Mengambil Keuntungan atau Menipu?

Baterai Kancing CR2032

Suatu hari Minggu, sepulang dari melihat pameran di masjid Salman ITB di Jalan Ganesha, saya berencana untuk mengganti baterai jam tangan Timex Sports 1440 saya. Display LCD di jam tangan saya tersebut sudah terlihat kabur, bertanda jam tangan tersebut membutuhkan energi baru dari baterai baru. Baterai yang dipakai oleh jam tangan saya tersebut adalah baterai kancing litium CR2032 seperti gambar di atas.

Kebetulan karena saya sedang berada di Salman, maka saya memutuskan untuk mengganti baterai jam saya di pasar Balubur karena selain dekat juga yang menjual baterai jam tangan di sana cukup banyak, jadi kita bisa memilih. Setelah sampai di sana saya memutuskan untuk mengganti baterai jam saya di salah satu kios yang kecil yang berada di pasar Balubur tersebut. Setelah bertanya dengan pemilik kios tersebut apakah saya bisa mengganti baterai jam saya di sini dan dijawab bisa, saya segera menyerahkan jam tangan saya untuk diganti baterainya. Namun entah kenapa di dalam hati saya rasanya tidak enak. Iseng-iseng saya bertanya kepada pemilik toko/kios tersebut: “Kang, harganya berapa baterainya?” “Rp. 15.000,-, pak”. Aku terkejut bukan main. Disangkanya saya nggak pernah beli baterai kancing CR-2032 kali. Di toko langganan saya di pasar Cihapit  harga baterai tersebut cuma Rp. 6.000,-. Saya merasa tertipu dan ‘ditodong’ ingin deh rasanya waktu itu saya marah dan mukul itu orang tapi syukur saya masih bisa mengendalikan diri. Lagipula baterai baru sudah dibuka dari kemasan dan akan dimasukkan ke dalam arloji. Tapi sebagai pelampiasan saya berkata dengan ketus ke si penjaga kios, “Asal tahu aja ya kang, di toko langganan saya di Cihapit baterai kayak gitu cuma Rp. 6.000,-“. Si penjaga kios tidak menjawab, rupanya dia merasa bahwa saya tidak mudah ‘dikibulin’. Setelah selesai memasukkan baterai, ia menyerahkan jam tersebut kepada saya, namun saya lihat pekerjaannya kurang rapih, terlihat benar pergelangan jamnya tidak masuk benar ke tempatnya. Kesempatan ini saya gunakan untuk sedikit mendamprat dan menyindir dia, “Kang, gimana nih moso pergelangannya belum masuk bener nih, udah mahal nggak rapih lagi kerjaannya” kataku. Si penjaga kios lalu membetulkan pergelangan jamnya dan mengembalikannya ke saya sambil berkata “Udah pak, Rp. 10.000,- aja, tapi jangan marah ya pak!”. Saya yang masih agak dongkol langsung membayar dan pergi meninggalkan kios tanpa mengucapkan terima kasih atau apapun!

Sekarang saya mau tanya, bagaimana sih etika berbisnis dalam masyarakat kita? Atau etika bisnis dalam agama Islam (agama yang saya anut)? Apakah ‘dibenarkan’ dalam Islam untuk mengambil keuntungan setinggi-tingginya? Memang seperti yang pernah saya baca di salah satu kolom tanya jawab di eramuslim.com di sana pernah dikatakan bahwa dalam Islam dalam mengambil keuntungan itu tidak ada batasannya artinya boleh mengambil keuntungan sebesar-besarnya, apakah itu 2x, 3x atau bahkan lebih. Tapi pertanyaannya sekarang adalah apakah dengan pedagang itu mengambil keuntungan yang besar itu dapat disamakan dengan menipu? Ok lah….mungkin jawaban yang lumayan baik adalah, itu tergantung dari niat! Kalau niatnya mengambil keuntungan itu namanya bukan menipu, tapi kalau niatnya menipu itu baru namanya menipu. Ok lah…. tapi bagaimana dari sudut pandang pembeli?? Seperti kasus saya di atas?? Saya benar-benar merasa tertipu terlepas dari niat si penjaga kios! Mudah-mudahan Insha Allah lewat blog ini saya bisa mendapatkan jawaban yang baik dan tepat. Amiin!

