Yang Cowok Jantan Lebih Indah Dari Yang Cewek Betina

Burung Merak. Yang jantan (di belakang) mempunyai bulu yang lebih indah dari yang betina (di depan).

Burung Merak. Yang jantan (di belakang) mempunyai bulu yang lebih indah dari yang betina (di depan).

Tahukah anda di dalam biologi dikenal yang dinamakan dimorfisme (dimorphism) atau lebih spesifiknya lagi adalah dimorfisme seksual (sexual dimorphism)? Dimorfimse ini adalah perbedaan sistematis yang ada di antara kedua jenis kelamin dalam spesies yang sama. Dimorfisme ini mencakup segala perbedaan baik perbedaan secara fisik yang jelas terlihat ataupun perbedaan-perbedaan yang agak sulit atau bahkan sulit dilihat mata. Bahkan bisa jadi dimorfisme ini mnecakup perbedaan tingkat molekular antara kedua jenis kelamin pada spesies yang sama.

Common Pheasant (Phasianus colchicus). Spesies burung, di mana yang jantan (kanan) bulunya berwarna-warni indah, sementara yang betina bulunya monoton.

Common Pheasant (Phasianus colchicus). Spesies burung, di mana yang jantan (kanan) bulunya berwarna-warni indah, sementara yang betina bulunya monoton.

Dimorfisme yang paling kita kenal adalah dimorfisme pada burung merak (peafowl). Di mana kita semua sudah mengetahui bahwa burung merak jantan (peacock) mempunyai bulu ekor yang sangat indah sementara burung merak yang betina (peahen) bulu ekornya sama sekali tidak menarik. Entah kenapa, dalam dimorfisme fisik kebanyakan yang jantan lebih indah daripada yang betina. Hal tersebut bukan hanya terjadi pada burung merak saja. Pada spesies burung lainnya, Phasianus colchius, yang jantan jauh lebih indah berwarna dibandingkan yang betina seperti yang dapat anda lihat pada gambar di atas. Begitu juga dalam banyak spesies lain yang contohnya dapat dilihat pada gambar-gambar di artikel ini.

Bebek mallard. Yang jantan (depan) mempunyai bulu kepala dan paruh yang berwarna indah dibandingkan dengan yang betina (belakang).

Bebek mallard. Yang jantan (depan) mempunyai bulu kepala dan paruh yang berwarna indah dibandingkan dengan yang betina (belakang).

Namun begitu, dalam beberapa spesies terjadi dimorfisme yang “menungguli” si betina dari yang jantan terutama dari sisi ukurannya, di mana yang betina ukurannya jauh lebih besar dibandingkan yang jantan. Sebuah spesies laba-laba, Argiope appensa, misalnya, yang perempuan berukuran tiga setengah kali lebih besar dari yang jantan. Sementara sebuah spesies ikan yang aneh, Triplewart seadevil (Cryptopsaras couseii), ukuran yang jantan hanya sepersepuluh dari ukuran yang betina panjang badannya.

Orgyia recens. Sejenis spesies kupu-kupu. Di mana yang jantan (atas) mempunyai sayap, sementara yang betina (bawah) tidak mempunyai sayap!

Orgyia recens. Sejenis spesies kupu-kupu. Di mana yang jantan (atas) mempunyai sayap, sementara yang betina (bawah) tidak mempunyai sayap!

Walau dalam dimorfisme seksual di dunia biologi biasanya yang jantan jauh lebih indah dibandingkan yang betina namun bukan berarti keindahan tersebut merupakan keuntungan mutlak bagi si jantan. Keindahan warna-warni si jantan yang menyolok terkadang justru merugikan si jantan manakala ia dikejar-kejar binatang atau spesies pemangsa (predator). Warna-warni yang mencolok dari bulu si jantan justru menyusahkannya untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Sementara yang betina dengan (relatif) lebih mudah dapat berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya sehingga kemungkinan untuk tidak terdeteksi oleh spesies pemangsa jauh lebih besar.

