Gunakan Sistem Pengukuran Metrik, Buang Jauh Sistem Pengukuran Inggris!

Hampir semua dari anda tentu pernah berkomunikasi dengan seorang Amerika bukan? Baik bercakap-cakap langsung, melalui telepon, ataupun sekedar chatting di dunia maya, ataupun hanya berkomunikasi lewat email. Jikalau komunikasi berlangsung dalam Bahasa Inggris, ya tentu kita semua sudah tahu dan tidak heran, namun pernahkah anda memperhatikan jikalau mereka berbicara mengenai dimensi pengukuran apakah itu jarak, berat, volume ataupun temperatur, mereka (kecuali mungkin yang ilmuwan) hampir pasti berbicara dalam satuan mile, inch, foot, yard (untuk panjang), pound (untuk berat), gallon (untuk volume ukuran besar), serta degrees Fahrenheit (untuk temperatur)! Bagi mereka yang tidak biasa tentu sedikit merepotkan mengira2 berapa panjangnya 5 miles itu, berapa beratnya 145 lbs (pounds) itu, seberapa panasnya 76oF itu, dan sebagainya. Sebaliknya jika anda mengatakan 9 kms, 62 kgs atau 25oC, mereka, orang Amerika, terutama yang bloon2 tidak terbiasa dengan ukuran metrik atau mereka yang bukan ilmuwan, akan sama bingungnya juga! 

Lantas bagaimana baiknya?? Jangan khawatir, anda sebagai pengguna sistem metrik adalah yang lebih ‘berhak’ dan ‘harus dimenangkan’! Sementara pengguna sistem Imperial (Inggris) seperti orang2 Amerika yang sebenarnya yang harus mengalah! Ya, teruskanlah kebiasaan anda menggunakan sistem metrik dan jangan beralih kepada sistem Inggris. Jikalau anda misalnya sudah “bersusah payah” berbicara dalam Bahasa Inggris, tidak mengapa anda sekali2 membiarkan orang2 Amerika yang berbicara kepada anda bersusah payah sedikit dengan membiarkan mereka berfikir secara metrik. Bagaimana?? Cukup adil kan?? Saya sendiri sudah bertekad, sejak awal tahun ini **halaah**, untuk tidak lagi berbicara dalam sistem pengukuran Inggris kepada orang2 Amerika (dan juga kepada yang lainnya tentu saja) kapan saja dan di mana saja kecuali jikalau terpaksa atau karena si orang Amerikanya kelewat bloonnya! Bahkan andaikata mereka bertanya: “How many miles is it?” Jawabannya tetap akan saya katakan dalam kilometer, juga misalnya “How many degrees is it?” Jawaban saya juga tentu dalam degrees, tapi degrees Celsius tentu saja dan bukannya degrees Fahrenheit! Orang2 Amerika memang masih banyak yang harus dididik dan dilatih berfikir secara metrik!

Di dunia ini ada dua buah sistem pengukuran yang dipakai secara luas yaitu sistem imperial/Inggris, yang asal muasalnya dari Inggris dan sistem internasional/metrik yang asal muasalnya dari Perancis. Dalam Bahasa Perancis dinamai Système International d’Unités, yang sekaligus menjadi sebutan resmi sistem internasional/metrik, yang juga disingkat menjadi SI. Di seluruh dunia  penggunaan sistem metrik ini sudah sangat meluas kecuali di Amerika Serikat. Ya, Amerika Serikat kini adalah satu2nya negara di dunia yang masyarakatnya secara luas masih menggunakan sistem imperial walaupun pemerintahan federal kini juga sudah mengakui sistem metrik sebagai sistem pengukuran yang resmi berdampingan dengan sistem imperial. Inggris sendiri sebagai negara tempat asal muasal sistem imperial ini sejak tahun 1970an ketika mulai bergabung dengan Masyarakat Eropa (kini menjadi Uni Eropa), masyarakatnya “dipaksa” untuk beralih ke sistem pengukuran metrik, hasilnya kini masyarakat Inggris cukup sangat berfikiran metrik walaupun ada masyarakat2 tradisionalis yang fanatik yang mencoba “melawan” secara pasif. Sedangkan negara2 Anglo-Saxon lainnya seperti Australia, Selandia Baru dan juga Canada, masyarakatnya hampir semuanya sudah berfikiran metrik!

