Tinggi Badan Orang Amerika ‘Menyusut’

screenhunter_085.jpg

Orang (pria) Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 hingga tahun 1980an dikenal sebagai bangsa (terutama prianya) dengan tinggi badan rata-rata tertinggi di dunia. Namun dalam satu sampai dua dekade belakangan ini, AS harus merelakan gelarnya kepada negara-negara di Eropa, dan kini Belanda yang mempunyai predikat bangsa yang ‘tertinggi’ di dunia. Seperti tabel di atas yang diadaptasi dari majalah TIME, tinggi pria-pria di negeri kincir angin itu rata-rata adalah 182,5 cm.

Ketersusulan AS oleh rekan-rekannya terutama dari negara2 Eropa Barat bagian utara diprediksi akibat semakin membaiknya kemakmuran di negara-negara tersebut terutama setelah perang dunia II, yang mengakibatkan perbaikan nutrisi, dan juga perbaikan perawatan pra-kelahiran (prenatal care) yang diduga juga kuat berpengaruh pada tinggi badan si calon manusia itu kelak. Sementara ‘menyusut’nya tinggi badan orang AS di duga akibat terlalu banyaknya orang Amerika mengkonsumsi makanan ‘sampah’ (junk food), selain itu membanjirnya imigran-imigran dari negara-negara lain yang mempunyai tinggi badan yang rendah yang juga membawa pola makan yang buruk dari negara asalnya juga diduga sebagai ‘menyusut’nya tinggi badan pria-pria di Amerika.

Studi mengenai pertumbuhan tinggi badan manusia sebenarnya adalah suatu yang aksiologis. Beragam faktor lingkungan dan genetis sangat mempengeruhi tinggi badan suatu bangsa. Kemakmuran dan standard kesehatan tentu merupakan sesuatu yang sangat mempengaruhi tinggi badan suatu bangsa, namun hingga saat ini para ilmuwan belum bisa mengungkapkan ‘rumus’ yang jelas dan baku untuk masalah tinggi badan ini.

Namun sayang juga, untuk posting ini saya tidak menemukan data rata-rata pria Indonesia untuk melengkapi tabel di atas, dan saya juga tidak bisa menemukan data-data mengenai rata-rata tinggi badan kaum hawa di berbagai negara.

(Diadaptasi dari majalah TIME dan dari sumber-sumber lain)

48 responses to “Tinggi Badan Orang Amerika ‘Menyusut’

  1. Kok Indonesia tidak masuk dalam daftar tsb ya Pak?
    Kalau peningkatan TB rata2 dipengaruhi oleh perbaikan nutrisi apakah rendahnya TB rata2 Indonesia menunjukkan buruknya nutrisi kita😀
    Tapi sepertinya kita tidak bisa mengatakan:
    “Badan pendek (atau rendah ya?) jika dan hanya jika nutrisi buruk”

  2. @deKing

    Iya euy, rasanya belum puas ya belum memasukkan Indonesia ke daftar itu? Habis gimana lagi, datanya nggak saya temukan yg utk Indonesia😦

    Hmmm yang jelas nutrisi buruk selain DAPAT menyebabkan badan pendek/rendah, ia DAPAT juga menimbulkan penyakit2/gangguan2 malnutritif!😀

  3. Kemungkinan rata-rata tinggi badan orang Indonesia hampir sama dengan tinggi badan orang Filipina.

  4. orang indonesia kayaknya standar2 aja, yang blasteran mungkin agak tinggi kali yak

  5. Di indonesia kan berlaku bukan makanan yang bikin tinggi, tapi tinggi bikin orang bisa makan. Maklon pekerjaan yang membuat kita bisa makan enak menyertakan TINGGI MINIMAL. Misalnya polisi atau pramugari….

