Angka Romawi

Angaka Romawi? Pasti sejak kita SD sudah pada semua mengenalnya. Boleh dibilang angka Romawi (Roman Numerals), yang berasal dari Kekaisaran Romawi ini adalah sistem bilangan nomer dua terpopuler setelah sistem bilangan desimal atau angka Arab (Arabic Numerals) yang kita kenal sehari-hari yaitu: 0, 1, 2 ,3, 4, dst. Lho? Kenapa disebut angka arab?? Bukannya angka Arab yang seperti ini?: (٠.١.٢.٣.٤.٥.٦.٧.٨.٩)? Iya betul sih, tapi yang dimaksud adalah sistem bilangannya yang mengacu pada sistem desimal, bukan cara penulisannya. Orang Inggris menyebutnya angka Arab (Arabic Numerals) karena sistem bilangan ini diperkenalkan pertama kali oleh Orang-orang Arab ke Eropa, meskipun sistem bilangan desimal ini berasal dari India.

Ok, sekarang kita kembali ke masalah huruf Romawi tadi, tentu kalau hanya I, II, IX, XII kita semua sudah fasih membacanya karena mungkin setiap hari kita melihatnya minimal di jam tangan kita. Tapi coba sekarang:

MMMDCLVIII

MMDCCXCIX

MMCXCIV

Bagi yang tidak biasa membacanya, pasti butuh perjuangan berat untuk mengetahui berapakah bilangan tersebut. Ok, sebagai bantuan akan saya kasih petunjuk:

  • I = 1 (ini nenek-nenek juga tahu!)
  • V = 5 (nenek-nenek masih banyak yg tahu!)
  • X = 10 (nenek-nenek mungkin tahu!)
  • L = 50 (nenek-nenek mulai banyak yg nggak tahu)
  • C = 100 (udah ah nggak usah nyebut nenek2 lagi!)
  • D = 500
  • M = 1000

Nah, selain itu ada juga beberapa peraturan dalam membaca huruf Romawi:

  • Kalau ada dua bilangan yang sama besar berurutan, maka bilangan-bilangan  itu ditambahkan. Contoh: II = 2. XX = 20. CC = 200, dsb.
  • Kalau ada bilangan yang lebih kecil di sebelah kanan suatu bilangan, maka bilangan-bilangan tersebut juga ditambahkan. Contoh: VII = 7. XV = 15. LX = 60, dsb.
  • Kalau ada bilangan yang lebih kecil di sebelah kiri suatu bilangan, maka bilangan yang di kanan dikurangkan dari yang di kiri. Contoh: IX = 9. CM = 900. XL = 40, dsb.
  • Angka Romawi ditulis dari bilangan yang besar ke bilangan yang kecil, jikalau ada bilangan yang besar setelah bilangan yang kecil, itu berarti bilangan yang kecil di sebelah kiri mengurangi bilangan yang besar di sebelah kanan. Contoh: XXIX = 29, LXIV = 64, dsb.

Nah, sekarang dengan bekal ketentuan-ketentuan di atas tentu sekarang anda bisa membaca berapa bilangan-bilangan yang saya berikan di atas!  Atau anda mau mencoba kebalikannya? Misalnya bisakah anda menulis angka 3256 dalam angka Romawi? O iya ada satu ketentuan lagi dalam sistem bilangan Romawi: Bilangan Romawi tidak mengenal angka nol (0)! Ok? Silahkan mencoba!

About these ads

62 responses to “Angka Romawi

  1. kyaknya nenek emang perlu dikasih tau
    he….he…he
    Gimana nek bisa gak……?????
    klo belum bisa belajar lagi ya…..

  2. hehehehe….. bukan maksud hati ‘mengolok-olok’ nenek-nenek, tapi apa daya……
    anyway thanks again for the visit ya :)

  3. Om mau nanya nih…

    MMMDCLVIII
    MMCXCIV
    _____________X

    Gemana cara mengalikannya, sama engga? Hehe… :D
    (becanda gpp yah…?)

    Salam kenal

  4. Hahahaha… nah itu tugas saudara sebagai sarjana matematika untuk menjelaskannya kepada kita2, termasuk bagaimana cara menulis bilangan desimal dengan huruf Romawi. Btw, thanx udah mampir ke blogku dan salam kenal juga!

  5. Kepada
    Yth
    Author

    Dengan merendahkan diri saya berharap agar Saudara bersedia membimbing saya untuk membuat sebuah blog di blogspot.com, karena setiap kali saya membuat hyperlink ke halaman blogpsot saya sendiri selalu keluar pesan “Halaman Tidak Ditemukan”

    Saya mohon agar solusi dari keluhan saya disampaikan melalui email saya (rypro_rdh@yahoo.com)

    Terima kasih atas perhatian dan pelajaran yang sangant bermanfaat.

    Tertanda

    Pemohon

  6. @ Andika

    Maksudnya sama sekali nggak bisa buat blognya atau cuma nggak bisa membuat hyperlinknya nih? :-?

