Daily Archives: Jumat, 4 Juli 2008

Punya Domain Sendiri atau Tetap Gratisan di WP[dot]com ya?

Setahun sudah (lebih sedikit) keberadaan saya di WordPress[dot]com ini. Lewat blog “Spektrum Pemikiranku” ini aku berusaha berbagi ilmu menuangkan semua apa yang ada di kepalaku ini (belum semuanya deh…. database dan knowledge-base di kepalaku masih banyak yang belum aku tumpahkan! :mrgreen: ). Melalui WordPress[dot]com yang memberikan servis gratis untuk ngeblog ini saya mendapatkan media untuk menuangkan segala tetek-bengek yang ada di kepalaku. Sebenarnya servis yang ditawarkan oleh WP[dot]com ini sangat memuaskan (ya iyalah… namanya juga gratis!) walaupun masih ada kekurangan sedikit di sana sini yang sebenarnya tidak begitu mengganggu kenyamananku dalam beraktivitas ngeblog. Namun sejak empat bulan terakhir ini saya mulai memikirkan untuk mempunyai domain sendiri setelah melihat banyak rekan2 blogger yang mempunyai domain sendiri. Domain yang saya inginkan adalah domain yang  berakhiran web[dot]id. Jadinya adalah: spektrumku[dot]web[dot]id, atau yarink[dot]web[dot]id. Tadinya saya mau memakai spektrumku[dot]eu, berhubung karena saya tidak tinggal di Uni Eropa tetapi di Indonesia, dengan berat hati maka saya tentu “harus” memilih yang [dot]web[dot]id. Huehehe……

Namun…keputusan belum final…. saya masih mempertimbangkan baik buruknya alternatif antara ngeblog gretongan gratisan di WP[dot]com ini dengan ngeblog di domain sendiri. Karena saya yakin setiap alternatif pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing2. Berikut ini adalah kekurangan dari masing2 alternatif. Saya tidak akan menuliskan kelebihan2nya karena kelebihan2nya adalah tentu saja kebalikan dari kelemahan2 alternatif lawannya.

KEKURANGAN-KEKURANGAN NGEBLOG GRATISAN DI WORDPRESS[DOT]COM:

  1. Theme terbatas dan CSS tidak dapat dikostumasi.
  2. Tidak bisa menerima Script, baik itu JavaScript ataupun VBScript dan juga tidak bisa menerima animasi Flash sehingga kurang bisa diisi aplikasi2 canggih.
  3. Kurang bergengsi **halaah**, yang ini bener nggak alasannya? :mrgreen: dan juga alamat blog kurang mnemonic alias agak sulit diingat (padahal nggak juga seh…..)
  4. Tidak dapat diisi AdSense (emang ini penting ya?? Kali aja…. :mrgreen: ) dan harus tunduk pada peraturan2 yang dibuat oleh WordPress[dot]com.

SEDANGKAN KEKURANGAN2 NGEBLOG PAKAI DOMAIN SENDIRI ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Tidak gratis ( ya.. iyalaaaah……! :mrgreen: )
  2. Yang murah pasti bandwidth-nya dan space-nya terbatas, sehingga sering timbul masalah kelebihan bandwidth yang sering saya jumpai di hampir setiap blog yang punya domain sendiri.
  3. Kalau terjadi apa2 dengan blog kita di luar masalah teknis yang kita ketahui maka kita akan repot sendiri.
  4. Seperti yang saya alami ketika mengakses blog2 yang punya domain sendiri, waktu loading-nya rata2 lebih lambat dari blog2 yang gretongan. Dari yang lebih lambatnya tidak begitu signifikan hingga yang lambatnya sampai2 tidak bisa diakses oleh beberapa jaringan Internet Provider.
  5. Nah, ini dia jikalau saya pakai domain sendiri belum tentu saya bisa bikin rumus2 matematika seperti ini: {X}_{1,2}=\frac{-b\pm\sqrt{{b}^{2}-4ac}}{2a} atau seperti ini: {t}_{1}=\frac{{t}_{o}}{\sqrt{1-\frac{{v}^{2}}{{c}^{2}}}} Mungkin saja membuat persamaan matematika seperti ini jikalau ngeblog pakai domain sendiri tetapi tentu sangat tidak praktis karena harus memakai \LaTeX editor dan hasilnya harus di-upload.

Nah, itulah menurut saya pribadi kelemahan2 masing2 dari alternatif antara ngeblog gratisan dengan ngeblog pakai domain sendiri. Adakah dari rekan2 sekalian yang mungkin bisa menambahkan apa kelebihan atau kelemahan masing2 alternatif seperti di atas?? :)