Kentut Sepuas-Puasnya!

Perhatian:

Artikel ini bagi beberapa orang mungkin terasa kurang pantas, namun bagi sebagian orang lainnya lagi tidak menjadi masalah. Artikel ini dibuat semata2 hanya untuk kepentingan informasi saja. Kedewasaan pembaca sangat diharapkan!

Artikel ini bukanlah untuk menyindir para operator telepon selular dengan semboyannya ‘ngobrol sepuasnya’ yang katanya kalau ngobrol lama pakai hp sering putus itu, yang akhirnya ‘ngobrol sepuas-puasnya’ adalah menjadi sesuatu yang mahal dan tidak murah seperti yang dijanjikan. Juga artikel ini bukanlah sebagai artikel untuk olok2. Artikel ini sepenuhnya diilhami oleh acara di stasiun TV Animal Planet mengenai sebuah spesies ikan yang sering kentut di dalam air sebagai tanda sosialisasi dalam ‘masyarakat’ ikan tersebut. Si narator dalam acara tersebut sempat berkomentar bahwa jikalau manusia kentut adalah hal yang pribadi sedangkan pada spesies ikan tersebut kentut adalah sebagai simbol sosialisasi. Ya, tentu saja lain spesies lain pula cara bersosialisasi walaupun pada manusia kentut juga bisa sebagai ‘simbol’ sosialisasi. Tidak percaya?? Coba saja, jikalau anda sudah berani kentut di depan teman anda itu berarti anda sudah akrab sekali dengannya, walaupun tentu saja keakraban tidak bisa semata2 diukur hanya dengan berani kentut di depannya saja!:mrgreen:

Kentut sebenarnya adalah hal yang sangat sangat alamiah. Kentut walaupun pada dasarnya terdiri dari gas-gas yang tidak beracun namun jikalau banyak ditahan gas dalam perut ini akan menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan dapat menimbulkan rasa sakit di dalam perut, karena gas mempunyai tekanan, semakin banyak gas yang terkumpul tentu semakin besar tekanan gas pada dinding usus yang tentu dapat menghasilkan rasa sakit.  Kentut sendiri bukan hanya terdiri dari satu macam gas saja, tetapi terdiri dari banyak macam gas. Gas2 yang terdapat dalam kentut antara lain adalah: gas Nitrogen (N2), Hidrogen (H2), Karbon Dioksida (CO2), Oksigen (O2), Metana (CH4), Hidrogen Sulfida (H2S), Karbonil Sulfida(O=C=S), dan sedikit asam butirik(CH3CH2CH2-COOH). Ketiga gas yang disebutkan terakhir itulah yang menyebabkan kentut anda menjadi berbau tidak sedap. Hidrogen Sulfida menyebabkan kentut anda berbau seperti telur busuk sedangkan asam butirik menyebabkan kentut anda berbau seperti mentega basi. Karbonil Sulfida juga banyak menyebabkan kentut anda menjadi tidak sedap seperti keju basi! Kedua gas yang mengandung sulfur/belerang (H2S dan O=C=S) dihasilkan dari pemecahan molekul protein. Dahulu banyak orang percaya kalau orang kentutnya tidak bau berarti makanannya kurang bergizi. Sepertinya kepercayaan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang gas2 yang mengandung belerang tersebut dihasilkan dari makanan2 yang kaya akan protein.

Makanan2 yang kaya akan molekul gula yang kompleks atau polisakarida seperti kacang merah, ubi, singkong, gandum, havermut (oatmeals) dan lain sebagainya, teoritis dapat menghasilkan banyak gas di perut (walaupun mungkin tidak berbau). Itu disebabkan karena  makanan2 yang kaya polisakarida tersebut banyak yang tidak tercerna, sehingga ketika bahan2 makanan tersebut tiba di usus besar akan menjadi santapan bakteri yang pada akhirnya si bakteri akan menghasilkan gas yang menjadi kentut tersebut.

