Apakah Saya Mulai Jenuh Dengan Blog???

Perasaan ini sudah mulai saya rasakan sejak hari Minggu lalu ketika saya membuat postingan “Nama-Nama Daerah Terpanjang Di Dunia” yang sebenarnya saya buat seadanya dan termasuk artikel yang paling pendek yang pernah saya buat (di bawah 500 kata). Bukan karena saya kehabisan ide atau topik untuk dijadikan blog, malah sebaliknya saya masih punya banyak sekali ide atau topik yang akan ditulis mulai dari sains, sejarah ataupun masalah2 keseharian yang tidak terlalu pribadi yang (menurut saya) cukup menarik untuk diutarakan juga fenomena2 sosial yang juga menarik untuk dibicarakan, tetapi entah kenapa jari2 saya terasa enggan untuk menari2 di atas keyboard PC-ku dan juga notebook-ku.

Inilah untuk pertama kalinya sejak mulai ngeblog di bulan Juni 2007 aku merasakan hal seperti ini. Biasanya ketika ada ide untuk menuliskan sesuatu ke dalam sebuah artikel, jari-jariku langsung bertango dengan indahnya **halaah** di atas keyboard. Namun kini, jari-jariku terasa kurang semangat untuk menari tango di atas papan keyboard. Sebenarnya aku sendiri tidak terlalu memforsir/mamksakan diri untuk terlalu intensif dalam ngeblog. Selama tiga bulan terakhir ini, aku usahakan konstan menerbitkan artikel 3 hari sekali, tidak lebih dan tidak kurang, kecuali kalau aku sibuk di dunia nyata. Bahkan ketika aku banyak waktu untuk ngeblog, akupun tidak memaksakan diri untuk membuat artikel, aku tetap berusaha konsisten untuk menerbitkan sebuah artikel 3 hari sekali. Ini mungkin juga untuk usaha preventif agar saya tidak cepat jenuh dengan blogging.

Namun toh akhirnya perasaan yang tidak diharapkan itu datang juga. Semalam aku menyalakan komputer dengan harapan agar aku dapat memberi semangat kepada jari2ku untuk menari2 di atas keyboard. Namun yang terjadi adalah justru jari-jariku hanya bersemangat menggerak-gerakan mouse, browsing dari satu situs ke situs lainnya dan sempat juga bermain Scrabble online untuk beberapa sesi. Namun tak ada satu katapun yang dihasilkan untuk artikel baruku. Pagi ini jam 5, seperti biasa aku sudah bangun, habis menunaikan kewajiban Shalat Shubuh (yang tiap hari masih bolong2 hehehe….), aku kembali menyalakan PC dan modemku, berharap ada semangat di dalam jari2ku untuk beraksi menabur kata di layar monitor LCD-ku. Ah, ternyata sama saja!! Jari2ku tetap tak bersemangat dalam melakukan aksinya. Dan PC dan modem boradbandpun aku matikan, aku segera mengambil notebook dan HP Motorola V3xx ku yang akan kugunakan sebagai modem HSDPA, dan langsung meluncur ke tempat tidur.Β  Berharap di tempat tidur jari-jariku dapat lebih sedikit produktif dalam menabur kata-kata. Tapi apa yang terjadi?? Hasilnya justru makin parah……. bukan jari2ku yang tambah semangat malah kini mataku yang jadi ikut2an lesu dan mengantuk!! Akhirnya itu notebook malah jadi kekepan untuk tidur pengganti guling!! Wakakakak…..πŸ˜†

Ya udah deh…. kini waktu hampir jam 8 pagi…… siap2 untuk berangkat kerja…. yah maafkan saya kalau saya hari ini hanya bisa mempersembahkan artikel yang berbau curhat ini daripada sebuah postingan sejati. Doakan saya saja semoga tiga hari lagi, jari2ku sudah punya vitalitas kembali untuk melakukan aksinya menebar pesonaΒ kata di blogsfer ini!:mrgreen:

39 responses to “Apakah Saya Mulai Jenuh Dengan Blog???

