Saling Memaafkan……..

Lebaran telah di ambang pintu. Ramadhan tahun ini tinggal beberapa hari lagi. Kita bertanya pada diri kita sendiri…. sudah sempurnakah puasa kita? Mencapai ibadah puasa yang sempurna merupakan hal yang sangat sulit bagi manusia biasa seperti saya yang banyak salahnya ini. Ibadah puasa yang “terberat” tentu saja bukan menahan lapar dan dahaga, namun adalah menjaga hati agar tetap bersih di bulan Ramadhan ini. Untuk tetap menjaga hati ini sebersih mungkin terutama dalam menjaga silaturahim terhadap sesama manusia maka memohon maaf dan memaafkan adalah salah satu jalan yang paling baik. Mengapa demikian?

Memaafkan adalah sebuah perbuatan mulia yang sangat identik dengan keramahan. Hal tersebut merupakan bagian daripada perbuatan kebajikan terhadap orang lain. Allah sangat memuliakan mereka yang menahan amarah dan mengampuni/memaafkan orang lain. Di dalam Al-Quran disebutkan:

الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاء وَالضَّرَّاء وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.  (QS 3:134)

Memaafkan adalah melepaskan hak yang dipunyai seseorang untuk membalas perbuatan orang yang bersalah. Ia tidak mengambil hak membalas tersebut melainkan ia mencampakannya dan memaafkan orang yang bersalah tanpa dendam sedikitpun. Hal tersebut sangat menunjukkan kebesaran hati orang tersebut. Nabi Muhammad SAW menghadapi tiga belas tahun perlakuan yang tanpa ampun namun beliau tidak melakukan pembalasan terhadap lawan-lawannya. Beliau bersikap sangat pemurah terhadap mereka yang pernah menjadi musuh-musuhnya. Walaupun Nabi Muhammad SAW mempunyai kekuatan penuh atas lawan-lawannya yang telah takluk beliau memilih untuk mengampuni lawan-lawannya dari lubuk hati yang terdalam. Tidak itu saja beliau juga menekankan pengikut-pengikutnya untuk selalu memaafkan bekas musuh-musuhnya. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa rasulullah pernah berkata bahwa Nabi Musa AS pernah bertanya: “Oh Tuhanku, siapakah di antara hamba-hambaMu yang paling mulia?” Allah menjawab: “Mereka yang memaafkan manakala mereka memiliki kekuasaan.”

Diriwayatkan pula oleh Abu Hurairah bahwa rasulullah juga pernah berkata: “Sedekah tidak akan mengurangi kekayaan seseorang dan juga bagi hamba yang mengampuni, Allah akan menambah derajadnya, dan mereka yang menunjukkan kerendahan hati, Allah akan meninggikannya di tengah hamba-hambaNya”.

Namun begitu, Islam bukan berarti mengajarkan ummatnya untuk menjadi lemah dan tidak waspada. Di dalam Islam tentu kita berhak juga untuk tidak memaafkan orang yang berbuat salah kepada kita dan menjatuhkan hukuman yang setimpal bagi orang tersebut. Hal ini tentu untuk menghukum orang-orang yang bersalah terutama sekali bagi mereka yang bersifat hipokrit dan sangat keras kepala. Orang-orang  seperti ini biasanya berpura-pura minta maaf untuk kemudian jikalau ada kesempatan mereka akan berbuat kesalahan yang sama lagi dan menusuk kita dari belakang. Bagi orang-orang yang melakukan kesalahan seperti ini, Islam menganjurkan untuk menanganinya dengan ‘tangan besi’. Dalam Al-Quran disebutkan:

وَجَزَاء سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa mema’afkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah.Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.  (QS 42:40)

Nah, karena perbuatan hipokrit seperti itu adalah sifat yang tidak kita harapkan semua, (dan juga sifat-sifat buruk lainnya tentu saja) maka di bulan yang suci ini dan di hari yang fitri nanti, sebaiknya mari kita bermaaf-maafan berdasarkan permintaan maaf yang ikhlas, mari kita saling memaafkan dari hati kita yang paling dalam. Sebagai kata penutup di postingan terakhir bulan Ramadhan tahun ini, saya mengucapkan mohon maaf lahir batin, maafkan kesalahan-kesalahan dan juga kata-kata saya jikalau sekiranya menyinggung perasaan para pembaca dan juga rekan blogger semua. :)

About these ads

31 responses to “Saling Memaafkan……..