Gas, sifat alamiahnya sebenarnya adalah bergerak ke atas. Namun karena gas dalam perut ini didorong oleh gerakan peristalsis usus, maka (bersama2 dengan sisa2 makanan atau kotoran) gas dalam perut ini terdorong ke bawah menjadi kentut. Nah, ini dia, karena gas (kentut) dan benda padat (kotoran) mempunyai lubang pelepasan yang sama tentu sistem pembuangannya haruslah canggih! Anda mungkin selama ini tidak sadar bahwa sistem pembuangan kentut dan kotoran anda adalah sistem yang sangat canggih! Lubang pembuangan (anus) anda diatur oleh otot yang berbentuk cincin yang bernama anal sphincter muscle. Otot inilah yang secara fleksibel dapat mengatur besar kecilnya bukaan pada anus anda. Jikalau kentut mungkin bukaannya tidak perlu terlalu lebar sebaliknya jikalau kita tengah buang air besar. Canggihnya pula syaraf2 pada sistem pembuangan kotoran dapat membedakan mana yang akan keluar, gas atau benda padat. Jikalau gas maka sistem pembuangan memberi sinyal ke otak untuk langsung membuka lubang anus sehingga gasnya dapat keluar, jikalau benda padat maka otak akan diberi sinyal untuk tidak membuka lubang anus dulu sampai pada saat atau  waktu yang tepat. Lebih canggihnya lagi pernahkah anda kentut ketika ingin buang air besar?? Nah, di sini ditunjukkan kecanggihan sistem pembuangan kita di mana anus dapat terbuka namun hanya gas yang boleh keluar sedangkan yang padat tetap tertahan! Memang sekali dua kali sistem pembuangan kita juga dapat tertipu, terutama jikalau kotoran yang keluar teramat cair (seperti dalam kasus diare), yang terjadi bukan hanya gas yang keluar tetapi malah kecepirit ( Bahasa Inggrisnya: ‘to shart’, to shit and to fart in the same time!:mrgreen: ). Namun sistem pembuangan kita adalah sistem yang cerdas, yang dapat belajar dari pengalaman tersebut sehingga jikalau ia merasakan sensasi yang sama di masa mendatang ia akan lebih berhati2. Nah, Artificial Intelligence mana yang saat ini sanggup menandingi kecanggihan sistem pembuangan kita??

Lantas kenapa artikel ini dinamai “Kentut Sepuas-Puasnya“? Begini….. di Internet ini banyak yang menjual “Fart Absorber” dan semacamnya. Fart Absorber ini konon dapat menyerap bau kentut kita. Alat ini ada yang dipasang di dalam celana dalam kita dan ada juga yang ditaruh di kursi di mana kita duduk. Jadi jikalau kita buang angin tidak perlu khawatir kalau menjadi bau, karena filter karbon yang ada di dalam Fart Absober tersebut akan menyerap gas2 berbau tersebut! Namun sayang, fart absorber tidak dapat menyaring atau meredam suara kentut kita! (Tapi kalau di Indonesia, kentut yang bikin malu bunyinya atau baunya ya??):mrgreen: Bahkan ada produk imajinasi yang belum dibuat tetapi akan banyak menjanjikan keuntungan besar di masa mendatang seperti Glade Plug-Ups (dapat anda cari di Google), yang dapat mengubah molekul2 gas kentut anda menjadi molekul2 yang berbau harum seperti wangi lemon dan wangi buah2an lainnya!! Wah kalau nanti produk tersebut sudah ada di pasaran tentu akan sangat praktis sekali sebagai sarana untuk pewangi ruangan. Semakin banyak anda kentut semakin harum ruangan di sekitar anda!! Dengan begitu, mungkin orang akan berlomba2 untuk kentut sepuas-puasnya agar ruangan di sekitarnya selalu wangi!! Padahal…. bau wangi yang dihasilkan sebenarnya adalah kentut orang yang dimodifikasi !! Huahahahaha……😆

27 responses to “Kentut Sepuas-Puasnya!

  1. pertamax

    kalau kentut sepuasnya tanda sosialisasi buat hewan…

    kalau ngobrol sepuasnya itu tanda penghianatan orerator terhadap konsumen…hohoho

    **sembunyi**

  2. Hahaha pantes aja kentut saya ga bau abis makanannya jg makanan anak kos.
    Btw kalo sendawa itu gasnya beda sama kentut ga ya?

  3. heheheh hahahahahah hoohohohohoho hihihihihihihih eh ni bukan kentut loh..

  4. Huahahahahahahahahaha….lucu pas baca paragraf terakhirnya.😀

  5. Pernah di dalam suatu milis dibahas masalah kentut ini, yang sebetulnya merupakan sarana penyaluran …dan biasanya saat pagi hari adalah saat pembuangan yang paling pas…bunyinya lebih nyaring.

    Jangan lupa, ini bukan hal sepele, teman saya pernah dirawat di rumah sakit beberapa hari, gara-gara nggak bisa kentut dan buang air besar.

