Otak kiri vs Otak kanan

Tabel warna

Mari kita bermain-main sedikit! Anda lihat diagram di atas? Cobalah anda menyebutkan warna dari kata-kata dalam diagram tersebut dengan suara agak lantang dan secepat mungkin! Ingat sebutkan warnanya bukan sebutkan katanya! Bagaimana? Tidak segampang itu kan?

Contoh di atas adalah contoh klasik dari konflik antara otak kiri dan otak kanan anda! Otak kanan kita berusaha untuk menyebutkan warna dari kata-kata yg ada tersebut namun otak kiri kita ‘memaksa’ kita untuk membaca kata-kata tersebut.

Namun bagi mereka yang buta huruf, tentu mereka akan lebih mudah untuk bermain dengan diagram di atas, karena otak kiri mereka ‘tidak bisa memaksa’ kita untuk membaca kata-kata dalam diagram tersebut. Nah, sekarang coba ganti kata-kata pada diagram tersebut dengan kata-kata warna bahasa asing yg sama sekali asing bagi kita, taruhlah misalnya dengan bahasa Arab, Bahasa Rusia ataupun bahasa Swedia. Tentu dalam kasus ini permainan di atas juga akan mempermudah kita karena otak kiri kita ‘tidak bisa memaksakan’ kita untuk membaca kata-kata tersebut karena kita tidak memahaminya.

Ok! Selamat mencoba!

26 responses to “Otak kiri vs Otak kanan

  1. saya belepotan bacanya.. hewhwehew

  2. Hehehehe… iya memang tidak terlalu mudah memainkannya. Btw, terima kasih mas Anang telah berkesempatan untuk mengunjungi blogku.πŸ™‚

  3. emang susah ya…..
    aku juga belepotan nich mas anang

  4. Ihhhhh.. susah banget, Malah Pusing gara2 ngikutin anjuran dari spektrum… Tapi asik juga.. Sekali2 asah otak… kalau bisa sekalian cuci otak..

  5. @amar and rivafauziah

    hehehe…. memang tidak mudah untuk melakukannya kok, kecuali kalau kita buta huruf!πŸ˜€

  6. Alhamdulillah sukses…beberapa kali dengan meningkatkan kecepatan
    Tapi sering terjebak pada kata “biru” dan “hijau” di baris ke 4 karena lumayan silau Pak

  7. Oh ya…yang bahasa asing saya kesulitan. Saya pernah mencoba di blognya Bang Fertob dulu beberapa bulan yang lalu

  8. Alhamdulillah saya lancar bacanya

  9. @mathematicse
    hehehehe……

    @deKing:

    Yang saya maksud dengan bahsa asing (ingat bahasa asing-nya harus benar2 yg asing!! Jangan bahasa Inggris, Belanda atau yg lainnya yg anda (sedikit2) ketahui!) namun anda bebas menyebutkan warnanya dalam bahasa Indonesia. Namun jikalau anda tetap kesulitan setelah bermain dng diagram yg berbahasa asing tersebut, itu berarti otak kiri anda sangat dominan karena biarpun anda tak mengerti, otak kiri anda terus memaksa anda untuk membaca diagram tersebut.

    @purnama

    Wah! Selamat! Kalau anda memang lancar menyebutkan warnanya (secepat mungkin atau bukan melalui proses yg berulang2 sehingga anda sudah ‘berhasil’ menghafalnya!) itu berarti sedikit banyak menunjukkan bahwa otak kanan anda sangat dominan.

  10. Jadi .. harus sering2 melatih otak kiri dan otak kanan secara bergantian ya mas?

  11. Wah…. saya bukan psikolog mas! Hehehehe… tapi yg saya ketahui memang sih seharusnya begitu! Tapi wajar kok di sebagian orang banyak yg otak kirinya lebih bekerja di sebagian orang lainnya banyak yg otak kanannya lebih bekerja. Yang penting asal jangan jadi besar kepala sebelah aja yaa! Hehehehe….

  12. @Jauhari: Terima KasihπŸ™‚

  13. baguuuuus…..

    mulut gw ma tmn2 pd belepotan bcny

  14. @ siz

    memang udah banyak yang coba baca yang akhirnya pd belepotan kok.πŸ™‚ Terims ya telah mampir di blogku.

  15. gak terbalik ya?
    saya lebih suka membaca dari pada melihat warna.

    __________________________________

    Yari NK replies:

    Nah…… itu menandakan belahan otak mana yang lebih dominan pada diri anda….πŸ™‚

  16. Sering kesrimpet mbacanya karena kita orang udah bangkotan. Saya sendiri sering kesrimpet bacanya. Salahnya sendiri kenapa bisa baca tulis….Weelleeh weleh….

  17. biasa aja, saya mbacanya malah lancar….

    ______________________

    Yari NK replies:

    Kalau sudah berkali2 berusaha memang kecenderungannya akan lebih lancar karena sudah lebih terbiasa……

  18. mungkin harus dicoba ber xx…..kalau nggak””pertama pasti kita bingung.tapi kalau dah dicoba ber kali2 otak kita akan terbiasa…………….THANKS zaw setelah baca ini dan mempratekkannya otak saya jadi seimbang dari sebelumnya

    __________________________

    Yari NK replies:

    Wah… kalau ingin otak kita “seimbang” tidak hanya cukup dengan membaca carta di atas saja, banyak hal yang masih harus kita lakukan, mulai dari pengasahan intelegensia, kreativitas, pengendalian emosi dan lain sebagainya….πŸ™‚

  19. tidak ada pertentangan bagi orang yang bener2 buta segalanya…hehehe

  20. Orang yg ber polapikir cerdas dan orang2 yg sukses, dia mampu kapan & bagaimana menggunakannya secara tepat dan jitu. Bahkan dia mampu menyatukan antara keduanya didalam mencapai sesuatu apa yg diinginkannya.

  21. kalau lancar baca kata2nya. brarti dominan kiri?

  22. Wah lumayan buat tes otak niy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s