  1. Mungkin saja pak,,

    banyak hal terasa nikmat ketika dicoba untuk pertama kalinya, namun pada saat percobaan berikutnya menjadi hambar.

    tapi jenuh bukan alasan untuk berhenti ngeblog. Banyak hal yang bisa kita berikan dan dapatkan di dunia maya ini,,

    maju terus!

    *ditunggu tulisan berikutnya,πŸ˜€

  2. *persetan dengan pertamax.

  3. Itu wajar … semua orang (barangkali) pernah mengalamai. Itu pertanda kita masih waras, Pak. Begitu juga pada bagian kehidupan lainnya. Anjuran saya, kalau jenuh istirahat dulu … ntar dilanjutkan lagi. Gampang. Jangan pernah memaksa-maksa diri, ngak baik.

    Satu hal, kembalilah ngeblog sesudah itu. kita banyak teman untuk berbagi. Setiap orang punya kewajiban sosial. Moga Pak Yari setuju. Amin.

  4. Yah wajarlah setiap kegiatan pasti ada jenuhnya atau mas Yari mungkin bs menyelingi dng posting yg banyak gambarnya dan sedikit kata2 agar jari2nya mas Yari bs istirahat sambil tetap bloging.

  5. break dulu aja, pak. ntar kalo udah “Bad Mood” nya ilagn baru ngblog lagee :mrgreen”

  6. ada saat-saat yang bisa membikin kita menjadi begitu enjoy ketika menulis, tapi ada saat error di mana jari-jari dan syaraf sensorik ndak bersemangat lagi utk membahasakan ide2 yang menyesak di rongga kepala kita. *halah* itu hal yang wajar kok bung yari. postingan ini pun bagus juga sebagai bentuk curhat yang jujur, tulus, dan apa adanya. saya malah sebaliknya, bung yari. dalam sepekan terakhir ini, tiba2 saja jari2 ini selalu ingin “bertango-ria” di atas keyboard. bisa setiap hari menghasilkan sebuah postingan. kalao soal produktivitas dan yang beginian memang kita mesti mengacungkan 2 jempol utk suhu ersis, wakakakakaka …. beliau bisa mosting sehari 2-3 kali. luar biasa staminanya. btw, kira2 resep suhu ersis ituh apaan ya Bung?
    *kabuuuur, sebelum kena timpukan sorbannya pak ersis, kekekekekekeke …. *

  7. Jenuh….Jeda…..Bersemangat….Blog lagi…..namun jangan berhenti

  8. Kalau lagi jenuh, istirahat aja dulu mas, membaca ataupun melakukan kegiatan lainnya. Karena ngeblog kan hanya salah satu kegiatan diantara kegiatan lainnya, dan bahkan ada banyak kegiatan di dunia nyata yang lebih memerlukan pemikiran.

  9. terkadang kalau kita memang sampai pada suatu titik kejenuhan dan itu adalah hal yang lumrah… yang terpenting pada diri kita adalah untuk selalu tetap konsisten (istiqomah) dan semangat…

    SEMANGAT PAK…

  10. sama neh.. ridu juga udah mulai bosen sama ngeblog.. ya sudah, biar semangat cari kegiatan yg lucu2 dulu aja, ntar di publish di blog deh..

  11. Bener kata ibu eNPe, mending break dulu pak (ato mo ngikutan bunuh diri? mudah-mudahan engga dehπŸ˜€ )

    salam kenal pak, baru kali ini komen di sini, biasanya cuma ikutan bacaπŸ˜€

  12. sebagai manusia itu adalah hal yang wajar pak
    tetaplah bersemangat dan memotovasi diri
    saya mau mengundang untuk baca tulisan ini
    makasih
    http://realylife.wordpress.com/2008/02/20/menulis-untuk-apa-ya/

  13. sebagai manusia itu adalah hal yang wajar pak
    tetaplah bersemangat dan memotovasi diri
    saya mau mengundang untuk baca tulisan ini
    makasih
    http://realylife.wordpress.com/2008/02/20/menulis-untuk-apa-ya/
    buat ridu , kapan mampir lagi

  14. Sama juga pak. Mudah-mudahan jeda sejenak bisa membantu.

  15. Ini baru yang namanya curhat diceritakan pada orang banyak. Hahah …:mrgreen:
    *Becanda Pak*
    Moga-moga gak secepat itu dikau pergi Pak, saya kan baru kenal. Lha kalau sampeyan pergi, saya mau beri komentar ke blognya siapa ?πŸ˜†
    Semangat Pak, semangatttt …!

