‘Orang-Orang Norwegia’ Yang Iseng Melihat Blog Saya…..

Pengunjung Norwegia berada di urutan kedua!!Si Abin berada di Norwegia!!Bendera Norwegia

Untuk postingan kali ini entah kenapa saya ingin membahas masalah ringan ini. Ya, saya tergelitik membuat postingan ini karena beberapa bulan ini saya melihat seperti statistik yang tertera di kiri atas postingan ini (dan juga yang terpampang di blog saya) yang mengindikasikan distribusi negara2 pengunjung blog ini mulai ‘agak sedikit janggal’.ย  Kenapa janggal? Ya, karena beberapa bulan terakhir ini saya memperhatikan pengunjung dari Norwegia meroket drastis dan kini bendera Norwegia di blog ini telah berkibar di urutan kedua setelah tuan rumah Indonesia yang meninggalkan jauh saingan2nya di tempat teratas (coba hal tersebut terjadi beneran pada pengumpulan medali di ajang olimpiade ya, pasti membanggakan buat Indonesia, sayangnya itu terjadi hanya di blog ini dan di mimpi indah di siang hari bolong! Eeh, jangan pesimis deh! Ayo maju terus Indonesia!:mrgreen: ).

Saya bertanya dalam hati: “Kenapa Norwegia??” Kalau Malaysia saya bisa maklum karena faktor kesamaan bahasa sehingga kemungkinan mereka tersesat di blog saya juga agak besar. Lagipula saya juga sadar bahwa banyak rekan2 blogger setanah air kini tengah merantau di Malaysia, jadi tidak heran kalau Malaysia menempati urutan2 atas pengunjung blog ini. Juga pengunjung dari Belanda (The Netherlands) yang pada blog ini direpresentasikan paling banyak oleh Kang Jupri dan mungkin disusul oleh deKing, mungkin ada juga beberapa pengunjung lain dari Indonesia yang kini tengah tinggal di Belanda yang mengunjungi blog saya. Juga Amerika Serikat, saya juga tidak heran kalau negara ini juga menduduki peringkat2 atas dalam jumlah pengunjung blog ini.ย  Negara dengan jumlah pemakai Internet terbesar di dunia ini juga sekaligus salah satu negara favorit (bahkan mungkin terfavorit) sebagai tujuan studi mahasiswa2 dari Indonesia. Untuk itu tidak heran jikalau lebih besar kemungkinan mereka2 yang berada di Amerika Serikat kebetulan ‘terdampar’ di blogku.

Tapi Norwegia???? Siapa pula rekan blogger Indonesia yang tinggal di Norwegia yang sering banget mengunjungi blog saya?? Kira-kira ada nggak ya?? Atau apakah orang Norwegia yang bule2 senang mengunjungi blog saya (Andaikan bener sukur deh!๐Ÿ˜› )?? Atau apakah mereka hanya terdampar di blogku?? Kalau terdampar kenapa banyak sekali orang Norwegia yang terdampar?? Ah, sepertinya nggak masuk akal deh! Kenapa nggak masuk akal??

Karena penduduk Norwegia juga hanya sekitar 4,5 juta orang dan kemungkinan juga terdampar di blogku sangat kecil andaikan ada juga paling2 tidak terlalu sering. (MODE pengetahuan umum ON:mrgreen: ) Negeri ini walaupun kecil dari segi jumlah penduduk namun negeri ini mempunyai segudang achievement yang mengagumkan. Negeri ini menempati urutan ke-3 di dunia dalam PDB per kapita. Selain itu Norwegia juga menempati urutan teratas dalam Human Development Index tahun 2006. Prestasi itu juga dilengkapi dengan gelar negeri paling damai di dunia tahun 2007 dalam Global Peace Index. Tapi janganlah anda salah mengira, negeri makmur nan damai di kawasan Skandinavia yang termasuk wilayah politik Eropa Barat ini bukanlah anggota Uni Eropa. Bahkan Norwegia sampai saat ini adalah salah satu dari segelintir negara2 Eropa Barat yang masih enggan bergabung dengan Uni Eropa (apalagi mengadopsi mata uang euro!). Negeri ini masih setia dengan EFTA (European Free Trade Association) yang juga beranggotakan Islandia, Swiss dan Liechtenstein. EFTA sendiri didirikan tahun 1960 sebagai ‘saingan’ daripada MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) atau EEC (European Economic Community) yang merupakan cikal bakal dari Uni Eropa sekarang.