    Terus kalau habis operasi yang memerlukan pembiusan total, setelah sadar belum boleh minum, kecuali sudah kentut atau kencing, yang menandakan fungsi pencernakan telah berjalan lancar.

  6. wah, postingan menarik nih bung. jadi tahu Hidrogen Sulfida atau Karbonil Sulfida yang bisa menyebabkan kentut menjadi tidak sedap, hehehehe:mrgreen: konon, kentut itu juga menjadi simbol karakter seseorang, bung yari. katanya, loh. misalnya, kalau orang kentut ditahan agar tidak bunyi dan dikeluarkan sedikit2 itu konon simbol orang yang pelit, kalau orang kentut bunyinya gede itu simbol orang percaya diri. tapi ada juga kentut yang dilakukan orang kreatif, yaitu ketika kentut di sebuah baik air. ketika kentutnya bisa bunyi “blekuthuk3X* wakakakaka😆 bener nggak? kayaknya itu hanya sebuah anekdot aja bung.

  7. To Ibu Ed;- menambahkan sedikit bu, kentut salah satu indikasi bahwa jahitan di bekas operasi daerah lambung atau usus tidak bermasalah. Sebab kalau ternyata bocor, secara alamiah gas akan keluar dari lokasi kebocoran kalau udah gitu pasti gak bisa kentut. Sedangkan untuk operasi besar dan pembiusan total tapi misalnya untuk mengkoreksi tulang belakang, kentut bukan indikasi yang ditunggu.🙂

    To Mas Yari;- bisa aja ya nemu topik unik, di bagian yang terakhir itu bikin saya ketawa ketiwi sendiri😀

  8. Pantesan…. huahauhuah, postinganya mernarik sekali…

    Kalo kentut nya melengking suaranya dan panjaaaaang banget, berarti tu setingan anal sphincter muscle nya musti di longgarin dikit pak.

  9. gyahahaha.. jadi penasaran sama produk itu..

  10. Pak Yari ini… mau mosting “kentut” saja sampai sedetil itu😆
    Hebat lah Pak Yari..

  11. Halah😀 after all these times…. masih gak jauh-jauh dari kentut *wakakak*
    On 2nd thought.. “NK” itu bukan “numpang kentut” kan yak ;))
    Just kidddiiiiiing… cuma keinget ID kang yari yg gak jauh2 dari kentut😀
    *kabur ah.. daripada dikejar pedro;)) *

  12. @conandole

    Kalau begitu mari kita kentutin ramai2 saja tuh operator telepon seluler!:mrgreen:

    @AgusBin

    Makanan bergizi nggak harus mahal kan Bin?? Telur dan tempe serta ikan juga sumber protein kok. Bahkan nggak jarang juga makanan mahal malah nggak bergizi loh!😀
    Sendawa jelas komposisi gasnya agak berbeda dengan kentut. Yang jelas gas2 yang berbau tidak ada dalam sendawa. Hal itu disebabkan karena sumber sendawa kebanyakan adalah udara yang tertelan bukan karena gas yang dihasilkan oleh bakteria (walaupun ada kemungkinan bisa juga), karena itu gas yang dihasilkan oleh sendawa manusia kebanyakan adalah oksigen dan nitrogen.

    @hanggadamai

    **tutup kuping**
    **kalau abad ke-20 bau kentut itu tutup hidung, kalau abad ke-21 sekarang yang modern kalau bau kentut tutup kuping!**

    @ardianzzz

    Bukan kentut?? Tapi kok baunya sama seperti kentut??:mrgreen:

    @mathematicse

    Huehehehe…. ya biar variatif jadi selain ada seriusnya juga ada lucu2 garingnya dikit!:mrgreen:

    @edratna

    Betul sekali bu…… pada saat pembiusan total, pergerakan usus kita juga berhenti sama sekali bu. Untuk itu setelah pembiusan, kentut adalah sebagai indikasi bahwa usus kita telah dapat bergerak (peristalsis) dengan normal kembali, karena gas yang dihasilkan di perut telah berhasil didorong keluar oleh peristalsis usus.
    Iya bu…. betul…. saya juga kentutnya paling nyaring (dan paling panjang) pada saat pagi hari!😀

    @Sawali Tuhusetya

    Huahahaha….. jangan2 pak Sawali sering kentut di bak air nih!:mrgreen: Kalau orang pelit sih katanya udah kentut terus kentutnya ditangkap lagi lantas dimasukin lagi ke celananya! Wakakakakak…..😆

