Ayo Test Mengetik Cepat Dalam Berbagai Bahasa…..!!

Ketika melakukan blogwalking secara tak sengaja saya mampir ke blognya Mas Anang dan menemukan artikel mengenai situs di mana kita bisa mengukur kecepatan mengetik kita. Lumayan juga. Walaupun kecepatan saya mengetik tidak ada hubungannya dengan pekerjaan saya, namun untuk sekedar iseng-iseng boleh juga untuk dicoba sekaligus bisa juga dipakai untuk bahan artikel di blog ini. Huehehe…….

Sebelumnya memang saya tidak pernah mengukur kecepatan mengetik saya karena memang cepat atau lambatnya saya mengetik tidak begitu penting bagi saya pribadi. Namun ketika saya mengetahui mas Anang mempunyai kecepatan mengetik 85 kata per menit, penasaran juga seberapa cepat sih 85 kata per menit itu?? Yang saya tahu dari artikel mas Anang tersebut, mas Anang menempati urutan 446 dari 38.998, berarti sangat mengesankan karena berada di antara persentil pertama dan persentil ke-2 dalam statistik atau di atas desil pertama dalam statistik. Apakah saya bisa juga melakukannya?? Ternyata setelah saya melakukannya ternyata jauh dari harapan!! Huehehehe……. :mrgreen: Ternyata saya ada di urutan 2.155 dari 43.464. Berarti dalam statistik saya ada di antara persentil ke-4 dan persentil ke-5  walaupun masih di atas desil pertama. Saya hanya bisa mengetik 67 kata per menit atau 452 karakter per menit. Namun itu adalah percobaan saya yang pertama. Setelah itu saya mencoba beberapa kali, hasilnya ada yang lebih buruk dan ada juga yang lebih baik namun hasil terbaik adalah 71 kata per menit, tidak pernah lebih bagus dari itu.

Nah, setelah “putus asa” dan bosan karena tidak bisa mendekati kecepatan mengetik mas Anang mungkin karena saya tidak berbakat jadi juruk ketik, maka saya mencoba untuk menguji kecepatan mengetik saya dalam Bahasa Inggris. Ternyata walaupun saya bisa mengetik 73 kata per menit, lebih banyak dari yang bahasa Indonesia, namun dalam jumlah karakter saya hanya bisa mengetik 404 karakter per menit. Mungkin karena kebetulan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang diujikan untuk diketik rata-rata lebih pendek daripada yang berbahasa Indonesia. Dari segi peringkat saya tidak terlalu buruk yaitu: posisi ke-233.713 dari 3.014.741. Dalam statistik berarti saya ada di antara persentil ke-7 dan persentil ke-8 namun tetap berjaya di atas desil pertama. Wah… nggak jelek-jelek amat! Hueheheh…… Hasil tersebut juga hasil percobaan yang pertama kalinya.

Bosan dengan uji kecepatan mengetik dalam Bahasa Inggris, saya dapat ide untuk uji kecepatan mengetik dalam bahasa-bahasa lainnya yang tidak begitu asing buat saya. Berturut-turut saya mencoba: Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Belanda, Bahasa Jerman dan Bahasa Malaysia. Untuk mencoba uji kecepatan mengetik anda dalam berbagai bahasa tinggal diklik saja bendera-bendera kecil yang ada di layar atas.  Setelah dibanding-bandingkan dengan yang Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, maka hasil uji kecepatan mengetik bahasa-bahasa tersebut adalah sebagai berikut (semua hasil adalah percobaan yang pertama kali bukan yang terbaik):

Berdasarkan kata per menit:

Bahasa kata per menit
Inggris 73
Malaysia 70
Indonesia 67
Jerman 56
Belanda 52
Perancis 42
Spanyol 40

Berdasarkan karakter per menit:

Bahasa Karakter per menit
Indonesia 452
Malaysia 442
Inggris 404
Jerman 340
Perancis 336
Belanda 327
Spanyol 320

