Nama-Nama Tempat Terpanjang di Dunia

Langsung to the point saja, inilah nama2 tempat terpanjang di dunia, silahkan hafalkan nama2 tersebut, hehehehe….. :D

1. Krung thep mahanakhon bovorn ratanakosin mahintharayutthaya mahadilok pop noparatratchathani burirom udomratchanivetmahasathan amornpiman avatarnsathit sakkathattiyavisnukarmprasit

Ya, inilah nama asli dari kota Bangkok di Thailand dalam bahasa Thai, yang resmi menjadi nama tempat terpanjang di dunia, orang Thailand sendiri menyingkatnya hanya dengan sebutan Krung Thep saja atau artinya adalah “Kota Malaikat”.

2.Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu

Nah inilah nama lembah di Selandia Baru dari sebuah nama Maori (suku asli di Selandia Baru) yang artinya kurang lebih adalah: “Tempat di mana Tamate, orang dengan dengkul yang besar, yang tergelincir, memanjat dan melahap gunung, yang dikenal sebagai ‘pemakan daratan’, yang bermain suling (flute) untuk kekasihnya” (embeeeeeer!!!….Yari NK)

3. Gorsafawddachaidraigddanheddogleddollonpenrhynareurdraethceredigion

Nah lho?? nama sebuah stasiun di Gwynedd, Wales, Uni Kerajaan yang dipaksakan oleh Fairbourne Steam Railway untuk menyaingi nama terpanjang ketiga di dunia yang juga berada di Wales pada poin ke 4 di bawah ini. Arti dari nama di atas adalah: “Stasiun Mawddach dengan gigi2 naganya di Jalan Penrhyn Utara di pantai emas Teluk Cardigan”. (Aih! Aih! Maksa pisan!!)

4. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

Haha… ini juga berada di Wales, tepatnya adalah sebuah desa, panjang namanya saingan dengan nama tempat nomor 3 di atas, artinya kurang lebih adalah: “Gereja St. Mary yang berada pada lubang di pohon hazel putih di dekat pusaran air cepat di Gereja St. Tysilo dekat Gua Merah”. (Maksa juga deh perasaan! :P )

5. El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles de la Porciúncula

Di antara nama2 terpanjang yang terpampang di sini, mungkin inilah nama terpanjang yang tempatnya paling terkenal (walaupun nama panjangnya tidak dikenal), ya inilah nama resmi kota Los Angeles di California, Amerika Serikat. Dari Bahasa Spanyol yang artinya adalah: “Kota Nyonya kita: Ratu dari malaikat2 Porciúncula”. Nah, nama panjang di atas ironisnya kini hanya disunat menjadi L.A. saja, menjadi salah satu nama terpendek di dunia.

6. Chargoggagoggmanchaugagoggchau bunagungamaug

Sebuah danau di Webster, Massachussetts, Amerika Serikat yang diambil dari bahasa Indian setempat yang artinya: “Kamu memancing di daerahmu, Aku memancing di daeraku, dan tidak boleh ada orang yang memancing di tengah2″. **halaah**

7. Lower North Branch Little Southwest Miramichi

Sebuah sungai pendek di New Brunswick, Canada

8. Villa Real de la Santa Fé de San Francisco de Asis

Nama asli dari Santa Fe di New Mexico, Amerika Serikat. Artinya adalah: “Kota Kerajaan dari Kepercayaan Suci Santo Fransiskus dari Asisi”.

Nah, begitulah kiranya nama2 tempat yang terpanjang di dunia. Ada yang tahu nggak nama tempat terpanjang di Indonesia???

About these ads

34 responses to “Nama-Nama Tempat Terpanjang di Dunia

  1. haha… pertamax akhirnya! Kalo Yogyakarta Hadiningrat termasuk ga ya? Tapi kurang panjang juga ya nyarinya kan yg panjang2 hehehe…

  2. gilaa.. panjang banget.. kalo bikin KTP gimana tuh?? gak muat di ktp

  3. Kayaknya pengetahuan sejarah dan geografi pak Yari dalaem banget deh. Nama panjang sih gak masalah, kalau panjang dan sulit dihafal kan repot juga tuh.
    Info yang sangat bagus, Aku simpan ah

  4. nama saya juga panjang pak….
    rizqy sultan alfaroby asli sini lagi di kos sendiri lagi sibuk benerin koneksi yang terus menerus mati…

    *he he*

  5. wah panjang2 banget ya namanya…
    pernah ketempat tu semua ga pak?
    tempat terpanjang di Indonesia ya porong Sidoarjo Pak, terpanjang deritanya….

  6. sama seperti ridu, hehehehehe :lol: kalau harus ngurus kartu identitas, nama tempatnya apa muat dicantumkna, bung yari, hehehehehe :lol: untuk mengatasinya, kira2 bisa ditulis singkatannya aja tidak, bung?

