Arsip Harian: Kamis, 10 Juli 2008

Fans dari Hungaria???

Gambar:

Letak negara Hungaria (berwarna merah) yang persis terletak di sebelah timur Austria dan di sebelah barat Rumania dan Ukraina.

Kejadian ini baru saya sadari hari Sabtu pagi (5 Juli 2008). Ketika seperti biasa pada pagi hari saya hendak menyalakan komputer dan ingin menjawab komen2 yang masuk di blog saya. Pertama kali saya tidak menyadari apa yang telah “terjadi” pada blog saya. Namun ketika login, baru saya melihat sedikit keanehan yang terjadi pada blog saya, ketika itu grafik pengunjung di blog saya melonjak hingga 611 pada hari Jumat, padahal normalnya blog saya tiap hari hanya dikunjungi sekitar 300an pengunjung saja. “Keanehan” tersebut sedikit terjawab ketika saya melihat widget Globetrackr dan Geovisite yang saya pasang di side-bar blog saya. Alangkah terkejutnya saya melihat banyaknya pengunjung dari Hungaria yang berkunjung ke blog saya!

Ya… saya sangat terkejut karena mereka tidak hanya datang dari Budapest (ibu kota Hungaria) tetapi juga dari kota2 lain macam: Szeged, Debrecen, Miskolc dan lain-lain. Kedatangan mereka terasa tidak normal karena jumlahnya begitu banyak. Dari statistik Geovisite yang saya dapatkan, inilah untuk pertama kalinya jumlah pengunjung blog saya dari Indonesia sebagai tuan rumah dikalahkan oleh jumlah pengunjung dari negara lain, sebuah negara kecil di Eropa Timur yang penduduknya cuma 10 juta yaitu: Hungaria. Sayang waktu itu saya tidak berfikir untuk menskrinsut statistik Geovisite tersebut.

Namun kalau anda bisa melihat ranking negara2 pengunjung blog saya di widget Geovisite yang saya pasang di sidebar blog saya ini, Hungaria kini berada di peringkat ke-5 setelah Indonesia, Norwegia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Pada malam pertama, ketika saya menyalakan komputer saya pada Sabtu pagi, posisi Hungaria berada di posisi ke-6 di bawah Belanda. Namun sore harinya Belanda sudah tersusul dan hingga kini Hungaria masih di posisi ke-5. Padahal sehari sebelumnya, Hungaria masih jauh di luar 10 besar pengunjung blog saya. Belum pernah terjadi, dalam sejarah blog saya, pengunjung dari sebuah negara (apalagi dari sebuah negara kecil) yang dalam satu hari berhasil menyodok masuk ke dalam 5 besar!

Kunjungan dari tamu2 misterius Hungaria ini mulai mereda hari Selasa pagi, namun hingga kini saya masih menangkap adanya jejak2 kaki IP address dari Hungaria walaupun jumlahnya sudah jauh berkurang. Siapakah mereka ini?? Satu-satunya pengomentar dari Hungaria yang mampir di blog saya adalah yang berkomentar di sini. Apakah semua pengunjung2 Hungaria ini ada hubungannya dengan dia?? :)

Sebenarnya kedatangan mereka tidak mengganggu, mereka tidak meninggalkan komentar2 sampah baik di blog saya maupun yang terperangkap si Aki Ismet. Justru sebaliknya I feel happy with their presence since they boost my blog’s traffic! Huehehe……. Hanya saja saya penasaran apa sih tujuan mereka datang ke mari?? Apa mau ngehack?? Atau cuma iseng saja ingin menigbarkan bendera Hungaria di blog saya?? *halaah** Yang jelas kemungkinan mereka mengerti isi blog saya sangat kecil karena di blog ini saya menggunakan Bahasa Indonesia di hampir semua artikel saya!

Ini masalahnya berbeda dengan pengunjung2 dari Norwegia tepatnya dari Oslo seperti yang pernah saya tulis sebelumnya dalam sebuah artikel di sini di mana “orang2 Norwegia” tersebut ternyata dapat dari mana saja termasuk dari Indonesia. Karena mereka yang menggunakan Opera Mini, mereka akan meninggalkan “jejak” IP address Norwegia (dari Oslo)  walaupun mereka berada di Indonesia. Begitu pula, yang saya perhatikan ada juga beberapa pengunjung yang menggunakan IP address Uni Kerajaan (Inggris), Jerman, Kanada dan Amerika Serikat padahal mereka sebenarnya ada di Indonesia (hanya server-nya aja kaleeee yang berada di negara2 tersebut). Namun pengunjung2 dari Hungaria ini agak membingungkan saya, karena selain mereka nampak datang berbondong2, mereka nampaknya juga datang dari berbagai kota yang berjauhan satu sama lain.

Tapi yah, masa bodo amat deh, apapun motivasi mereka, apa mereka cuma iseng, ataukah tertarik dengan artikel2ku ini, ataukah mereka tertarik dengan fotoku yang ganteng itu **halaah**, yang jelas selama mereka tidak mengganggu tentu akan saya terima mereka dengan tangan terbuka malah saya akan bersyukur karena bagaimanapun mereka telah banyak menaikkan trefik blog ini. Bukankah begitu? :D

Post Script:

For those Hungarians (or whoever you are) who flooded my blog, I implore you to keep coming. Your visits boost the traffic of this site, and I do appreciate it. Besides I frankly love to see the Hungarian flag sits on the top of the list! ;) As long as you don’t bring any harms to this blog, you are very welcome!