Anda Digigit Anjing Atau Kucing?? Awas Rabies!

Virus Rabies Yang Diperbesar

 Perhatian:

Karena saya bukan seorang dokter, maka melalui artikel dan kolom komentar ini bukanlah media yang tepat untuk berkonsultasi, saya hanya berusaha menulis tentang penyakit rabies sejauh yang saya tahu dan yang saya baca dari berbagai sumber. Jikalau anda ingin mengetahui atau berkonsultasi tentang penyakit rabies silahkan anda menemui dokter anda atau anda dapat berkonsultasi online di sini. Terima kasih sebelumnya dan harap maklum.

Setelah beberapa kali belakangan ini, saya membuat postingan yang ecek2, ada baiknya saya kembali menulis postingan yang agak serius. Kali ini saya akan mengetengahkan penyakit rabies yang kemarin baru kebetulan saya baca di sebuah situs, karena menurut saya temanya cukup menarik dan edukatif, maka saya mencari lagi bahan2 bacaan tentang rabies ini di berbagai situs. Hal tersebut cukup untuk membuka mata saya tentang bahayanya penyakit ini jikalau tidak cepat ditangani, terlebih-lebih saya juga mempunyai  seekor kucing dan seekor anjing (buat jaga rumah) yang bersahabat satu sama lain di rumah saya. Pengetahuan tentang rabies ini sangat penting bagi mereka penyayang binatang baik kucing maupun anjing ataupun binatang2 mamalia lainnya yang dapat dijangkiti virus rabies ini.

Rabies ini adalah infeksi virus yang menyerang otak yang ditularkan oleh terutama gigitan binatang2 berdarah panas yang menyebabkan peradangan (inflammation) pada otak dan jaringan syaraf tulang belakang (spinal cord). Dulu dipercaya bahwa penyakit ini hanya ditularkan oleh anjing saja, mangkannya secara salah kaprah penyakit ini sering disebut sebagai penyakit anjing gila. Namun pada kenyataannya virus ini dapat berkembang dengan  sama suburnya di semua binatang berdarah panas seperti kucing, rubah, kelelawar, rakun (raccoon) dan sebagainya. Penularan terjadi lewat kontak antara air liur binatang yang terkena rabies dengan luka binatang atau orang yang digigitnya.

Jikalau anda digigit oleh binatang terutama binatang liar seperti anjing atau kucing, janganlah anggap enteng, periksakanlah dan konsultasikan segera kepada ahli medis atau dokter anda. Binatang yang terlihat sehat belum tentu bebas dari rabies, mungkin saja dia sudah terkena rabies tapi belum memperlihatkan tanda2nya.

Seseorang yang tergigit binatang yang tertular rabies, tidak serta merta menunjukkan gejala2 penyakit rabies. Biasanya butuh waktu 30 hingga 50 hari untuk virus tersebut mencapai otak atau jaringan syaraf tulang belakang sejak orang tersebut digigit. Walaupun dalam beberapa kasus ada yang lebih cepat yaitu 10 hari dan juga ada yang lebih dari satu tahun. Semakin dekat lokasi gigitan kepada otak, semakin cepat tanda2 rabies akan muncul.

Gejala rabies umumnya dimulai dengan perasaan depresi, gelisah, perasaan umum akan sakit dan juga demam. Tapi 20% dari penderita rabies biasanya dimulai dengan kelumpuhan (paralisis) di kaki bagian bawah dan terus menjalar naik seiring jalannya waktu. Kegelisahan bertambah yang lalu diikuti dengan perasaan semangat (excitement) yang tak terkendali, dan juga produksi air liur yang berlebih. Kejang2 otot di tenggorokan dan kotak suara terjadi karena rabies menginfeksi bagian otak yang mengatur orang bernafas dan menelan. Kejang2 tersebut dapat terasa sangat menyakitkan. Dan parahnya sedikit angin berhembus saja atau bahkan usaha untuk minum seteguk dapat menyebabkan kejang2 tersebut. Karena itu orang penderita rabies tidak dapat minum sama sekali!! Karena itu penyakit ini secara eufemisme dapat disebut sebagai penyakit hidrofobia (takut akan air)!

Nah, bagi mereka yang digigit oleh binatang2 liar, sebaiknya jangan anggap remeh dan cepat konsultasikan pada dokter anda karena jikalau rabies ternyata menyerang anda maka vaksinasi harus segera diberikan. Apa sebab?? Karena anda berlomba dengan waktu. Jikalau rabies telah menunjukkan tanda2 seperti di atas, maka TIDAK ADA VAKSIN ATAU OBAT YANG EFEKTIF UNTUK MENYEMBUHKANNYA. Vaksin (dan juga pemberian immunoglobulin) rabies hanya efektif ketika rabies belum menyerang otak atau menunjukkan gejala2nya. Jikalau sudah maka tidak banyak lagi yang bisa dilakukan kecuali hanya perawatan2 paliatif yang meringankan sakit penderita saja. Jadi walaupun ada tenggang waktu 30 atau 50 hari bagi virus tersebut untuk mencapai dan menyerang otak anda, jangan ambil resiko, dan jangan tunda, segeralah temui dokter anda. Sebab setelah tanda2 rabies tersebut muncul maka semuanya sudah terlambat……….!!

About these ads

87 responses to “Anda Digigit Anjing Atau Kucing?? Awas Rabies!

  1. Iiiiiiiiiiiiy makin takut sy dengan Anjing… :D

    Takut digigit, takut kena air liurnya. Selain haram, juga takut kena rabies.