  6. @mathematicse
    iya kali ya, paling2 juga cuma beti (beda2 tipis)

    @Umar Faridz
    Hehehe…. maksudnya standard2 aja tuh… standard2 yg mana? standard2nya Asia? standard2nya Eropa? Kan standard banyak lho😀 Kalau blasteran Indonesia – Timor Leste agak tinggian nggak?😀

    @blackclaw
    Hehehehe…. ini masalah pribadi ya? Pernah mau masuk kepolisian tapi karena tinggi badan kurang? Nggak deh, becanda!😀

  7. Kalau ga salah, majalah TIME juga pernah membahas tentang obesitas, alias tidak meninggi ke atas tapi ke samping alias endut hehe orang2 Amerika sekarang cenderung kesamping. Hmm, kalo Indonesia ga ke atas, ga ke samping tapi ke belakang kali ya hwakakak😀 .. terbelakang apa ke kamar mandi ya?

  8. hwakakakak…. kalo mas Erander tumbuhnya ke mana nih? Ke atas, ke depan, ke belakang, diagonal apa tumbuh ke segala arah?😀 Becanda mas!

  9. Ndak oom, sebenarnya eyke mo jadi pramugari…

    *WAT DE…?*

  10. saya masih termasuk kategori orang Filipina donk😀

  11. saya pendek…😦

    *nangis*

  12. @blackclaw
    jadi pramugari, pramugara, pramugaring apa pramugarong nih?😀

    @eNPe
    biarin dikategorikan jadi orang Filipina bu, daripada dikategorikan sebagai orang utan atau orang aring! Hehehehe…. becanda bu!😀

    @cK
    biarin aja kalo pendek badannya asal jangan pendek akalnya hehehe😀

  13. kalo gua mah…..maseh standarlah 170 cm….setau gua orang indonesia lumayan kok tingginya…salah kale surveynya…

  14. @ Boss

    Mungkin yang salah bukan survey-nya tapi sampelnya yang kurang merata dan kurang representatif untuk ukuran rata2 tinggi orang Indonesia😀

  15. maap pak, mau tanya boleh kagak? saya masih SMP umur baru 14,5 th (3 sept 93) tinggi badan saya 187 cm (gak denk, brcanda) tinggi saya yg sebenarnya 165 cm. normal gak sieh pak? apa pas SMA bisa nambah?

    _______________________________________

    Yari NK replies:

    Oh… sangat normal sekali untuk ukuran sekarang…… anda masih bisa tubuh hingga 25 tahun (kalau laki2) secara teoritis, namun tentu pertumbuhan itu akan melambat jika sudah mencapai usia 20an.🙂

  16. Pak saya tinggi 170 cm…kelas 2 sma…apa bner saya bakal terus tumbuh smpe 25 thn? Panjang bgd dong?

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Memang anak laki2 secara teoritis masih bisa tumbuh sampai usia 25 tahun. Tetapi pertumbuhan itu makin lama semakin lambat. Pertumbuhan yang paling cepat justru di bawah usia 18 tahun, setelah itu semakin lama semakin lambat…..🙂

  17. badang yang lebih tinggi kesannya kayak lebih profesionliti

  18. @Yari NK
    Bantuin dunk ana lisa eksak saiyah, disinih.. hehehe

    thx, sak durunge… wong pinter.

  19. Maz, aq usia 18th tinggi cuma 159, kira2 bisa nambAh gak ya? Trz yg bisa d lakuin agr lebi tinggi pa? Skiping bisa membantU ga?

    • Kalau laki2 bisa tumbuh sampai 21-22, walaupun pertumbuhannya semakin melambat. Yang paling penting adalah makan makanan gizi yang seimbang terutama yang mengandung calcium. vitamin D dan protein. Serta istirahat dan melakukan aktivitas yang berimbang.

  20. Kalu untUk usia 18 tinggi segitU”159″ nOrmAL ga?

  21. Jadi kira2 tingGi maximalnya bisa sampai berapa?

  22. mw nanya nih..umur saya 15 tahun..tinggi saya 184cm..itu termasuk tinggi ga yah???tq..