EFTA sendiri sebenarnya mempunyai 7 anggota yaitu: Austria, Denmark, Uni Kerajaan (Inggris), Norwegia, Portugal, Swedia dan Swiss. Namun Austria, Denmark, Uni Kerajaan, Portugal dan Swedia keluar dari EFTA untuk bergabung dengan Uni Eropa. Kini anggota asli EFTA tinggal 2 negara saja yaitu Swiss dan Norwegia. Namun EFTA bertambah dua negara lagi yaitu Islandia yang bergabung tahun 1970 dan Liechtenstein (negara yang kecil sekali antara Swiss dan Austria) yang menjadi anggota penuh EFTA tahun 1991 (yang sebelumnya adalah anggota pengamat saja sejak tahun 1960). Dengan prestasi yang dicapai oleh Norwegia ini, seolah2 negara itu ingin “mengejek” tetangga2nya bahwa menjadi makmur dan maju di Eropa tidak harus bergabung dengan Uni Eropa. (MODE pengetahuan umum OFF).

Ok, sekarang mari kita kembali ke laptop ke topik utama dari manakah pengunjung Norwegia di blog saya?? Saya mulai curiga ketika suatu saat tidak sengaja (baca: iseng2) saya meninggalkan komen di blognya Pak Sawali (namun saya lupa lagi persisnya di postingan yang mana) dengan menggunakan Opera Mini pada ponsel saya, alangkah bingung dan terkejutnya saya ketika bendera yang keluar dalam boks komentar saya adalah bendera Norwegia!! Ini mengindikasikan seolah2 saya berada di Norwegia (yang pada sesi chatting pak Sawali juga bertanya kepada saya, apakah saya berada di Bandung atau Norwegia?? Tentu saja yang ditanya sama bingungnya sama yang bertanya!:mrgreen: ). Nah, dari sini saya curiga bahwa “pengunjung Norwegia” ini berasal dari pengunjung Indonesia juga yang memakai Opera Mini di ponsel mereka.ย  kecurigaan saya bertambah ketika teman saya si Bince AgusBin (gambar di atas)ย yang selalu iseng nggak ada kerjaanย rajin berkomentar di blog saya yang sering berkomentar menggunakan Opera Mininya ternyata ia juga mengibarkan bendera Norwegia pada saat ia meninggalkan komen di blog baruku di dagdigdug[dot]com yang masih agak dirahasiakan keberadaannya:mrgreen: . Oh, ya pantas saja kalau begitu pengunjung Norwegia ‘menjadi banyak’ wong saya juga sering blogwalking (tapi jarang sekali berkomentar) menggunakan Opera Mini di ponselku apalagi kalauย lagi di WC rasanya kurang afdol kalau di WC nggak browsing atau blogwalking:mrgreen:, Oooh…. jadi ternyata pengunjung Norwegia terbanyak yaa…. berasal dari ponsel saya juga!! Huehehehe…..๐Ÿ˜€

28 responses to “‘Orang-Orang Norwegia’ Yang Iseng Melihat Blog Saya…..

  1. kok bisa begitu yak Bung yari, hehehehehe๐Ÿ˜† apa yang salah pluginnya? atau Opera Mini di ponsel Bung Yari memang settingan Norwegia sehingga di mana pun Bung yari berada kalau komen di blog teman pasti mengibarkan bendera negeri “bule” itu? Hiks. Jadi, makin ndak jelas. Saya juga heran kok bung. ketika iseng ngecek pengunjung lewat dasbor, wah, pengunjung dari norwegia juga menduduki urutan ke-2 setelah negeri kita sendiri. Mungkin ada pakar IT yang bisa menjelaskannya?