  1. saya menyampaikan juga, mohon maaf lahir & bathin, semoga kita smeua kembali ke firah di hari kemenangan nanti…..
    Kang Yari mudik nggak ?

  2. tumben nih bisa pertamax….udah pada mudik kali yah ?

  3. sekali lagi ah….jarang-jarang nyampah di sinih…… :D

  4. …….dari kuliah Prof.Quraish Shibab yang mengisi acara sahuran di metro tv dua hari lalu…….diungkapkan tak ada satu ayat pun berbunyi “meminta maaf”….yang ada memang “memberi maaf” dan itu pun sebagai anjuran bukan kewajiban……nah dalam kesempatan ini :diucapkan selamat idul fitri 1 syawal 1429 H….maaf memaafkan; doa mendoakan……

  5. selamat menyambut hari kemenangan, bung yari, mohon maaf lahir dan batin, semoga Allah berkenan mengembalikan kita pada fitrah-Nya, amiin. sukses selalu buat bung yari.

  6. Selamat menyambut Idul Fitri 14 29 H. Semoga Pak Yari bisa memberi maaf atas segala kesalahan saya selama ini, selama di dunia maya ini.

  7. minal aidin walfaizin.
    salam kenal.

  8. Mas Yari, saya mengucapkan Selamat Idul Fitri 1429 Hijriyah. Semoga puasa, tarawih, tadarus, i’tikaf, dan ibadah-ibadah Ramadhan kita lainnya diterima Allah SWT. Keikhlasan ibadah kita hanya kita sendiri yang tahu, dan Allah yang Maha Mengetahui hati kita.
    Saya juga mohon maaf lahir batin jika selama berinteraksi, memberi komentar maupun menjawab komentar, ada kata-kata yang kurang berkenan. Semoga hari-hari ke depan semakin baik bagi kita semua.Amin.

  9. Saya juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1429 H, dan mohon maaf lahir dan bathin apabila dalam berkomentar atau tulisan di blog saya selama ini ada yang tidak berkenan. Dan semoga mas Yari dan keluarga besarnya dapat menikmati hari kemenangan ini dengan gembira. terimakasih

  10. @Yoyo

    Sama-sama. Mohon maaf lahir batin juga. Saya mudik juga, tapi karena saya sudah lama nggak punya kampung, maka saya mudiknya ke Jakarta. Huehehe….. :D

    @sjafri mangkuprawira

    Betul prof…. saya juga menyadari di Al-Quran yang ada memang kata2 ‘memaafkan’. Mungkin karena memaafkan lebih banyak manfaatnya dibandingkan meminta maaf. Andaikan seluruh manusia telah memaafkan semua kesalahan orang2 yang telah berbuat kesalahan terhadapnya tentu tidak ada lagi dosa terhadap sesama manusia. Sedangkan kalau kita minta maaf, kalau tidak dimaafkan dosa orang yang berbuat salah kepada orang tersebut tetap ada. Ah, nggak tahu juga deh.

    Tetapi walau begitu tentu tidak ada salahnya juga kita meminta maaf duluan kan prof? :)

    @sawali tuhusetya

    Terima kasih pak Sawali, mohon maaf lahir bathin juga. Semoga kita semua menjadi pemenang dalam bulan Ramadhan kali ini. Andaikan kita belum menjadi pemenang tahun ini, insya Allah kita dapat menebusnya di luar bulan Ramadhan. Amin.

    @mathematicse

    Maaf lahir batin juga dan selamat hari raya Idul Fitri. Semoga kita semua menjadi insan yang lebih baik lagi selepas Ramadhan ini. Amin. :)

    @yudios

    Selamat hari raya idul fitri juga. Dan salam kenal juga. :)

    @tutinonka

    Mohon maaf lahir bathin juga jikalau ada komentar2 saya yang kurang berkenan. Dan semoga seluruh ibadah Ramadhan kita mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah swt. Amin. :)

    @yulism

    Mohon maaf lahir batin juga mbak Yulis jikalau ada kesalahan kata2/komentar2 saya di blogsfer ini. Dan semoga mbak Yulis sekeluarga selalu berbahagia dan selalu mendapatkan ridhaNya. Amin. :)

  11. Selamat Hari Raya Idul Fitri, pak
    Ita mohon maaf lahir n bathin jika ada salah2 kata selama ngblog :)

  12. Kang Yari, saya menyampaikan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Kemungkinan dalam perhubungan selama ini, baik dari komentar maupun tegur sapa, ada yang membuat hati tak nyaman.
    Semoga di hari yang Fitri ini, kang Yari beserta keluarga dapat menikmati kebersamaan, serta selalu sehat.