36 responses to “Mengambil Keuntungan atau Menipu?

  1. Mas Yari,

    Saya mengamati jual beli di pasar pulau Jawa terutama di beberapa kota besar (karena di Papua dan pulau-pulau lain berbeda lagi adatnya)… terlepas dari masalah keyakinan dan agama, pedagang-pedagang di pasar sudah biasa menaikkan harga rata-rata 100% dari harga jual sebenarnya untuk mengantisipasi pembeli yang punya kebiasaan menawar hingga 50% dari harga penawaran pertama.

    Bisa jadi si pedagang sudah mengantisipasi proses tawar menawar, terlihat dari harga yang jauh lebih mahal, dan langsung memberikan diskon (kalau dihitung juga masih lebih mahal dari harga di Cihapit ya).

    Kalau membaca tulisan di atas, cmiiw, Mas Yari langsung menyodorkan jam tangan, tidak menanyakan harga lebih dulu, dan tentunya tidak melakukan proses tawar menawar…

    Kesimpulan sementara;- sebaiknya kalau bertransaksi memulai dengan proses normal, dan kalau di pasar tradisional sebaiknya dicek kemungkinan untuk melakukan proses tawar menawar…

    Tentang etika bisnis di Islam..ehm.. saya masih seperti botol baru terisi sedikit… tetapi saat ini dari yang sedikit itu setahu saya, dalam berdagang harus memenuhi ijab artinya dua belah pihak yang berdagang terikat dalam perjanjian dagang dengan ikhlas, sehingga seberapa pun margin yang diambil oleh penjual si pembeli tidak merasa tertipu karena adanya keikhlasan tadi.

    Mudah-mudahan ada ahlinya yang membaca tulisan Mas Yari di atas dan bersedia sharing pengetahuannya, sehingga kita semua mendapat bekal pengetahuan yang berguna untuk dunia dan akhirat. Amien.

    ________________________________________

    Yari NK replies:

    Ya, menurut saya juga begitu, memasang harga yang tinggi yg ‘seolah2 menipu’ sebenarnya lebih pada masalah etika daripada masalah halal haram atau dosa tidaknya. Dan benar juga, kita harus hati2 dan pandai2 menawar. Ya, saya juga mengharapkan ada yang bersedia sharing pengetahuan agamanya mengenai masalah ini sehingga dpt menjadi bekal pengetahuan dunia dan akhirat. Amin. 🙂

  2. pukul saja di TKP biar terlampiaskan segala niat untuk membalas, lalu bakar saja tokonya. aneh saya pikir masyarakat negara ini sikit sikit tersinggung, sikit sikit bilang pihak lain yang memprovokasi/ menggiring… lalu menghakimi sendiri mengatas namakan pemahaman ajaran agamanya..

  3. ane juga barusan beli baterai 35 rebu, padahal harga jamnya hanya dihargai 25 rebu plus baterainya…
    jadi, sebenarnya harga baterainya berapa ???
    sempet shock juga…

  4. Saya rasa wajar saja harga segitu, apalagi kan sudah termasuk ongkos pasang. Masa dibilang menipu. Lagipula harga batere kan bermacam2, ada yg murah / mahal.
    Terkesan Anda yg tidak menghargai keahlian pekerjaan orang lain (memasang batere jam), yg belum tentu semua orang bisa.

    Cuma begitu aja mau mukul orang, ckckck please deh.
    Salah sendiri, mestinya tanya dulu sebelum deal, baru diberikan ke orangnya.

