Satu Cangkir, Satu Sendok Makan dan Satu Sendok Teh

Cangkir Ukur

Cangkir Ukur

 

Sendok Ukur

Sendok Ukur

Bagi anda yang sudah punya anak atau minimal dulu pernah jadi anak, tentu anda pernah atau masih ingat bagaimana anda memberikan atau diberikan obat atau multivitamin dengan dosis sendok makan atau sendok teh. Entah itu satu sendok teh, setengah sendok teh, satu sendok makan dan sebagainya. Atau mungkin bagi anda yang gemar memasak, tentu juga anda sering menemukan ukuran satu sendok makan, setengah sendok makan, satu sendok teh, setengah sendok teh dan sebagainya.  Juga dalam buku memasak yang sering kita jumpai (apalagi buku-buku masakan bulé) sering kita jumpai takaran atau ukuran 1 cangkir (one cup) setengah cangkir (half a cup) dan sebagainya.

Bagi mereka yang sudah sangat ahli dalam memasak tentu mereka tidak terlalu terpengaruh dengan ukuran-ukuran tersebut karena tangan mereka telah terbiasa dengan ukuran-ukuran seperti itu, tanpa alat bantupun mereka sudah sangat pandai mengira-ngira. Walaupun ukurannya kurang tepat, dalam memasak paling-paling resikonya adalah rasanya yang sedikit ‘berubah’ dari standard ketika masakan tersebut jadi. Namun mungkin tidak begitu halnya dengan dosis obat. Jikalau dokter meresepkan obat tiga kali setengah sendok makan misalnya, tentu sebaiknya (baca: seharusnya) obat tersebut benar-benar dikonsumsi tiga kali setengah sendok makan dan bukan tiga kali satu sendok makan ataupun satu kali satu setengah sendok makan dan sebagainya. Ketepatan dosis ini tentu saja perlu, agar senantiasa obat dapat bekerja memberikan efek kesembuhan yang optimal dan meminimalisasi efek-efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh si obat jika diberikan dengan dosis berlebih. Kesalahan dosis ini menjadi lebih terasa jikalau kesalahan tersebut terakumulasi dari waktu ke waktu.

Nah, sekarang  jika kita mendengar kata ‘sendok teh’ atau ‘sendok makan’  kita pasti ingatnya adalah sendok teh dan sendok makan sehari-hari yang sering kita gunakan di rumah. Begitu pula jikalau kita mendengar kata ‘cangkir’ (cup), ingatnya adalah cangkir teh kita yang ada di rumah. Padahal volume atau isi cangkir kita bisa saja berbeda dengan volume cangkir tetangga kita. Bahkan antar volume cangkir kita sendiri yang berlainan seri bisa saja berbeda.

Untuk itu di negara-negara maju, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ukuran satu sendok makan, satu sendok teh, dan satu cangkir didefinisikan secara ‘eksak’ oleh hukum. Ada sedikit perbedaan antara ukuran-ukuran tersebut di AS dan di Inggris:

Ukuran uk_flag us_flag
sendok teh 5 ml 4,93 ml
sendok makan 15 ml 14,79 ml
cangkir 285 ml 236,59 ml

Saya pernah iseng mengukur ketepatan isi sendok teh dan makan yang sering saya gunakan di rumah dan dibandingkan dengan ukuran sendok teh dan sendok makan ukuran standard AS. Ternyata hasilnya cukup tidak tepat. Isi satu sendok makan yang ada di rumah saya ternyata isinya hanya lebih banyak sedikit daripada isi satu sendok teh standard AS. Begitu pula dengan ukuran satu sendok teh yang ada di rumah saya, setelah diukur ternyata kira-kira hanya dua pertiga standard ukuran sendok teh AS. (Catatan: standard ukuran sendok teh/makan AS di sini maksudnya bukan sendok teh/makan buatan AS tetapi lebih kepada ukurannya!!)

Nah lho, jadi bagaimana dong?? Jangan khawatir, di supermarket dan juga apotik-apotik yang besar biasanya dijual measuring spoons yang standard (seperti gambar di atas contohnya). Biasanya menurut measuring spoon yang standard itu, satu sendok teh sama dengan 5 ml sementara satu sendok makan sama dengan 15 ml. Atau satu sendok makan sama dengan tiga sendok teh. Juga untuk ukuran cangkir (cup) biasanya dijual juga measuring cup (seperti contoh gambar di atas) yang banyak dijual di supermarket-supermarket. So, bagi orang-orang yang sangat mengutamakan ketepatan pengukuran (seperti saya ini) dapat menggunakan alat-alat bantu seperti di atas yang sangat menolong tersebut. :mrgreen:

Catatan:

Di Australia, ukuran satu sendok makan (20 ml) sama dengan empat sendok teh (5 ml).

About these ads

25 responses to “Satu Cangkir, Satu Sendok Makan dan Satu Sendok Teh

  1. Jadi ingat, saat anak-anak kecil, masih jadi ibu muda (lha sekarang kan ibu mertua)…segala sesuatu diukur dengan tepat.
    Bahkan resep masakan diusahakan dengan aturan yang tepat, urutan dan ukurannya. Semakin ahli, maka semakin bisa menyesuaikan.