Kesulitan dalam mengetik Bahasa Perancis, Jerman dan Spanyol adalah mengetik karakter-karakter diakritikalnya seperti: é,â,ñ,ü,â,ä dan sebagainya. karakter-karakter dengan diakritik seperti itu tentu saja mengganggu uji kecepatan mengetik saya karena saya memakai kibor standar yang hanya cocok untuk uji kecepatan mengetik Bahasa Indonesia, Malaysia, Inggris dan Belanda saja. Saya sebenarnya juga ingin mencoba menguji kecepatan mengetik saya dengan bahasa-bahasa yang benar-benar asing buat saya seperti: Bahasa Denmark, Bahasa Polandia, Bahasa Ceko dan sebagainya, namun ya itu saya khawatir terbentur oleh karakter-karakter diakritikalnya sebab tentu saja nanti uji kecepatan mengetiknya menjadi sangat tidak sempurna. Nah, apakah anda ingin mencoba kecepatan mengetik anda?? Silahkan mencoba! Cobalah dengan bahasa-bahasa asing, minimal dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda yang relatif mudah. Bagaimana?? :D

Berikut adalah ringkasan hasil uji kecepatan mengetik dalam berbagai bahasa yang sudah saya lakukan:

Test Mengetik Kecepatan Bahasa Indonesia (452 karakter per menit. Posisi ke-2.155 dari 43.464):

67 words per minute

Speed test

________________________________________________________

Test Mengetik Kecepatan Bahasa Inggris: (404 karakter per menit; posisi ke-223.713 dari 3.014.741)

73 words per minute

Typingtest

_________________________________________________________

Test Mengetik Bahasa Perancis (336 karakter per menit; posisi ke-235.218 dari 829.689):

42 mots par minute

Speedtest

___________________________________________________________

Test Mengetik Bahasa Spanyol (320 karakter per menit; posisi ke-243.646 dari 962.988):

40 palabras por minuto

Speed test

___________________________________________________________

Test mengetik Bahasa Belanda (327 karakter per menit; posisi ke-30.301 dari 51.130):

52 words per minute

Speedtest

______________________________________________________

Test Bahasa Jerman (340 karakter per menit; posisi ke-267.994 dari 1.432.748):

56 Wörter pro Minute.

Speedtest

___________________________________________________________

Test Bahasa Malaysia (442 karakter per menit; posisi ke-194 dari 21.827):

70 perkataan seminit

Speedtest

About these ads

27 responses to “Ayo Test Mengetik Cepat Dalam Berbagai Bahasa…..!!

  1. aku dah nyoba pak….aku lambat banget rupanya

  2. Waaakz…. saya jauh banget. itu jg baru yg pake bhs indonesia belum pake bahasa lainnya. paling bagus cuma 322 karakter per mnt. payah deh. bhs yg lain pasti lbh lambat lagi..

  3. Izin ke TKP, Gan…. ^^

  4. Arrgh,,, Bahasa Indonesia cuma dapet 70 kata per menit T_T
    Hiks… Diganggu sama orang di sebelah saya sih….
    Huh..

  5. Bahasa Indonesia nih…
    You reached 354 points, so you achieved position 2193 of 44611 on the ranking list

    You type 508 characters per minute
    You have 72 correct words and
    you have 3 wrong words

    Hampir nyamain Om Yari ya? Yess…. :D

  6. woalah, pak… saya ngetrik normal dan standar saja masih terbata-bata, gimana kalo ngetrik cepet? makanya saya nggak mau jadi notulen yang dituntut ngetrik dengan kecepatan supersonik… :mrgreen:

    dan kalau mau jujur pak, kecepatan saya ngetrik sebenarnya lumayan cepet, tapi saya malah jadi korup satu atau dua huruf :lol:, jadi daripada saya salah ketrik, mending lambat asal tidak selamat :mrgreen:

  7. ya segera dicoba nih,
    postingannya educated
    and inspiring, mas Yari
    maturnuwun, syukran katsir,
    namaste, gracias, arigatou ganbatte ne,
    horas, njuah-njuah banta karina
    hihihi :)

