Komunitas Virtual Scrabble® (I)

a scrabble setScrabble dictionary (USA)Scrabble dictionary (UK)

Dictionnaire de Scrabble (France)

Keterangan Gambar (searah jarum jam dari atas):

Seperangkat Permainan Scrabble®, Kamus Scrabble® versi Amerika Serikat, Kamus Scrabble® versi Inggris, dan Kamus Scrabble Perancis.

Ini adalah pengalaman ‘virtual’ atau ‘semi-virtual’ lainnya selama saya mengenal internet. Ya, permainan Scrabble®, Saya mengenal permainan ini kira-kira tahun 1978, waktu saya kelas 4 SD. Saat itu saya pertama kali dibelikan oleh ayah saya seperangkat permainan Travel Scrabble®, asli buatan Inggris, buatan J.W. Spears & Sons. Ltd. Perangkat itu walaupun kini telah berusia hampir 30 tahun, masih saya simpan dengan baik! Dan keadaannyapun masih cukup baik. Hanya saja beberapa tile, kakinya sudah ada yang patah karena terbuat dari plastik, dan tidak bisa menempel sempurna di papan permainan. Namun secara umum keadaan perangkat permainan itu masih dalam kondisi bagus. Pada awalnya saya yang waktu itu lebih suka catur dari Scrabble®, (sekarang catur juga masih suka sih!), tidak menyangka bahwa permainan inilah yang pada akhirnya kelak memperkenalkan saya pada dunia chatting di Internet! Dari chatting di Internet ini saya mengetahui bahwa di Amerika Serikat dan di negar-negara Commonwealth, Scrabble sudah mempunyai kompetisi yang mantap di tingkat nasional masing-masing dan dapat dikatakan sudah berkembang menjadi perminan semi profesional. Bahkan sudah ada kejuaraan dunia Scrabble yang diadakan setiap dua tahun sekali! Untuk tahun ini kejuaraan dunia Scrabble akan diadakan di Mumbai, India.

Permainan Scrabble inipun mempunyai kamus tersendiri. Ini disebabkan karena banyak versi kamus yang beredar, yang di setiap kamus mempunyai standard yang berbeda-beda, maka dibuatlah kamus resmi permainan Scrabble yang menjadi acuan para pemain Scrabble. Versi pertama kamus Scrabble ini terbit tahun 1978 dengan nama The Official Scrabble® Player Dictionary di Amerika Serikat. Namun saya baru mempunyainya di tahun 1981. Tahun 1986, ketika saya mengunjungi Perancis bersama ayah saya (dan seluruh keluarga), saya berkenalan dengan Scrabble khusus bahasa Perancis, yang sedikit berbeda dengan perangkat Scrabble yang berbahasa Inggris. Jikalau dalam Scrabble Inggris, jumlah huruf adalah 100, sedangkan dalam Scrabble Perancis jumlah huruf adalah 102. Bukan itu saja, distribusi huruf dan nilai hurufpun berbeda. Misalnya jika dalam Scrabble Inggris jumlah huruf ‘E’ adalah 12, dalam Scrabble Perancis 15, atau huruf ‘W’ yang dalam Scrabble Inggris berjumlah 2 buah sedangkan di Scrabble Perancis hanya 1. Begitupula dalam Nilai dalam suatu huruf juga berbeda. Misalnya dalam Scrabble Inggris, nilai huruf ‘Q’ adalah 10, sedangkan di Scrabble Perancis hanya 8. Dalam kesempatan itu saya juga membeli kamus Dictionnaire Scrabble de Poche du jeux lettres, sebuah kamus Scrabble Perancis. Kamus Scrabble ini sebenarnya susunannya cukup membingungkan karena penyusunannya bukan berdasarkan alfabet murni tapi juga berdasarkan panjang pendeknya kata.

Perkenalan saya dengan dunia chatting dimulai tahun 1997, waktu itu saya tengah mencari-cari permainan Scrabble elektronik dengan menggunakan komputer. Sebenarnya saya sudah punya software bajakannya namun sungguh tak memuaskan saya, karena jikalau pakai level yang paling tinggi, itu komputer mikirnya lama sekali. Akhirnya setelah mencari2 ke sana ke mari di dunia maya, akhirnya saya menemukan freeware bernama Networdz yang 100% mirip dengan Scrabble di situs milik wanita bernama Tina Andrews seorang wanita asal Chicago, Amerika Serikat yang telah meninggal dunia tahun 2001 lalu akibat AIDS. Dari homepage Tina ini pula aku mengenal chat client yang bernama mIRC tempat di mana kami para penggemar permainan Scrabble berkumpul di channel #scrabbleOn dan #scrabblebuds (yang sekarang sudah lama bubar!). Di sinilah saya mulai berkenalan dengan dunia chatting.

Ok. Cerita ini masing bersambung. Saya sudah lelah mengetiknya hari ini. Pada bagian II nanti saya akan menceritakan bagaimana “pertempuran” antara kubu Amerika Serikat dan Inggris memperebutkan pengikutnya di Internet. Dan juga saya akan menceritakan orang2 yang saya kenal baik (di antaranya sampai sekarang) lewat permainan Scrabble online ini, termasuk Tina Andrews yang saya kenal baik bukan hanya lewat chat tapi juga lewat pembicaraan telepon beberapa kali.