    Tapi, kok kucing juga gitu ya Pak? Baru tahu saya… :D
    =========
    Btw, itu gambar virus rabies ya, Pak? :D

  2. hahaha saya kira dulu org yg digigit anjing gila berobatnya ke RS jiwa, ga taunya ga jd gila spt org2 yg sakit jiwa…

  3. apa?? TIDAK ADA VAKSIN ATAU OBAT YANG EFEKTIF UNTUK MENYEMBUHKANNYA??

    menyeramkan.. alhamdulillah ridu gak pernah digigit keduanya.. ngeliat anjing aja takut.. tapi baru tau kalo kucing juga berpotensi.. huhu.. jadi ngeri…

  4. Rabies ternyata termasuk penyakit yang berbahaya juga ya, bung yari, kalau sampai terlambat tertangani. Sayangnya, masih banyak masyarakat kita yang masih menganggap remeh penyakit ini, khususnya gigitan kucing, padahal sepertinya sama bahayanya dg gigitan anjing kali, ya? Yups, mudah2an postingan bung yari ini terbaca juga oleh mereka yang masih memiliki pandangan keliru semacam itu, termasuk saya, hehehehe :lol: *mudah2an “halah”-nya ndak lupa, kekekeke :smile: *

  5. semoga saya terhindar dari penyakit itu pak
    nyokkk berdoa sama-sama

  6. Pedro rajin “general check-up” gak??? :D supaya nggak jadi carrier virus yg berbahaya itu.

    Btw, secara bicara soal Pedro…di pagar rumah kang Yari ada tulisan “Beware of dog”-nya gak?? Kalo ada, mungkin perlu diganti tuh .. jadi:
    “Beware of the owner” :P

  7. hati2 dengan anjing!

    [kucing kan ndak salah....]

  8. Wah wah … mudahan jangan sampai digigitnya. Bagus untuk berjaga-jaga. Makasih Kang …

  9. betapa sakitnya, membayangkan aja sudah ngeri

  10. @mathematicse

    Ya.. karena semua hewan mamalia dapat tertular virus rabies, termasuk kucing. Bedanya mungkin kucing lebih takut manusia dibandingkan anjing yang mungkin lebih agresif karena ukuran anjing juga lebih besar. Tapi baik kucing atau anjing atau manusia sama2 rentannya terhadap virus rabies.
    Ya… yang di atas itu virus rabies yang diperbesar.

    @AgusBin

    Yeee…yang dibawa ke RS Jiwa itu bukan korban gigitan anjing gila tapi korban gigitan abin gila… wakakakakak…. becanda kok Bin! :P

    @ridu

    Kalau kucing rumah biasanya sih aman apalagi kalau sudah divaksinasi rabies sebelumnya. Walaupun begitu tetap harus waspada….. :)

    @Sawali Tuhusetya

    Kalau dalamnya gigitan jelas dalaman gigitan anjing daripada kucing, tapi itu tidak berarti gigitan kucing lebih aman daripada gigitan anjing, karena kontak sekecil apapun antara luka dan air liur binatang yang terinfeksi rabies sudah cukup untuk membuka jalan virus tersebut untuk menginfeksi calon korban berikutnya…..

    @realylife

    Nyok!!!….Amin! :D

    @G a i a

    Wah… kalau si Pedro sih, divaksinasi rabies setahun sekali jadinya sip deh! :D
    “Beware of The Owner”?? Nggak sekalian yang punya anjing aja diikat seperti anjingnya?? Wakakakakak…. :lol:

    @deteksi

    Yeee… kucing sama aja beresiko juga terkena rabies…. tapi kalau kucingnya selalu di rumah dan nggak pernah berantem sama kucing lain biasanya sih aman. Lebih aman lagi kalau setahun sekali divaksinasi rabies. :D

    @Ersis Warmansyah Abbas

    Terima kasih kembali…… :D

    @antown

    Kalau begitu ya tidak usah dibayangkan dong! :mrgreen:

  11. *Acungkan jari mo tanya*
    1.udah pernah digigit anjing om?
    2.kucing dirumah saya sering gigit saya. kira2 ada kemungkinan kena penyakit kucing gila ngga?

  12. Shi…shi… *ngusir kucing*

    Sayah dog-lover… :cry:

  13. HE,,,,,,HE,,,,

  14. Saya paling takut dengan anjing, semoga gak akan pernah gigit , takuttttttttttttt

  15. He, syukurnya saya tinggal di daerah yang masih (dinyatakan) bebas rabies. Tapi aturannya juga ketat banget. Setiap anjing dari luar daerah yang dibawa masuk harus disuntik mati! Yang pernah lolos cuma karena bawa surat keterangan (anjingnya) sehat dari Menkes…

    • enak bgt yah,, aq tggl d bali,, kawasn anjing rabies !!
      tadi anjing q brantem ma anjing liar n anjing liar itu kyk anjing gila krn air liurna bnyk bgt netes2 gt n anjing q kna lirna,,jd kakak aq periksa anjingq digigit ga,, jadi kakak q juga kna air liur anjing liar tsb yg ada di rambut anjing q,,,, duuuuuuuuuhhh gmn donk nii,,, klo bsk anjing q baru di vaksin,, dah telatkh???
      apa skali kna air liur na qt jg jd kna rabies??? tkt bgt

  16. Halo Mas….
    Kalo dibasuh pake tanah, kepriwe? Ada salah satu hadits yang menyatakan bahwa salah satu basuhan jika terkena air liur anjing, dibasuh pake tanah. Penyakit yang ada itu, malah mati karenanya. Ini pula yang jadi perantara jadi muslimnya seorang dokter (karena membuktikan penggunaan tanah itu). So, setiap penyakit ada obatnya kali Mas.

  17. masak sih mas…sy denger bisa kok…asal disuntik sebanyak 14 kali di bagian perut (dan sy jg bukan dokter hewan hehehe). ini pledoi sy sebagai pemilik kucing paling cantik di dunia — namanya udjo — dan dia gemar menggigit…apapun yg bergerak termasuk ban mobil dan kaki sy (heheh terlihat tendensinya ya :-) )

  18. ada yang kurang pak Yari, WASPADALAH!! WASPADALAH!! ehehehe, tips menarik, dulu saya pernah di gigit anjing tapi tidak sampai luka sih saya cuekin ajah, baru tau sekarang… ehehe thanks atas info nya

  19. @Malecious Genius

    Pertanyaannya salah…. aturan pertanyaannya… “Pak, apakah bapak sudah pernah menggigit anjing??” Huehehehe…. :mrgreen: Alhamdulillah saya belum pernah digigit anjing.
    Kalau digigitnya setahun yang lalu dan sekarang kucingnya masih oke2 aja, ya berarti kucingnya ngga terserang rabies. Namun, harus tetap waspada, sebaiknya jangan dibiasakan kucing anda menggigit2 anda, kebiasaan yg kurang higienis lagi pula. Atau untuk lebih amannya kucing anda bisa divaksin rabies agar kebal virus tersebut.