  7. adakah bilangan terbesar yang mampu ditulisa dengan angka romawi? atau, gimana cara menulis angka romawi untuk satu milyar>

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Gampang saja! Semilyar itu dilambangkan dengan {M}^{=}. O iya, tanda ‘=’ nya seharusnya persis di atas ‘M’-nya, karena saya tidak bisa mengetikkan = di atas M. sedangkan {M}^{-} adalah sejuta (1.000.000). Setiap tanda ‘-’ di atas berarti angka tersebut dikalikan dengan 1000.

    Karena M=1000, maka {M}^{-} adalah 1000 X 1000 = 1.000.000, sedangkan {M}^{=} adalah 1000 X 1000 X 1000 = 1.000.000.000, mengerti? :)

  8. aku mau minta angka rumawi 60,70,80,90
    tambahin dong kurang lengkap

    _______________________________________

    Yari NK replies:

    Dari informasi di atas sebenarnya mudah saja didapat:

    60 = LX
    70 = LXX
    80 = LXXX
    90 = XC

    Nah, begitu! :D

  9. KALO 49 gmn?
    XLIX ?…. ato IL?

    99?
    XCIX ?… ato IC?

    _____________________________________

    Yari NK replies:

    Jikalau 40 adalah XL maka 49 harus XLIX dan bukan IL
    Begitu juga jikalau 90 adalah XC maka 99 harus XCIX dan bukan IC
    mengerti? :)

  10. angka romawinya 7894, 11984, 53493, berapa yah?

    _______________________________

    Yari NK replies:

    Untuk kelipatan 1000 menurut angka Romawi angka tersebut diberi garis atas atau diberi tanda .M, jadi angka Romawi yang disebelah kiri tanda .M adalah yang kelipatan 1000.

    Jadi contoh: 10.010 sama dengan X.M X, Sedangkan L.M XL adalah 50.040 dan sebagainya.

    Jadi 7894 = VII.M DCCCXCIV, sedangkan 11984 = XI.M CMLXXXIV, dan 53493 = LIII.M CDXCIII, mengerti?? :)

  11. penasaran ama yang 7000 itu,
    emang 7000 bukan V-(di atas)MM ya?
    ato emang bole pake VII.M?

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Sebenarnya kelipatan 1000 itu ditulis dengan garis atas, namun dengan .M diperbolehkan manakala tidak mungkin menuliskan garis atas pada saat kita menggunakan komputer seperti ini, namun kalau di kertas atau di manapun sebaiknya memang menggunakan garis atas.

    Nah, sekarang kita kembali ke topik semula:

    _
    LMM tidak boleh dituliskan sebagai 7000 karena mulai angka 5000 seluruh ribuan harus berada di bawah garis atas, hanya ratusan, puluhan dan satuan saja yang di luar garis atas. Pada contoh yang anda tuliskan ada ribuan (MM) yang di luar garis atas, jadinya tidak diberbolehkan. Jadinya yang benar adalah:

    ___
    VII = 7000
    ___
    VIII XIV= 8014

    Puluhan ribu dan ratusan ribu juga harus berada di bawah garis atas semua!

    ___
    XIX CC = 19200
    __
    CC CXXX = 200130, dst.

    Mengerti? :)

  12. kayaknya 7894 itu = VII.M DCCCXCIV
    bukan VII.M DCCXCIV kurang c 1 doang sih, tp kan jadi lain, 7794

    _______________________________

    Yari NK replies:

    Wah terims atas koreksinya ya, memang kelalaian ketik hanya beda satu huruf saja tapi angkanya tentu saja jadi berbeda. Sekali lagi terims ya atas koreksinya. :)

  13. Bos.. gw mau natto tgl lahir anak gw dalam angka romawi.. bisa bantu ngga, gimana cara penulisan 18 november 2005 / 18-11-2005 dalam angka romawi??
    makasih bang atas bantuan nya…..

    ___________________________________________

    Yari NK replies:

    Dalam angka Romawi: XVIII / XI / MMV.

  14. assalamu’alaikum
    wah…tengkyu banget yah udah dikasih penjelasan panjang lebar hingga menjadi luas cara menulis angka romawi. aq terbantu banget soalnya aq emang lagi butuh banget, kemarin murid lesq tanya gituan aq g bisa jawab. maklum udah lupa…hampir berabad-abad udah g pernah belajar gituan.
    yah sekali lagi tengkyu so much…
    wassalamu’alaikum

    ________________________________________________

    Yari NK replies:

    Assalamu alaikum wr wb

    Saya ikut senang andaikan artikel ini dapat membantu….. dan saya juga berterimakasih karena anda telah sudi mengunjungi blog saya ini. Sekali lagi terims ya. :)

    Wa’ alaikum salaam wr wb

  15. terimakasih mau tanya kalo menunjukkan tingkatan kelas kok selalu diberi garis atas ?

    __________________________

    Yari NK replies:

    Tidak masalah kalau diberi garis atas sambung di atasnya. Tapi penulisan angka Romawi dengan garis atas sebaiknya dihindari karena akan mengalami kesulitan jika sudah memasuki angka 5000 ke atas, karena kelipatan 1000 juga menggunakan garis atas hanya saja garis atasnya terpisah. Terims ya telah mampir di blogku. :)

  16. Aku ingin tahu angka 0 (nol) untuk huruf Romawi. Juga tanda-tanda mathematika, misalnya tambah,kurang,bagi,pangkat dan sebagainya. Thank banget.