  13. akankah kita bertemu dengan ramadhan tahun depan ? Semoga Ridho Allah selalu menaungi kita pada Idul fitri saat ini. Mohon maaf lahir bathin atas segala yang tidak mengenakkan dari diri saya.

  14. Mohon Maaf Lahir Bathin…
    Saya sudah duluan maafin Bapak :)

  15. Mohon maaf lahir batin, Om. Semoga Allah mencurahkan Rahmaan dan Rahiim-Nya bagi kita semua. Amiin… :)

  16. Bagaimana agar spirit Ramadhan dapat terus terpelihara hingga satu tahun kedepan, hingga berjumpa Ramadhan kembali… Itulah tantangan terberat bagi umat Islam.

    Selamat merayakan Idul Fitri Mas, mohon maaf lahir dan bathin atas segala kesalahan. :D

  17. Andai jemari tak sempat berjabat,andai raga tak dapat bertatap
    Seiring Takbir yang mgema, seruan Takbir & Tahmid yang berkumandang
    Kuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri, jika Ada kata serta khilafku
    membekas dihati mohon maaf lahir batin.
    SELAMAT IDUL FITRI 1 Syawal 1429 H
    Dekry Hartana & Keluarga

  18. Saya sering sekali berkata kata yang tidak semuanya indah, kadang saya salah, mungkin riya, mungkin sedikit dusta … dan saya mohon untuk dimaafkan segala kesalahan saya yah :)

    Minal aidin wal faidzin … maafkan saya lahir dan batin karena beginilah kewajiban kita sebagai hamba untuk meminta maaf dan memberi maaf.

    Rindu [a.k.a -Ade-]

  19. trims taujihnya. salam kenal :)

  20. suradira jayaningrat lebur dening pangastuti. sugeng riyadi. :cool:

  21. @eNPe

    Sama-sama saling memaafkan. Saling memaafkan jika ada salah2 kata selama ini…..

    @edratna

    Sama=sama bu, sama2 saling memaafkan. Perkataan2 yang menyinggung mudah2an dapat terhapus dengan moment Idul Fitri ini. Amin.

    @adipati kademangan

    Insya Allah kita bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan. Insya Alllah mudah2an kita senantiasa tidak pernah menyia2kan Ramadhan yang dirahmatkan kepada kita. Amin

    @Anggara

    ‘Met lebaran juga kang

    @Ratna

    Kita sama2 saling memaafkan

    @Alias

    Amin. Mohon maaf lahir bathin juga jikalau ada salah2 kata.

    @agoyyoga

    Betul sekali mbak Yoga. Tantangan terberat bagi umat Islam. Sayangnya banyak umat Islam yang menyadari hal ini tetapi tetap ‘cuek’ saja. Mungkin tantangan terberatnya adalah ‘bagaimana tidak bersikap cuek terhadap memelihara semangat Ramadhan di bulan2 lainnya…”

    Selamat merayakan Idul Fitri juga mbak Yoga, mohon maaf lahir batin juga.

    @Pakde

    Betul pakde…. walaupun fisik tidak kontak, mudah2an hati tetap selalu bersih dalam menjaga silaturahim.

    Selamat Idul Fitri juga pakde. Mohon maaf lahir batin dari saya sekeluarga

    @Rindu

    Semua orang pasti punya kesalahan, apakah kesalahan perbuatan ataukah kesalahan kata2. Namun mudah2an kita juga selalu punya kebesaran dan kebersihan hati untuk saling memaafkan……

    Selamat hari raya Idul Fitri mbak. Mohon maaf lahir batin juga.

    @riza

    Terima kasih kembali juga. Dan salam kenal juga…..

    @sitijenang

    Bonne fête pour toi aussi, mon ami….! Dieu te bénisse….. :)

  22. maafin saya ya pak…..kalo ada slah meskipun kecil juga di maafin ya….

  23. Semoga maaf bukan hanya formalitas di hari lebaran aja yah hehehe

    Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429 H.