  23. Saya umur 16 thn tnggi badan 175 cm. . . Kalo umur 18thn kira2 berapa cm yah?

  24. pak saya mau nanya nih,umur saya skarang 13 tahun tinggi saya sekitar 165cm
    kira-kira klo sekarang tinggi saya segini tinggi maksimal saya nanti bisa berapa yah pak mohon di jawab pak

    trus ad juga temen saya umurnya 14 tahun tapi tinggi nya udah 190 cm,ini beneran loh pak
    klo orang kyk gitu tuh tergolong normal atau kelebihan homron pertumbuhan ya

  25. Saya ajha yang umur 17 tahun baru 188 cm
    padahal temen temen basket gw ada yg 193-198cm
    gmana ya biar bza nambah lagi
    ksi tahu carnya T_T

    • 17 tahun 188 cm, udah tinggi bngt tuh… masa mo tambah lagi.. km paling menjulang dong dibandingan manusia – manusia sekelilingmu… hehehe… emang gak susah cari ukuran sepatu, baju, celana??

  26. Busyet bang!!!!
    tinggi amet luhh???
    umur 17 thn udh segitu??
    gw ajha yang umur 23 ajha cuman 180 cm
    ya u bnykin ajha olah raga
    di coba ajha yaa mdh-mudhan berhasil^^

  27. Mau tanya ne
    saya baru kelas 1 SMA,Tinggi badan saya sekitar 189 cm
    umur saya 14 tahun
    apakah saya over atau tidak??
    apakah tinggi saya bisa mencapai 2 meter???
    Tq

  28. Saya ada berbagi info buat teman2 bagi yang mau nambah TB… jangan berputus asa selagi ada kemauan disitu ada jalan..Tb saya awalnya 155 cm dan sekarang alhamdulilah.. TB saya 167 cm .. TB itu juaga berpengaruh pada nutrisi makanan dan olah raga yang teratur … jadi genetika hormon pertumbuhan akan bekerja secara aktif dengan menkonsumsi nutrisi dan olah raga yang teratur…
    untuk nutrisi makanan saya mengkonsumsi Susu,Kalsium(sumsum tulang belakang sapi),Kacang Hijau,Kacang Kedelai…
    sebab ke 3 nutrisi makanan ini yang beperan aktif dalm pertumbuahan tulang rawan pada tualng belakang dan pada tungkai kaki… dan untuk olah raga saya memakai alat bantu yaitu pro invertion dan bersepada… sekarang pun masih berlatih, target Tb 175 cm..hehe

  29. wew buset dah pd tinggi2, w aj umr 21 cm 167cm..msh pngn tinggi lg nh..target 175cm..cm yang w binggungkan tentang standar tinggi untuk org indonesia brp sh??saya cari2 digoogle tp blm menemukan yang menjelaskan standar tinggi untuk org indonesia..ad yang bisa ksh jawaban jelas ga??

  30. misi numpang tanya umur saya 17 tahun kelas 2 sma tinggi saya 182 kira-kira saya bisa sampai berapa ya tingginya?190 nyampe ga?

    • Belum tentu. Nggak ada rumus eksaknya. Banyak faktor juga yang mempengaruhinya, yang jelas mendekati usia 20an apalagi memasuki usia 20an, pertumbuhan akan semakin lambat…. (kalau wanita umur segitu sudah tidak bisa tumbuh lagi).

  31. bro, klw tinggi 171 berat 58 dan umur 17. bagaimana cara untuk meninggikan badannya lagi ??

  32. pak dokter saya waktu umur 14,5 tinggi saya 170cm dan sekarang umur 19,1 tahun tinggi saya 186 dengan berat 77 kg, normal gak dok? apakah saya msih bisa tinggi lagi, ?

  33. Ass
    Nama saya fahmi umur 15 tahun.tinggi saya 155,5 berat badan 43.Apakah tinggi dan berat badan saya normal atau tidak?

  34. Tinggi rata2 org indo cuma 163 cm terpendek ke 2 di dunia setelah kamboja 162 cm

  35. saya berumur 15 tahun. tinggi badan saya 181 cm .kira kira tinggi badan saya di umur 18 berapa ya dok ?

  36. Kasian mah orang Indonesia pendek-pendek. Sewaktu masa pubertasnya mungkin banyak begadang dan kurang nutrisi serta kalsium. Kalau udah begini susah lah. Kalau mau tinggi ya harus menggalakkan kembali hormon pertumbuhannya.

Tinggalkan Balasan