Keindahan dari sistem metrik ini adalah antara satuan yang besar dengan satuan yang kecil selalu berkelipatan 10, jadinya gampang diingat dan gampang mengkonversikannya. Sedangkan sistem Inggris sangat tidak praktis, antara satuan yang besar dan yang kecil tidak punya “pegangan yang pasti”.  Misalnya 1 mil = 1760 yard, 1 lb = 16 oz, 1 gallon = 8 pint dan sebagainya yang cukup sulit untuk diingat dan tentu saja juga lebih sulit untuk dikonversikan (butuh kalkulator!). Belum lagi antara Amerika Serikat dan Inggris ada perbedaan! Misalnya 1 gallon Amerika Serikat berbeda dengan 1 gallon Inggris, atau 1 pint AS berbeda dengan 1 pint Inggris dan sebagainya, bikin orang lebih lieur! Untuk itu sejak dulu para ilmuwan seluruh dunia termasuk di Amerika Serikat sendiri hanya menggunakan sistem metrik saja, sedangkan sistem Inggris tidak diakui alias tidak dipakai!!

Jadi kesimpulannya, tak mengapa kita berbicara dalam Bahasa Inggris kepada orang Amerika, namun mari kita buang jauh2 sistem pengukuran Inggris dan gunakanlah selalu sistem pengukuran metrik, yang memang sistem ini jauh lebih oyé dibandingkan sistem Inggris!

Catatan:

  • Jangan terkecoh!! Banyak orang kita mengira bahwa 1 kilo = 2 pon Inggris = 10 ons (ounce) Inggris! Itu keliru!! Yang benar adalah 1 kilo = 2 pon metrik = 10 ons metrik!! Pon metrik dan ons metrik sudah jarang sekali digunakan. Sedangkan untuk pon Inggris dan ons Inggris adalah 1 kilo \approx 2,2 pon Inggris \approx 35,3 ons Inggris.
  • Juga ada beberapa jenis ton. Yaitu ton metrik, ton AS dan juga ton Inggris!! Jika 1 ton = 1000 kilogram, maka ton tersebut tentu adalah ton metrik. Sedangkan 1 ton Amerika Serikat atau resminya disebut short ton adalah 907 kilogram sedangkan 1 ton Inggris atau resminya disebut long ton adalah sekitar 1016 kilogram.
  • Banyak orang menganggap bahwa Aqua yang ukuran besar atau Aqua galon adalah ukuran 1 galon! Padahal itu salah sama sekali!! Setahu saya isi Aqua galon itu adalah sekitar 19 liter. Sedangkan 1 gallon Amerika Serikat adalah sekitar 3,8 liter sedangkan 1 gallon Inggris adalah sekitar 4,5 liter. Jadi sekarang anda tahukan bahwa Aqua galonan itu bukanlah 1 galon!! Entah kenapa Aqua yang ukuran besar itu sering disebut dengan Aqua galon!!😀

35 responses to “Gunakan Sistem Pengukuran Metrik, Buang Jauh Sistem Pengukuran Inggris!

  1. Thanks for infonya Mas. Dari dulu saya selalu pakai sistem metrik kalau bicara dengan bule-bule di proyek yang macam-macam kewarganegaraannya, tapi yang gak habis pikir demi satu orang bule di dalam meeting yang dihadiri banyak orang Indonesia, mengapa bertahun-tahun kita mengalah dan selalu menggunakan bahasa Inggris. Mengapa bukan yang bule aja yang berusaha menyesuaikan? Dan sebalnya atasannya atasan saya yang bule, pernah bercanda soal ini di formal meeting, “you guys don’t have choice but I do”–maksudnya kita mesti presentasi pake bahasa Inggris, sedangkan dia bisa memilih pake bahasa yang dia mau, secara Bahasa Indonesianya cukup lumayanlah.