  2. kapan saya pernah ke Norwegia?? Wong Norwegia di mana saya jg ga tahu kok! hehehe…

  3. Cukup banyak orang Indonesia yang merantau di Norwegia Pak, terutama yang belajar di Trondheim. Bisa jadi salah satu dari mereka.

    Semangat pagii…๐Ÿ™‚

  4. …selain yang bermasalah dengan opera setting-nya

  5. yee, ternyata dari henpon sendiri.
    salut, masih sempat memperhatikan yang beginian..

  6. Keren juga yah…. eheheheh, bisa juga karna proxy kali

  7. sistem pelacakan negara itu berasal dari IP komputer atau ponsel yang digunakan untuk browsing. kalau orang-orang memakai windows dari norwegia yang didistribusikan ke indonesia (biasanya yang bajakan) untuk membuka situs bapak, maka dia akan terdeteksi sebagai orang norwegia meskipun dia mengakses situs bapak dari indonesia. Hal ini terjadi karena database situs bapak mencatat IP komputer, bukan tempat orang mengakses situs bapak.

  8. Itu soalnya Opera mini mengambil data web dari Servernya Opera di Norwegia. Si server itu tugasnya menkompres data biar lebih internetnya cepet๐Ÿ™‚

  9. Kalau saya yang berkunjung, bohong ga benderanya Pak?๐Ÿ˜€

  10. Oooohh gitu…

    Informasi ringan yang pasti berguna buatku, salah satunya supaya nggak geer kalau di blogku banyak pengunjung dari Norwegia.

    Biar pun ringan, cara penulisannya cukup “suspense”. Selamat buat anda.

    Merdeka!

  11. Analisisnya hebat, begitu ada kejanggalan langsung diteliti…….tapi ada seberapa banyakkah yang kira-kira orang Norwegia asli? Siapa tahu mereka banyak yang belajar bahasa Indonesia, dan latihan meningkatkan tata bahasanya dengan blogwalking.

  12. @Sawali Tuhusetya

    Kayaknya sih memang Opera Mininya yang seperti itu pak. Soalnya di manapun kapanpun dan siapapun yang pakai Mini Opera pasti benderanya Norwegia.

    Nah, berarti bukan dalam kasus saya saja kan, kalau Norwegia itu hingga sampai menduduki peringkat kedua?? Ternyata Pak Sawali sama juga ya?๐Ÿ˜€

    @AgusBin

    Gara-gara sampeyan kasih komentar di blogku yg di dagdigdug jadinya saya yakin kalau “ada yang nggak beres” dengan pengunjung2 dari Norwegia. Ok deh terims ya Bin.๐Ÿ˜€

    @anggara

    Spicles itu makanan Norwegia ya kang??๐Ÿ˜†

    @agoyyoga

    Mungkin saja itu terjadi di kasus orang lain, mbak. Tapi tidak hampir tidak mungkin terjadi di kasus saya. Sebab Pertama Mereka2 yang ‘datang’ dari Norwegia di blog saya semuanya teridentifikasi dari Solo Oslo dan bukan dari Trondheim. Kedua andaikata benar mereka yang lagi belajar di Trondheim katakanlah mereka sedang kebetulan berada di Oslo atau server Internet mereka berada di Oslo tentu secara probabilita juga tidak akan menyodok hingga urutan kedua. Karena mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Trondheim juga tidak mungkin sebanyak mereka yang bersekolah di seluruh AS (sehingga dalam kasus saya sampai mengalahkan AS dalam jumlah pengunjung) atau negara2 Eropa Barat populer lainnya. Kecuali kalau memang ada satu dari mereka yang benar2 terbius oleh tulisanku hingga ingin balik dan balik lagi ke sini.๐Ÿ˜†

    @isnuansa

    Huehehe…. iya nih mbak…. nggak sengaja saja saya memperhatikan hal2 seperti itu….. atau pada dasarnya aku ini orang yang teliti banget yaa??๐Ÿ˜€

