‘Memasarkan’ Blog

yarinkanime.gif

Sejak aku menulis blog hampir 3 minggu yang lalu, dimulai dengan diluncurkannya blogku yang berbahasa Inggris, dan disusul kemudian dengan yang bahasa Indonesia ini seminggu kemudian, saya sudah mendapatkan banyak pengetahuan dari blogging ini, baik pengetahuan masalah blogging itu sendiri ataupun ilmu-ilmu dan juga pengalaman-pengalaman yang dibagikan para rekan blogger kepada saya. Bukan itu saja,  saya juga mendapatkan manfaat dengan mengasah kemampuan saya dalam berfikir serta menuangkan ide-ide berupa tulisan dalam 2 bahasa. Bukan itu saja saya juga mulai belajar secara teknis untuk mempercantik blog saya bukan hanya dengan tulisan, tapi juga dengan belajar sedikit-sedikit bahasa HTML dan CSS serta mendesain banner dalam bentuk animated GIF. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, Insya Allah, sudah akan ada animasi Flash bikinan saya sendiri dalam blog saya ini.

Namun masih ada yang kurang! Saya harus berhasil dalam ‘memasarkan’ blog ini, dalam arti kata harus banyak orang yang mengunjungi blog saya ini. Langkah ke sana sudah, yaitu dengan mendaftarkan blog-blog saya di search engine-search engine terkemuka. Dan saya juga sudah ‘meninggalkan jejak’ dengan berusaha untuk meninggalkan komentar yang bermutu (walaupun mungkin banyak juga yang tidak bermutu hehehe….) mulai dari masalah SDM, kedokteran, hukum bahkan astronomi, hingga masalah sehari-hari yang ringan. Walaupun alhamdulillah blog saya mulai banyak pengunjungnya (terutama blog yang berbahasa Indonesia), namun pengunjung belum ‘banyak’ seperti yang diharapkan. Walaupun sayapun sadar bahwa blog saya masih berumur belum genap 3 minggu (pada saat tulisan ini dibuat). Dalam rangka ‘memasarkan’ blog saya, hari ini saya resmi meluncurkan banner saya yg resmi untuk blog saya yang berbahasa Indonesia ini  seperti di atas (banner untuk blog yang berbahasa Inggris akan menyusul kemudian).

Omong-omong, masalah ‘memasarkan’ blog ini, mungkin juga sebagai ujian bagi saya, anggap saja saya sedang berbisnis online. Jadi ini bisa jadi merupakan tantangan sekaligus ujian pertama bagi saya untuk melakukan ‘marketing’ online, agar orang mau datang ke blog saya, dan tentu saja harus ada juga interaktif antara pembaca dan pembuat blog sebagai indikator kesuksesan sebuah blog. Untuk tahap pertama saya akan memasarkan blog saya yang bahasa Indonesia ini, mungkin sebulan lagi saya akan mulai juga memasarkan blog saya yang berbahasa Inggris dengan meninggalkan jejak di blog-blog internasional dengan cara berusaha memberikan komentar bermutu (tentu dalam bahasa Inggris). Anggap saja blog saya yang berbahasa Indonesia mempunyai ‘pasar’ utama lokal sedangkan yang berbahasa Inggris diarahkan mempunyai ‘pasar’ internasional walaupun tentu saja bisa dinikmati ‘pasar’ lokal. Ya, tinggal kita tunggu saja… apakah usaha saya ini akan berhasil atau tidak!

46 responses to “‘Memasarkan’ Blog

  1. wah, kalau saya hanya memasarkan blog untuk Indonesia saja, berat kalau berurusan dengan International

  2. Kang anggara, belum coba kok udah bilang berat sih?? Pédé aja lagi! Yang penting usaha, soal gagal atau berhasil itu kan biasa! 😀

  3. hay! mw nanya nih, gmana sih caranya daftarin blog kita ke search-search engine gtu? aq mw nyoba nih. sedih banget blogku mati kutu!hikz… mkasih ya…

  4. @ M.T.

    Oh, begitu ya?
    Hmmm… sepertinya sekarang Blogger sudah otomatis mendaftarkan seluruh blognya ke search engine-search engine terkemuka deh. Jadi nggak perlu daftar lagi.
    Namun untuk seseorang datang ke blog anda dan meninggalkan komentar di blog anda tidak cukup hanya dengan mengandalkan search engine saja. Anda sebaiknya juga menungunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar2 di blog lain tersebut. Sebisa mungkin komentar-komentar yang bermutu. Memang sih tidak bisa langsung blog anda menjadi ramai, tunggu beberapa lama dan bersabarlah sedikit. Mudah2an dengan cara itu blog anda bisa menjadi ramai, dan kehangatan antar blogger dapat tercapai. Selamat mencoba ya. 🙂

  5. Mas Yari, kayaknya udah berhasil nih masarin blognya. Itu Google Page Rank dapet peringkat 4. Asik tuh. 🙂

    Saya juga lagi belajar bikin blog, isinya saat ini lagi berkutat soal strategic blogging. Sambil belajar sambil nulis. Tujuan blog kan katanya buat share pengetahuan. Punya saya belum dapet peringkat di Google biarpun udah 4 bulan. Yah… keasikan nulis & berkutat sama masalah teknis, lupa deh sama ‘pemasaran’ nya.