    @Yoga

    Tapi mbak Yoga, kalau itu pembiusan total, tidak peduli operasinya apa, maka mau nggak mau peristaltis usus juga berhenti. Nah, kentut itu sebagai indikasi bahwa peristaltis usus telah bekerja kembali dengan baik.
    Saya selalu berusaha untuk mencari topik2 yang insha Allah bermanfaat dan unik, sambil berusaha memasukkan unsur2 hiburan atau humor di dalamnya, walaupun terkadang garing!:mrgreen:

    @Raffaell

    Wah… kalau saya sih…. kalau lagi rapat internal aja, sphincter musclenya saya buka lebar2 dan saya ngeden keras2 biar bunyinya dahsyat! Wakakakak….😆

    @ridu

    Mau beli ya Rid?? Nah ketahuan lho kentutnya bau!:mrgreen: becanda deh!😀

    @Menik

    Habis kalau kurang mendetail nanti disangkanya artikel ini cuma artikel olok2 saja dong! Mangkannya saya tambahin detailnya biar agak bermanfaat.:mrgreen:

    @G a i a

    Halaaah…. ini…. after all these times…. masih inget aja! Hahahaha….. paling heboh ya, di kelas mengaji pakai nick yang nyentrik itu! Huehehehe…….

    **ngelepasin si Pedro buat nangkep sis Gaia**😀

  13. hehehe, postingannya menarik. kentut di depan umum katanya tak sopan, wakakaka. meski tidak berbau. ada yang mengatakan bila kentutnya berbunyi nyaring biasanya tidak bau. tapi kalau kentut sembunyi2 itu yang bikin lingkungan di dekatnya tak nyaman. btw… benar ga ya?

    _______________________________________________________

    Yari NK replies:

    Huehehehe…. iya ya… kalau di Indonesia, bunyi kentut juga udah dianggap nggak sopan. Sebenarnya sih bau atau nggaknya si kentut secara ilmiah bukan tergantung dari bunyi atau nggaknya tetapi tergantung dari sedikit banyaknya ketiga gas yang berbau seperti yang saya sebutkan di atas. Tapi mungkin ada hubungannya juga, begini: Mungkin seseorang yang merasa kentutnya bau berusaha untuk mengecilkan suara kentutnya agar kalau bau tidak ketahuan siapa yang kentut! Begitu! Huehehe…..

  14. aduh mas.. mau kentuk ya kentuk deh.. nggak usah dipikir gas apa yang dikandung di dalamnya.. jangan kebanyakan mikir deh.. relax sedikit kenapa auth… kentut aja kok dipikir.. yang dipikir kalau kentut ya gimana supaya gak bunyi nyaring n nggak bau ke mana2 itu yang perlu deh.. soal apa yang yang ada di dalamnya.. bikin puyeng deh..

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Huahahaha….. justru itu dengan berpusing2 begitu kita dapat mendapatkan informasi baru. Kesimpulannya jangan meremehkan kentut, karena kentut pada dasarnya adalah bagian dari sebuah mekanisme yang canggih!😀

  15. Hahaha…aku mengalami tiga fase kelucuan saat membaca postingan ini :

    1. artikelnya sendiri ditulis dengan bumbu humor yang kental, disamping karena topiknya rada anomali

    2. membaca komentar-komentar yang sudah bisa ditebak : ngakak!

    3. Membaca komentar Ibu Edratna yang “dingin”, seperti ahli bedah membahas cara membelah perut manusia; ditambah tanggapan yoga terhadap komentar Ibu Edratna

    Edan tenan bah.

  16. Selamat siang Pak! Kalau membaca topik yang bapak sodorkan kali ini semakin menggelitik saja ya.Soalnya di waktu kecil, masa sekolah dulu kalau teman-teman habis makan cemilan,kantong2 plastik bekas cemilan biasanya ditiup hingga menggelembung kemudian dipecahkan dengan ditepuk.Pernah saya berpikir waktu itu bagaimana kalau kantong plastik itu saya koleksi dulu dengan kentut dari beberapa orang kemudian diikat dan dilemparkan ke kerumunan teman2 yang lagi ngobrol atau lagi bercanda.Imajinasi liar saya adalah bahwa mereka akan berebutan plastik itu dan menepuknya hingga pecah,coba bayangkan apa yang akan terjadi? he5.Tapi untunglah belum pernah saya coba itu,karena saya berpikir pekerjaan itu mungkin kurang etis ya,he8.