  8. udah ngetestnya tapi sayah harus mengakui pak yari.. jari syah sakit semua gara2 kibordnya terlalu keras *alesyan* :D

  9. ngetik ku cuman pake 4 jari doank..3 di kanan 1 di kiri..heee..gimana mau cepet

  10. @mantan kyai

    Nggak apa2… lambat mengetik itu lumrah… asal jangan lambat berfikir aja… :mrgreen:

    @Ag bint

    Yaah…. itu sih seperti saya ngetik dalam Bahasa Spanyol aja kira2.. huehehe…. :D

    @a3u5z1i

    Wah… berarti kita kira2 sama dong kecepatannya mengetiknya. Tapi jangan pakai alasan gitu dong… lha wong saya juga ngetiknya sambil garuk2 kok… huehehehe…. :mrgreen:

    @Alias

    Wah… sama dong… berarti kita sama2 berada di persentil ke-4 dan ke-5 juga. Huehehe… good.. good… good…. :D

    @Infinite Justice

    Daripada lambat tapi tidak selamat mendingan diam aja tapi tidak selamat sekalian… wakakak… :lol:

    @mikekono

    Boleh nyobain bang… yah hitung2 hiburan menjelang pemilu…. tetapi kalo kesel karena ngetiknya kurang cepet kibornya jangan dihancurin ya bang?? :mrgreen:

    @almascatie

    Wah… jari2nya sakit ya?? Kasihan kibornya dong…. :mrgreen:

    @boyin

    Kok cuma 4 jari bang?? Jari yang lainnya buat ngupil ya bang?? :mrgreen:

  11. gw ngetik biasa aja deh, engga usah cepat-cepat

  12. pa kabar om ??? kok gak pernah mampir nih ?

  13. weih… jadi pingin nyoba pak.. biasanya saya ngetik sebelas jari.. pasti lebih cepat dari yang 10 jari… :mrgreen:

  14. @kellyamareta

    Memang. Ketepatan lebih berharga daripada kecepatan. Tetapi sialnya sudah tidak cepat tidak tepat pula, nah jadinya gimana tuh?? :D

    @Bambosi Blog

    Bukannya nggak mau mampir… abisan banyak sih yang harus dihampirin… Biasanya aku mampir dulu ke tempat blog2 yang sehari sebelumnya sudah meninggalkan komen di blogku. Lantas kalau ada waktu baru dilanjutkan ke blog2 lain…. Itupun sering terkendala waktu dan seingetnya saja mana blog2 yang sedang mampir di kepala… huehehe… aduh jadinya kalau belum sempat mampir mohon maaf ya… :)

    @azaxs

    Lebih cepat yang 111 jari…. yang 1 di kiri yang 11 di kanan…. :mrgreen:

  15. kalau kecepatan pake mouse bisa nggak yah..
    heheh jadi inget game virtual cop.. :)

  16. Saya sih pasti kalah, apalagi kalau lagi punya ide langsung diketik, mumpung ada idenya…dan itu nggak pake mikir. Nanti baru dibetulkan, dan ternyata kecepatan tanganku tak seimbang dengan jalan pikiranku…ya udah deh …nerima aja..

    • Kalau saya biasanya kalau dapat ide biasanya cuma saya tuliskan idenya di Notepad, apalagi kalau malas. Nanti jikalau tiba waktunya ditulis di blog baru deh tuh ide menulis keluar begitu saja, dan jikalau bisa mengetiknya juga cepat. Jadi fikiran dan tangan saya bekerja seimbang cepatnya…. huehehe…..

  17. dsfsdfs67877 test test

  18. Poppy S. Pramawati

    Sebenarnya berapa sih standard minimum/standard yang masih bisa ditolerir untuk kecepatan mengetik karakter & kata per menit ? Terimakasih

  19. wah…, makasih neh infonya… Asik juga.. ku dah nyoba tapi lum bisa secepat Anda..
    baru bisa 66 kata permenit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s