  2. Iya betul, Mas. Saya dulu nggak pernah kebayang sampai seperti ini. Ternyata kalau dipikir-pikir, bener juga.

  3. Kalo saya sih boro2 ukuran Inggris lha wong Bhs Inggris aja aku ga bisa taunya kunci Inggris aja hehe..

  4. Terbiasa pake sistem british gara-gara kuliah di engineering nih, tapi emang lebih nyaman pake metrik. lebih mudah membayangkan berat 10 kilo, daripada berat 22 lbs. tapi kalau sudah masuk design, kadang terpaksa harus pakai sistem british lagi😦

  5. sedemikian detailnya ketika kita berkomunikasi dg orang2 amrik, sampai2 masalah pengukuran pun bisa menjadi persoalan serius, hehehehhe🙂 bisa jadi ini juga menyangkut tradisi berbahasa, bung yari, yang selain berkaitan dengan kultur juga berkaitan dengan masalah gengsi sebuah bangsa. *komen OOT, yak, halah* yang pasti kesimpulan Bung Yari:

    tak mengapa kita berbicara dalam Bahasa Inggris kepada orang Amerika, namun mari kita buang jauh2 sistem pengukuran Inggris dan gunakanlah selalu sistem pengukuran metrik, yang memang sistem ini jauh lebih oyé dibandingkan sistem Inggris!

    akan menggiring opini pembaca utk cepat2 meninggalkan penggunaan sistem british ketika berkomunikasi dg orang2 amrik.

  6. YoI!!! Joss.. tapi kalau saya masih pake hitungan depa.. jengkal.. tuh gimana yah.. boleh nggak?

    saya juga mengerti sedikit tentang keteknikan.. sebenarnya utuk masalah satuan, konversi satuan metrik ke satuan ingrris memang sulit dilakukan..
    yah kalau bagi saya pribadi, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah.. kadangkala saya juga masih bilang ‘oh diameternya 0,3 atau 7,62 hehe.. atau 0,00025 jengkal…

    oh ya tanya: kalu untuk ukuran sepatu bagaimana? kan ada yang ukuran 6,7,8,9 ada juga yang ukuran 39, 40, 41, makasih

  7. Iya sepakat! SIstem metrik lebih praktis dipakai. LEbih mudah diingat. Lebih enak dalam mengkonversikanya. Sedangkan sistem inggris, karena tak terbiasa, susah alias repot.

    Serius saya dapat pencerahan dengan membaca artikel ini…😀

  8. hngg… soal ukuran saya memang lebih sering pake sistem metrik ketimbang sistem inggris…

    saya ngerti ukuran senti dan meter, tapi saya bingung kalo dah pake ukuran feet. soalnya panjang kaki saya sama kaki bule udah jelas beda jauh! kayaq bumi dan langit, atawa Julia Perez sama Rahma Azhari!!

    makanya, saya dukung sistem ukur atau sistem itung apalah… yang penting gampang diitung dan gampang dimengerti!!

    salam damai dari orang yang ndak ngerti fisika en matematika!!!

  9. Beuuuhh
    jadi inget ma kuliah fisika dasar😛

  10. Amrik kayaknya memang lebih bangga kalo beda sendiri… liat aja sepakbolanya (football): rugby bukan, soccer juga bukan…

  11. pak, kalok byousoku 5 cm dijadikan inchi berapa pak?

  12. @Yoga

    Kalau kita mengalah demi kebaikan sih ya nggak apa2. Sekarang tergantung kita, apakah kita mau kebaikan itu atau tidak?? Kadang2 sayapun rapat internal di kantor memakai Bahasa Inggris, walaupun andaikata nggak ada bulénya juga, tujuannya?? Agar saya tetap terbiasa bahasa Inggris secara lisan dan kemampuan lisan Bahasa Inggris saya tidak berkurang. Bukan berarti saya tidak cinta bahasa Indonesia lho. Kalau saya tidak cinta Bahasa Indonesia tentu tidak akan ada blog ini. Kalau menurut saya jikalau lebih banyak manfaatnya ya biarkan saja.

    Kalau bule2 non-Amerika biasanya sudah go metric, atau kalau misalnya dia orang Amerika tapi engineer atau scientist yang sangat terdidik biasanya juga sudah go metric.

