 16.30 04.00 17.43
About these ads

11 responses to “Jadwal Ramadhan di Kota-Kota Besar Dunia

  1. Iyah, disini bukanya jam 7.30 mayan juga laper nya, hehehehe

  2. @raffaell

    raffaell di Malaysia ya? Tapi kalau di Malaysia, azan shubuhnya juga baru sekitar jam 6 pagi ‘kan? Jadinya sahurnya bisa jam 5 begitu! hehehe :D

  3. Jadi sahurnya di malay, bukanya di papua :D WEW JAMIN ASEK!

  4. Abin sakit flu mas, baru sempet online sekarang, udah 2 hari ngga puasa :(

  5. @Black_Claw

    Coba ada teleporter seperti di film Star Trek begitu, habis sahur di Indonesia, langsung cabut ke tempat yang sebentar lagi maghrib di bumi ini, huehehehe…. sah nggak ya puasanya? :D

    @abintoro

    Ya udah bin, istirahat sana! Nggak usah online, nggak usah banyak SMS, makan yang banyak, minum yang banyak, kalau bisa makan buah yang banyak, beli ester-C juga kalau bisa, ok? :)

  6. Wah saya telat baca ini. Saya dapat pengetahuan baru nih Pak YAri. Penjelasan dengan gambar bikin postingan ini mudah dipahami, enak dibaca, readable… :D

  7. Informasinya amat bermanfaat kang .. khususnya untuk yang akan berpergian ke luar negeri. Selama ini saya hanya mendengar “katanya” saja. Katanya kalo puasa di LN itu lebih lama. Nah, sekarang saya sudah dapat penjelasan yang komplit dari kang Yari. Hatur nuhun kang.

  8. @mathematicse

    Thanks ya Kang Jupri, mudah2an selain readable juga understandable ya? :mrgreen: Eh, sama nggak tuh ya? :D

    @erander

    Ya, justru itu mas Eby, ini saya buat untuk mereka2 yang mungkin belum tahu kalau puasa di luar negeri nggak selamanya waktu puasanya lebih panjang dari di sini, tergantung waktu dan tempatnya juga!
    Hayuh, kapan mas Eby mau ke luar negeri nih? :mrgreen:

  9. Ojelas pak, tapi kalo bolak-balik tiap hari itu bukannya berarti waktu kita semakin maju dan orang laen semakin ketinggalan?

    JADI RAMADHAN CEPET DOONGGG!!!

    *rogoh dompet beli baju baru*

  10. @Black_Claw

    Yang penting kalau punya alat kayak teleporternya yang seperti di Star Trek gampang aja, cari tempat2 yang waktu Sahur dan Buka! Jadinya nggak kerasa tuh puasanya! Ya kan? Hehehehe… :mrgreen:

    *rogoh dompet buat beli GT-Man and celana baru*

  11. transporter di startrek masih sangat ngayal sih, tapi bikin pesawat dengan kecepatan 40.000 km / jam mungkin masih kebayang. Jadi bisa keliling bumi lewat garis katulistiwa hanya dalam sejam aja. asyik juga

    ____________________________________________________________________________

    Yari NK replies:

    Pakai pesawat terbang kurang asik, ‘kan ngga bisa berhenti sewaktu2 untuk berbuka puasa, kalau pakai teleporter kan bisa berhenti di mana saja dan kapan saja. Yah, mungkin paling sedikit baru 200-300 tahun lagi tercipta itu teleporter! huehehehe… :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s