Nah, bagaimana sekarang dengan manusia (Homo sapiens)? Tentu saja dalam manusia juga terjadi dimorfisme. Namun secara alami dimorfisme itu tidak terlalu kentara secara fisik. Salah satunya yang agak kentara adalah biasanya perempuan atau wanita lebih lebar pada panggul sementara laki-laki atau pria biasanya mempunyai dada yang lebih lapang. Atau bulu rambut pada sekujur tubuh pria (termasuk kumis dan jenggot) juga biasanya lebih lebat dibandingkan wanita. Untung saja dimorfisme pada manusia tidak ada yang membuat tubuh pria menjadi jauh lebih indah dibandingkan tubuh wanita seperti pada burung merak  misalnya. Kalau ada, wah, bisa-bisa kaum wanita lebih cemburu lagi pada keunggulan-keunggulan yang dipunyai kaum pria! Wakakakakak…. **ditimpukin kaum hawa sedunia** :lol:

About these ads

26 responses to “Yang Cowok Jantan Lebih Indah Dari Yang Cewek Betina

  1. Hallo Mas, sudah lama tidak kongkow2, apa kabar mas? Mudah2an sehat2 selalu ya.
    Tentang dimorfisme di dunia hewan ini sudah menjadi pemikiran saya semenjak kecil. Saya selalu memperhatikan hewan2 dan sejauh yang saya lihat dan ketahui memang yang jantan selalu berpenampilan lebih menarik dari yang betina.Selalu yang sudah disebut mas di atas,misalnya ikan cupang,ayam,singa dan jenis hewan lainnya,selalu yang lebih indah pasti cowoknya.Memang untuk homosapiens di mata saya memang yang cewek lebih menarik,tapi saya pernah bertanya-tanya apakah pandangan saya ini objektif? Karena di dunia sesama homosapiens pastilah yang cowok lebih tertarik ke cewek.Bagaimanakah pandangan terhadap homosapiens jika ditinjau dari kacamata mahluk hidup yang lain?Misalnya apa pandangan seekor anjing tentang penampilan manusia,mana yang lebih menarik bagi mereka,cewek atau cowok?
    Mungkin harus melakukan sebuah riset yang lebih mendalam tentang hal ini ya sehingga kita dapat mengetahui sikap hewan terhadap jenis kelamin tertentu pada manusia.

    Kemudian satu hal lagi yang masih mengganggu pikiran saya,mengapa dalam dimorfosis ini yang cowok lebih indah dari yang cewek? Tolong mas beri jawaban yang bersifat ilmiah dunk!terima kasih mas!

  2. Kecantikan hewan sulit dikomparasikan dgn kecantikan pada manusia. Meskipun sama-sama berguna dlm hal daya tarik. Tp tetap, sy lbh memilih manusia.

  3. udah pernah tau sih kalo jantan itu lebih indah daripada yang betina.

    emang gw lebih ganteng kan daripada cewek sebelah?? (ya iyalah)

  4. Ini merupakan bukti dari hukum Alam, bahwa yang namanya betina/Female selalau “merry up” mencari jantan/male yang “diatas”nya untuk dijadikan pasangan.
    Didalam Dunia hewan yang dimaksud “diatas” bisa secara fisik seperti pada burung atau secara dominasi, singa betina hahya mau kawin dengan pejantan alpa/ penjantan palin dominan
    Didalam dunia kita /manusia tentu pengertian dari “diatas” sangat lah luas..

  5. hehehe.. percayaaaa.. daaaah.. soalnya sampeyaaaan entu senangnya TEBAAAR PESONAAA.. kaya burung Meraaaak.. begitu ada cewek lihaaaat.. sayap dan buntutnya mengembaaaaang.. huuuuwaaaakaaakaakakak.. *ditimpuk sandal*.. kabuuuuuuur.. bang Yari maraaaaaaah..
    Salam Sayang.. *mbil teriak*

  6. nyamuk betina jg dibenci krn dia yg suka mengisap darah. kalau nyamuk jantan ga suka ngisep darah. jd kalo bisa ngisep darah itu sesuatu yg lbh indah atau bukan ya? Hehe..

  7. Hhmm….alasannya apa ya..

    Saya pikir karena penjantan itu haru memiliki ketampanan yang lebih agar bisa jadi Kucing Garong he he he….

    Secara, hewan kan ga masalah karena ga ada akad nikah dulu untuk melegalkan kumpul kebo he he….

    Hhmm…Tapi memang benar2 indah kok……

    Salam semangat Bocahbancar……

  8. @Yung Mau Lin

    Alhamdulillah saya baik2 saja. Mudah2an mas Yung Mau sekeluarga juga selalu dalam keadaan baik2 saja.