    @Raffaell

    Iya….kayaknya seperti itu mas….๐Ÿ™‚

    @Hair

    Hehehe…. kalau begitu saya mau yang Windows bajakan yang dari Papua Nugini, biar disangka dari Papua Nugini, ah!:mrgreen:

    @Spitodsaurus Rex

    Sangat masuk akal sekali kang Spitod, memang juga saya perhatikan paket2 data yang datang ke Mini Opera saya juga kecil2 sepertinya memang sudah dikompres.๐Ÿ™‚

    @mathematicse

    Yeee…. kalau benderanya sih nggak bakalan bisa ngebohong yang bisa ngebohong itu orangnya. Wakakakakak…..๐Ÿ˜† Nggak deh, kalau kang Jupri saya 200% percaya ada di Negeri Belanda.
    Saya ada juga pengalaman unik yang hampir sama seperti kasus ini, dulu ada temen chatting di Internet ngakunya dari Kuwait, memang tiap kali dia meninggalkan jejak di dunia maya pasti teridentifikasi dari Kuwait. Eh, nggak tahunya, entah kenapa bisa begitu, cuma IP address-nya aja yang dari Kuwait, orangnya secara fisiknya berada di Purwokerto!๐Ÿ˜†

    @Robert Manurung

    Terima kasih ya bang sudah berkunjung ke blogku. Dan terims juga atas pujiannya.๐Ÿ™‚

    Merdeka!

    @edratna

    Mungkin saja ada bu, tetapi probabilitasnya juga rendah, karena penduduk Norwegia juga sedikit. Mungkin mereka2 yang orang2 AS atau negara2 Eropa Barat lainnya lebih banyak yang ingin belajar bahasa Indonesia dalam jumlah, karena penduduk negara mereka juga jauh lebih besar jadi secara probabilita juga lebih besar.๐Ÿ™‚

  13. Hahaha … tertipu ni ye!
    Kirain bakal langsung jadi selebnya blogging pak, eee … ujungnya ternyata kesalahan teknis!๐Ÿ˜ณ

  14. @ Yari NK:

    Oooo gitu ya? Nah, sekarang coba nih check IP addressnya… sama engga dengan IP adress yang biasa bila saya komen? Pasti beda… bener ga?๐Ÿ˜€

  15. Pak, ini tampilan baru ya?
    Maaf ya pak, tapi kok halamanya atasnya agak berantakan ya?
    Mohon diperbaiki ya.
    Oh ya, saya menggunakan Browser Epiphany dan Sistem Operasi Lunux.

  16. ada kemungkinan memang kalau dari HP… kalau masalah operatornya kayaknya tidak deh… tapi saya juga gak seberapa ngerti sih… tapi benar kat pak sawali… mungkin setting HP nya yang norwegia… eh ya.. bapak pake HP merk apa… dan yang kejadianny akayak gitu apakah jug adari HP yang sejenis atau sama merk nya…

  17. @mathuinmks

    Hahaha…. itu sih bukan kesalahan teknis tapi kesalahan estimasi! **halaah apa pula itu**:mrgreen:

    @mathematicse

    tapi benderanya sama kan?? Saya juga berbeda2 lho tiap kali komen (hampir):mrgreen:

    @Hair

    Iya…. itu bar Search-nya ngga bisa dihilangin, atau mungkin halaman saya terlalu banyak sehingga berbenturan sama bar Search-nya๐Ÿ˜ฆ

    @alfaroby

    Saya yang GSM pakai Motorola V3xx, Samsung SGH-i600 sama Sony Ericsson K618i. Tapi kayaknya yang bikin kita kelihatan dari Norwegia bukan hp atau operatornya deh tapi memang Opera Mini-nya. Soalnya saya pakai ketiga hp itu dan ketiga operator berbeda pakai Opera Mini pasti benderanya Norwegia sedangkan kalau dihubungkan ke PC atau pakai browser internal yg ada di hp, benderanya tetap Indonesia!๐Ÿ˜€

