Akuntansi Forensik: Lebih Mirip Pekerjaan Detektif dibandingkan Pekerjaan Akuntan!

foraccounting.jpgOk, ini adalah lanjutan postingan saya sebelumnya tanggal 12 Maret yang lalu. Buku kedua yang saya dapat adalah buku Forensic Accounting karangan Hopwood, Leitner and Young. Kepada sohibku dari Surabaya yang dua minggu lagi bakal hijrah ke Bandung yang menghadiahi buku ini saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya.:mrgreen:

Ok, kita langsung saja membahas buku ini. Pertama kali saya melihat buku ini, saya sedikit terkejut, karena memang sebelumnya saya tidak pernah membaca literatur mengenai Akuntansi Forensik*) hanya sepintas lalu pernah membaca dari beberapa artikel yang ada di beberapa majalah dan di beberapa situs kecil, itupun kebanyakan tidak sengaja saya melompat ke situs-situs tersebut. Di perguruan tinggi di negeri inipun bahkan di jurusan Akuntansi saya yakin masih sangat jarang yang menyelenggarakan kuliah Akuntansi Forensik ini. Lantas di mana terkejutnya?? Saya terkejut karena isi buku ini lebih mirip “buku petunjuk detektif” dibandingkan buku pelajaran Akuntansi. Atau sebenarnya lebih tepatnya gabungan antara pekerjaan detektif dan Akuntan Pemeriksa (auditor).

Nah, untuk itu kali ini saya akan membahas sedikit mengenai isi buku ini secara menyeluruh, karena untuk membahas masalah Akuntansi Forensik ini secara mendalam harus dilihat atau dibahas menurut subtopik-subtopik yang ada agar jadi lebih terfokus. Mudah2an di masa mendatang saya bisa membahas subtopik2 tersebut secara lebih mendetail setelah saya mendapatkan informasi dari sumber2 lain pula. Jadi untuk postingan ini sebenarnya lebih mirip sebuah resensi buku daripada pembahasan masalah Akuntansi Forensiknya sendiri.

Secara garis besarnya buku ini membagi pembahasan topik Akuntansi Forensik menjadi 3 bagian yaitu, Pertama, Dasar-dasar Akuntansi dan Hukum yang menjadi acuan pada Akuntansi Forensik. Di sini dibicarakan cukup mendetail mengenai ruang lingkup Akuntansi Forensik mulai dari pengenalan akuntansi forensik hingga ruang lingkup-ruang lingkup yang termasuk akuntansi forensik yang bersinggungan dengan ilmu2 lainnya seperti ruang lingkup hukum, ruang lingkup organisasi dan sistem informasi dan tentu saja auditing. Ilmu2 itulah yang menjadi ruang di mana pekerjaan akuntansi forensik berpacu. Di dalam ruang lingkup hukum dijelaskan mengenai sistem hukum dan yuridiksi serta sumber2 hukum yang ada (yang sayangnya yang dijelaskan di buku ini adalah sistem di AS sana, bagi praktisi di Indonesia mungkin bisa dibuat sebagai bahan perbandingan) mulai dari hukum konstitusional (konstitusi/UUD) hingga hukum administratif. Di dalam ruang lingkup hukum ini juga dijelaskan mengenai Investigasi dan Pengadilan rasanya benar2 seperti membaca sebuah buku mengenai hukum yang berbumbu masalah detektif. Dalam ruang lingkup organisasi dan sistem informasi dijabarkan mengenai struktur organisasi yang berkaitan erat dengan sistem pengendalian intern terutama yang mencakup masalah transaksi keuangan, tentu ujung2nya keterkaitannya pula dengan sistem informasi (akuntansi dan manajemen). Sedangkan dalam ruang lingkup auditing dijelaskan mengenai fungsi auditor dalam akuntansi forensik selain itu juga banyak dijelaskan mengenai materialitas dan resiko dalam audit, pernyataan audit dan kepentingannya serta detail2 mengenai prosedur2 dalam auditing mulai dari pengumpulan bukti dan samplingΒ  hingga kompilasi pelaporan audit. Di bagian ini baru tercium aroma akuntansinya……….πŸ˜€