    Kalau saya, ukuran sendok sama, tapi teh bikinan mbak Ti di rumah Jakarta lebih tepat (mbak Ti ini cara bikin tehnya selalu enak), dibanding mbak Sri yang di Bandung…padahal diajari bikin tehnya sama. ….(saya pencinta teh)

  2. ada ga ya yg minum obat satu centong? pabriknya bingung bikin measuring centong ..huehe

  3. Tapi, kalau dalam resep-resep Indonesia, yang dipakai ukuran biasa di Indonesia kan? Btw, saya ga pernah lihat measuring spoon di supermarket. Emang ada ya? Itu yang ukuran AS, setelah hasil konversi dari imperial ke metrik ya? Ko’ angkanya aneh?

  4. Kalau ukuran Indonesia kok ga ada ya Mas Yari?

  5. geli ma pak yari ini…. ada2 aja postingannya hihihi…….
    thanks atas infonya

  6. hehehe.. sempat sempatnya kalibrasi sendok makan…
    Yup.. standardisasi itu penting, oh ya kalau boleh tanya berarti sendok tuh ada ISO nya yah? piring juga kah?

  7. hehehehehhehhe……untung aq blom punya anak…heheheheh
    tapi infonya enarik buat jaga2 hehehheh

  8. masing masing daerah memang beda, karena itu dibuatlah Sistem Internasional sebagai standardisasi…

  9. waduh, sayah kadang ga pernah merhatikan ukurannya yah… paleng cuman diliat, busyet ni sendok kecil/besar banget :)
    engg.. kebutuhan untuk melakukan standarisasi didunia makin lama makin besar yah… *mikir apalagi yang belom di buat ukurannya*

  10. @edratna

    Kalau teh sih, mungkin selain ukurannya yang tepat, termasuk perbandingan teh dan air, kepekatan teh, panas dinginnya air, jenis teh bahkan merk teh kayaknya sih semuanya pengaruh selain tentu saja keahlian tangan si pembuat yang paling menentukan juga secara psikologis mood kita juga bisa berpengaruh pada enak nggaknya teh yang kita minum…. huehehe…. :D

    @mantan kyai

    Pabriknya sih nggak bingung, soalnya dulu pabriknya malah pernah bikin ‘measuring gentong’ untuk sampeyan dulu waktu kecil yang sering dikasih obat cacing dengan dosis tiga gentong sehari…. wakakakakak…. :lol:

    **kabooor sebelum ngamuk** :mrgreen:

    @Alias

    Kalau dicari pasti ada. Terutama di supermarket2 besar, bukan supermarket2 yang nanggung. Nah, itu dia kalau di Indonesia, nggak jelas ukuran sendok makan dan sendok tehnya. Tapi kalau buat masak sih nggak apa2, beda2 dikit paling sial rasa masakannya aja yang berubah hehehe….

    Mengenai ukuran AS yang agak ‘aneh’, itu karena ukuran sendok makan dan teh di AS masih berorientasi pada pengukuran imperial seperti misalnya: 1 US tablespoon (sendok makan) = \frac{1}{2} fl.oz (fluid ounce/ons cairan) jadinya kalau dikonversi ke metrik jadinya tetap aneh. Sebaliknya di Inggris sekarang kebanyakan ukuran sendok makan dan sendok tehnya sudah berorientasi ke metrik jadinya angkanya bulat. Aslinya ukuran sendok makan dan sendok teh Inggris juga aneh seperti AS. 1 sendok teh Inggris dulu sekitar 6 ml kurang sedikit, sementara 1 sendok makan Inggris sekitar 17 \frac{3}{4} ml. :)

    @mangkum

    Wah, kalau Indonesia sih ukurannya agak semau-mau gue huehehehe… Apalagi kalau dry measurement pakai sendok teh atau sendok makan. Seperti satu sendok teh gula misalnya, nyendoknya sedikit dipaksain sehingga itu gula menggunung di sendok tehnya, padahal tentu saja gula yang penuh tapi tidak menggunung di sendok tehnya berbeda volumenya dengan volume gula yang penuh di sendok makan dan menggunung…. :)

    @HASTuW

    Geli ya?? Di bagian mana gelinya?? :mrgreen:

    @ardianzzz

    Kalau piring kayaknya belum deh. Soalnya nggak ada dosis obat sekali minum satu piring atau masak dengan garam atau merica satu piring misalnya… huehehe……

    @iwan

    Yah… tunggu aja nanti kalau udah punya anak… :D

    @joe

    Sebenarnya memang lebih enak pakai sistem metrik (Système International) yang sudah menginternasional itu. Masalahnya banyak juga ukuran dari negeri seberang yang belum mengikuti SI yang diadopsi negeri kita. Dan sialnya negeri2 yang belum mengadopsi SI itu ternyata menjadi ‘kiblat’ dunia… :(

    @almascatie

    Kalau yang belum begitu ‘penting’ sepertinya sih belum dibuat standarisasinya. Tapi nggak tahu deh kedepannya jikalau alat tersebut membutuhkan keseragaman dalam pemakaiannya…. :D

  11. @Yari NK
    gelinya di spektrumnya itu lo… soal ukuran sendok teh aj dipikirin, ternyata mank kita musti tau biar ga over or under dosis wakkkk…… :lol:

  12. wah hal2 yang umum tapi baru ngerti jelasnya nih..
    makasih infonya om.. tapi perlu tambah lagi ukuran satu sekop, satu cupa, satu ember dll.
    wakakakakakkaa….