    Kalau laki2 memandang wanita lebih indah ataupun sebaliknya memang berbeda dengan jikalau kita melihat burung merak jantan lebih indah dibandingkan burung merak betina. Kalau laki2 memandang wanita lebih indah itu karena pengaruh gairah seksualnya jadi memang tidak obyektif. Jikalau kita menilai keindahan sebuah spesies lain tentu kita akan lebih obyektif (karena tidak terpengaruh gairah seksual).

    Nah, kalo ditanya kenapa dalam dimorfisme yang jantan seringkali lebih indah dibandingkan yang betina, ini juga yang masih sulit dijawab secara sains. Ada yang mengatakan bahwa yang jantan lebih indah agar dapat menarik perhatian si betina, makin indah fisiknya makin tertarik si betina. Juga ada yang beranggapan bahwa keindahan justru membawa ‘petaka’. Burung2 yang indah biasanya lebih dicari manusia untuk ditangkap, begitu juga warna2 yang mencolok relatif lebih sulit untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitar sehingga lebih mudah untuk ditangkap oleh spesies pemangsa. Jadi spesies yang betina yang lebih lemah, relatif lebih aman dari incaran predator daripada yang jantan.

    @Skydrugz

    Kecantikan dalam artikel ini bukan dilandasi pada gairah seksual, tetapi pada hal2 yang semata2 menyangkut variasi, warna, dan hal-hal lain yang obyektif.

    @diazhandsome

    Tetapi cewek sebelah pasti lebih cantik dari diaz. Huehehe…. :mrgreen:

    @Aria Turns

    Tetapi “to marry up” itu dalam konteks sosial bisa juga diaplikasikan pada laki2 jika ia menikahi seseorang untuk (terutama) mengangkat status sosialnya. Huehuehue…. :mrgreen:

    Kalau manusia memang “di atas” itu artinya memang lebih luas, terutama untuk wanita yang mencari pasangan pria, walaupun pria ada juga yang mencari2 wanita “yang di atas”. Bahkan wanita banyak juga yang jatuh cinta pada pria-pria “bawah”, wah pokoknya kalau manusia sih memang kompleks. :D

    @KangBoed

    Saya kan nggak punya buntut dan sayap, punyanya kumis. Moso sih kumis bisa mengembang kalo lagi tebar pesona (kalo bisa mungkin asik juga ya?? :mrgreen: ). Nah, kalo yang nggak punya kumis kayak KangBoed apanya dong yang mengembang kalo lagi tebar pesona?? Moso bulu ketiaknya sih yang mengembang?? Wakakakakak…. :lol:

    @Ag bint

    Iya nyamuk betina butuh protein dari darah kita agar ia bisa menetaskan telurnya….

    @bocahbancar

    Kalau jatan itu kucing garong ya?? Kalo kucing betina jadinya kucing garing?? :mrgreen:

    Ya iyalah…. mana ada hewan pakai akad nikah dulu, lha wong baru masuk rumah penghulunya aja udah diusir duluan….. :mrgreen:

    Salam juga… :D

  9. Wah kalau cowo lebih indah dari cewe, entar yg ngejar-ngejar cewe dong (dan ini sepertinya udah berlaku di jaman sekarang

  10. @Al Jupri

    Dari dulu cewek ngejar2 cowok udah banyak kok. Terutama mereka yang ingin menagih utang…. huehuehue…..

    @KangBoed

    Ooo…kalah nderedet ya?? Maksudnya kalah ndredet sama bulu ketiaknya?? **halaah ginian aja dibahas** wakakakakak….. :lol:

  11. Itu mungkin agar betina nya tertarik untuk mendekat…hehehe
    Dalam hal umum, saya lebih suka cowok yang biasa aja, soalnya kalau tampan ntar banyak yang ngerubuti…menjaga hati nya yang lebih sulit.

  12. Aku baru denger kalo di dalam hewan ada seperti itu. Kalo masalah penampilan ini kita angkat ke dunia manusia, apa bisa ya?

  13. mas yariNK; apakah pada manusia bisa dijelaskan dari karakteristik maskulin dan feminin?….konon jika hormone seks yang dihasilkan gonad berupa androgen, maka janin berkembang menuju pola laki-laki (maskulin)….. sebaliknya jika terjadi kekurangan androgen janin secara otomatis akan berkembang ke arah perempuan (feminin)….saya juga tidak tahu apakah ada kaitannya dengan perilaku “menyimpang” dimana ada kaum laki-laki kepingin jadi perempuan;misal menjadi “waria” biar terlihat lebih indah ketimbang wanita “asli”?…..