  7. weh, di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki nama yang panjang-panjang termasuk karena gelarnya (raja-raja dulu seperti itu)
    seperti Aru Palakka, sebenarnya namanya itu
    La Tenri Tatta Arung Palakka Petta Malampe’E Gemme’na Datu Mario Sultan Saaduddin Arumpone
    atau dari Aceh Darussalam
    Sultan Kehalarat Deelat Nyang Meuha Meulia Paduka Seri Baginda Sultan Berdaulat Zilulahil Filalam Alaudin Muhammad Daud Shah

  8. upz… ternyata nama tempat, kirain nama orang… xixixixi :D

  9. E … kalau sungai terpanjang Nil atau Amazon ya, rel kereta api? Kalau jembatan konon Golden Gate dah dikalahkan oleh jembatan2 di Jepang, tul ngak ya? Say juga lupa mana umur terpanjang atau janggut terpanjang, jadi nyesal membacanya tanpa mengingat. Oh, ta satu lagi, kalau senjata terpanjang ap yo (bukan PR lho, soalnya Pak Yari kan enak aja cari infoermasi menarik).

  10. Nama terpanjang di dunia.

    Yariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii NK.
    :mrgreen: :D

    Wah bisa aja Pak YAri ini nemu info-info kayak gini… :D

  11. Hahahahahahaa… sorry, komen sebelumnya jadi ngerusak layar gitu… (maaf, asal pencet keyboard siiiiy… :D )

  12. @abintoro

    Bisa juga Bin…. tapi masih kurang panjang sih ya?? :D

    @ridu

    Ya… kalau di KTP yang dimasukinnya yang kependekannya aja, kalau semua dimasukin mah, bisa mejen atuh! :D

    @Hair

    Hehehe… cuma info iseng2 aja kok… btw terims ya :)

    @alfaroby

    Wah…. kurang panjang tuh…. aturan bisa lebih panjang lagi. :D

    @maxbreaker

    Saya baru pernah ke Los Angeles dan Bangkok aja di atas, sisanya saya belum pernah.
    Wah Porong Sidoarjo terpanjang deritanya ya?? Hehehe…. bisa aja! :D

    @Sawali Tuhusetya

    Iya lah pak…. ditulis singkatannya aja, andaikan panjang2 juga sepertinya percuma saja soalnya field dalam database-nya juga nggak cukup tuh! :D

    @aRuL

    Hihihi….. salah tangkep nih ye? :D

    @Ersis W. Abbas

    Semua yang terpanjang ada pak…. jembatan terpanjang…. jalan terpanjang… rel terpanjang… senjata terpanjang…. bahkan tangan terpanjangpun kalau dicari pasti juga ada! Hehehehe…. :D

    @mathematicse

    Oooo…. kepencet kibordnya toh? Dikirain disengaja biar panjang! :mrgreen:

  13. Ane lagi coba ngafalin nih bang Yari… ternyata gampang kok… Gampang lupanya :mrgreen:

    Eh, bang Yari tau kagak kalo di kita, tepatnya di Jawa Barat, ada kampung-kampung yang namanya “ngeres”… misalnya Sarkanjut, Sarbaok, Cibaok… dan laen sebagenya :evil:
    *geleng-geleng kefala*

  14. @cabe rawit

    sarkanjut, sarbaok, cibaok?!!?!?

    btw, sungai terpanjang di dunia tuh bukan sungai nil,, tapi sungai cikapundung!

    karena sungai ini melewati benua asia-afrika [jalan asia afrika di bandung maksudnya hehe]

  15. Saya gak pernah kepikiran topik-topik seperti ini lho… bisa aja atau hari minggu kemarin lagi kurang kegiatan ya Bos? hehehe… (pls no hurt feeling)

  16. nama panjang di atas ironisnya kini hanya disunat menjadi L.A. …

    Bapak, maaf saya orang Malaysia, dan kalau di Malaysia perkataan sunat itu digunakan khusus untuk itu.. ya sunatan.. makanya saya jadi ketawa besar apabila membacanya.

  17. Hebat.. dapat darimana aja informasi kayak gini? saya yakin orang lokal sana saja belum tentu tahu..

  18. nama segambreng gitu, boro2 mo ngapalin, bacanya aja susah, lha pake bahasa planet sih

  19. @Cabe Rawit

    Sarkanjut?? Cibaok?? Aduh…. baru denger saya! Wah…. hebat dong punya info seperti itu hehehe…. :D

    @atmo4th

    Hahaha… iya ya… bener juga ya…!