    @G

    Saya juga pada dasarnya sebenarnya dog-lover, anjing lebih setia daripada kucing. Saya pernah membaca, lupa di mana, kalau anjing orientasinya pada majikan atau orang, sedangkan kucing orientasinya pada rumah atau di mana ia tinggal. Kucing nggak peduli apakah rumah yang ia tinggali berganti pemilik atau majikan, selama ia masih tinggal di rumah yang sama, dia merasa oke2 aja!

    @marlinvanesia

    He..he..he… juga! :D

    @Landy

    Semoga nggak pernah digigit ya! :D

    @jensen99

    Memang sebaiknya begitu penanganan di daerah2 bebas rabies, kalau ada binatang2 lain dari luar daerah terutama dari daerah yang belum bebas rabies, biasanya memang harus dibunuh atau “ditidurkan”. Btw, sampeyan tinggal di mana??

    @adikhresna

    Itu mungkin… kalau terkena air liur di kulit. Tapi kalau luka gigitan apalagi yang cukup dalam tentu kurang efektif untuk hanya membasuhnya dengan tanah, jangan ambil resiko tetap pergi ke dokter jikalau terkena gigitan binatang liar. Apalagi kalau virus tersebut sudah mencapai otak, bagaimana caranya otak anda dibasuh dengan tanah? :D

    @uwiuw

    Nah…. itu kalau virus belum mencapai otak, jikalau sudah mencapai otak, sekali lagi, tidak ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhkannya lagi, tak peduli apakah 14x atau 100x suntikan di bawah perut, tidak akan efektif.
    Lagipula penanganan vaksinasi rabies zaman sekarang sudah tidak di perut atau di bawah perut lagi. Vaksinasi modern sekarang, setelah digigit, hanya butuh 6 kali suntikan dalam periode 30 hari. Satu suntikan diberikan di dekat luka gigitannya, sisanya disuntikkan di lengan. Namun untuk lebih lengkapnya anda bisa menanyakannya ke dokter anda. :)

    @Raffaell

    Wah untung nggak luka ya… ok deh lain kali hati2 kalau digigit anjing, make sure jangan sampai luka sedikitpun, apalagi kalau digigit anjing liar, karena luka sekecil apapun sudah bisa menjadi jalan masuk si virus ke otak korbannya. Terims kembali! :)

  20. Beugh, saya paranoid dengan binatang bergigi :mrgreen:
    Tapi saya juga parno sama paruh ayam…
    *berdoa… jangan sampe digigit binatang2 yang begituh*

  21. Waduh .. mengerikan sekali ya kang, jika ternyata tidak ada vaksin atau obat yang efektif untuk menyembuhkannya.

    Kang mau tanya .. rabies itu sendiri berasal dari mana ya?? koq ada daerah2 tertentu ada tapi untuk daerah2 tertentu tidak ditemukan kasus rabies.

    Ma kasih ya kang informasinya.

  22. Sepupu saya pernah digigit anjing…setelah ke dokter, disarankan dibawa ke Bandung…saat itu pengobatan hanya bisa dilakukan di Bandung. Setiap hari disuntik, mengelilingi pusar…ihh serem banget dengar ceritanya. Gara-gara ini, saya takut sama anjing.
    Di rumah tak ada binatang peliharaan, bahkan pasang karpetpun tidak, karena suami dan anak-anak alergi debu dan bulu (menimbulkan asma).

  23. waduh… padahal anak-anak di rumah suka main kucing .. kalo dicakar kira-kira sama nggak ya efeknya ?

    Trus katanya ada penyakit yang disebabkan kotoran kucing dan anjing yang juga berbahaya… bener nggak seh?

    salam ajah dari malang :)

    hmcahyo.wordpress.com

  24. Jadi ingat film Wolf’nya Jack Nicholson. heheh

  25. Ada anjing atau kucing yang nampaknya sehat-sehat saja tapi takut kena air apa bisa disimpulkan mereka membawa rabies?

    btw, terima kasih informasinya.

  26. Namun untuk lebih lengkapnya anda bisa menanyakannya ke dokter anda

    ….baik…baik…kaing kaing kaing heheheh

  27. tapi kucing saya itu luthu lhoo…. imut lagi… :mrgreen:

  28. @Menik

    Kalau ayam nggak bakalan terkena rabies, soale bukan mamalia seh! Tapi ya…. bagusan begitu deh, takut sama binatang yg bergigi jadinya aman lah! Tapi… kalau anjingnya ompong masih takut nggak?? Hehehe….. :mrgreen:

    @erander

    Kalau belum menyerang otak sih vaksin rabies sangat efektif sekali.
    Virus rabies itu ditularkan lewat kontak antara air liur dan luka gigitan orang/binatang yg digigitnya. Ada daerah yang bebas rabies itu karena di daerah tersebut binatang2 liar yg berpotensi rabies ditangkap dan “ditidurkan” sementara binatang2 peliharaan sudah punya surat bebas rabies dari dokter2 hewan. Mankangnya daerah tersebut disebut daerah “bebas rabies” meskipun istilah “bebas rabies”nya itu secara juridiksi bukan secara absolut.

    @edratna

    Sekarang pengobatan rabies tidak “mengerikan” lagi bu. Pengobatan modern rabies zaman sekarang cukup disuntik 6 kali dalam selang waktu 30 hari. Satu suntikan diberikan di dekat luka gigitannya dan sisanya disuntikkan di lengan. Jadi nggak mengelilingi pusar lagi seperti dulu. :)

    @hmcahyo

    Kalau dicakar kucing sih jarang sekali jadi rabies…. kecuali kalau kuku si kucing abis dijilatin sendiri oleh si kucing, maklumlah kucing kan sering jilat2, nah sehabis dia menjilati kukunya terus dia mencakar, ya kemungkinan bisa juga, tapi statistiknya sangat jarang sepertinya. Apalagi kalau kucingnya sehat ya nggak apa2.