  5. emang sebaiknya kita tanya dulu harganya berapa, jadi masih bisa nawar, daripada pas udah dipasang baru tau harganya kan kita sendiri yg repot pas tau harganya berapa..
    lagian emang batere type CR2032 itu kan macemnya juga banyak ada yg merk Maxell atau kalo yg bagusan merk Sony, jadi belum tentu semua harganya sama..
    tapi kalo emang merk nya sama tapi harganya jauh beda, nah ini dia yg mesti kita cermati sebagai konsumen yg kritis..

  6. @Wajar

    Saya bukan sekali dua kali saja mengganti baterai jam tapi sudah puluhan bahkan mungkin ratusan kali. Dan mengganti jam seperti itu sebenarnya saya juga bisa sendiri (minimal untuk model-model jam yang saya punya). Lagipula jikalau anda pernah mengganti baterai jam di manapun, harga jualnya sudah termasuk pemasangannya. Sama seperti misalnya anda membeli sate, mana ada orang jualan sate normalnya dengan harga tanpa dibakar satenya… 😆 Pasti harganya sudah termasuk dengan pembakaran satenya oleh si abang sate…. 😆

    @Yadi

    Perbedaan yang merk Sony dan Maxell atau yang lainnyapun bahkan tidak ada yang sampai dua setengah kali lipatnya!

  7. Asswrwb, salam sejahtera buat semua. IMHO, di sini saya hanya ingin mengatakan bahwa baterai jam seri CR2032 harganya macem2. Tergantung kepada merek dan keaslian baterai yg bersangkutan. Merek Maxell atau panasonic dan jg merek tak jelas harganya bisa mencapi @ Rp 5.000,- (lima ribu rupiah). Sedangkan Sony di toko jam besar Harganya bisa mencapai kisaran @ Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah). Dari informasi toko jam besar sekitar tanggal 12 Juni 2011, harga baterai dg seri yg sama untuk merek Renata per buah harganya bisa mencapai kisaran @ Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah). Baterai seri ini juga sering digunakan utk baterai pada Motherboard komputer. Untuk merek Renata, pengalaman saya jika dipakai utk baterai Motherboard umurnya bisa mencapai lebih dari 5 (lima) tahun. Kesimpulannya, baterai seri CR 2032 harganya macem2 dan tergantung merek serta kualitasnya. Oleh karena itu, banyak peluang yg mungkin terjadi dalam transaksi yg diceritakan di atas.

  8. memang sebaiknya tanya dulu sih berapa harganya tapi memang di Indon pedagang itu jarang yg jujur dan kalau mau ambil untung sebesar-besar nya karena ini mungkin akibat tidak terlalu percaya kalau rezeki itu di tangan Tuhan (hanya dimulut saja) jadi antisipasi nya di naikan harga jualnya 2x –> 10x, pantas inflasi naik terus.
    Kalau lihat harga dari link yg saya cantumkan, seharusnya harga satu baterai itu hanya Rp. 1000,- , lihat http://time-express.net/index.php/Lithium-CR/CR-2032/flypage.tpl.html

  9. Biasanya harga 1 baterai untuk jam tangan cuma Rp.250 s/d Rp.500, atau klo beli 1 strip (terdiri dari10 baterai kancing) Rp.2.500 s/d Rp.5.000. Klo pedagang memasang tarif pasang baterai jam tangan 1 buah baterai kancing, idealnya ya paling2 kita bayar Rp.1.000 s/d Rp.1.500, klo bayar Rp.6.000 s/d Rp.15.000 itu sudah keterlaluan,… 😀

  10. Baterai Lithium CR2032 merk SONY beli di toko Rp.5.000/pcs, merk RENATA Rp.9.000/pcs.

    Klo kita belinya di online store kayak TOKOPEDIA.COM, harga baterai lithium CR2032 merk SONY Rp.1.000/pcs, merk RENATA Rp.1.500/pcs

  11. udah biasa kali pak. gitu doang kok ngambek.
    kalau diagama itu harus diajarkan sabar pak. jangan main pukul2 orang.
    gimana sih pak?? dong dong de..