    @Edi Psw

    Bener yang mana nih pak?:mrgreen:

    @AgusBin

    Kalau kecap Inggris sama garam Inggris tahu nggak Bin?:mrgreen:

    @Bodronoyo

    Sebenarnya dalam engineeringpun tidak dibutuhkan satuan Inggris, mungkin karena textbook-nya keluaran AS, ada sebagian yang masih dalam satuan Inggris. Bahkan untuk pengukuran satuan mikroskopik seperti micrometer ataupun nanometer hanya ada di sistem pengukuran metrik, dan mustahil ada di sistem pengukuran Inggris. Juga pengukuran2 yang sangat besar seperti megameter, gigameter dan sebagainya juga hanya ada di metrik. Namun sayang, ukuran2 besar astronomis seperti itu masih kalah populer dengan “satuan astronomis” dan “tahun cahaya”. Mungkin satu2nya ukuran Inggris yang masih agak sering dipakai adalah knot dan BTU.🙂

    @Sawali Tuhusetya

    Betul sekali Pak Sawali… makin cepat makin baik!!😀

    @ardianzzz

    Wah…. kalau pakai jengkal mah repot atuh…. jengkalnya jengkal siapa?? Jengkal saya?? Jengkal anak saya?? Jengkal tetangga saya?? repot dong hehehe…..

    Nah…. kalau ukuran baju, sepatu atau celana harus obyektif dikatakan bahwa tidak ada sistem yang lebih baik, baik itu sistem Eropa ataupun sistem Amerika, jadi nggak masalah mau milih yang mana, asal tahu saja patokan sistem pengukuran masing2 agar tidak terkecoh. Kalau saya sepatu terbiasa dengan ukuran Eropa, sedangkan untuk kemeja dan celana saya terbiasa dengan sistem ukuran AS.

    @mathematicse

    Iya nggak praktis kalau mau mengkonversikannya, karena nggak kelipatan 10. Tapi kalau yang udah biasa mungkin nggak masalah, tapi biasanya bukan karena konversi tapi karena sudah bisa membayangkan seberapa besar atau seberapa kecil ukuran itu.😀

    @khofia

    Kalau dengan kaki gajah bagaimana??:mrgreen:

    @hanggadamai

    Huehehe… sekali2 nostalgia dengan pelajaran nggak apa2 kan?? Moso nostalgianya hanya dengan mantan pacar aja seh!:mrgreen:

    @Catshade

    Bangga namun terkadang terlihat bego juga! Hehehe….:mrgreen:

    @Black_Claw

    Sekitar 2 inci lah! Lha kan tinggal download converter dari Internet ajah!:mrgreen:

  13. Saya kalau ketemu bule jarang mengobrol tentang ukuran, karena yang diobrolkan masalah bisnis….dan karena masalah uang, jadinya ya nyambung aja (walau sering juga dahi berkerut)

  14. it’s a nice info, sir. thx

    *halah, ketularan londo*🙂

  15. Saya sangat setuju pemakaian sistem SI ini, kalau di fisika dasar semacam sistem MKS.
    Namun persoalannya adalah, ketika berbicara langsung dengan mereka, dan kita ingin sesuai dengan standar SI, bisa menjadi berlama-lama dan ngotot-ngototan.
    Namun, untuk keperluan, misalnya, barang yang kita inginkan, dapat kita beri syarat, “semua ukuran yang dicantumkan pada barang itu, harus menggunakan SI”, dan lain-lain. Artinya, otoritas ada di tangan kita. Dan, mereka pasti akan memenuhinya.

  16. Selamat siang Pak,memang sistem metrik yang paling yahud tuh,soalnya semua ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan besaran pastilah menggunakan satuan metrik yang biasa juga disebut satuan SI.Mungkin dulu daerah koloni Inggris cukup banyak sehingga sistem bule itu masih tetap dikenal dan masih cukup populer.
    Menurut almarhum Akong/kakek saya bahwa orang Inggris itu pernah jumawa mengatakan ” Bangsa Inggris tak mengenal matahari terbenam “, artinya hampir semua negara di permukaan muka bumi pernah dijajah Inggris.Terima kasih!

  17. aduh mas.. bingung ach.. mau matrik kek mau inggris kek.. toh dari sononya kita taunya begono ya tetap ya begono… udah bebel nich otak.. lain kalau anak2 generasi skrg.. masih fresh tuh.. kita dah basi lagi….