    Kotoran kucing sama anjing ya jelas saja banyak kuman atau bakterinya! Tapi yang jelas tentu bukan rabies. Tapi siapa sih yang mau mainan sama tai anjing atau tai kucing?? :mrgreen:

    @singowoh

    Yang tergigit jadi werewolf juga ya? :D

    @Yoga

    Kalau kucing sih pada dasarnya memang takut air! Beberapa anjing juga takut akan air! Anjing saya juga paling takut kalau disiram sama air! Jadi takut air belum tentu merupakan tanda2 rabies walaupun takut air juga bisa merupakan bagian daripada tanda2 rabies. Malah ada beberapa binatang yang terkena rabies walaupun ia takut air, ia malah senang berada di tempat lembab seperti kamar mandi dan lain sebagainya. Biasanya ia diam saja di kamar mandi dan mengeluarkan air liur, nah itu harus diwaspadai! :D

    @uwiuw

    hush…hush… pleki! Main di luar sana pleki! :mrgreen:

    @Malecious Genius

    Biar luthu juga kalau nggigit bikin luka juga jagi ngga begitu luthu lagi! Apalagi kalau ada rabiesnya! :mrgreen:

  29. wah diriku untung gak punya anjing nkucing apalagi tikus :mrgreen:

    _________________________________________________

    Yari NK replies:

    Jadi kesimpulannya beruntunglah binatang2 tersebut karena tidak dipelihara sampeyan, begitu ya?? Hehehe…. :D

  30. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/kesehatan/anda_digigit_anjing_atau_kucing_awas_rabies_/

    _____________________________________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih telah ikut mempopulerkan artikel saya. Salam blogger! :)

  31. hanya anjing atau kucing tertentu yang berpotensi rabies. Kalau anjing atau kucing rumahan dan dipelihara baik2 (seperti my lovely AMmar Jr), sepertinya jauh deh dari rabies. Apalagi si Ammar jr. ini rajin divaksin rabies. Tapi untuk jaga2, kalu digigit anjing atau kucing liar, lebih baik segera ke dokter untuk divaksin anti rabies. Karena kalau sudah terlambat (cirinya sangat peka sama matahari), maka bener kata penulis ini, tidak ada vaksin atau obat yang bisa menyembuhakan.. begitu bos…

    _________________________________________

    Yari NK replies:

    Memang kucing atau anjing rumahan lebih sedikit kemungkinannya terserang rabies, namun tentu saja itu tidak mutlak jikalau mereka sering kontak dengan berkelahi dengan kucing2 atau anjing2 liar di jalanan. Tetapi kalau rajin divaksinasi rabies ya tentu ceritanya berbeda. :)

    Peka terhadap sinar matahari adalah memang salah satu ciri rabies tetapi itu tidak mutlak seperti itu. Yang jelas ciri utama mereka yang terserang rabies baik binatang maupun manusia adalah: subtle change of behaviour, perubahan perilaku yang sangat besar, tanda2 lainnya yang tidak mutlak juga banyak yaitu kurang nafsu makan, demam, pupil yang agak membesar, disorientasi, diskoordinasi otot atau bisa juga peka terhadap air, sinar matahari (spt yang anda katakan) atau bahkan angin berhembuspun! :)

  32. lah,, kucingku,, eh,, komenku kemarin ndak masuk toh..? huhu…

    sama seperti Adikhresna tu,, dosen di kampusku ada yang jadi muallaf gara-gara ada salah satu ayat al-qur’an atau hadis yang menyebutkan kalo kena air liur anjing tu musti dibasuh pake tanah…

    ternyata liur anjing tu mengandung apa gitu yang kemungkinan berbahaya bagi kita.. nah,, kenapa dibasuh pake tanah..? coz di tanah itu ada mikrobia tertentu yang bisa mengeliminasi kemungkinan bahaya yang disebabkan liur si anjing itu.. ya kaya sebagai penawarnya gitu deh..

    tapi,, perlu diinget,, virus toxoplasma n rubella juga berasal dari kucing..!! pengalaman dari kakakku,, dia sempet keguguran gara2 virus itu..!! jadi,, buat yang mo nikah, mending cek dulu ada virus itu ndak di tubuh panjenengan… yah, istilahnya,, sedia payung sebelum ujan lah.. huehe..

    duh,, maafkan,, komennya panjang bin aneh gini.. wkeke…

    __________________________________

    Yari NK replies:

    Komen yang mana ya?? Udah aku cari di Akismet tapi nggak ada tuh! :(

    Mungkin saja ada bakteri atau mikroorganisme dalam tanah yang sanggup mengeliminasi zat2 racun yang ada dalam air liur anjing. walaupun kalau virus mungkin agak sulit dieliminasi oleh bakteri (di dunia ini justru lebih banyak bakteri yang dihancurkan/diinfeksi oleh virus), karena virus tidak mengeluarkan zat beracun seperti halnya bakteri, virus menginfeksi seseorang dengan cara masuk ke dalam sel korban dan mengambil alih kalau perlu “mengobrak abrik” DNA di dalam sel tersebut. Lagipula tanah mungkin hanya efektif jika berada di permukaan kulit saja, jikalau sudah masuk ke dalam aliran darah apalagi sampai ke otak tentu tanah menjadi tidak efektif lagi, karena mungkin selain dalam tanah juga terdapat bakteri2 yang “mengobati” tentu juga banyak sekali bakteri2 yang berbahaya, yang mungkin saja justru akan membahayakan jika masuk ke dalam tubuh.