13 responses to “Komunitas Virtual Scrabble® (I)

  1. Pak, YAri, beri contoh dong permainan scrabble ini, strateginya, dll. (Biar tahu triks and tips-nya gitu loh).😀

    Oh iya ditunggu juga sambungannya.

  2. butet (buduk berentet)

    Saya juga penggemar Scrabble. Tapi saya baru punya OSPD itu juga yang edisi 2, sudah lama sekali. Saya baru tahu kalau Inggris juga mengeluarkan kamus tersendiri. Kira-kira nama resmi kamusnya apa ya pak, kamusnya? Dan bisa dibeli di mana?

  3. butet (buduk berentet)

    O iya.. pak… lupa juga saya mau tanya.. apakah perbedaan kamus versi Amerika dan Inggris itu? Apakah banyak berbeda? Terima kasih banyak sebelumnya pak.

  4. tunggu bagian II aja baru komen😀

  5. hue, keren sekali….. bahasanya, jarang jarang nih dapat refresher seperti ini, thank you

  6. @mathematicse

    tadinya saya juga mau menjabarkan strategi2 cara bermain Scrabble. Tapi bagusnya sih pakai diagram2, dan sepertinya membuat diagram2 seperti itu agak rese dan memakan banyak waktu. Bisa sih, cuma ya itu butuh waktu lumayan banyak, mudah2an di kesempatan lain saya bisa menyajikannya.😀

    @butet (buduk berentet)

    Perbedaan antara OSPD2 dan OSW atau kamus Chambers(Kamus Scrabble Inggris), sangat banyak sekali. Jangankan antara kamus Scrabble Inggris dengan OSPD2, antara kamus Scrabble Inggris dengan OSPD4 yang terbaru saja, banyak perbedaannya. O iya nama resmi kamus Scrabble Inggris ada 2: Yang satu, Official Scrabble Words (OSW), yang tidak pakai definisi, dan juga Chambers Dictionary, yang ini pakai definisi, bisa dibuat untuk belajar sekalian, tapi harganya lebih mahal. Kalau anda mau, anda bisa membelinya di Amazon UK sebab kalau anda cari di toko2 buku di Indonesia sudah dipastikan sangat sulit sekali.

    @eNPe
    lha… ini udah komen 😀

    @raffaell
    Terima kasih kembali raffaell

  7. Saya tertarik untuk menyoroti betapa fleksibelnya bahasa Inggris dalam menyerap kosakata slang yang dalam bahasa Indonesia tergolong sebagai bahasa tak baku. Itu pula barangkali yang membikin bahasa Inggris mendunia. Model pembakuan kosakata semacam itu tampaknya bisa diadaptasi dalam politik kebijakan bahasa Indonesia di negeri kita, Bung. Apa sih susahnya mengadopsi kosakata slang? Bukankah bahasa itu bersifat arbitrer. Yang paling menentukan eksis atau tidaknya sebuah bahasa adalah pemakainya. Kaidah-kaidah bahasa Indonesia mesti dinamis. Selalu mengikuti arus perkembangan yang terjadi di tengah2 masyarakat. Kalau pembakuan kaidah bersifat kaku, bahkan menjadi amat rumit ketika digunakan dalam tuturan, baik lisan maupun tulis, jangan ditangisi kalau bahasa Indonesia gagal “go internasional”. Hehehehe😀

  8. bahasa inggris amerika dan london emang beda….??? tapi kayaknya joss bush ama tony bicaranya nyambung aja ya…….
    he…he…he
    maaf ya, sebenarnya saya tidak tahu apa-apa

  9. @Sawali Tuhusetya
    Betul pak Sawali… Bahasa Inggris sangat dinamis, dan nampaknya tidak takut ‘kehilangan’ identitasnya sebagai bahasa Eropa, ini terbukti dengan diserapnya kata2 dari berbagai bahasa asing (bahkan dari bahasa2 non-Eropa) ke dalam bahasa Inggris TANPA MENGUBAH SATU HURUFPUN, alias diserap mentah2. Bahasa slang dan juga ‘infiltrasi’ bahasa asing ke dalam bahasa Inggris, justru memperkuat kedudukan bahasa Inggris, bukan melemahkannya.

    @amar
    Ya iyalah nyambung…. tetapi banyak kata2 sulit yang sangat jarang dipakai sehari2 yang berbeda (yang mungkin Bush dan Blair aja belum tentu tahu) hehehe….😀

  10. Sya mencari forum pecinta scrabble.kira-kira dimana saya bisa join??
    makasih sebelumnya kang…

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Coba anda datang ke http://www.isc.ro/
    Nah, di sana ada game online gratis yang dapat didonlot Scrabble. Anda akan otomatis disambungkan kepada seluruh pemain di dunia yang juga ingin bermain Scrabble. Selamat mencoba.

  11. Yang punya kamus scrabble lebih boleh saya beli. mohon hubungi nomor saya 0511 6198561. Saya sangat membutuhkannya. Terimakasih.

  12. kamus scrabble itu bisa di download ga?????

Tinggalkan Balasan