  18. eh.. bener juga sih, dikira kita yang cupu pake standar itu, eh ternyata orang amriknya sendiri toh.

    btw baru tau kalo 1 kg itu = 2 pon metrik.. jadinya berapa pon inggris yah??

  19. @edratna

    Kalau soal bisnis mungkin iya ya bu. Tapi mungkin kalo misalnya masalah sehari2 pasti si bule (Amerika)nya mau nggak mau, sekali dua kali akan bertanya tentang suhu, jarak, berat dan sebagainya.🙂

    @norie

    anytime, dear!😀
    **ikut2 ketularan londo inggris**

    @Singal

    Ya betul sekali pak Singal… bahkan kini hampir seluruh produk2 buatan Amerika Serikat sendiri juga mencantumkan informasi produknya dalam satuan metrik selain dengan satuan Inggrisnya. Tapi sedihnya saya melihat beberapa produk buatan dalam negeri (Indonesia) kita justru malah ikut2an menambahkan informasi dalam satuan Inggris walaupun satuan metriknya tetap saja. Menurut saya itu tidak perlu.😦

    @Yung Mau Lim

    Iya…. betul sekali mas Yung Mau…. terima kasih telah mengingatkan saya kembali dengan pelajaran sejarah yang sudah lama sekali…. memang ada semboyan zaman dulu bahwa “Bangsa Inggris tak mengenal matahari terbenam”. Itu karena di “setiap” permukaan bumi selalu ada jajahan Inggris, sehingga jikalau di satu tempat matahari terbenam di tempat jajahan Inggris lain matahari baru terbit! Wah, itu bentuk suatu kebanggaan atau sebuah kesombongan bangsa Inggris waktu itu ya?😀

    @franya

    Wah… nggak boleh begitu dong mbak Franya! Bangsa Indonesia harus otaknya tajam terus dong! Jangan mentang2 sekarang di Dubai otaknya jadi ikut2an karatan seperti otak2 orang di Timur Tengah sana! Huehehehe…. just kidding!:mrgreen:

    @Ridu

    Jangan salah lho…. orang Amerika juga banyak yang cupu loh!:mrgreen:
    kalau 1 kilo kan udah saya tulis di atas yaitu kira2 2,2 pon Inggris, kalau ditanya 1 pon metrik berapa pon Inggris yang gampang toh tinggal \frac{2,2}{2} sama dengan 1,1 pon Inggris. Jadi 1 pon metrik ya kira2 1,1 pon Inggris.😀

  20. wah bener2 ilmuwan juga nih
    tapi bukan berarti anti Inggris kan?
    Anti juga gpp😀

  21. Satu2nya konversi berat yang bisa saya ingat cuma karena suka baca spesifikasi bom jatuh-bebas yang ditenteng pesawat2 perang Amrik;😀
    500lb = 227kg (bom mk. 82)
    1000lb = 454kg (bom mk. 83)
    2000lb = 907kg (bom mk. 84)
    Selain itu gak inget!😆

  22. kalo saya inginnya memakai sistem pengukuran Indonesia yang sudah mempunyai hak patenn ( tapi kapan ya ?
    berdoa yuk , berdoa

  23. Kalau yang profesinya ‘supir’ pesawat boro2 ngomong dengan ‘bule interlokal’, dengan nyang petugas menara ‘lokal’ aja (harus) pake standar ‘mile(s)’ atawa ‘feet’. Menurut saya liat ‘sikon’ aja, kalau tidak harus formal(standar) ya dipaksain aja tuh ‘bule’. Setau saya (dari buku bacaan saya) skitar taon 1989an,proses perubahan satuan ke satuan metriks(metrikasi) belum sepenuhnya rampung, harusnya sekarang udah kali yah? BSI (British Standard Institution)sendiri telah selesai termetrikasi, namun kadang-kadang satuan ‘kaki’,inci,yard,pound,acre, dan mil masih tetap dicantumkan, penekanan diberikan pada satuan-satuan kilogram,kilometer,meter,sentimeter, dan milimeter. Malah dulu ada pengajar saya (maaf sedikit OOT)nyang sok amrik ‘maksain’ agar terbiasa didalam perhitungan angka desimal menggunakan titik(.) menggantikan koma(,) seperti contoh 9.5(dibaca:sembilan koma lima) dan kalau yang dipake seperti ini 9,5 maka ini bernilai 9500 (,=x1000). Coba liat pas pake kalkulator katanya.
    Dah akh jadi ikutan puyeng gara-gara panjenengan.