    O iya, taksoplasma itu bukan virus tapi adalah protozoa (golongan parasit), yaitu ‘binatang’ mikroskopik bersel satu. Harus dibedakan antara bakteri, protozoa dan virus. Bakteri itu lebih mirip tumbuhan mikroorganik, protozoa itu lebih mirip binatang mikroskopik bersel satu, sedangkan virus adalah unik, ia bukan makhluk hidup sempurna, ia di antara benda hidup dan benda mati. Jikalau ia berada di luar sel, ia seperti benda mati, tidak bisa berkembang biak, hanya di dalam sel yang diinvasinya saja dia bisa berkembang biak. Dan virus ini tentu saja tidak bernafas dan juga tidak makan, itu yang menyebabkan kenapa dia tidak bisa disebut makhluk hidup. :D

  33. boro2 mau digigit anjing ato kucing, begitu liat kucing aja ita langsung ngaciiiiiiiiiir :mrgreen:

    ___________________________________________

    Yari NK replies:

    Wah… tempo hari katanya petugas penjaga kebon binatang kemaren ada gajah yang langsung ngacir begitu lihat mbak Ita….. wakakakakak…. becanda deh! :mrgreen:

  34. bro…apa kabar semua salam kenal dulu ya pertama kali berkunjung di blog ni

    __________________________________________

    Yari NK replies:

    Salam kenal juga… terims telah mengunjungi blogku… nanti akan ada kunjungan balasan! Sabar ya! :D

  35. Btw, sampeyan tinggal di mana??

    Eh, sy? Wah, agak jauh bang. Ke arah timur rumah bang Yari, terus saja sampai hampir mentok negara tetangga, kira2 di 141 BT… U-know-where :mrgreen:

    _________________________________________

    Yari NK replies:

    Ooooo… tak kusangka di sana ternyata daerah “bebas rabies”, siip deh, hebat! :D

  36. eh,, tokso tu protozoa toh..? oh,, berarti kata dokter mbak ku itu salah..? dia bilangnya tokso itu virus.. begitu…

    tapi kayaknya,, dosenku juga bilangnya tokso itu virus kok.. eh,, yakin nggak yak..? wkeke..

    wah,, penjelasan mas di paragraf terakhir kuliahku banget..!! Sistematika Hewan,, sama Mikrobiologi..!! kikiki…

    tapi makasih inpo-nya… ;)

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Iya… Toxoplasma gondii itu adalah protozoa. Mungkin dokternya mbaknya udah lupa sama pelajaran mikrobiologi kali hehehe…. atau bisa jadi seperti kebanyakan dokter yang biasa meremehkan pengetahuan pasiennya jadi biar gampang sebut aja virus, kalau protozoa kan lebih kurang umum nanti pasiennya malah bingung dan bertanya lebih lanjut. Daripada pusing2 sebut saja virus, kan lebih populer hehehe….. Lagian kalau pasien kan biasanya tidak penting apakah itu virus atau protozoa yang penting bagaimana dianya bisa sembuh, betul nggak?? :D
    However, masalahnya jadi beda kalau misalnya yang mengatakan itu adalah seorang dosen, apalagi dosen mikrobiologi, wah bisa gawat dong, dosennya aja seperti itu bagaimana nanti mahasiswanya! Hehehehe…. :mrgreen:

  37. http://www….
    ternyata kucing potensi rabies juga y…
    kemarin ini aku digigit kucing..
    aku jadi takut dech, soalnya kucing aku, berubah prilakunya, biasanya agresif bgt, apa lagi klo mau makan, semangat banget, tapi sekarang dia lesu n g semangat lg klo nyium bau ikan. gmna dongks??
    apa mungkin dia kena rabies, klo y, aku berpotensi ketularan juga??
    ha … g mw!!!

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Wah…. andaikan benar….. harus cepat2 tuh diperiksakan ke dokter, mumpung belum terlambat! Tapi bagaimana keadaan kucingnya sekarang??? Kalau kucingnya membaik berarti itu bukan rabies….

  38. teman sekalian, kalo ada yang terkena gigitan binatang harus sesegera mungkin ke dokter, karena pengalaman saya kalo terkena gigitan anjing entah itu rabies atau tidak segerakan ke dokter, apalagi kalau udah digigit anjing rabies harus diberikan vaksin tidak boleh lebih dari 24 jam. kata dokter tempat kalau pemberian vaksin udah lebih dari seminggu maka vaksinnya g akan berfungsi lagi.tinggal menunggu ajal menjemput. jadi semoga g ada orang yang seperti aku lagi yah
    nb. aku terlambat vaksin ke dokter
    kalo aku selamat aku akan kembali ke blog ini memberikan komentar
    Thank semoga membantu

    _______________________________________

    Yari NK replies:

    Kalau virus rabies tersebut belum menunjukkan gejala2nya berarti virus tersebut belum menyerang otak, dan masih banyak harapan untuk sembuh. Jadi selama belum menunjukkan gejala2nya berarti belum terlambat.

    Semoga anjing yang menggigit mas Andy bukan anjing yang terserang rabies……..

  39. Hai semuanya, alhamdulilah aku udah membaik walaupun aku pernah hampir tewas, ternyata saya pernah divaksin waktu kecil jadi virusnya udah g terlalu ganas, setelah vaksin 3 kali lagi alhamdulillah aku dah baikan dan moga aku sehat terus yah, thanks buat adminnya dan thanks buat doanya

    __________________________

    Yari NK replies:

    Syukur… alhamdulillah…. senang mendengar anda baik2 saja. Memang kalau tanda2 rabies belum muncul, itu berarti virus belum mencapai otak dan sebelum virus mencapai otak selalu ada harapan untuk sembuh. :)

  40. sebenarnya kucing takut sama ikan, karena setiap ada ikan berenang kucing pasti menjauh……….
    buktikan!

    _____________________________

    Yari NK replies:

    Oooooo ya?? Baru tahu saya…. coba nanti saya praktekkan….

