Pertamax, hetrik, quadtrik dan lain-lain

Yah, kali ini postingan lagi-lagi postingan iseng. Tapi, eits…… nanti dulu….. walaupun ini mungkin postingan (agak) iseng…. tetapi mudah2an ada manfaatnya juga, minimal informatif, walaupun minim.

Apa yang akan saya bahas kali ini, kali ini saya akan membahas masalah kata2 yang populer di blogsfer ini terlebih di WordPress ini seperti kata pertamax, hetrik, quadtrik, dan lain-lain. Wah, iseng banget!! Emang iya! Tapi nanti dulu siapa tahu dari kata2 tersebut kita dapat belajar sesuatu! Yang pertama adalah kata: Pertamax! Ya anda tentu sering melihat komentar2 berisikan kata Pertamax! Ini menandakan bahwa si blogger dengan bernafsu ingin merebut komentar nomer satu di sebuah postingan! Entah penyakit apa yang menyebabkan banyak blogger (dan juga mungkin non-blogger) yang ingin memberikan komentar: Pertamax! di kotak komentar nomer satu padahal dapat pertamax apa nggak, nggak dapet hadiah juga! (Sampai saya juga ikut2an kalau ada kesempatan menjadi komentator pertama, saya juga akan berkomentar: Pertamax!). Semua orang juga tahu Pertamax ini adalah sebenarnya adalah produk BBM andalan Pertamina. Kenapa menjadi andalan Pertamina? Karena selain produk ini bebas unsur timbal (Pb) yang sangat mencemari lingkungan, produk BBM ini juga berkualitas tinggi karena mempunyai bilangan oktan yang tinggi, untuk Pertamax, mempunyai bilangan oktan 92 sedangkan Pertamax Plus bilangan oktannya 96.

Nah, sekarang bilangan oktan itu apaan seh?? Begini, seperti kita ketahui bahwa bensin adalah campuran daripada 2,2,4 trimetilpentana atau disebut juga iso-oktana dan juga heptana. Heptana adalah alkana yang berantai karbon (C) lurus (atom Karbonnya ada 7), sementara 2,2,4 trimetilpentana adalah alkana yang bernatai karbon bercabang dan atom karbonnya ada 8 (itulah kenapa dia juga disebut iso-oktana, karena okta=8). Nah, semakin banyak 2,2,4 trimetilpentananya semakin tinggi bilangan oktannya. Jadi Pertamax yang mempunyai bilangan oktan 92 itu komposisinya adalah 92% 2,2,4 trimetilpentana dan 8% heptana. Angka oktan yang semakin tinggi dikatakan semakin mengurangi ketukan (knocking) pada mesin kendaraan yang membuat mesin menjadi lebih awet! Nah, dari kata pertamax ternyata kita bisa belajar sesuatu kan? Walaupun sedikit maksa! Huehehehe……:mrgreen:

Ok, kata berikutnya adalah: hetrik! Tentu hetrik ini maksudnya adalah dari kata Bahasa Inggris: hat-trick. Hetrik ini sering diucapkan oleh para komentator di sebuah blog yang berkomentar tiga kali berturut2 (atau tidak berturut2 karena mungkin sudah disalip duluan oleh komentator lain!). Nah tahukah anda, di kerajaan Inggris, di zaman ratu Victoria, para pesulap sering menggunakan kata hat-trick ini untuk menyebut sebuah permainan sulap (yang sebenarnya sering kita saksikan juga sampai bosan dan klise!) berupa sebuah topi panjang berwarna hitam (top hat) di mana dari topi tersebut si pesulap mengeluarkan 3 ekor kelinci dengan “tongkat ajaib”nya sambil berkata sim-salabim, atau kalau di Inggris sana mungkin abracadabra! Nah dari sinilah dipercaya kata hat-trick berasal, dan karena itulah disebut hat-trick yang arti kasarnya adalah “permainan topi”. Nah, dari sinilah kata hat-trick tersebut menjalar ke pertandingan olahraga seperti dalam pertandingan cricket yang berarti jikalau si sang pemukul bola (batsman) gagal tiga kali mengantisipasi  si pelempar bola (bowler). Dari situ pula menjalar ke pertandingan2 lain seperti dalam sepakbola dan hockey jikalau seorang pemain dapat menyarangkan gol tiga kali dalam satu pertandingan. Dan akhirnya dari pertandingan olahraga, kata hat-trick ini menjalar ke hal-hal lain seperti misalnya jikalau seseorang mampu melakukan tiga kemenangan, tiga kesuksesan, tiga buah prestasi dan lain-lain secara berturut-turut atau dalam satu kesempatan. Nah, dari sini mungkin menimbulkan ide para blogger (di Indonesia) untuk berlomba2 melakukan komentar hetrik di sebuah blog!:mrgreen:

Kadang2 kita juga melihat para komentator mencoba untuk berkomentar 4 kali atau 5 kali (bahkan lebih) berturut2 di sebuah blog. Mereka menyebutnya quadtrik dan quintrik (kalau saya 5 kali berturut2 biasanya saya sebut dengan pentratrick!). Nah yang benar sebenarnya quadtrik (quadtrick) atau tetratrick, quintrik (quintrick) atau pentatrick?? Nah lho! Kata2 tersebut sebenarnya tidak ada dalam kamus Bahasa Inggris manapun yang berarti kata2 tersebut benar2 buah kreativitas para blogger Indonesia (barangkali!) dan juga saya belum bisa menemukan sebuah kata yang tepat untuk menggantikan definisi four times in a row atau five times in a row (ada yang tahu??) maka kata2 quadtrik dan quintrik (pentatrick) menjadi kata yang praktis untuk istilah empat atau lima komentar berturut2 di dalam sebuah blog.:mrgreen: Dan juga saya belum pernah melihat komentator bulé yang iseng berkomentar seperti para blogger di Indonesia yang dengan sengaja menyampah dengan komen2 seperti hetrik apalagi sampai quadtrik dan quintrik. Nah, fenomena ini apakah berarti blogger Indonesia sangat kreatif atau karena para blogger di Indonesia terutama dalam memberi komentar hanya bisa menjadi komentator tidak bermutu karena hanya bisa memberi komentar hetrik, quadtrik, quintrik, dsb.:mrgreen:

Nah, kembali ke subtopik awal, yang benar itu adalah quadtrik atau tetratrik, quintrik atau pentatrik (pentatrick)? Karena kata2 tersebut tidak ada dalam kamus Bahasa Inggris manapun, jadinya kesemua kata2 tersebut dapat diterima. Lho? Lha iya, yang satu diambil dari imbuhan Bahasa Latin sedangkan yang satunya lagi dari imbuhan Bahasa Yunani. Nah sekarang lihat tabel imbuhan (awalan) bilangan berikut:

Imbuhan (awalan) bilangan Yunani Latin
1 mono- un-
2 di- bi- / duo-
3 tri- tre- / ter-
4 tetra- / tetr- quadri- / quadr-
5 penta- / pent- quinque- / quinqu-
6 hexa- / hex- sexa- / sex-
7 hepta- / hept- septua- / sept-
8 octa- octo- / oct-
9 ennea- nona- / non-
10 deka- / deca- deci-

Nah, jadinya dua-duanya betul baik quadtrik (sebenarnya yang lebih tepat quadritrik) atau tetratrik, juga quintrik atau pentatrik (pentatrick), hanya saja yang satu awalannya dari Bahasa Yunani yang satunya lagi dari Bahasa Latin, silahkan suka-suka tinggal pilih saja. Tetapi omong2 kenapa nggak memakai imbuhan Bahasa Sansekerta yang lebih meng-Indonesia seperti caturtrik atau pancatrik?? Sepertinya pasti menganggap kalau pakai Bahasa Sansekerta kurang keren sih! (seperti biasa, klise!:mrgreen: )

Ya udah, segitu saja postingan ini, lumayan deh, dari kata2 iseng bisa belajar sedikit tentang sesuatu. Huehehehe….😀

28 responses to “Pertamax, hetrik, quadtrik dan lain-lain

  1. Akhirnya saya jadi tahu asal usulnya (dari dulu suka nanya-nanya tapi nggak ada yang bisa ngasih jawaban yang memuaskan)…. pertamax, hetrik dsb.. Memang orang Indonesia kreatif dan senang berkomentar termasuk yang nyampah barusan ini hehehe….

    Semangat Pagi!

  2. Kalau begini namanya hetrik yang sukses … halah masih sepi nih… hehehe… bisa sampai 10x nyampah….

  3. membaca sambil manggut2…hihi..saya mah ikutan tren aja sih pak…hihihi

  4. ulasan yang mantabs.

    wah, btw kalau saya comment pertama juga blum pernah nulis pertamax..

    saya tertarik dengan kisah hat-trick, lucu juga bisa merambat ke dunia sport..