Kedua, adalah mengenai teknik-teknik dan alat-alat yang bisa dipakai dalam Akuntansi Forensik. Teknik-teknik dan alat-alat yang dipergunakan di sini banyak dipakai dalam bidang2 forensik lainnya atau ilmu2 forensik lainnya. Daerah spesialisasi akuntansi forensik dapat meliputi forensik komputer, kriminalistik, daktilografi, identifikasi forensik, bukti forensik serta palaeografi*) forensik. Selain itu ada pula mengenai Keamanan Informasi yang erat kaitannya dengan ISO (international Standards Organisation). ISO 9000-9004 erat kaitannya dengan penerapan standard yang berhubungan dengan manajemen pengendalian kualitas yang ada hubungannya dengan jasa dan manajemen pengendalian kualitas. Sedangkan ISO 27000-27005 langsung berhubungan dengan keamanan informasi (information security). Dalam seksi Audit Forensik dan Investigasi mencakup penjelasan simptom atau tanda2 kecurangan finansial dan bagaimana mereka diinvestigasi, juga pengidentifikasian sumber2 bukti yang dapat berguna bagi akuntan forensik. Selanjutnya juga dijelaskan mengenai teknik2 umum dan khusus dalam investigasi seperti wawancara, interogasi, pemanfaatan petunjuk2 verbal dan nonverbal dari subyek yang diwawancara termasuk juga pemaparan pertanyaan2 yang efektif dalam sebuah perkara dan sebagainya. Pendek kata selain banyak melibatkan peralatan canggih seperti laboratorium forensik dan juga keahlian sistem informasi juga banyak melibatkan pendekatan2 psikologis dalam pelaksanaan investigasi.

Ketiga adalahΒ  kasus2 di mana aplikasi akuntansi forensik sering diterapkan. Di dalam buku ini beberapa kasus yang menarik adalah mengenai

  • Kecurangan dalam Laporan Keuangan
  • Kecurangan yang dilakukan oleh para pekerja, vendor dan fihak lainnya terhadap organisasi
  • Kecurangan Perpajakan
  • “Pencurian” pada saat kebangkrutan, perceraian dan juga Pencurian Identitas
  • Investigasi Terorisme dan Kejahatan Terorganisasi (Ini yang paling menarik, mencakup masalah aliran dana dan sumber2 dana bagi organisasi teroris!!)
  • Business Valuation
  • Hal-hal lainnya yang mencakup perselisihan keuangan

Menurut saya buku ini cukup enak, cukup lengkap dan cukup sistematis untuk dibaca bagi mereka yang ingin mengetahui akuntansi forensik. Namun sayang buku ini tentu saja memakai kepada sumber hukum dan referensi2 lainnya (seperti standard auditing) yang khas Amerika yang bagi pembaca di Indonesia mungkin perlu banyak penyesuaian, namun untuk sekedar perbandingan buku ini boleh dikatakan lebih dari cukup. O iya, dan satu lagi, bagi yang suka membaca buku2 yang kaya akan kombinasi tulisan, tabel, rumus2 matematika, ilustrasi dan foto yang atraktif serta diagram2 indah seperti saya siap2 untuk kecewa, karena buku ini kurang menawarkan ilustrasi dan diagram2 yang indah walaupun tabel dan ilustrasi cukup representatif dalam buku ini namun dari segi artistik yang memanjakan mata nampaknya hanya standard2 saja! Hehehehe…….

_______________________________________

Forensic Accounting: The application of investigative and analytical skill for the purpose of resolving financial issues in a manner that meets standards required by courts of law.Β 

Palaeography : The study of writing (especially handwriting) and documents especially the ones from the past.

33 responses to “Akuntansi Forensik: Lebih Mirip Pekerjaan Detektif dibandingkan Pekerjaan Akuntan!

  1. buku yang bagus ya mas, sayang gak ada yang versi indonesia dengan kasus2 lokal jugaπŸ˜€

  2. Keduax ya?

    Oooo gitu ya akuntansi forensik ituh? *Manggut-manggut pura-pura ngerti….πŸ˜€ *

    Apakah berarti dengan menguasai ilmu akuntansi forensik ini kita bisa mendeteksi korupsi di suatu perusahaan Pak? Atau bisa dipakai buat korupsi….?:mrgreen:

  3. wah, sudah berapa banyak buku yang bung yari lahap habis, nih, heheheheheπŸ˜† jadi ngiri. berdasarkan review yang disampaikan bung yari, tampaknya menarik juga ya akuntansi forensik itu. sayangnya, banyak juga istilah yang bikin kening mesti berkerutan. *halahh, alasan klasik bagi seorang pemalas*

  4. salut deh buat om yari. saya juga dah pernah baca buku itu… gara2 buku itu saya jadi bisa mencari celah buat korupsi…πŸ˜†

  5. @Dimas

    Iya… sayang bukunya kasus2nya dan sumber2 hukumnya semuanya dari Amerika Serikat.