  41. Tanya. Efek dari vaksin rabies itu berapa lama? Soalnya dulu saya waktu kecil pernah digigit anjing punya teman. Karena gak yakin, disuntik vaksin rabies. Tapi itu dulu puluhan (ratusan? hi hi hi) tahun yang lalu. Efeknya masih ada gak ya? Soalnya kan kemarin digigit kucing. :(

    __________________________

    Yari NK replies:

    Memang…. berapa lamanya efek vaksinasi rabies pada seseorang berbeda2. Tergantung dari banyak faktor. Namun dokter manapun pasti akan menyarankan kalau memang digigit binatang yang dicurigai mengidap rabies sebaiknya harus divaksinasi lagi. Jangankan yang sudah puluhan tahun, yang baru setahun yang lalu saja, jikalau digigit binatang rabies sangat dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi tambahan. Jadi andaikan kucingnya yang menggigit pak Budi tiba2 sakit rabies dan tewas (dalam 30 hari), pak Budi tidak perlu ragu untuk mendapatkan suntikan vaksinasi tambahan dan jangan tunda. Tapi kalau kucingnya sehat terus ya kemungkinan besar kucingnya tidak apa-apa dan Pak Budi juga aman dari rabies.

    Sayangnya di zaman canggih ini setahu saya belum ada test atau uji laboratorium yang bisa menentukan seseorang yang baru digigit seekor binatang kena rabies atau tidak sebelum si rabies menyerang otak….. :(

  42. pak, virus rabies pertama berasal dari negara mana?, ….. siapa aja boleh jawab, asala akurat!

    _____________________________

    Yari NK replies:

    Pertanyaannya salah! Sebab virus rabies sudah ada jutaan tahun yang lalu, jauh sebelum ada negara-negara di dunia!

  43. RABIES TUCH BSA DISEMBUHKAN JD YG PERNAH KENA DIGIGIT JGN PERNAH TAKUT,KARNA TUHAN SETIAP MENCIPTAKAN 1 PENYAKIT PASTI ADA OBATNYA DAN BISA DISEMBUHKAN.

    • Betul sekali, tetapi obat itu kan harus dicari lewat penelitian dan bukan turun dari langit begitu saja….. Dan sampai saat ini jika rabies sudah menimbulkan gejalanya biasanya sudah terlambat dan sulit disembuhkan. Rabies bisa disembuhkan saat ini jika BELUM menimbulkan gejala2nya. :)

  44. halo mas Yari…artikelnya bagus, kbetulan br td siang aku digigit sm kucingku sndiri…biasanya gak galak cm klo lg maen dipanggil suruh pulang gak mau dia gereng2…td aku gendong cm ga keburu diturunin da digigit duluan tngan kananku…ini udah yg ketiga sih..sebulan yg lalu yg kiri, skrg yg kanan tp yg ini ky parah gitu…darah ngucur ga berhenti2..jd tkut jg bca artikel ini. td udah k dokter cm ga dsuntik, cm ksi obat minum..kero pernah di vaksin 1x tp da stahun yg lalu tp bkn rabies..tp jd ngeri jg..soalnya lgsungbengkak…aduh mana tangan kanan pas pergelangan sm punggung tangan..jd ga bs ngapa2in..mdh2an gak ada apa2 ya..:(

    • Kalau tangannya bengkak ketika habis digigit dan terasa sakit, lalu darahnya ngucur terus ya itu pasti bukan rabiesnya. Karena virus rabies baru menunjukkan gejala2nya kira2 15-70 hari setelah digigit (tergantung dari letak gigitannya juga). Mungkin saja terkena infeksi tapi bukan dari rabies. Yah, mudah2an tidak apa2 sih. Kalau kucingnya tidak suka berkelahi dengan kucing2 lain, kemungkinannya untuk terkena rabies sih semakin kecil.

    • sama mba..
      aku juga lg bingung ne..
      tp banyakin doalah..
      kalo kucing rumah sih,biasanya ktnya gpp..
      aku dah konsultasi ma dokter sodara di rscm..
      ktnya liat dulu kucingnya kurang lebih 3 hr,,
      kalo gpp (g bertingkah aneh2 ato mati)
      ya gpp…
      tp masih blm tenang juga hati ini..
      saling doain ya mba..

      • iya…skrg kaki ku yg jd korban, tumit n mata kaki robek digigit Kero lagi, salah ku sih lg berantem aku pisahin jd ya ky gini deh..skrg bengkak, mana masih keluar cairan bening gitu, krna robeknya gak ku jahit..tkutt…mdh2an gak ada pa2..aku da disuntik tetanus n minum obat dokter, iya doa sama2 ya… :)

  45. halo semua..
    kmrn ne ad crt lucu,,
    lagi asik2 nya nnton ad kucing brntm tuh,,berisik bgt tu kan??
    trus aku keluar deh ngelempar tuh kucing,yg aku lmpr yang plg gede,,(kucing rumah)
    tp mun dur bntar trus maju lg mo brntm lg,,berisik bgt dehhhhh
    ,ku dekatin tuh kucing rumah,,dia terpojok kan..pas mau aku belai (coz kucing rumah ndiri)n aku pndhin dr situ,,eh, malah nerkam nggigit+nyakar..
    nancep dah tu gigi (3 liang) n cakar (4 liang..)
    darah mengucur..
    banyak…
    trus panik deh,,lgsng bawa klinik n disuntik ats n di bersihin lukanya..
    apa perlu di suntik rabies??
    kucingnya sih,setelah kupantau lbh kurang 3 hari sehat2 aja..
    tolong sarannya ya…
    thx be4..

    • Sepertinya kalau tiga hari kurang cukup. Mungkin 20 hari sampai 30 hari, kalau kucingnya kelihatannya sakit, seperti banyak mengeluarkan liur, terus diam saja (atau kelewat agresif), terus maunya di tempat yang agak lembab dan agak takut sinar matahari, KEMUNGKINAN dia terkena rabies.

      • jadi mesti diawasai smpe 20 hari??
        tp kyknya sih gpp..
        coz tu kucing asik2 aja tu main diluar..
        jadi aku mesti gmn mas??
        thx be4

        • Kalau anda bukan di wilayah yang tengah terjangkit rabies sepertinya sih kemungkinan besar si kucing sehat-sehat saja.