    Mampir yak. Ditunggu! Hatur nuhun & salam kenal ti Bandung oge.

    __________________________________________________________

    Yari NK replies:

    Wah, saya malah nggak pernah merhatiin peringkat google saya. Sungguh! Bagi saya berinteraksi dengan para pembaca dan rekan2 blogger yang lain sudah merupakan kebahagiaan tersendiri yang tiada taranya bagi saya.

    Terima kasih ya, salam kenal juga buat orang sekota. Nanti saya mampir di situs anda. 🙂

  6. dunia ngebLOg!!!gw bwangd namun masih da kendla bwt pemasarnnya…
    mohon berbagi pengalaman

    _______________________________________________________

    Yari NK replies:

    Wah pengalaman saya juga masih sedikit tuh dan juga masih berdasarkan instink. Kita sama2 masih belajar kok. Yang penting jangan putus asa untuk memperkenalkan blog kita kepada orang lain, itu langkah awalnya. 🙂

  7. Mas..
    bisa ngga liat blognya aku. trus beri komen n apa yang harus di benahi??? cepet yachhh

    __________________________________

    Yari NK replies:

    Iya bisa mas….. tapi sabar ya… tunggu giliran soalnya banyak juga yang harus dikunjungi baik blogger yg lama maupun blogger yang baru… please sabar ya! 🙂

  8. bagi tips dong mas, daftar ke search engine mana aja tuh.

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Nggak usah daftar, biasanya sudah otomatis terdaftar. Yang penting juga anda rajin mengunjungi blog2 lain dan memberikan komentar2 yang bermutu di situ dan jangan cepat putus asa. OK? 😀

  9. haloo mas, salam kenal..
    Saya juga baru belajar bikin blog mas. Bahkan sangat sederhana.
    Kalo punya waktu , tolong blog saya diliat ya mas. Berikan masukan buat saya.
    Blog saya berisi tips mengenai bisnis dan keuangan. Yah sapa tahu banyak manfaatnya.

    Thanks Bro
    Budi Herprasetyo

    http://tipsbisnisuang.wordpress.com

    _______________________________________

    Yari NK replies:

    Intinya rajin2lah anda berkunjung ke blog orang lain jikalau blog anda ingin terkenal….. jangan pernah hanya mengharapkan dari Seach Engine bangsanya Yahoo! ataupun Google saja…. 🙂 Dan berkomentarlah yang bermutu sebaik mungkin…. 🙂

  10. salut deh mas…. salam kenal sy juga lg belajar blog tadinya buta sama sekali ….keep writing….sukses ya mas

  11. Makasih atas saran – sarannya dan saya akan mencoba saran anda

    ______________________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih juga karena anda telah mampir di blog saya dan meninggalkan sepatah kata di blog saya ini. 🙂

  12. ngomong2 saya juga lagi masarin blog neh…salam kenal bt semua, dan jangan lupa mampir ke blog saya ya!

    __________________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih juga ya, sudah mampir di blogku…. dan salam kenal juga…. 🙂

  13. thanks ya ???tentang pengetahuannya.

    ________________________

    Yari NK replies:

    Sama-sama. Terims juga telah mampir di blogku ya. 🙂

  14. hi

    ______________

    Yari NK replies:

    Hi juga. 🙂

  15. mau komentar apa yah? Pokoknya segala yang baik dech…

    _______________________

    Yari NK replies:

    Ya betul….. dan kalau bisa jangan OOT (out of topic)…. 😀

  16. salam kenal semuanya.. iya bener banget, sayang juga klo kita cape-cape posting gak ada yang baca, btw aku juga lagi nyoba masarin blog tapi kayaknya kok gak laku2 ya? apa konten blogku kurang menarik kali ya.. jadi jarang yang mo berkunjung….