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Angka “0″ tidak ada dalam sistem bilangan Romawi. Ada yang mengatakan bahwa angka 0 dalam Romawi adalah tanda titik (.), tetapi itu tidak asli Romawi dan ditambahkan kemudian agar sinkron dengan sistem bilangan Arab yang kita kenal sekarang.
    Yang saya tahu, tambah dan kurang menurut Romawi adalah sama (+,-) yang saya tidak tahu adalah tanda perkalian dan pembagian. Tanda sama dengan juga sama (“=”).

  17. kl yg ini gmna yaw ??? [ 11 16 1984 ]

    thx . . .

  18. gmna boz, bsa bntu gag ? gwa mo bkin tato jg, tgl lhir gwa 11-16-1984, dlm huruf romawi.

    thx . . .

    ___________________________

    Yari NK replies:

    11 = XI
    16 = XVI
    1984 = MCMLXXXIV

  19. THX’U SO MUCH MY BOZ…

    ________________________

    Yari NK replies:

    You’re always welcome…! :)

  20. semula aq bingung dg angka romawi 4000 ke atas cos setahu aq, batasannya 3 digit. Skrg jd tahu. Thx ya?

  21. mau numpang tanya. kenapa angka bulan pada penomoran surat memakai angka romawi? apakah harus pakai angka romawi? atau bagaimana. terima kasih

    • Ah… nggak juga… siapa bilang?? Boleh saja seperti ini:

      3-2-2007
      4-Maret-2008, dst.

      Mungkin huruf bulan ditulis huruf Romawi karena biar tidak keliru dengan tanggal, soalnya takut keliru dengan format Amerika yang meletakkan bulan di depan tanggal. :)

  22. ternyata susah juga belajar angka romawi walau ku guru matematika tapi banyak gak taunya kalau anka romawi 1978 apa????????????

  23. Kita tak perlu terlalu njlimet dalam “mempelajari” huruf dan angka rumawi, kiranya cukup yang penting-penting saja. Huruf dan angka rumawi membertikan andil sebagai pelengkap dalam rumus/ formula mathematika dan fisika, penulisan karya ilmiah agar sistemats dll dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Itupun belum mencukupi sehingga disamping huruf dan angka rumawi digunakan tanda-tanda yang dibuat (tanda/huruf baru) dan dari tulisan-tulisan yang pernah dikenal dalam budaya manusia.
    Akan lebih praktis kita mempelajarinya sesuai dengan disiplin ilmu yang kita pelajari.

  24. mw tnya dunk.., apa bedanya sistem bilangan arab dgn sistem bilangan romawi?
    thanks yo..

    • Sistem bilangan Arab itu ya sistem bilangan desimal seperti 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 yang seperti kita kenal sehari2 sementara sistem bilangan romawi ya seperti yang saya bahas di artikel ini… :)

  25. mau tanya gimana menulis 48.900 atau 500.500 trm ksh

  26. apa angka romawi 1-1000

  27. makasih ya pak telah dibantu, ni da temen nanya nulis 7000 dalam angka romawi gimana. jd ketauan ni kalo aq masih bodo.

  28. Saya kelas 4 SD, dapat PR disuruh cari jawaban “Apa Manfaat Bilangan Romawi”?
    Besok Senin dikumpulin, mohon bantuan jawabannya.
    Terima kasih.

  29. ass, wah…seneng banget bisa dpt ilmu ini, soalnua aku seorang ibu rumah tangga yang sering nemenin anakku sd kelas v belajar. mau gak mau ya…aku mesti belajar juga spy aku bisa tularkan ke anak2ku. jujur aku masih bingung…..terkadang kunci bilangan romawi tidak mentah2 bisa dipakai pada suatu bilangan. tapi aku akan mencoba mempelajarinya. tapi klo ada yang ingin sy tanyakan kirim kemana bro!! makasih

  30. Makazih Banyak ya Kang / aa / mas atas ilmU nya,,,,,,ih ni pinteUr

  31. trima kasih., saya dan nenek jadi mengerti angka romawi.,

  32. mau tanya ni kalo 26-11-1994 angka romawinya apa?

  33. nini ya ra teyeng bilanga romawi

  34. bilangan romawi terbesar yang bisa di tulis apa y????dijawab cepetan…………

  35. Muhammad Adam ELdawan

    Kalau 1 Milyar Berapa bilangan Romawinya

  36. om mau nanya kalo angka romawi 834 berapa?

  37. maling :) :D :P :* :3 (^^^)

  38. kenapa angka raomai engga lengkap kan aku jdi bingung udah mana bsok d bawa

  39. aku bingung sma angka romai knp gk lengkap

  40. kalo penulisan 1984 pake angka romawi gmn ????

  41. kalo 400 CD
    klo 401 CDI
    NAH kalo 409 gmn tuh? :(

  42. kalau CCCDLII bilangan cacahnya gimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s