  18. Kirain tadi … yang suka melansir gambar Rasulullah … eh rupanya Norway yang dekat ajalah. Sip … saya mau liat-liat statistik blog juga ah. Biasa, niru …

    ______________________________________________

    Yari NK replies:

    Yang suka melansir gambar rasulullah itu Denmark, yah tetangganya Norwegia juga…. bahkan dulu juga sempat menjadi satu negara.๐Ÿ˜€

  19. Hehe … sedikit kena tipu lalu disebarkan biar yg lain gak kena tipu …. sipppppLahh !!!

    info berguna neh, biar gak cepet G.R. !!

    ____________________________________________

    Yari NK replies:

    Iya, salah satu kegunaannya ya itu, jangan cepat ge-er dulu kalau banyak dikunjungi “pengunjung dari Norwegia”. Hihihi….๐Ÿ˜€

  20. cara nampilkan counter negara2 yang telah mampir ke blog kita gimn, pak?๐Ÿ˜€

    ___________________________________________

    Yari NK replies:

    Mbak daftar dulu di sini . Tinggal ikutin petunjukanya terus langkah terakhir tinggal kopipes tag2 HTML-nya, gampang kok!๐Ÿ˜€

  21. ok terima kasih, bapakku๐Ÿ™‚

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih kembali pula anakku!๐Ÿ™‚

  22. Info ringan tapi top one dah di google๐Ÿ™‚. Coba deh search pake kata kunci “pengunjung norwegia”. Ini memang kesalahan teknis dari Opera Mini yg sering membuat para pe-blog jadi narsis karena blog-nya banyak mendapat kunjungan dari norwegia๐Ÿ™‚ padahal dari indo juga๐Ÿ˜€ selain dari norwegia opera juga kadang memakai IP addres yg ada di San Jose, California, USA. Tambah narsis dah, padahal ‘pengunjung khayalan’. Nice info.

  23. Wow! Komen terbaru dalam dua tahun terakhir๐Ÿ™‚

  24. Betul, Pak Saya juga mengalami hal yang sama. Di data Feedjit blog2 saya selalu nongol OSLO. Awalnya saya ge-er. Lama2 kok ini orang Oslo rutin
    betul berkunjung. Saya menduga : ini pasti gak beres dan berhubungan
    dengan “konfigurasi entah di komputer entah di jaringn” (maklum,awam
    bahasa teknis IT jadi kesimpulan saya begitu). Intinya saya menduga : Oslo itu pembaca Indonesia belaka. Zaman suka chat di MIRC saya diberitahu
    -kalo gak salah inget- adanya spoofing IP atau IP dinamis sehingga netter seolah-olah bisa ber IP luar negeri. Seperti itulah logika saya. S

    Rasanya aneh betul, blog saya kan gitu2 aja kok ada orang Oslo fanatik betul ya…hahaha…

    Salam kenal ya Pak. Tulisan2nya berbobot dan nambah wawasan๐Ÿ™‚

    • Hahaha… iya… mula2nya saya juga ke-ge-er-an, loh kok banyak sekali mereka dari Norwegia yang berkunjung ke blog saya padahal Norwegia bukanlah negara di mana banyak populasi orang Indonesia. Lama-kelamaan saya sadar bahwa mereka2 yang dari “Norwegia” itu ternyata mereka yang browsing pakai Opera Mini dari ponsel mereka..๐Ÿ™‚

      Ok.. salam kenal juga ya… terims telah datang ke blog saya.

  25. Wah blog yang bagus ya kanag. btw memang entah kenapa negara norwegia selalu menjadi pengunjung yang terbanyak di tiap-tiap blog bloggernya indonesia? apa banyak orang indonesia yang menjadi immigrant kali ya?? he..he… btw nice article!

  26. Bismillah,
    nemu blog ini *kemana aja?
    sy juga penasaran knp blog saya rajin dikunjungi oleh norwegia, dan dpt jwbnnya disini. nice post Bro..

Tinggalkan Balasan