  14. Kecantikan pada hewan tidak berlandaskan gairah seksual ya? Hanya warna dan bentuk?

  15. @edratna

    Ya benar bu…. memang salah satunya itu agar si betina tertarik pada si jantan yang indah itu… :D

    @Huang

    Kalau secara genetis sih, untuk saat ini ya sulit. Namun kalau hanya secara make-up sih gampang….. :D

    @sjafri mangkuprawira

    Sebenarnya pada setiap pria terdapat juga hormon wanita begitu juga sebaliknya hanya saja tidak dominan.

    Namun begitu prof, di dalam dunia biologi/genetika sudah tegas dikatakan bahwa pria adalah mereka yang mempunyai kromosom XY sementara wanita adalah mereka yang mempunyai kromosom XX. Jadi misalnya walaupun ada pria yang sudah sampai operasi kelamin segala seperti, maaf, Dorce misalnya jika ia tetap berkromosom XY secara ilmu biologi ia tetap dianggap pria walaupun mungkin secara sosial, hukum atau administrasi kependudukan bisa saja ia digolongkan sebagai wanita.

    @Skydrugz

    Bukan begitu maksudnya. Mangkannya dibaca yang betul. Maksud saya, kecantikan di sini adalah kecantikan hewan yang dilihat oleh manusia, yang tentu saja berdasarkan warna dan bentuk karena faktor genetis si hewan. Jadi kecantikan tersebut tidak terpaut dengan gairah seksual. Dan perlu diketahui dalam dunia hewan gairah seksual juga BELUM TENTU diidentikkan dengan kecantikan.

  16. Keren banget yak, hehehehe, saya mau juga tuh kaya gitu, seandainya dunia Manusia seperti itu, wahhhh nikmaat

  17. @KangBoed

    Iya kang boed…. saya penggemar bulu ketiak. Tapi bulu ketiaknya saya sendiri dong. Wakakakakak…. :lol:

    @Raffaell

    Huehehehe…. kalau hal tersebut terjadi pada dunia manusia, wah tentu jadinya nanti ‘nggak berimbang’ dong. Kan laki2 juga sebenarnya sudah banyak kelebihannya… :D

  18. Merak jantan lebih indah dari merak betina, memang untuk memikat betina. Lha kalau manusia, daya tarik pria tentu bukan pada bulunya, tapi pada … apanya ya? Waduh, macam-macam deh. Kalau bagi saya sih, pria yang smart dan gentleman, itu yang menarik (*ngaku.com*) :D

  19. Wah, saya paling bingung waktu liat Orgya recens.. Kupu2 tak punya sayap?? Hmm.. seperti bukan kupu2 saja.. Merayap dong, Pak? Seperti ulat?

  20. @tutinonka

    Huehehe…. tapi ada juga cewek yang senang melihat cowok yang tegas, yang nggak hanya smart melulu, ya pokoknya campuran dari berbagai sifat deh…. **halaah**

    @narpen

    Memang iya. Jadinya memang yang betinanya fase dewasanya tidak terlalu banyak berubah dari fase kepompongnya…. :D

  21. nasib sebagai pria… “pria dijajah wanita”……
    kalo dihewan cowoknya kebanyakan dandan kali yak…
    tapi katanya kalo cewe di sebahagian hewan sebagai pencari nafkah yang baik untuk anak2 nya yak om… (maap kalo saya salah)

    • Memang ada… Singa misalnya…. yang berburu adalah singa betina yang berbulu tengkuk pendek, bukan singa jantan yang berbulu tengkuk panjang. Singa jantan hanya berburu sewaktu ia muda atau remaja saja, begitu ia menjadi dewasa, ia menjadi “malas” untuk berburu karena bulu tengkuknya yang panjang membuat tubuhnya menjadi cepat panas jikalau berlari..

  22. kenapa jantan lebih indah dari betina? itu karena jantan butuh menarik perhatian betina, jadi pada hewan ditunjukkan dengan menonjolnya ciri tertentu.. :) seperti badan besar, warna mencolok, surai, dll.. nanti, betinanya baru memilih, dari sekian jantan, mana yg paling indah.. kan ukuran cantik manusia sm hewan beda.. :D #malah serius

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s