  5. Iya, budaya kek gitu keknya ada di blogsphere indonesia ya ?

  6. Pak Yari, awal mula menulis di blog saya bingung…karena komentar nya suka nggak nyambung dengan artikel yang ditulis. Anak saya yang memberitahu, istilah-istilah yang umum di blog, dan akhirnya ya cuma senyum-senyum geli. Btw, thanks analisanya…..ternyata apa yang kayaknya cuma sekedar canda, ada juga artinya….

  7. Sip.. mantap banget…. begini nih seorang yang intelektual melihat sebuah komentar…sampe dalam analisisnya.
    Ngajar juga pak?
    kapasitas otaknya berapa pak? bagi2 dong🙂

    btw tau ngak pertamax,hetrikz, dll muncul karena kemudahan yang dimiliki oleh WP utnuk berkomentar..
    yah itu jadi bumbu2 blogwalking lah🙂

  8. Entah penyakit apa yang menyebabkan banyak blogger

    Saya malah baru tahu kang .. kalo Pertamax juga termasuk penyakit. Hmm, asik juga tuh kang kalo dibahas soal penyakit pertamax tersebut. Pasti ada yang akut dan cara2 untuk menyembuhkannya. Gimana kang??

  9. Sebuah otokritik yang lembut. Patut dihargai ketelatenan akang mengupas topik yang bersifat captive market ini.

    salam kenal kang. aku juga membahas gejala iseng dan sekadar buang suntuk yang menjadi gejala umum di blogsphere indonesia. Sekalian tolong tengok persiapan proklamasi kemerdekaan di blog aku :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/

    Terima kasih.

    Salam Merdeka!

  10. huaaa…ini to jawabnya..
    salam kenal
    *salaman*

  11. sebenarnya sesekali saya ingin membuat komentar pentatrick di sebuah postingan Bung Yari. Tapi *halah* pasti kali lain aku akan panen juga pentatrik. selain itu juga ndak enak, nanti dikira serakah.
    BTW, pertamax itu nama produk pertamina yang bung? yang jadi pertanyaan tuh sebenarnya pertamax itu merupakan kependekan dari pertama kali atau memang produk pertamina? kok malah tambah bingung? *halah*

  12. wah tau juga artinya…
    tapi kalo dot matrik apa tu ya?
    tinta printer x… hahaha

  13. sjafri mangkuprawira

    saya terus terang saja dibuat bingung dengan istilah pertamax…..kok istilah di pertamina muncul di blog…..berminggu-minggu saya coba cari padanannya tapi kok ngga ketemu…akhirnya muncul sendiri di pikiran jangan-jangan artinya “pertama kali”…benar-benar “telmi”…apalagi tentang trik,trik…makin gelap aja…soalnya semua itu ngga pernah muncul di blog saya…..di blog saya serba rada-rada formal gitu…..nah kalau nanti ada istilah jawaban atau respon di blog pakai kata “nyentrix”…kira-kira maknanya apa ya kang Yari?….

  14. @agoyyoga

    Wah…. mempraktekan pertamax dan hetriknya sekalian ya mbak?:mrgreen:

    @wawan sigaranteng

    Ya…. just for fun, it’s okay kok, nggak apa2. Btw, kok sekarang nicknya ganti jadi agak2 narsisis gitu! Huehehe….😀

    @atmo4th

    Wah…. kalau belum pernah berkomentar “pertamax” aja di komen pertama, berarti sampeyan patut diteladani tuh!😀

    @Raffaell

    Kayaknya sih seperti itu, kalau di blognya bulé saya belum pernah lihat. Nggak tahu ya kalau di blognya orang Malaysia ada ngga ya kira2?😀

    @edratna

    Iya bu…. mula2 saya juga telmi apa ya pertamax itu?? Eh… setelah lebih banyak berjalan2 di blogsfer dan mengamati fenomenanya akhirnya ngerti juga deh.😀

    @aRuL

    Iya RuL….. kalau siang ngajar, kalau malem jadi satpam di universitas yang sama! Huehehehe…..:mrgreen:

    @Abeeayang™

    Hidup pertamax!:mrgreen:

    @erander

    Penyakit Pertamax? Hmmm…. baru denger tuh. Apa mas Eby sekarang lagi tertular pertamax?:mrgreen:

    @Robert Manurung

    Terims ya. Yah, saya hanya mencoba untuk mengupas sebuah fenomena dari sudut atau pintu yang lain agar selain artikel ini dapat menginformasikan sesuatu namun sekaligus terasa tidak terlalu formal.🙂