    @Yoga

    Bukan lagi ngga ada kerjaan…. tapi memang iya memang lagi males ngetik yang berat2, udah gitu di luar rumah cuaca mendung terus (apa hubungannya???) jadinya ya malesnya tambah menjadi-jadi. Sebenarnya saya masih punya beragam topik, tapi ya itu, waktu itu masih malas mengetik yang berat. Namun walau begitu, biar malas mengetik tetapi ‘kreativitas’ tetap jalan, maka lahirlah postingan seperti ini. Hehehe… :D

    @exzede

    Oooo… begitu ya?? Di Indonesia sebenarnya juga kurang lazim menyebut ‘disunat’ sebagai sinonim dari ‘memperpendek’, tapi agar kalimat tidak terlalu membosankan maka kata ‘disunat’ saya pakai sebagai colloquial hehehe….

    Btw, saya sudah mengunjungi blog anda, nanti saya tinggalkan komen di blog anda, namun sepertinya tulisan anda lebih Indonesia daripada Malaysia. Hehehe….It might only be my impression

    @Spitodsaurus Rex

    Hahaha… iya bener kang Spitod…. belum tentu tahu…. andaikan tahu juga belum tentu hafal juga! :D

    @tan

    Hehehe…. emang…. saya juga heran sih… ngapain bikin nama panjang2, nyusahin orang aja, tapi mungkin biarpun namanya panjang dan susah diingat tapi daerahnya atau tempatnya mungkin diharapkan akan selalu diingat (sebagai tempat yang mempunyai nama terpanjang). Ah, tauk deh! :mrgreen:

  20. Nama kampung saya juga panjang pak
    Lemahabaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang.
    Tu kan? Hahaha…
    Btw, dapat dari mana ya nama begitu? Apa gak capek nulisnya?
    Ada sejarahnya kali ya pak?

  21. Aduh, saya gak liat komennya Pak Jupri.
    *mungkin pikiran saya sama dengan Pak Jupri, sama-sama matematikanya*
    Maaf, jadi kotor ni blognya! :)

  22. bandungkotakembangparisvanjavatemaptkudilahirkantempatkusekolahtempatkubekerjalohkokgakkemanamanasoalnyaterlalucintasamabandungini :mrgreen: aya-aya wae pak Yari ini

  23. wuiih..panjang gitu mau mbacanya aja lidah sampe keseleo gini :-P hayoo pak yari tanggung jawab lidah ita jadi keseleo :mrgreen:

  24. Wah nama Pak YAriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    masih terpanjang di dunia… :D :mrgreen:

  25. @Abied

    Waduh…. tampilan blogku jadi rusak nih! Wakakakak…. :lol:

    @isnuansa

    Cara bacanya bagaimana?? Ya gampang mbak, dari kiri ke kanan, moso dari bawah ke atas seh?? Hehehe…. :mrgreen:

    @Indra kh

    Huahahaha… Pak Indra ikut2an error ya pak?? :mrgreen:

    @eNPe

    Gampang mbak kalau lidahnya keseleo, kan ada Balpirik Ekstra Pedas!! :mrgreen:

    @mathematicse

    Wakakakakak… :lol: Kang Jupri nggak puas2nya nih ya merusak tampilan blogku. :mrgreen:

  26. wow! panjang…
    kepikiran kalo ngitem ngitemin buat tes umptn gimana yah…

    HUHUEHUHEUHE!

    _____________________________________

    Yari NK replies:

    Hehehe…. tapi kalau ngitem2innya sih gampang kayaknya, yang susah yang nyetak dan yang nyetting soalnya, kayaknya sih! :D

  27. saya lagi nyari nyaro nama domain nama kota, eh ketemu di sini he he, daftarin nggak ya? :D salam kenal pak

    _________________________________

    Yari NK replies:

    Wah… daftarin apa nih?? :?: :mrgreen:

    Ok, salam kenal juga ya, dan terims sudah mampir di blogku. :)

  28. Buseeet….gimana ngapalinnya yach…?

    _____________________________________

    Yari NK replies:

    Hehehehe…. kayaknya sih kalau ada orang yg mau ngapalin, kayaknya orang itu kurang kerjaan deh! :mrgreen:

  29. :-D masak panjang banget ke gitu…

    ________________________________________________

    Yari NK replies:

    Mungkin yang ngasih nama terobsesi dengan keahliannya Mak Erot kali! Huehehehe….. :mrgreen:

  30. waghhh,…ternyata ada nama yg panjang…itu yg ngasih nama,…nya sapa pa??
    sterss,…kynya,.,..!!!
    di bandung ada jalan ter panjang,….Leuwi Panjang,..saking panjangnya sampe angkot yang ngetem juga jadi panjang ,..lagi ..hueeeeeeeeeehhehhehe

  31. Ada mas, pasir panjang disingkawang,, untuk info more klik http:facebook.com/GeorgePicktorBrianAre

  32. Do you mind if I quote a couple of your articles as long
    as I provide credit and sources back to your site? My website is in the exact same area of interest as
    yours and my visitors would truly benefit from a lot of
    the information you present here. Please let me know if this ok with you.
    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s