  13. Pantesan..waktu saya di Aussie dijamu makan, saya sempat bingung, ini sendok buat makan di piring atau buat ngambil sop dari panci besar? Habis sendok makannya guedhe banget, ternyata 20 ml tho? Kirain itu memang buat orang bule yang mulutnya gede-gede. Wah, kalo saya makan pake sendok makan standar Aussie bisa-bisa mulut saya jadi dower..

  14. wah, baru tahu saya, biasanya sih saya sembarangan aja kalo masak.
    ternyata ukuran punya england lebih banyak walaupun sedikit lebih dari pada punya AS.

  15. Nah itu baru oke tuh, ada keliatan nomer nomernya, kadang ngga tau juga, 1 sendok, tau nya 1 sendok nasi, huahahahaha

  16. @HASTu W

    Huehehe… dikirain geli seperti orang dikelitik…. :mrgreen:

    @muhamaze

    Kalau satu sumpit bakmi juga perlu distandarkan nggak ya?? :mrgreen:

    @Vicky Laurentina

    Untung nggak ketuker sama sendok semen ya?? :mrgreen:

    @sariyatno

    Kayaknya sih kalau buat masak, kalau takarannya cuma 1 sendok teh/makan AS dan Inggris perbedaannya hanya sedikit sekali nggak sampai 1 ml. Mungkin kalau takarannya sampai 5-10 sendok teh/makan baru mungkin perbedaan rasanya mulai signifikan…. :D

    @qzplx

    Kalau di Indonesia mungkin ukurannya 1 tangan nasi atau 1 tangan makan. Soalnya orang Indonesia kan banyak yang makan pakai tangan! Huehehe…. :D

  17. wee avatarnya sekarang gede-gede.. cocok buat narsis-narsisan :D

    salam hangat dari malang :D

  18. mampir pak, lama tak kesini. Baik2 yah? butuh sendok pak? :D

  19. heheh jadi inget trik sulap mbengkokin sendok…

  20. jadi pelajaran yang bisa diambil dari postingan ini adalah….
    semua itu sesuai dengan standar masing-masing…
    melihat, menimbang, dan memutuskan apapun kembali lagi ke standar yang dipunyai individu…

    *maappaksayasoktau :mrgreen: *

  21. paling banter saya pake ilmu umum pa …alias kira kira aja deh hehehehe

  22. jadi teringat doeloe
    waktu kecil, pas makan obat
    satu sendok makan,
    ibu terpaksa memaksa
    menjejalinya ke mulut saya…..
    hehehehe (ngga nyambung ya) :)

  23. @hmcahyo

    Ho’oh. Avatarnya gede2. Biar yang ngganteng kelihatan lebih ngganteng, yang jelek kelihatan lebih jelek. Huehehe…..
    Salam hangat juga…. :)

    @adams

    Alhamdulillah baik2 aja. Apa kabar juga nih. Butuh sendok?? Sendok sepatu kali ya…. :D

    @ardianzzz

    Kayaknya yang ngebengkokin sendok itu sendoknya harus khusus sulap deh. Kalau sendok biasa nggak bisa. Banyak dijual2 tuh di pinggir jalan juga. Huehehe……

    @yoan

    Memang seharusnya standar sih… biar orang nggak bingung dan tidak merasa dirugikan. Misalnya: orang mau beli gula pasir 10 sendok makan (ada nggak ya?? :mrgreen: ) nanti kalo ukurannya beda kan bisa berantem… huehehe…..

    @omiyan

    Huehehe…. kira2 kebanyakan apa kira2 kesedikitan ya?? :mrgreen:

    @mikekono

    Obatnya obat cacing apa obat koreng bang??
    **ampun bang** :mrgreen:

  24. mas mo nanya klo ada resep yg menggunakan ukuran 3/4 cup itu sama dengan berapa gram ??????????

    • Mbak kalau ‘cup’ itu padanannya dengan liter atau mililiter (ml) bukan dengan gram. Dan 3/4 cup itu kira-kira sama dengan 200 ml. Dan 200 ml air berbeda BERATnya dengan 200 ml gula, berbeda juga BERATnya dengan 200 ml susu, berbeda juga BERATnya dengan 200 ml garam dsb, tergantung dari berat jenisnya. Yang jelas, 3/4 cup air = 200 ml air, 3/4 cup susu = 200 ml susu, 3/4 cup gula = 200 ml gula, 3/4 cup garam = 200 ml garam dsb. Gunakan gelas atau cangkir (cup) pengukur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s