    @mathematicse

    Huahahaha….. iya emang benar…. ilmu itu ibarat pisau bermata dua, bisa dibuat kebaikan dan bisa dibuat keburukan, sama juga dengan Akuntansi Forensik bisa untuk menyelidiki kecurangan tapi juga bisa untuk membantu menyamarkan kejahatan, tinggal pilih! Hehehehe….:mrgreen:

    @Sawali Tuhusetya

    Saya juga bacanya belum semuanya… huehehe…. saya juga mbacanya agak susah sebabnya harus cari2 sumber di Internet juga tentang istilah2 hukum yang berlaku di Amerika….. agak mumet juga….πŸ˜€

    @Malecious Genius

    Kalau mencari celah sudah termasuk niat belum ya?? Wakakakak…..πŸ˜†

  6. Busyeet… bacaannya berat-berat…😯
    Ane kudu baca juga nih bang, sekalifun bukan anak akuntansi… ane anak Ekbang.πŸ˜†

  7. Kayaknya lagi rame forensic ya. Distro linux saja sudah lama punya yang khusus forensic.

  8. Makasih, akhirnya permintaanku dikabulkan. Saya mengenal forensik akunting, saat internal training yang dilakukan perusahaan (pengajarnya dari BPK), karena bagi orang yang pekerjaan sehari-harinya menganalisa dan membuat keputusan apakah suatu investasi layak apa tidak, pengetahuan ini sangat penting.

    Memang mirip seorang detektif, tapi harus memahami legal, audit, akuntansi…juga memahami bisnis terkait dan makro ekonomi. Itulah sebabnya belum diajarkan di S1 akuntansi…tapi mestinya diajarkan untuk program lanjutannya. Menurut saya, tingkat keberhasilannya tak sekedar seseorang harus memahami akuntansi, tapi harus dikaitkan dengan bidang ilmu lainnya, karena saling terkait.

  9. yang bener pak ? kok saya baru tahu ya

  10. Wowo … wow … makasih berbagi pengetahuan.

  11. @Cabe Rawit

    huehehehe….Ekbang itu Ekonomi Pembangunan ya?? Yah, kali2 ada hubungannya juga sama Akuntansi Forensik

    **sambil mencari2 hubungannya**

    @Iwan Awaludin

    Wah… saya baru tahu kalau Distro Linux ada forensiknya…. Thanks atas informasinya…. Btw forensik yang seperti bagaimana tuh ya??πŸ˜€

    @edratna

    Betul sekali bu….. justru itu saya terkejut melihat/membaca buku ini pertama kali, isinya tidak seperti buku2 akuntansi melainkan mirip buku petunjuk menjadi seorang detektif hehehe… ilmu2 yang terkait juga banyak sekali….

    @realylife

    Nah… sekarang jadi tahu kan?? Hehehe….πŸ˜€

    @Ersis Warmansyah Abbas

    Makasih juga karena telah mau dibagi pengetahuan….πŸ˜€

  12. Isi bukunya menarik banget ya, Kang. Membaca ringkasan pendeknya saja sudah menarik apalagi tentang kecurangan perpajakan.

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Hehehe… iya…. pendanaan organisasi2 teroris yang katanya dananya milyaran dolar juga asik tuh mbacanya…..πŸ˜€

  13. wah ada ilmu baru neh…πŸ™‚

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Bukan ilmu baru…. tapi baru tahu…. ya kan? Hehehehe……πŸ˜€

  14. wah bukunya nambah terus ya mas??πŸ™‚

    _________________________________________

    Yari NK replies:

    Iya nih…. sepertinya lama2 koleksi bukuku bisa menyaingi toko buku Gramedia nih! Hehehe…..πŸ˜€

  15. Makasih atas referensi bukunya nih.

    _________________________________

    Yari NK replies:

    Tertarik juga pak??πŸ˜€

  16. Seperti post-mortem analysis untuk financial?

    _____________________________________

    Yari NK replies:

    Itu salah satunya….πŸ˜€

  17. pengen baca nih,tapi harganya 138 usd euy
    pak, dapet veri indonesianya?

    trims

    __________________________________________________________

    Yari NK replies:

    Saya pernah cari di toko buku yang versi Indonesianya “Akuntansi Forensik” Karangan Theodorus Tuanakotta tapi kok rasanya kualitasnya agak kurang, selain tetap saja dia banyak mengambil standar2 dari AS sana walaupun ada juga yang dari Indonesia. Tapi nggak tahu deh soalnya saya baru lihat saja dan belum mbaca2 sampai mendetail.