  17. filosofi yang terkandung dalam kentut itu apa ya?:mrgreen:

  18. “kentut yg dimodifikasi”

    gak sabar nunggu produknya
    :mrgreen:

  19. @Robert Manurung

    Huehehe…. saya hanya mau menunjukkan kok bahwa apa yang seringkali diremehkan oleh manusia seringkali ternyata bukan sesuatu yang remeh…😀

    @Yung Mau Lim

    Huahahahaha….. iya ya…. ide yang brilian untuk ‘mengerjai’ orang, tapi gimana caranya ya ngambil kentut orang dan dimasukin di plastik? Bukannya nanti kalau dibuka lagi kentut yang udah di dalam plastik akan keluar lagi?? Tapi idenya patut dicoba tuh!
    Btw…. kami juga masih terkadang kalo di kantor becanda dengan kentut. bahkan kalau lagi rapat internal juga kalau mau ada yang kentut nggak pernah ditahan terutama yang pria, kalau yang wanita memang masih malu2… paling2 kalau ada yang kentut mereka cuma bisa senyum2 kecut aja tanpa bisa protes…..!:mrgreen:

    @azaxs

    Waduh saya malah baru tahu kalo kentut ternyata ada filosofinya juga…. kalau kentut ada ilmunya memang saya udah tahu dari dulu!:mrgreen:

    @rezco

    Biar bisa kentut sembarangan ya?:mrgreen:

  20. Mari kita tunggu alat yang bisa mengubah molekul2 gas kentut menjadi molekul2 gas obat nyamuk aerosol, biar gak perlu beli Baygon lagi…:mrgreen:

    _____________________________________

    Yari NK replies:

    Huahahaha….. ide cemerlang!! Memang benar2 praktis! Kalau perlu juga ada alat yang bisa merubah molekul2 gas kentut menjadi asap pembasmi jentik2 nyamuk ædes ægypti biar sekaligus membunuh nyamuk demam berdarah, atau alat yang bisa merubah molekul2 gas kentut menjadi gas obat bius, agar dokter kalau mau mengoperasi pasiennya cukup dokternya kentut saja dekat sang pasien! Wakakakakak…….:lol: jangan2 nanti dokternya ikut pingsan juga!

  21. Memang benar pertanyaan bapak,gimana caranya mengoleksi kentut.Saya ada ide menarik,kentut setiap individu ditabung dulu dalam kantong plastik kecil2,lalu diikat dan kantong2 kecil ini baru dimasukkan dalam kantong yang lebih besar (ngotot dan iseng amat ya,ha8).Btw,bisa ga ya selain dikonversi sebagai parfum seperti yang bapak kemukakan di atas,kentut dijadikan semacam aroma trapi?tentunya harus dikonversi dulu aromanya,ha8.

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Huahahaha….. iya deh nanti saya coba (iseng amat yah?? hehehe… ) kentut saya dimasukin ke dalam plastik2 kecil, lalu dimasukkan ke dalam kantong yang lebih besar lalu diledakkan, wah pasti baunya harum ya! Huahaha……
    O iya boleh juga tuh idenya sebagai aromaterapi, bahkan kalau bisa mungkin yang dikonversi bukan kentut saja, tapi juga bau badan atau bisa jadi bau mulut juga! Huahahahaha……😆

  22. cewek kentut waktu lagi mejeng gimana ya pak?
    pakenya sih baju street clana jeans gak taunya ngentut,
    ih memalukan.
    mngkin gara-gara pake baju terlalu ketat bikin kentut deh…
    hi hi hi

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Cewek kentut pas lagi mejeng?? Ah… nggak apa2 kok… manusiawi malahan…. Justru kalo si cewek itu nggak bisa kentut itu namanya nggak normal, betul kan??😆

  23. Ping-balik: 366 minus 1 « Spektrum Pemikiranku

  24. huahahhahahhahauahuahuh, udah bagus bisa kentut, ya…di syukuri sebagai anugerah dari tuhan yang paling plong…!!!

    ________________________

    Yari NK replies:

    Jadi pengin kentut nih….!! huehehe….:mrgreen:

  25. artikelnya bagus, lucu hiks gw copy paste boleh ya …

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Ya…. silahkan….😀

  26. Ya ampun artikelnya lucu banget. Menarik2. Jarang sekali mikirin soal itu.

    Salam kenal, Mas.

    ________________________________

    Yari NK replies:

    Huehehe…. iya…. kita melakukannya setiap hari tetapi kita jarang memikirkannya…..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s