  12. Saya ada bateray sony lithium kalau sony tipe Cr2032 saya jualnya 5100,,,,,email Cyntiasari31@yahoo.co.id

  13. Maklum mas, ganti batere jam kan nggak sebulan sekali. Bisa 3 tahun atau lebih

  14. reputasi mas adalah segalanya

  15. wkkk, geje mas, itu batrai harganya 3000 tahun segitu + jasa pasang, 6000 itu masih kemahalan, tapi ikhlaskan saja mas, kalau dia penjual mau niat nipu (sudah mahal, palsu pula), insyaalloh rejeki anda ga akan habis2nya, sudah banyak tukang jam nipu2, batrai jam kancing yg kecil2 itu merk maxell dihargai 45rebu-130rebu/pcs, padahal kalau kita kulakan di toko grosir batrai, 1 strip itu murah sekali, apalagi kalau ganti di toko jam di mall, bener2 sinting kasih harganya.

  16. di cihapit toko apa kang belinya?

  17. gak ada untungnya kalo nipu mah, pasti akan cepet habis sendiri gan.

  18. WAhhhh…. yg bener brapaan sih ya hrga batrei merk renata ?? Kita ada ganti buat swiss army habis 195 rb plus pasangnya… hedehhhh

  19. Misua saya beli malah 25Rb untuk Baterai Remotnya tanpa di pasang dan setelah tau harga pasarannya dia sangat menyesal membeli disana..

  20. Hiduplah dengan bijak sesuai dengan kemampuannya masing masing
    pilihan untuk murah dan mahal tergantung intelektual masing-masing
    jangan melulu menyalahkan dan menyalahkan

  21. Mas, kalau ngasih 5000 tambahan untuk jasa dan itu biasanya saya rela saja, parkir aja lebih dari segitu, gak ngapa napain. Tetapi di sekitar serpong sini ada yang menghargai ganti batere seperti mas di bandung tersebut seharga 250 ribu rupiah, itu baru yang namanya menipu, dia orang KTA lagi, gak asli. Tapi pakai nama Toko Mewah.

  22. Menurut hitung-2an dagang Persentase keuntungan relatif biasanya diambil berdasarkan resiko barang tersebut, barang lama tidak terjual, resiko kerusakan besar dsb. Makin besar resiko & sulit terjual barang (turn over rendah) maka margin keuntungan yang diambil makin besar, karena modal usaha berhenti. Sedangkan etika berdagang yang benar adalah : Sebagai PENJUAL WAJIB memberitahukan harga sebelum transaksi/deal yang tidak bisa dibatalkan, dimana bungkus baterai sudah dirobek. Murah maupun mahal harus diucapkan, karena bila tidak diucapkan & pembeli merasa terjebak & kesal itu sudah merupakan dosa.

  23. Mas mass. . . Anggapannya lebihnya itu untungnya dia krn sdh sewa stand/toko trus ongkos ganti jamnya. Ente masalah cm beda 9rb rupiah aja sampe segitunya, dia kerja kan cari duit utk anak istrinya, 9rb itu makan skali utk 1 org aja gk cukup. Emgnya ente kerja bukan utk cari uang/untung??? Ckckck. . Ente kerja apa?? Ane mau dong suruh ente kerja tp ga usah di bayar ya??? Trus di bilang penipu. .Mau??? Hadehhh. . .lagian mw ganti batre gk tanya harga dlu brp. Klo ane jd yg tukang service jam yg ente marahin itu, bakal ane marahin balik ente, kog ada org minta barangnya dikerjain tp maunya gratisan. Palingan modal dia beli batre 5rb, 6rb hrg jual dan ongkos ganti cm 1000 perak??? 1000 rupiah jaman skrg dpt apa boss??? Keterlaluan! Kog ada org pelitnya kyk gini y??? Ente itu msh mending di hargain segitu, ane tny ganti batre jam di store arloji ori di bali di hargain 275rb, trus ke malang iseng” tanya ganti yg sony 25rb, energizer 50rb. Pdhal ane tau itu hrgnya 5000 rupiah aja sebiji(kalo beli minim 10). 25/50rb msh ane maklumin, klo 275rb itu baru gk masuk akal. Klo ente merasa mahal y udah toh gak jadi ganti di tukang jam, beli batrenya sendiri, pasang sendiri. Rapi n murah puas sendiri, klo pasangnya gk rapi y tanggung sendiri kan gitu. . Beropini boleh boss, tp mikir juga klo ente di posisi org tsb. Ane yakin pst byk yg ga sependapat dgn ente.

