Manajemen Blogging

http://web.ifrance.comwww.blogdrive.comwww.blog.co.ukhttp://web.belgique.comwww.blognow.com.au

Setelah pertama kali meluncurkan blog saya satu setengah minggu yang lalu, rupanya saya mulai ‘menemukan’ keasyikan dalam blogging. Saya tidak tahu persisnya mengapa, mungkin ini adalah cara pintas bagi saya (dan cara termurah, tercepat, dsb.) untuk menuangkan segala yang ada dalam otak saya untuk diketahui oleh orang lain secara massal. Namun setelah difikir-fikir lebih lanjut lagi saya berpendapat mungkin harus ada manajemen blogging tersendiri untuk semua yang ada dalam fikiran saya. Maksud saya, fikiran saya (dan juga fikiran manusia pada umumnya) tentu sangatlah kompleks. Ide-ide yang ada dalam fikiran tentu sangat bervariasi mulai dari yang murni opini hingga pengalaman pribadi yang emosional. Pengalaman pribadi ini dan juga termasuk foto-foto pribadi tentu banyak yang tidak ingin diketahui oleh publik namun tetap kita akan abadikan. Begitu pula dengan opini kita, opini apa yang pernah kita punya tentu juga ingin kita abadikan lewat media yang namanya blog. Untuk itu dari sekarang saya mulai berfikir alangkah baiknya bagi saya untuk mulai me-manage blog blog saya, mumpung masih sedikit. Mungkin di masa depan nanti, bukan hanya ada sub-bidang Manajemen Database ya, mungkin nanti juga ada yang namanya Manajemen Blogging. Hehehehe….

Nah sehubungan dengan manajemen blog itu, saya memutuskan untuk membuat blog ke-3 saya untuk masalah-masalah pribadi saya. Dari sekian banyak web hosting yang terdapat (beberapa saya tampilkan logonya di atas), saya memutuskan untuk membukanya di web.ifrance.com. Kenapa saya pilih blog host itu? Tak tahulah alasannya, menurut saya juga web host itu belum tentu yang paling bagus di antara lainnya, mungkin alasan saya adalah saya mau mencoba di luar WordPress dan Blogger (Blogspot). Dan juga saya ingin mencoba blog host di luar Amerika. Apapun yang menjadi pilihan saya tidak terlalu masalah yang penting memang saya perlu membuka blog baru untuk mengabadikan pengalaman-pengalaman pribadi saya yang bukan untuk konsumsi publik. Manajemen Blogging ini tentu bukan berarti harus membuka blog baru untuk masalah-masalah baru, atau memisahkan antara opini dan pengalaman, dsb. Tentu setiap manusia mempunyai logika yang berbeda. Di sini manajemen blogging belum mempunyai bentuk yang baku, di sini manajemen blogging hanya bertujuan agar supaya para blogger kelak tidak mengalami kesulitan terutama dalam mengklasifikasikan mana blog yang patut dikonsumsi umum mana yang tidak atau mengklasifikasikan mana blog pribadi dan blog untuk bisnis, dsb. Dan juga agar blog tersebut tidak terlalu crowded dengan artikel-artikel yang sangat gado-gado sehingga mungkin akan mengurangi kenyamanan pembaca dalam menemukan sebuah artikel yang ia ingini. Tentu kita berfikiran bahwa sekarang sudah ada fasilitas ‘Search’ dan juga fasilitas ‘Categories’ yang membantu pembaca dalam mencari sebuah artikel dalam suatu blog. Tentu kedua fasilitas itu sangat membantu tapi tidak selalu dapat memuaskan pembaca 100%. Dan tak ada salahnya kan kita mulai me-manage blog kita sendiri dari sekarang. Juga di WordPress ini ada fasilitas Post Status yang memungkinkan sebuah posting untuk bersifat Private (saya belum pernah mencobanya). Mungkin itu juga bisa dimanfaatkan untuk mereka yang ingin menulis masalah-masalah pribadi yang tidak ingin diketahui publik. Namun secara pribadi saya merasa lebih aman kalau memisahkan antara posting-posting masalah pribadi dengan opini. Habis sepertinya, menurut saya, memasukkan berbagai macam posting di sebuah blog dapat dianalogikan seperti memasukkan berbagai macam field dan data di sebuah file database. Kurang terorganisir!

Tinggalkan Balasan