  16. Gimana dengan blogwalking? jenuh ngak pak?

  17. sama juga pak… belakangan saya mulai merasa jenuh en bosen nge-blog… tapi kadang nggak enak juga sama temen saya yang bela2in tiap kali ngenet buka blog saya, ada postingan baru apa enggak. dan percaya atau tidak, dia satu2nya pengungjung setia… kadang gak ada yang ngunjungi juga sih… jadinya saya agak bosen…

  18. kadang curhat juga menarik pak….jangan serius terus… hal-hal yang manusiawi seperti ini bermanfaatkan kok …..
    jenuh ? itu juga sangat manusiawi…
    so… dalam keadaan hati bagaimanapun …. tetap nulis pak… tetap berkarya…. tetap ngeblog …
    suara hati manusia … kalau tulus …. tentu ada hikmahnya .
    salam,

  19. diperpendek aja tulisannya kali tiap posting. mungkin lebih enak buat yg nulis. kalo saya sih emang maunya gitu:mrgreen:

  20. Saya juga lagi pasif nih cuma liat-liat tulisan orang…πŸ˜€

  21. @atmo4th

    Iya…. saya juga sadar itu… banyak yang dapat kita bagi bersama manakala kita blogging…. ok terims ya atas penyemangatnya.πŸ™‚

    @Ersis W. Abbas

    Yah, mudah2an jeda 3 hari lagi sudah cukup bagi jari2 saya untuk menemukan vitalitasnya kembali. Terims juga pak Ersis.πŸ™‚

    @AgusBin

    Boleh juga usulnya…. tapi nanti kasihan yang bandwithnya dijatah dong kalo kebanyakan gambarnya hehehe….

    @eNPe

    Iya nih…. mudah2an jeda 3 hari cukup untuk mengusir ‘bad mood’ ya?? Atau maksimal seminggu mungkin ya??πŸ˜€

    @Sawali Tuhusetya

    Iya nih…. saya juga heran sama Pak Ersis…. resepnya apa ya?? Kelinci yang pakai baterai “Energizer” yang di iklan TV aja kali kalah sama Pak Ersis dalam energi menulisnya kali ya?? Hehehe….

    **ikut kabur bersama Pak Sawali**:mrgreen:

    @daeng limpo

    Iya betul itu…. jangan berhenti…. saya juga nggak ada niatan berhenti sih…. yah cuma menunggu jari2 saya menemukan vitalitasnya kembali.πŸ™‚

    @edratna

    Iya betul bu….. mungkin semuanya ada waktunya masing2 ya…. pada saat kita merindukannya kembali secara alamiah kita akan kembali melakukan aktivitas tersebut jadi sepertinya memang jangan terlalu dipaksakan ya bu?πŸ™‚

    @alfaroby

    Terims atas penyemangatnya ya!πŸ™‚

    @ridu

    Kalau jadi mahasiswa masih enak tuh, masih bebas, bisa cari kegiatan yang lucu2 hehehe…. Kalau sudah kerja dan berkeluarga mungkin agak susah cari kegiatan yang lucu2. Omong2 kegiatan yang lucu2 spt apa contohnya tuh?πŸ˜€

    @kabarihari

    Huahahaha…. bunuh diri?? Ya nggak lah…! Salam kenal juga ya, dan terims telah mampir di blogku.πŸ™‚

    @realylife

    Ok, terims ya, nanti saya akan berkunjung ke situ dan akan mencoba untuk memberikan komentar.πŸ™‚

    @indra kh

    Amin Pak Indra. Wah, omong2 kita siklusnya sama nih ya?? Sama2 lagi ‘down’ kita! Hehehe…πŸ˜€