    • Wah, sy lebih gila lagi…tokox terhormat d los Mall. Sy beli d toko sebelah 50rb, batere coin CR1616, eh, pas toko snlaj abis, tax d toko ini. Katanya 195rb. Wow..maklum awam, gw nax, apa bedax? Dia nunjuk angka hitam d batere, katanya yg ini lebih tahan lama (puxku yg lalu tahan 6 bln)…punyaku angka hitamx 41, punya dia 21..ada yg tau ttg angka ini selain kode CR1616 ?

  24. ITU kamu Masih Dikibulin Sama Langganan Kamu

    CR2032 1 Pack Isi 5 Rp.11.000
    Atau PerbuahNya 2.200 Kang

    Sah Sah Aja Menurut Saya jika Mengambil Keuntungan Setinggi TinggiNya
    Yang Penting Kita Ga Menipu Orang
    Konsumen Butuh Barang
    Produsen Ada Barang
    HARGA COCOK –》 Jual Beli Halal
    Pikir Pake Otak Bro

  25. JASA=HARGA

    klo pengen harga murah beli aja1 pack di grosir dan pasang sendiri
    gitu aja kok sewot

  26. Sy kemaren ganti bartre maxell cr2025 25rb sama pasang,pas udah ganti malah ga nyala backlight nya.yaudah dr pd ribut sy sih ikhlasin aja,palingan klo dia nipu rejekinya balik ke sy klo di jujur ane doain usahanya maju.beresss… udah ada yg ngatur urusan begituan mah

  27. Menurut pendapat saya, bapak
    yg kurang tau dlm hal tersebut… Pertama, bapak tidak bertanya dlm membeli batrai.. Apakah bapak jam tangan bapak mau diganti dg batrai yg ori atau batrai yg abal2.. Yang kedua, bapak sendiri sebenarnya sok tau atau bisa dibilang kurang tau tentang batrai jam.. Kalau bapak membeli batrai seharga 10ribu, atau cuma 6ribu di tempat langganan bapak di cihapit itu yg dipasang cuman batrai abal2.. Sebab harga batrai ori lebih dari harga2 yg tertera di atas… Jadi, menurut saya bapak kurang mengerti dan sok paham dlm membuat tulisan ini, wassalam…..

  28. coba tunjukan contoh mana yg batrai ori mana yg batrai abal2..

  29. Maaf mas saya ngga ada pengetahuan agama yang bisa dishare. Tapi saya mau ikut share beli baterai jam juga.

    Maaf juga ini udah lama baru baca blog Masnya.

    Jadi ceritanya kakak saya minta tolong untuk gantiin batre jamnya. Dia minta tolong supaya batre jamnya diganti di tempat langganan saya. Tapi karena satu dan lain hal, saya ngga sempat ke tempat langganan dan akhirnya saya mampir ke toko jam di salah satu mall kelas menengah di jakarta. Batre jam tangan kakak saya itu yang tipenya 232 (kalo ngga salah, batrenya lebih kecil tapi sedikit lebih tebal dari cr2032).

    Akhirnya saya tanya ke tukang jamnya dan kata dia harganya 65k (merek Sony). Tukang jam bilang itu yang merek bagus. Saya sendiri udah lama ngga pernah ganti batre jam sampai2 saya lupa berapa harga batre di tempat langganan saya. Karena ngga mau lama2, akhirnya langsung saya iyakan saja dan diganti lah batrenya sama dia.

