Oh! Gelora Bung Karno!

vs

Kemarin malam saya sempat melihat pertandingan Arab Saudi vs Republik Korea di Global TV dan Star Sports. Tetapi saya kali ini bukannya ingin mengulas pertandingan tersebut, karena selain saya bukan komentator sepakbola, pertandingan tersebut kemarin berjalan sedikit monoton (menurut saya), mungkin banyaknya bintang-bintang yang absen dari kedua kesebelasan membuat kualitas pertandingan sedikit menurun.  Namun, saya akan membahas tentang’kejadian’ di stadion Bung Karno kemarin, stadion yang seharusnya menjadi kebanggaan kita!

Mungkin anda juga sudah mengetahui bahwa kemarin di sekitar menit ke-85 pada pertandungan Korea vs Arab Saudi, lampu stadion tiba-tiba mati.  Mungkin kejadian ini bukan kejadian yang pertama kali di dunia ini, walaupun mungkin kejadian ini hanya terjadi di negara-negara berkembang, itupun mungkin kejadiannya sangat jarang, apalagi di event-event internasional seperti piala Asia ini. Waduh! Rasanya hati ini malu sekali!! Lha kok bisa begitu?? Andaikan bisa begitu lha kok kejadiannya kenapa di Indonesia pula?? Andaikan kejadiannya di Indonesia lha kok kenapa terjadinya pas perhelatan akbar macam Piala Asia ini?? Sungguh kita harus malu dengan terjadinya peristiwa itu. Walaupun mungkin kejadiannya itu adalah peristiwa force majeure, alias di luar kendali siapapun. Di layar kaca Star Sports pada saat kejadian itu ditulis besar-besar “Play is suspended due to power failure“, untung komentator2nya sangat profesional dan sama sekali tidak berkeluh kesah tentang kejadian mati lampu kemarin!

Tapi yang membuat saya malu bukan hanya itu! Video layar lebar yang ada di stadion, ukurannya terlihat sangat kecil dibandingkan yang ada di stadion Bukit Jalil di KL ataupun di stadion Rajamanggala di Bangkok. Nggak proporsional sama luas stadionnya. Bukit Jalil dan Rajamanggala mempunyai stadion yang lebih kecil tapi punya video layar lebar yang jauh lebih besar! Sehingga informasi terlihat dengan jelas! Kenapa kita nggak mampu membeli video layar lebar yang lebih besar? Nggak mampu? Duitnya dipakai ke mana aja nih?? Bukan itu saja, kemarin salah satu video layar lebar di stadion Bung Karno kemarin terlihat mati! Soalnya menurut standard AFC atau FIFA, minimal video layar lebar di dalam stadion ada dua, yang satu untuk scoreboard display  yang satu lagi untuk menayangkan live kejadian-kejadian yang terjadi di lapangan/stadion. Nah, kemarin video layar lebar yang seharusnya menyiarkan kejadian-kejadian live di lapangan ini yang mati, sehingga hanya yang scoreboard display aja yang menyala! Sungguh memalukan! Memang ini sepertinya hal-hal yang sepele. Namun hal-hal yang sepele inilah yang kadang-kadang menunjukkan kualitas panitianya dalam menyelenggarakan suatu event akbar! Mudah-mudahan semuanya tidak berulang kembali di pertandingan-pertandingan berikutnya!

2 responses to “Oh! Gelora Bung Karno!

  1. Benar2 memalukan. Lengkap sudah aib negeri ini. Saya cuma bisa mengelus dada seraya berdoa, semoga Allah mengampunkan dosa para pemimpin bangsa ini.

  2. Amiin. Mudah2an 200 juta bangsa Indonesia ini berdoa dan bertaubat agar bangsa ini tidak terus-terusan dilecehkan oleh bangsa lain, bahkan oleh tetangga2nya sendiri yang jauh lebih kecil!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s