  18. eh ,ada banyak nih dari bukabuku.com:
    A Guide to Forensic Accounting Investigation
    rp306rb

    Fraud Auditing and Forensic Accounting
    rp272rb

    Forensic Accounting and Fraud Investigation for Non-Experts
    rp663rb (kok yg non-experts mahal ya)

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    O ya?? Itu versi Indonesianya?? Atau hanya sekedar terjemahannya??

  19. itu buku import, pak
    masih bahasa inggris

    kalo seperti yg karangan hopwood,saya cek di amazon, ya harganya……….

    trims

    _________________________________________

    Yari NK replies:

    Terims kembali atas infonya.πŸ™‚

  20. maz yari…bukuny menarik bwt dbaca!!!
    tappiiiiii…selain g punya uang bwt beli…yang ku cari sekarang nie masalah akuntansi yang bisa dijadiin teori ilmiyah!jadinya SEDIKIT faham sama yg dijelasin maz yari diataz!!!
    tapi makasih ya…boleh juga jadi auditor

    ______________________________

    Yari NK replies:

    Saya sungguh bersyukur manakala tulisan saya dapat memberikan manfaat. Terima kasih ya anda telah mengunjungi blog saya.πŸ™‚

  21. eeeeeet, saya juga tertarik baca mungkin ada referensi atau mungkin ada fole dalam bentuk pdf tolong kirimkan. trim banget sebelumnya

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Wah…. maaf mas, saya nggak punya bukunya dalam bentuk file elektroniknya.😦

  22. salam kenal mas mara…postingannya kerennnn abieszzz

    lebih banyak tentang akuntansi forensik, komputer forensik, fraud dan korupsi mungkin bisa sama2 sharing di blog saya

    http://mukhsonrofi.wordpress.com

    __________________________________

    Yari NK replies:

    Salam kenal juga…. dan terims ya telah mampir di blog saya….. dan terima kasih juga telah menginformasikan keberadaan blog anda kepada saya, nanti jikalau saya ada waktu pasti saya akan berdiskusi di blog anda. Sekali lagi terima kasih.πŸ™‚

  23. Wah.. kalau mau informasi yang lengkap tentang Web Hosting gratis dan Domain gratis… klik nama saya aja ya…

    _________________________

    Yari NK replies:

    Ok…. terims atas infonya ya…..πŸ™‚

  24. wah,bagus bgt bukunya mas,,
    tp mahaaal..
    padahal saya lg bikin skripsi soal akuntansi forensik,,
    hiks..

    saya cuma punya yg tuanakotta,,
    huhu..

    __________________________

    Yari NK replies:

    Ya sudah…. buku Tuanakotta jikalau dimaksimalkan penggunaannya juga lumayan bagus kok….πŸ™‚

  25. Ulasan bagus, sebagai peminat bidang hukum pidana korupsi dan auditing info ini sangat membantu. Saya tunggu info lainnya

    _______________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih, namun sepertinya saya bakalan jarang menulis hal2 seperti ini. Soalnya saya bukan spesialisasi masalah Akuntansi Forensik ataupun masalah2 pidana korupsi ataupun kesalahan auditing. Tapi, saya mengucapkan terima kasih karena telah mampir di blog saya.πŸ™‚

  26. Hai, salam kenal ya … klik nama saya untuk selengkapnya…

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Salam kenal juga. Terims ya telah mampir di blog saya.πŸ™‚

  27. hehehe… numpang lewat aja ^^

  28. kalau nyari kasus lokal ada gk???
    bs diangkat jadi skripsi gk??
    susah X pun forensik ini…

    • Waah…. saya kalo kasus lokal nggak punya. Tetapi kalau dicari mungkin anda bisa mencarinya online. Tetapi tentu bukan berupa data lengkap. Karena sebagai peneliti anda sebaiknya mencari sendiri data2 primer di lapangan dan tidak cukup hanya dengan informasi data sekunder……

  29. Pak, rencana saya mau ambil s3 terkait dengan fraud audit study kasus di indonesia, bisa ngak bapak memberikan advise bagi saya kira2 apa masih updated ngak research di bidang tersebut. tksh

    • Wah… maaf… kalau untuk advise penelitian sepertinya anda harus bertanya pada mereka yang spesialisasinya akuntansi forensik. Saya bukan spesialis akuntansi forensik…. jadi sekali lagi, mohon maaf…πŸ™‚

  30. ah aq malah kagag tau ap2 he…..he……..

Tinggalkan Balasan

