Tomat: Buah atau Sayur?

TomatDari kecil kita sering mendengar pertanyaan, tomat itu buah atau sayuran sih? Atau mungkin kita sendiri sering bertanya mengenai hal itu dan belum mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Hal tersebut juga berlaku bagi paprika misalnya, banyak orang yang juga bertanya apakah paprika itu buah atau sayur?

Sebenarnya jawabannya mudah saja! Jikalau anda mengikuti ilmu botani maka secara anatomi  sudah jelas bahwa tomat (dan juga paprika misalnya) adalah buah! Namun begitu, jikalau anda melihatnya dari sisi kuliner maka bisa jadi tomat adalah sayur. Kenapa bisa begitu? Dalam kuliner sayur dan buah dibedakan. Sayur menunjukkan semua bagian dari tumbuh-tumbihan yang BIASANYA dimasak dan menjadi bagian dari sebuah masakan (atau sop) termasuk buah. Sedangkan buah adalah buah yang biasanya langsung dimakan mentah-mentah tanpa perlu dimasak atau diproses terlebih dahulu.

Jadi sebenarnya istilah sayur hanya ada pada bidang kuliner saja. Sedangkan dalam botani, bagian-bagian tumbuhan diklasifikasi seperti: buah, akar. batang, biji, daun, dan sebagainya. Sedangkan dalam kuliner cuma dibedakan atas sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah, sekarang jelas bagi anda yang sering melihat dari sisi kuliner tentu akan bingung mengklasifikasikan tomat karena tomat selain dimasak juga sering dimakan begitu saja (apalagi tomat berbentuk bulat yang sangat nampak mirip dengan bentuk geometris buah walaupun sebenarnya banyak juga buah yang tidak berbentuk bulat) maka banyak yang bingung apakah tomat itu sayur atau buah. Tapi jikalau anda melihat dari ilmu botani sudah jelas bahwa tomat adalah 100% buah!  Tapi jangan salah, jikalau anda menganggap tomat adalah sayuran karena anda melihatnya dari sisi kuliner, ya tentu sah-sah saja. ;)

About these ads

8 responses to “Tomat: Buah atau Sayur?

  1. makasi infonya…sangat bermanfaat sekali
    Baju Bali Murah

  2. Saya ga pernah sempat memikirkan, tomat buah ato sayur pak., tapi begitu saya coba menentukan buah atau sayur, posting pa yari jadi menarik.
    Singkat kata, saya kok cenderung sayur pak.

  3. hahaha ngeblog lagi? klo wortel itu buah sayur atau akar atau lainnya hayo? (pertanyaan oon)

  4. Saya tidak pernah menanyakan hal ini.
    Tapi memang pantas dipertanyakan karena saya sering dengar orang menyebutnya sebagai buah Tomat.

  5. Kalau saya mendefinisikan sayuran itu adalah semua berbentuk daun-daunan (atau kadang termasuk batang daunnya)…hehehe… Tomat tentu saja termasuk buah…karena tumbuhnya didahului tumbuhnya bunga yang selanjutnya tumbuh jadi buah. Tul nggak, pak?

  6. Wah.. Saya lihatnya dari sisi kuliner aja mas,masalahnya saya gak suka makan tomat sebagaimana lazimnya kita makan buah.
    Salam kuliner.

  7. Tomat itu sejenis hewan. *berlalu

  8. Kalo tomat emang buah tapi kok belum ada ya penjual buah yang jual tomat. Paling tuh tomat rajin nongol di tukang sayur. hihi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s