    Matur suwon sanget.

  24. Sepertinya berkendaraan di jalur kiri juga perlu tuh dikonvensi internasionalkan, biar nggak kagok kalo kita ke amrik.

  25. @achoey sang khilaf

    Ya nggak lah… benci yang berlebihan juga tidak baik kan?? Bukankah orang2 Inggris juga ciptaan Allah swt?? Satu2nya yang tidak saya suka dari Inggris adalah kesebelasan sepakbolanya hehehe… karena oleh pers terlalu diekspos sementara prestasinya sangat2 standard!!

    @jensen99

    TV 14 inch, TV 20 inch, TV 29 inch, itu juga satuan Inggris yang sering dipakai sehari2, walaupun nilainya dalam centimeter kurang terkenal! Yang saya hafal cuma yang 14 inchnya aja yaitu 35,5 cm. Hehehehe….😀

    @realylife

    Sebaiknya sih kita ngga usah punya satuan pengukuran sendiri, jadinya biar nggak terisolasi sendiri. Di dunia ini sudah sepakat untuk menggunakan sistem metrik untuk satuan pengukuran, jadi kemanapun kita pergi kita tidak akan repot.😀

    @Noah

    Nah, itu menunjukkan bahwa banyak juga orang bule (Amerika) yang bloon cupu, nggak tahu sistem metrik. Kini hanya tinggal AS saja yang masih secara luas menggunakan sistem imperial, sementara Inggris sudah go metric, apalagi kalau mereka bergabung dengan Uni Eropa, harus mau go metric!!
    Penulisan angka desimal memang ada perbedaan juga antara sistem Inggris dan sistem kontinental Eropa, walaupun perbedaan itu bukan sesuatu yang sangat serius dan tidak membutuhkan konversi untuk memahaminya.🙂

    @aombandung

    Hmmm… kalau menurut pengalaman saya, perbedaan tersebut hanya kagok kalo pada awal2nya saja. Kalau udah sebulan juga sudah mulai terbiasa, dan angka kecelakaan karena “kagok” beda jalur setir juga termasuk sangat rendah.

  26. weh…weh…baru tau kalo Aqua galon ndak layak disebut pake “galon”, hehehehe…
    makasih infonya mas😀

    ____________________________________________

    Yari NK replies:

    Layak nggak layak sepertinya relatif sih, lagian saya juga nggak tahu kenapa Aqua yang besar itu disebut dengan Aqua galon, tapi yang jelas Aqua galonan itu isinya bukan 1 gallon!😀

  27. susyah banget, bos..
    saia jadi kuli di oil&gas industry
    ukuran tubing pake inch
    depthnya pake feet
    pressure pake psi
    bahkan di TOTAL yang perancis punya aja
    cuma bisa ngeyel di depth (mereka pake meter)

    kalo saia nekat ngocoblak pake metrik
    paling2 dikasih one way ticket go to hell
    susyah deh kalo cuma jadi kuli

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Nggak perlu ngeyel. Justru kalau kita bisa sekaligus go Imperial dan go metric seperti saya tentu akan lebih bermanfaat buat kita! Dan andaikan mereka mau tetap go Imperial (British) ya itu hak mereka. Kalau saya, (karena sebenarnya saya sudah terbiasa dengan kedua buah sistem pengukuran) kalau mereka ngomong atau bertanya dalam ukuran Inggris, saya biarkan saja mereka bertanya atau ngomong dalam ukuran tersebut, namun tetap akan saya tanggapi dan jawab dengan metrik. Kalau mereka bertanya: “How long is it in miles?” atau “how hot is it in degrees Fahrenheit?”. Maka akan saya jawab: “Use your head to do the conversion!”😉

  28. kurang jelas bwt tugas fisikaku.datanya kupikir komplit

    ________________________________

    Yari NK replies:

    Data apaan?? Ini memang artikel untuk mengajak memakai satuan metrik, bukan untuk konversi data dari metrik ke sistem Inggris!😉

  29. Trim’s infonya. Andai semuanya sepakat dengan satu cara mengukur, maka akan mempermudah perhitungan bagi kita semua, tetapi biarlah ada perbedaan, yang penting kita bisa menerima perbedaan dan menerapkan perbedaan itu dengan benar. Dengan sedikit ilmu dan berbagi rasanya kita kan makin enjoy. OK !.