  24. Perhatian-perhatian…..
    Diberitahukan kepada para penumpang RAL (Ramadhan Air Line) dg nomor penerbangan 1429H
    Bhw perjalanan akan ditempuh dalam waktu satu hari lagi.
    Ketinggian jelajah amal DILIPATGANDAKAN. Dengan 7an taqwa.
    Para penumpang diharap tetap mengenakan sabuk AMANAH & menegakkan kursi IMAN & IKHLAS.
    Penerbangan ini bebas asap DENGKI.
    Atas nama awak kabin yang bertugas,
    Kami ucapkan “SELAMAT MENIKMATI BONUS-BONUS PAHALA. SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN”
    MINAL AIDIN WALFAIDZIN.

  25. Mohon Maaf Lahir dan Batin atas berbagai kesalahan baik yang disadari maupun yang tidak disadari. Tidak lebih dan tidak kurang bertujuan agar silahturahmi dan diskusi di forum ini akan semakin erat terjalin pak Yari.

  26. mungkin memberi maaf ada batas-batasnya, karena ada juga batas-batas kesabaran, sekali-dua kali, terulang. Begitu pula dengan memohon maaf. Sekali memohon maaf tidak di tanggapi, dua kali tidak ditanggapi, maka tidak ya perlu memohon maaf diteruskan :D . Menurut hemat saya, orang yg memohon maaf itu juga belum tentu berbuat kesalahan, permohonan maaf juga bisa bertujuan untuk menjalin atau mempererat persaudaraan. Jadi alangkah baiknya jika saling mamaafkan, lantas bagaimana seterusnya, maka terserah bagi pribadi masing-masing :D

  27. ………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………………………..

    saya mungkin bisa menghitung jumlah titik-titik ini, sebagaimana halnya saya mungkin bisa memperkirakan jumlah butiran pasir dalam genggaman tanganku,
    namun, bisakah saya menghitung jumlah titik-titik dosa
    berapa juta sakit hati saudara karena perilaku saya
    berapa laksa luka yang tersayat oleh kata-kata saya?
    seluruh bintang yang terbentang di gugus bima sakti mungkin tak mampu mewakilinya
    setak mampunya buih-buih ombak di lautan membilangkannya

    sebulan laku diri
    semoga mampu membakar sebagian daripadanya

    dan
    sepatah kata maaf
    terikrar dari lisan
    sebagai ungkapan ketulusan hati
    semoga mampu membenamkan sebagian yang lainnya
    ke dalam samudera permaafan sesama saudara

    “Selamat Idul Fitri 1429 H
    Mohon Maaf Lahir dan Batin”

    Dewa-Dewi-Jasmine

  28. mohon maaf atas tingkah laku hipokrit saya selama ini *LOOCH..* hehe…

    nah, yg ini serius.. jadi memang mnrt sy ketika org islam kemudian mnghadapi suatu permasalahan, smua menjadi sebuah pemafhuman.. memudahkan permasalahn dan kemudian dgn sedikit LOBY.. akhirnya yah.. sudahlah .. dimaafkan.. padahal, maaf itu kan hakekatnya bukan begitu .. ya Pak Yari..

    mohon maaf lahir batin Om Yari

  29. @ma2nn-smile

    Sama2 maafin saya juga baik dosa kecil maupun dosa yang besar :)

    @L 34 H

    taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum. Maafkan saya juga dan mudah2an puasa ramadhan kita mendapatkan ridha-Nya. Amin. :)

    @Rafki RS

    Terima kasih atas doanya. Mudah2an Pak Rafki juga diberi pahala yang berlimpah dariNya. Amin.

    @laporan

    Betul sekali mari kita membersihkan segala kesalahan2 kita. Perbedaan wajar ada, namun tali silaturahim harus berjalan terus….. :)

    @nayantaka

    Andaikata butiran2 pasir ditambah dengan jumlah bintang yang bertebaran di langit di tambah jumlah molekul air yang berada di lautan, mungkin masih jauh lebih sedikit dari dosa2 kita. Namun di hari yang fitri ini, kita bersihkan hati kita dengan ikhlas agar tali silaturahim selalu terjalin…..

    Mohon maaf lahir batin….. :)

    @fauzansigma

    Bagaimanapun kesalahan antarkita, mari kita bersihkan, tanpa lobby dan tanpa memperhatikan untung ruginya. Mohon maaf lahir batin…. :)

  30. minal aidin walfaidzin ya om..
    mohon dimaafkan semua kesalahan ulan..

    _______________________

    Yari NK replies:

    Mohon maaf lahir batin juga kalau ada kesalahan saya baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s