    @fauzansigma

    salam kenal juga….
    **membalas salaman**🙂

    @Sawali Tuhusetya

    Walaaah… nggak papa kok pak, mau “nyampah” di sini juga. Huehehehe….:mrgreen:
    Btw, kalau nanti pak Sawali mengajarkan muridnya ngeblog, muridnya nanti bakalan diajarin pertamax, hetrik, dan lain-lain seperti itu nggak?:mrgreen:

    @Angga

    Huahahaha… mungkin sampeyan mau memulai memperkenalkan komentar “dot matrix” di sebuah blog??:mrgreen:

    @sjafri mangkuprawira

    iya prof, pertama2 saya juga agak telmi juga, tetapi setelah memperhatikan fenomenanya akhirnya faham juga. Huehehehe……
    Kalau di blognya prof soalnya artikel2nya serius jadinya orang mau “menyampah” pertamax, hetrik dan lain-lain agak segan jadinya. Kalau blog yang banyak icon2 seperti ini: ”:mrgreen:😀😆😛 ” biasanya jadi sasaran empuk komentar2 “pertamax” karena mungkin dianggap senang becanda.🙂

  15. Seperti Pak Sjafrie, saya juga kadang bingung dengan istilah-istilah tersebut. Akhirnya ta tahu sendiri deh. BTW, blognya pak Yari semakin bagus saja nih.

  16. He he si AKang Yari NK mah ada’ aja,
    Ini yang namanya postingan becanda tapi gaya,
    Iseng tapi berguna,
    Kaya yang biasa, Tapi eh luar- biasa,

    Jadi banyak macamnya ya nih arti kata- kata,
    Bisa melebar kemana -mana,
    Ya lah, daripada ribut2 BOTD lah, trepik lah yg ngga ada guna( ah masa?)
    Mending juga bikin postingan yg kaya Kang Yari NK punya,

    Salam Kang ah ti rumahkayubekas yang ….jangan bilang2 tapi ya,
    Suka ngintip- nginntip BOTD juga,

  17. Ini mah serius atuh akang … yang ngak serius itu migrasi premium ke pertamax … eh … ngak jadi deh Pertamina ‘main-main’. Kayaknya saat ini ada dua hal yang susah ditebak: Pertama pikiran orang gila, kedua kebijakan pemerintah (He he maaf Pak Satpam, jangan ditangkap ya, ini komenter iseng benaran lho).

  18. informasi yang bagus buat newbie seperti sayah
    lam kenal yagh…

  19. komen lagi ah, soalnya tadi url saya gag kluar…

  20. Mas Yari ini, dari iseng aja bisa belajar, apalagi kalo serius…. malah mumet. Hehehe…
    Ada Pertamax mestinya ada Pertamin, seperti minimax dan maximin. Weleh… malah OOT.

  21. wuah.. so pasti ini bukan pertamax..
    pa lagi hetrik…

    ckckckck..

    best regard.:mrgreen:

  22. makin kagum. ini mah postingan bermutu. pertamax-hetrik-quadtrik.

  23. @doeytea

    Terima kasih kang doey. Btw kok kang doey sekarang jarang kelihatan nih? Sibuk ya?🙂

    @rumahkayubekas

    Ah si akang ini bisa aja. Hehehehe…. Kang rumahkayubekas pasti rumah kayu bekasnya juga ngga sekedar rumah kayu bekas biasa ya, pasti rumah kayu bekasnya juga gaya dan berkelas.🙂

    Btw, terims ya kang.

    @Ersis W. Abbas

    Wah, tetapi yang penting minimal Pertamax sekarang lebih ramah dengan lingkungan karena tidak (perlu) menggunakan Timbal (Pb) lagi.

    Tapi mengenai pernyataan kedua, secara tidak langsung apakah dapat disimpulkan bahwa kebijakan pemerintah disamakan dengan pemikiran orang gila?? Huehehehe….. begitu maksud sampeyan ya?😀

    @maxbreaker

    Ok…. salam kenal juga….sekalian terima kasih buat hetriknya… hehehe…:mrgreen:

    @Dhan

    Kalau yang serius mungkin jadi iseng kali ya…. Huehehehe…😀

    @rickisaputra

    Iya…. pertamax-nya udah diambil, tetapi masih banyak kesempatan untuk mengambil pertamax2 lainnya di kesempatan lain. Jadi, tenang saja.😀

    @Hanna lagi di Singkawang

    Waduh…. ini mbak Hanna lagi pulang kampung atau sekedar berlibur dan bernostalgia nih?? Wah…. pasti asik ya….. berkunjung ke tempat masa kecil mbak.😀

    Btw, terims ya mbak.🙂

  24. ulasannya benar ngena…
    saya smpe manggutnya Hattrick!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s