    _________________________

    Yari NK replies:

    Betul…. meskipun saya sangat metric-oriented namun saya juga mahir dalam imperial system measurement karena saya yakin perbedaan dalam satuan pengukuran pasti ada, dan kita tidak bisa memaksakan keseragaman. Hanya saja perlu diingat bahwa sistem metrik lebih baik daripada sistem Inggris (imperial), dan bagi mereka yang hanya bisa menggunakan sistem Inggris berarti mereka ‘kurang canggih’ dibandingkan kita….🙂

  30. Penggunaan sistem satuan tergantung pada situasi pembicaraan. Jika kita mengharuskan orang lain mengikuti kita sementara yang membutuhkan adalah kita, bisa bisa apa yang yang menjadi tujuan kita tidak tercapai mengingat orang yang kita ajak untuk berpartner dengan kita tidak bisa mengikuti apa yang kita kehendaki. Lantas partner kita pusing 70 keliling, nggak tahan, minggat . Yah kalo sudah begini bisa tidak menguntungkan kedua belah pihak.
    Sebenarnya kata-kata menyesuaikan diri lebih lekat dengan apa yang seharusnya kita lakukan, bukan apa yang harud orang lain lakukan.( tentunya yang positip). Jika pingin dagangan kita untung pake ilmunya cino, apa yang konsumen mau dicari keseluruh jagat sampek ketemu dan setelah itu panen raya tiap hari.

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Masalahnya ini bukan masalah produsen-konsumen. Jikalau masalahnya hanya sebatas produsen-konsumen, logika anda memang masuk akal. Walaupun ada juga konsumen yang cerdas, yang mampu beradaptasi menuju sesuatu yang lebih baik, namun harus diakui juga bahwa banyak konsumen yang bodoh. Nah, menghadapi konsumen yang bodoh ini, jelas kita yang harus mengikutinya dong. Karena yang pintar harus dapat mengerti yang bodoh, karena yang bodoh tidak akan mampu mengerti yang pintar.

    Nah, kalau partner itu sedikit berbeda. Jikalau equal partnership, maka kita memilih mana yang paling umum dan yang paling baik, karena kita adalah partner yang setara. Lain halnya misalnya inequal partnership, partnership yang tidak seimbang, di mana kita jadi babu, mereka selalu jadi pemimpin ya mau nggak mau kita harus mengikuti mereka. Namun, apakah anda akan seterusnya jadi babu terus??🙂

  31. I can not participate now in discussion – it is very occupied. But I will be released – I will necessarily write that I think.

  32. Thx infonya Pak!
    Walaupun telat 2 tahun lebih, comment saya ini.
    Artikelnya kok ngga ada share nya ke FB n Tweeter ?

    Oh ya Pak, ada teman saya yg sering keliru dengan istilah kecepatan
    MPH-Mil Per Hour dan KMH-Kilometer Per Hour.
    Disaat bermain game balap di PS3 dia selalu mengira kecepatan Mil/jam sama saja dgn KM/jam.
    Walah!
    Dia tdk sadar kala bermain game balap mobil selalu memakai Mph disettingan kecepatannya, dan disaat bersamaan saya memakai settingan Kph disebelahnya.
    Hasilnya, teman saya jd bingung dan mengira kecepatan game mobil saya lebih cepat darinya. Misalkan speed mobil game saya 165 kph, dia pikir lbh cepat darinya yg 100 mph..
    Hehe… Padahal sama saja ya Pak.

  33. slamat siang ,1metrik ton berapa liter

  34. numpang copy ya pak….biar dosen saya dapet pencerahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s