    Begitu sampe rumah saya cari di tok*pedia dan batre jam tangan kakak saya merek sony itu banyak yang jualnya cuma 7k. Saya ngerasa ditipu banget mas. Tapi apa daya saya udah setuju juga dan saya sendiri salah ngga cari2 harga batre jam sebelumnya.

  30. saya juga baru kena tipu … beli batre jam di golden time BTC,, saya ganti batre jam sekaligus 3 .. sebelumny saya pernah ganti jam mama saya di stu dengan model jam yang sama 60rb ,,, pada hari itu dia menawarkan 150rb/batre ,, saya tanya ko saya waktu itu 60rb jamnya sama percis beda warna ajjah,jawabnya bisa ajjah model sama batre beda ita ok lah .. say tawar lagi 250rb ajjah,, boleh katanya yg 1 nya sony yaa ,, kebetulan tali jam saya putus saya membeli di berbeda toko,saya penasaran mau tau harga batre jam yg toko golden time ,, ternyata dia kasih batre jam saya dengan merk maxell 25.000 !!! sumpah geram bageet … dia bilang renata 150rb ,,, padahal di toko lain cuma … 65-85 ini udah di hargain 150rb renata ,,, di ganti sama merk timex juga ,,, akhirny saya putuskan balik ke toko itu … pihak toko cuma ganti 1 batre ajjah … dengan renata … karena ngotot renata ga masuk harganyaaa ,,,, saya balikin semuanya dia ga mau !!!! parraaah .. udah ketauaaan jelaas nipu dari renata ke timex …

  31. saya juga baru kena tipu … beli batre jam di golden time BTC,, saya ganti batre jam sekaligus 3 .. sebelumny saya pernah ganti jam mama saya di stu dengan model jam yang sama 60rb ,,, pada hari itu dia menawarkan 150rb/batre ,, saya tanya ko saya waktu itu 60rb jamnya sama percis beda warna ajjah,jawabnya bisa ajjah model sama batre beda itsok lah .. say tawar lagi 250rb ajjah,, boleh katanya yg 1 nya sony yaa ,, kebetulan tali jam saya putus saya membeli di berbeda toko,saya penasaran mau tau harga batre jam yg toko golden time ,, ternyata dia kasih batre jam saya dengan merk maxell 25.000 !!! sumpah geram bageet … dia bilang renata 150rb ,,, padahal di toko lain cuma … 65-85 ini udah di hargain 150rb renata ,,, di ganti sama merk maxel juga ,,, akhirny saya putuskan balik ke toko itu … pihak toko cuma ganti 1 batre ajjah … dengan renata … karena ngotot renata ga masuk harganyaaa padahal jelas2 di toko sebelah renata harganya cuma 65 – 85,, saya balikin semuanya dia ga mau !!!! parraaah .. udah ketauaaan jelaas nipu dari renata ke maxel

  32. Kalo pengalaman saya pake jam Swatch, ganti batere tipe sr936sw merk Renata di counter resmi Swatch dari tahun 2011 selalu 50rb. Tapi pas ganti di Jogja di toko reparasi biasa adanya Sony, juga 50rb. Kalo Renata katanya lebih mahal, jarang yg mau makanya jarang nyetok Renata. Tapi karena sebelum transaksi saya emang udah nanya harga dan dijelasin gamblang seperti itu, jd lebih plong kita pas transaksinya.

  33. sama om saya juga dongkol beli battery CR 2032 sebiji 15 rebu, pas liat di buka lapak harga nya cuma 5ribu Perak, malahan ada yg cuma 1500 untuk merk yang gak terkenal. Langsung aja saya beli 10 om di BL buat stok. Kapok beli di tkg jam

  34. Do you mind if I quote a couple of your articles as long as I provide credit and sources back to your webpage?

    My blog is in the very same area of interest as yours and my users would definitely
    benefit from a lot of the information you provide here.
    Please let me know if this alright with you. Regards!

Tinggalkan Balasan