    @Abied

    Hahahaha…. lha katanya mas Abied ‘kan kalau curhat yang bukan aib boleh diceritakan di depan umum…. Nah sekarang saya ikutin kan?? hehehe… btw, terims ya untuk penyemangatnya.πŸ™‚

    @aRuL

    Blogwalking?? Kalo blogwalking sih nggak begitu jenuh…. cuma kayaknya sekarang lagi agak malas untuk berkomentar yang berat2 atau terlalu serius banget.πŸ™‚

    @khofia

    Ya…. saya juga mengerti kok…. memang interaksi antara pembaca dan penulis blog sebenarnya adalah hal yang paling menarik… mangkannya saya selalu juga mengunjungi blog2 yang masih sepi… agar mereka tidak patah semangat, eh sekarang, malah aku yang lagi “patah semangat” hehehe….

    Btw, aku juga termasuk pengunjung setia blogmu kan?? biarpun komentar saya konyol2 juga Hehehe….πŸ˜€

    @progoharbowo

    Iya pak… benar sekali apa yang bapak katakan… terims ya pak atas penyemangatnya.πŸ™‚

    @sitijenang

    Iya sih…. tadinya kepikiran begitu, mau diperpendek aja tulisannya…. tapi kok setelah dibaca2 lagi tulisannya jadi agak aneh dibacanya dan terkesan agak “maksa” gitu hehehehe…..:mrgreen:

    @mathematicse

    Oooo…. dikirain pasif karena masih sesi ujian atau ada tugas banyak dari kampus hehehe….. Ya udah, mudah2an kita bedua tetap semangat dalam menebar pesona ilmu di blogsfer ini.:mrgreen:

  22. Iya sih sibuk juga.. makanya pasif dan ngeblog harus dikurangi,….πŸ˜€

  23. wah…. kayaknya beneran males ngeblog ya…
    kok oagi ini belum ada tulisan terbaru..?

  24. Ngeblog adalah Tiang Kreatifitas dan Pemikiran (Diriwayatakan oleh Cabe Rawit, dalam sahih al-Balogy):mrgreen:

    Semangat!!!
    *difecut*

  25. Hayoooooooooooo, semangat

  26. Semangat Pagiii…
    Gak ada salahnya mati suri sebentar kemudian menghasilkan masterpiece :)instead of memaksa diri. Gimana kalau sementara mencoba hidup tanpa internet sehari dua hari? Tapi saya ingin ingatkan, bukannya salah satu tujuan Mas bikin blog ini adalah untuk menyebarluaskan informasi dalam bahasa Indonesia sebanyak mungkin? so…

  27. Kami kan tetap setia menanti ..

  28. Coba itu jari-jarinya kasihkan rok latin biar semangat narinya pak.

    ah, kalaupun tidak bisa, memang ritme biologis lagi buruk. Sante sajalah.πŸ˜€

  29. Apa yg bapak rasakan mungkin bak air laut yg kadang pasang kadang surut. Selanjutnya pendapat saya mungkin meniru ngikut seperti komennya Pak Ersis di atas…Mungkin ada sisi lain yg perlu dan minta perhatianπŸ™‚

    Salam kenal dari saya buat Pak YariπŸ™‚

  30. wah klo gitu saya kasih ide buat mas..
    “Cara biar ngeblog itu bikin semangat”
    Soale tulisan mas iki apik lw, jadi mungkin mas bs bikin tulisan apik lage…
    btw tulisanku uelek tenan ..😦

  31. kalau jenuh kan nggak bakalan hiatus kan mas?

  32. Akhirnya Theme hitam hilnag dari monitor saya yang gekap sekali. Dan kini theme baru berwarna cerah abu2 sehingga saya bisa menikmatnya. Ini sudah lama ya pak? Duuh saya jarang sekali kemari, persis seperti tulisan sampean di sini… sedang dalam dilema antara tuntutan beban kerjaan dan hoby (ngeblog).