    _________________________

    Yari NK replies:

    Huehehe…… ya penting sering berkunjung ke blog-blog lain dan meninggalkan komentar, jikalau bisa komentar yang bagus dan bermutu. Dan juga sabar, memang tidak bisa sekali dua kali kita meninggalkan komen yang bagus terus blog kita dikenal orang, butuh waktu dan usaha yang kontinyu…. 🙂

  17. Ka makasih y,dari cerita pengalamanx jd tambah semangat nih pengen berusaha jg,walau pengunjung blog q msh sdkt bgt

  18. saya orang baru di dunia blogger, bahkan blog saya baru tiga hari di buat, berkaitan dengan persoalan sosial dan politik ….blm anda komentar sih tapi gpp yang penting saya mencoba silaturahmi dgn teman2 semua. kasih saran dong biar orang-orang mampir, gmn triknya??? setelah membaca blog anda saya semakin termotifasi untuk menjalin komunikasi sesama blogger.
    thanks.

    • Saran saya, rajin2lah berkunjung ke blog lain dan meninggalkan komen bermutu di blog2 lain terutama blog2 yang sudah ramai dikunjungi sesering mungkin. Jangan hanya mengandalkan Search Engine saja… 🙂

  19. hehehe,,baru belajar bikin blog pak,,tapi bingung mw masarinnyah gimana,,

    😀

  20. wah setuju mas yari…meninggalkan jejak adalah cara yg selalu kami gunakan juga.. tapi berhubung blog kami tergolong ekstrim, jadinya teman-teman hanya berani akses saja, jarang mereka mau berkomentar hehe… sukses ah…

  21. wah aku masih anak yang baru kenal blog, makasih buat tipsnya…
    hehehe…..

  22. salam kenal….

    langkah yang anda sampaikan rasa sudah juga dilakukan banyak orang.
    seperti halnya saya, beberapa search engine sudah saya ikuti. tapi memang langkah terakhir yang menurut saya jitu adalah bersabar dan berusaha. karena untuk sebuah keberhasilan seseorang harus mengalami banyak pengorbanan setuju tidak.

    untuk itu saya ajak untuk bersama-sama berjuang dan kebetulan sama-sama orang baru di dunia blgger…

    salam sukses dan semangat selalu

    • Betul sekali, harus bersabar dan berusaha berulang2 kali jangan cuma 10 kali atau 20 kali tapi ratusan kali rajin mempromosikan blog anda lewat komentar2 anda, usahakan juga komentarnya bermutu dan tidak OOT… 🙂

  23. Thanks,infonya sangat membantu

  24. bersyukur banget saya dapat menemukan blog anda ini. thanks yach

  25. ass.wr.wb………
    saya termasuk orang baru di dunia blogger jadi saya mungkin belum expert banget, saya mau tanya niy gmana ya caranya biar blog kita dibanjiri komentar, trus cara masarin blog kita mpe ke luar negeri gimana ya??
    makasih…………..
    oh ya, please visit my blog and kasih comment donk saya harap comment dari anda bisa memotivasi saya tentang membuat blog yang benar karena blog saya berbahasa inggris dan tentang Islam…………….. thanks a lot…..

    • Ya… anda harus rajin berkomentar di blog orang lain dan kalau bisa jangan hanya sekedar basa-basi berkomentar tetapi berusahalah berkomentar sesuai topik.

      Sebaiknya blog anda dalam memilih identitas pengkomentar juga dimasukkan opsi “Name/URL” dan “Anonymous” agar semua orang bisa berkomentar. Di Blogspot saya hanya mau berkomentar jika opsi identitasnya ada “Name/URL” nya, bukan hanya Google Account dan Open ID saja. 😉

  26. hmm,.sya jg mengalami hal yang sdikit sama.sya baru punya blog tp masih bingung masarinnya gimana>>

  27. wah kirain ane gimana gitu…
    hehehe…

    klo gtu mo ngejalanin cara memasarkan Blog dengan meninggalkan comen-comen dah…
    cekidottt…
    wkwkwkwk

  28. wah..kalo saya mah baru belajar. Oya salam kenal yah 🙂

  29. wah…. ajri ndang cara memasarkan yang cepat….

  30. bagi yang ingin tau cara mempercepat traffiq/kunjungan blog dengan jumlah banyak lihat caranya di klik disini

  31. yang butuh motivasi masuk situs ini speakisgold.blogspot.com

  32. ya……tapi kadang2 suka males bwt masarin blognya….heheheh

    sukseslah pokonya bwt blogger2…

  33. halo bang salam kenal jangan lupa tengok blog saya ya mobilerefleksi.blogspot.com

  34. Salam kenal,
    Tolong don lihat blog saya biar dibenahin sekalian yang kurang.
    Sebelumnya, makasih infonya 🙂

  35. semoga sukses, mampir juga donk ke blog saya … agan-agan and sista-sista, . semoga ada yang tertarik dengan produck saya,

Tinggalkan Balasan