          Namun logikanya begini, kalau si kucing penderita rabies, berarti kucing anda lebih dulu terjangkit rabiesnya daripada anda sendiri kan? Nah, tentu si kucing menunjukkan gejala2nya akan lebih dulu daripada anda, apalagi ukuran fisik kucing lebih kecil dibandingkan ukuran fisik manusia, jadinya virus rabies tersebut akan lebih dulu menyerang sel otak (saraf) kucing anda sebelum virus rabies (yang misalnya ada) di tubuh anda menyerang sel saraf anda. Nah, jadi jikalau si kucing memperlihatkan tanda2 sakit maka anda masih punya kesempatan untuk suntik rabies. Namun begitu (andaikata) si kucing menampakkan gejala sakit, segeralah menghubungi dokter anda.

          Jadi anda, ya santai sajalah, apalagi dokter anda tidak menyuruh suntik rabies dan yang paling penting anda juga tidak termasuk wilayah yang terekspos penyakit rabies… :)

  46. Aku sangat sering digigit kucing, tapi nggak pernah terjadi apa-apa tuh. Waspada boleh saja, tapi nggak harus sampai berlebihan kan? Ingat lho, mereka makhluk ciptaan Tuhan juga. Kalau kita memberi kasih sayang kita kepada mereka, insya Allah rabies tidak akan pernah mengenai kita. Karena itulah balasan Tuhan terhadap manusia yang memiliki kasih sayang kepada makhluk ciptaan Tuhan lain (binatang).

    • Itu tandanya memang kucing anda sehat2 saja. Kekhawatiran memang tidak boleh berlebihan tetapi kita juga jangan lengah dan tetap waspada sebelum terlambat, jadi harus ditengah2 jangan terlalu ekstrim.

  47. halo semua…ini hari kesepuluh pasca digigit kero, kakiku msih sedikit bengkak, tp sudah bisa napak klo jalan dan gak terlalu ngilu/linu lg klo buat jalan, trus dah ke dokter 2x, jg skrg ke rumah sakit, kt dokternya RS gak harus dibedah, cm kt dokter seblumnya kakiku harus dibersihin dengan cara di belek dikit, krena robeknya lumayan besar, bengkaknya krn robeknya belum dibersihin jd obatnya gak masuk. Tp pas di RS cuma dibersihin pke H202, aku disuruh suntik tetanus ke 2 bulan depan, smpe 3x. selasa besok kontrol ke 3. Mudah2an gak ada efek apa2, Kero jg masih kelihatan sehat, cm tetep main keluar. Tadinya mau coba ke RS Dr.Saroso khusus infeksi gigitan kucing dan anjing, berhubung jauh banget jd belum smpat kesana..mohon doa temen2 ya biar kaki ku cepet sembuh, normal lagi dan gak ada efek2 yang nyeremin..AMin..makasih ya jg buat Mas Yari

  48. untung saya gak pernah digigit kucing, paling cm dicakar :D


    Jika Anda membutuhkan info tentang kampus STMIK silahkan klik website kami di http://jak-stik.ac.id

  49. gua digigit anjing, tapi kenapa tambah pinter yak?

  50. Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Penyakit Rabies, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyatakan dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
    semoga bermanfaat
    Rahmah

  51. masyaAllah…. syerem dh…

    mang heewan yg diharamkan (anjing) tu banyak maharatnya y …..ckckckckc,,

    nice..!

  52. halo…anak kakak qu di gigit anjing liar… tp gigitan nya tidak sampai membuat kaki nya berdarah cuma kayak bekas gigitan aj…apa kah itu bisa terkena virus pak? udh di kasih suntik anti rabies d dinas peternakan…tapi malam nya ad keluhan sakit di kepala nya…dan muntahh2…mohon saran nya…

    • Sebaiknya konsultasikan pada dokter anda. Tetapi begini biasanya rabies tidak langsung memunculkan tanda-tandanya dalam sehari, biasanya butuh waktu beberapa bulan untuk mencapai otak dan memunculkan tanda-tandanya. Jadi kemungkinan besar sakit kepalanya itu disebabkan oleh hal-hal lainnya… jadi konsultasikanlah ke dokter anda.

  53. Sy bru sj dgi2t anjing. . . T.T
    ni salah sy sndri. Sy trlalu kget pas sy tau yg dsmping sy itU anjing yg lg jga rumah. ..pdhl anjing itU uda da dr sy brdri, .tnang2 aj, .tp pas sy sdar, .sy triak! Anjing itU kget n lgsg gi2t sy, .
    Tp anjing itU lgsg lpasin gi2tn.a. .
    G smpe luka. .cm nyri dkit. .
    Qr2 gmN y? ?

  54. mati..
    jari wa bis di gigit kucing..
    kirain rabies cuma buat anjing..

  55. allow mas yari..
    aku kmrn sore abis kegigit kucing buat yg ke-2 kalinya. kucing yang sama..itu kucing liar yang suka dateng2 ke rumah.
    gigitan yg pertama kira2 seminggu lebih yg lalu, ampir 10 hari kali ya. dan aku ga suntik var. nah stlh kegigit lagi kemarin, akhirnya tadi aku vaksin anti rabies krn serem jg, yg ini lukanya agak ada memarnya gtu.
    aku perhatiin sih kucingnya baik2 aja, ga ada perubahan tingkah laku sejak dia ngegigit aku yg pertama itu. tadi aku perhatiin dia juga biasa2 aja.
    klo udah suntik vaksin gini, aku msh perlu kuatir ga neh?
    minggu dpn aku msh mo vaksin lagi yg ke-2.
    btw, krn penasaran aku browsing2 ttg rabies pd kucing, trus nemu postingannya mas yari. walopun dipostingnya dah lama, gpp kan aku komen skr :D
    tenkyu bgt infonya :)

  56. Waduh deg2an bgt bacanya, cuz hampir tiap hari sy digigit & dicakar kucing!
    Itu kucing nemu, dulu umurnya 2 bln kurang lah, br nemu sept kmrn, baru2 c dia msh lemes krna kurang asi, skrg uda + besar & aktif bermain, makin lama malah makin pintar.
    Slama ini sy ga pernah kasih dia kluar / interaksi dgn kucing lain, ga pernah kena sinar matahari & blm kasih suntikan apa2.
    Tp tiap bekas gigitannya c sembuh2 aja, dia jg ga ileran.
    Kadang2 bs agresif skali, kl uda agresif suka lari2 ga jelas, ekornya mengembang & larinya membengkokan badan seperti mau ajak berantem.
    Awalnya sy cuek aja skalian ajak dia main, tp lama2 makin liar & gigitannya makin kenceng, sy jd + tatut..aww my g..musti aware nih!
    Apakah itu jg termasuk ciri2 virus rabies, walaupun dia ga pernah main kluar & dirawat dgn baik? Tolong jawabannya..Hatur Nuhun Kang..