  33. @mathematicse

    Hehehe… ya nggak apa2…. yang penting tidak benar2 absen dalam menghasilkan tulisan, tuh saya lihat udah ada artikel barunya kang Jupri.πŸ˜€

    @alfaroby

    Yeee…di atas kan ditulis, 3 hari sekali, nggak lebih dan nggak kurang!:mrgreen:

    @Cabe Rawit

    Apalagi kalau sambil makan cabe rawit yaa…. tambah pedes semangat kali ya!:mrgreen:

    @Landy

    Ho’oh ayo semangat! Terims atas penyemangatnya ya!πŸ˜€

    @agoyyoga

    Hidup tanpa internet sehari dua hari?? Hmmm… bisa aja seh… tapi saya nggak akan memaksakan seperti itu…. Sama halnya seperti menonton televisi, membaca koran, membaca buku dan lain-lain…. saya nggak memaksa untuk tidak membaca koran atau buku, tidak memaksakan diri untuk tidak menonton televisi dan lain-lain, yang penting kalau terpaksa hidup tanpa Internet, televisi, koran atau buku, saya bisa. Yah, biarlah semua itu berjalan secara alamiah dan tidak ada pemaksaan diri.πŸ™‚

    @Singo

    Terima kasih mas singo.πŸ™‚

    @Black_Claw

    Huahaha…. mungkin dianya nggak mau nari Tango, maunya nari ballet kali, ntar deh jari2ku dibeliin tutu deh!πŸ˜†

    @Fakhrurrozy

    Hmmm….. sisi lain apa ya yang minta perhatian?? Perasaan biarpun aku sering ngeblog, saya juga berusaha untuk selalu hidup berimbang deh. Tapi thanks ya untuk masukannya.πŸ™‚

    @hanggadamai

    Wah… tulisan sampeyan bagus kok…. siapa bilang uelek???πŸ™‚

    @dodot

    Hmm… hiatus mungkin nggak, meskipun bisa juga terjadi, tapi minimal mungkin kualitas tulisan jadi menurun.πŸ™‚

    @kurtubi

    Theme hitam udah lama diganti sejak awal tahun ini, Mas Kurt. Wah… mas Kurt ini ternyata ngambek ya karena saya pakai theme hitam (susah ngebacanya kali ya?? hehehe….), ya udah deh nanti2 nggak pake theme hitam lagi.:mrgreen:

    Ah… jangan dijadikan dilema mas, kalau memang benar2 bertubrukan dan tak bisa dihindari tentu pekerjaan (dan keluarga tentunya) yang lebih penting!πŸ™‚

  34. Saran saya, cari temanya yang ringan aja. Kalau berat kan males, ya… namanya hidup pasti punya titik jenuh pada tiap kegiatan.
    Btw, saya mau pulkan dulu ni Pak. Mungkin 2 bulan gak ngeblog, di daerah gak ada net. Tapi banyak durian aja. Jaga diri ya Pak!πŸ˜†
    Ntar kalau saya datang lagi moga-moga sudah banyak tulisan barunya yang lebih segar.
    Sudah dapat buku yang dari Amazon.com?

  35. Waduuhh…. sama dong dengan saya…

  36. hayo hayo!! tetep semangat donk ngeblognya!

  37. tulisannya bagus mas jangan berhenti, diarahkan aja dengan postingan yang mengajak orang berbuat baik sebanyak2nya…buat bekel nanti πŸ™‚ salam kenal

  38. Hm.. jadi titik balik itu memang benar-benar menimpa setiap dari kita toh!

  39. @mathmuinks

    Hehehe… ya deh…. nanti saya coba nulis yang “ringan2” saja walaupun mungkin nanti kualitas tulisan jadi menurun. Ok, terims ya, dan selamat berlibur di kampung halaman mudah2an momen2 pulkam menjadi momen2 yang indah.πŸ™‚

    @Zan’s

    Hehehe….

    @pink

    Ok deh…. terima kasih mbak atas penyemangatnya!πŸ™‚

    @nexlaip

    Hmmm… postingan mengajak orang berbuat baik ya?? Sebenarnya usul yang bagus, hanya saja bagaimana saya bisa bikin postingan untuk mengajak orang berbuat baik kalau diri saya sendiri belum bisa banyak berbuat baik??:mrgreen:

    @peyek

    Nampaknya begitu, mas peyek.πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s