  57. 2 jam lalu baru saja digigit kucing. awalnya gak keliatan luka, tapi setelah diperiksa ternyata ada luka kecil. baru baca di internet ternyata obatnya jg bisa dgn ‘mencuci’ bagian yg luka itu dgn detergent, karena dianggap ampuh untuk mencegah rabies itu. semoga saja gak kenapa”. amin.

  58. @Vee

    Kalau kucingnya sehat walaupun suka gigit ya kemungkinan besar tidak rabies. Suka menggigit terus hiperaktif mungkin sifat kucingnya juga begitu. Apalagi kucingnya di dalam terus dan tidak ada wabah rabies pula. Namun begitu tetap harus waspada, jangan sampai sering terluka karena gigitan kucing.

    @faiz

    Kalau anda khawatir konsultasikan ke dokter saja. Deterjen belum tentu bisa menjamin semua virus mati apalagi kalo gigitannya dalam dan deterjen hanya mencapai permukaan kulit saja. Tapi mudah2an sih nggak apa2.

  59. hallo mas, 3 mgg yg lalu aku digigit dijari oleh kucing sakit saat aku tolong meminumkan air ke mulutnya, kucingnya sekarat n besok paginya kucing itu mati, lukanya cukup dalam sampe darah ngucur, skrg lukanya dah nutup, tp ada benjolan didekat bekas luka ky bisul tp gak ada matanya nd kalo dipencet sakit, nah itu tanda rabies apa ga ya?

  60. mau tanya dung.. kalau kena cakar kucing gmn yaa? tp ga terlalu parah sie, skrg juga udah hampir nggak berbekas..

  61. seminggu yg lalu tangan saya di gigit kucing,luka nya tdk parah,tp tngan say bengkak,tp sdh saya bawah berobat,luka saya di cuci dan di kasi betadin lalu di kasih obat anti biotik untk di minum,sekarang lukanya sdh sembuh,tapi kucing nya mati,tepat satu minggu setelah mengigit saya,bagai mana dokter,apakah saya terjangkit rabies. tlg penjelasan dokter.

  62. seminggu yg lalu tangan saya di gigit kucing,luka nya tdk parah,tp tngan say bengkak,tp sdh saya bawah berobat,luka saya di cuci dan di kasi betadin lalu di kasih obat anti biotik untk di minum,sekarang lukanya sdh sembuh,tapi kucing nya mati,tepat satu minggu setelah mengigit saya,bagai mana dokter,apakah saya terjangkit rabies. yg gigit kucing peliharaan.tlg penjelasan …

  63. ternyata kucing juga ada rabiessss nya ya……..
    sebenarnya aku suka sama anjing tp kalau kena gigit gue bisa kena rabiessssss nya dech…..
    ngeryyyyyyyiiiiiiiiiiii

  64. hallo sobt semua. Kalo di gigit kucing 4tahun yang lalu apa masih perlu waspada?. Apa udah aman sejauh ini sih tidak ada apa2. Kucing yang gigit masih muda ibarat cewek masih gadis dan suka di rumah aja .

  65. gini pak dah 2 minggu saya digigt kucing..tapi bekas gigitanya sudah sembuh.tapi kucingya g’ ketemu..jadi saya minta penjelasan..gmn ciri2 pertama orng terkena gigitan rabies trus klo gigitannya sembuh apa bisa berpotensi rabies juga..mohon penjelasanya pak
    Trim’s

  66. halo mas,
    mau tanya ni, 2 atau 3 hari yang lalu adik saya di gigit kucing. tapi baru ketauan setelah kakinya bengkak dan kemerahan.. sampai sekarang masih bengkak dan sempat demam. apakah ada tanda2 rabies atau infeksi biasa ?? apakah membahayakan bagi adik saya ? mohon penjelasannya,

    Trim’s

  67. halo mas,
    3 jam yg lalu saya digigit kucing dibagian dagu saya…
    langsung saya bersihin sama air hangat n dikasih sabun bis tu dkasih obat herbal…tp belum periksa ke dokter
    Itu kucing nemu, dulu umurnya 2 bln kurang lah, baru2 c dia msh lemes krna kurang asi, skrg uda + besar & aktif bermain, makin lama malah makin pintar.
    Slama ini sy ga pernah kasih suntikan apa2.
    Tp kucing itu ga ileran.
    Kadang2 bs agresif skali, kl uda agresif suka lari2 ga jelas, dan sangat aktif,pa lagi klo diajak bermain…n tiap hari kerjaannya tidurr teruss drumah (pagi+siang+malam),,
    Apakah itu jg termasuk ciri2 virus rabies, walaupun tu kucing ga pernah dikasih suntikan rabies? Tolong bgtt jawabannya mas yari..
    thankz b4 yaa….

  68. halo mas,
    3 jm yang lalu saya didit kucing di bagian kaki saya tapi, gigitannya ga berbekas, cuma sampai sekarng masih kerasa bekas gigitaannya
    apa lagi saya sekarng lagi menyusui , dlu nya itu kucing kucing nemu
    kalo kaya gitu ada pengaruhnya ga nya…???? sya takut baby saya jga terkena jga….??? tolong di jawab y mas … maksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s