Buah-Buahan Membuat Anda Sehat!

Ada pepatah dalam Bahasa Inggris yang mengatakan “An apple a day makes your doctor away” yang kurang lebih artinya adalah jikalau kita makan sebuah apel sehari saja maka itu dapat membuat kita tidak usah berkunjung ke dokter alias badan kita menjadi sehat. Terlepas benar tidaknya pepatah tersebut karena memang penyakit yang datang tidak semata2 ditentukan oleh kita makan apel atau tidak, namun adalah sebuah fakta yang tidak dapat dipungkiri kalau kebiasaan memakan buah apel adalah sebuah kebiasaan yang sehat (dibandingkan jikalau anda mempunyai kebiasaan memakan batangan coklat setiap hari!!). Sebenarnya bukan buah apel saja yang dapat menyehatkan tubuh anda namun boleh dikatakan semua buah mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Lantas kenapa buah itu adalah makanan yang sehat?? Inilah sebabnya:

  • Karena buah yang kita santap adalah mentah! “Nenek moyang” kita atau orang purba zaman dulu menyantap  semua makanan mereka mentah2. Namun tentu dengan menyantap makanan mentah seperti itu manusia2 purba sangat rentan terhadap penyakit infeksi yang masuk bersama makanan2 tersebut. Lalu manusia belajar bahwa dengan memanaskan makanan sebelum dimakan dapat menghindarkan mereka dari berbagai macam penyakit akibat jasad2 renik yang masuk bersama makanan tersebut. Sejak itulah manusia mulai memasak makanannya sebelum dimakan. Namun, seperti buah simalakama (mungkin ini satu2nya buah pembawa sial! :mrgreen: ), memasak makanan memang membunuh mikroorganisme yang terkandung di dalamnya namun dampak negatifnya ada juga, Temperatur yang tinggi membuat banyak molekul2 nutrien menjadi rusak ataupun berubah bentuk ikatan2 molekulnya, karena ikatan2 molekulnya berubah tentu saja susunan atom2 dalam molekul2 tersebut dapat berubah yang menyebabkan zat2 tersebut menjadi “tidak alami” lagi. Keadaan inilah yang membuat makanan yang dimasak menjadi “kurang baik” bagi tubuh. Zat2 yang “tidak alami” inilah yang disinyalir jikalau dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit2 degeneratif walaupun perlu ada penelitian2 lebih lanjut untuk mengungkapkan hubungan yang eksak antara zat2 yang “tidak alami” tersebut dengan penyakit2 degenratif. Nah, itulah alasan kenapa memakan buah yang notabene mentah tersebut merupakan sesuatu yang menyehatkan!
  • Komposisi terbanyak dari buah adalah air. Ya, sekitar 80% dari komposisi buah2an adalah air!! Ini berarti komposisi tersebut sangat cocok dengan komposisi tubuh kita yang juga kira2 80% adalah air! Jadi sangat logis bagi manusia untuk mengkonsumsi makanan yang komposisinya sama dengan komposisi tubuhnya. Tidak ada makanan lain di dunia ini yang komposisi airnya rata2 80% daripada buah. Sayur2an juga mengandung banyak air namun rata2 tidak mencapai 80%, namun sayur2an, terutama sayuran mentah tentu saja, dapat menempati urutan kedua dalam urutan makanan sehat setelah buah2an.
  • Buah 100% bebas kolesterol jahat. Seperti kita ketahui kolesterol terbagi menjadi dua yaitu kolesterol jahat (VLDL dan LDL) serta kolesterol baik (HDL). Seperti kita ketahui bahwa VLDL, LDL dan HDL adalah zat yang terdiri dari kolesterol, protein dan trigliserida. Pada VLDL dan LDL komposisi terbanyak adalah kolesterol, inilah mengapa VLDL dan LDL disebut dengan kolesterol jahat (buruk). sedangkan HDL mempunyai protein sebagai komposisi terbanyaknya, inilah mengapa HDL disebut sebagai kolesterol baik. Nah, buah2an ini sama sekali tidak mengandung kolesterol jahat, berbeda sekali dengan produk2 dari binatang seperti daging dan produk2 dari susu seperti mentega dan keju yang banyak kolesterol jahatnya.
  • Kaya serat. Ya, buah2an adalah makanan yang kaya serat. Seperti banyak kita ketahui adalah serat sangat membantu memerangi obesitas, tekanan darah tinggi dan juga faktor2 yang menaikkan resiko penyakit jantung. Bahkan disinyalir peningkatan pengkonsumsian serat merupakan faktor yang lebih penting ketimbang pengurangan konsumsi lemak  pada diet manusia jikalau ingin memerangi faktor2 seperti di atas!

Selain itu ada berbagai macam faktor mengapa anda seharusnya mengkonsumsi buah terlepas dari faktor2 kesehatan di atas. Pertama adalah faktor etika, ya bagi kebanyakan orang terutama kaum vegetarian menganggap binatang sebagai makhluk bernyawa seperti halnya manusia. Mereka menganggap (walaupun mungkin bagi sebagian orang dianggap berlebihan) penyembelihan binatang sebagai tindakan tidak berperikemanusiaan berperikebinatangan. Sebaliknya untuk memakan buah tinggal santap saja tidak perlu menyembelihnya lagi kecuali orang yang kurang waras tentu saja yang menyembelih buah sebelum dimakan. Alasan kedua adalah faktor agama, buah (dan juga sayuran) adalah makanan yang bebas dari isu2 pelarangan dalam berbagai agama, jadi kalau anda memakan buah jikalau anda seorang yang religius tidak perlu khawatir akan ada pelarangan2 dalam memakan buah2an.

Sebenarnya orang dapat hidup dengan sehat walafiat hanya dengan mengkonsumsi buah2an. Buah2an sudah mensuplai zat2 seperti karbohidrat, vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Bagaimana dengan protein?? Kadar protein dalam buah memang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan daging misalnya. Dalam protein terkandung asam amino esnesial dan asam amino non-esensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesa atau diproduksi di dalam tubuh untuk itu asam amino ini harus didapat dari konumsi makanan. Terdapat 8 macam asam amino enesial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Masing2 buah memiliki kadar asam amino esensial yang berbeda2 pada proteinnya. Di satu buah kita akan mendapati buah tersebut kaya akan asam amino esensial terentu namun kurang dalam asam amino yang lainnya. Begitu pula dengan buah2an lain masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangan asam amino esensial yang dikandungnya. Jadi bagaimana menyiasatinya agar kita dapat mengkonsumsi asam amino esensial yang berimbang dari hanya makan buah2an?? Ya mudah saja, konsumsi berbagai macam buah agar chance untuk menkonsumsi asam amino esensial yang berimbang menjadi besar! O iya, menurut penelitian paling akhir, sebenarnya asam amino esensial yang berada pada satu jenis buah pada dasarnya sudah mencukupi untuk kebutuhan kesehatan manusia!

Anda tentu tidak perlu untuk bertransformasi menjadi 100% pemakan buah, karena selain buah harganya relatif mahal anda tentu masih tergoda untuk mengkonsumsi makanan2 sampah seperti hamburger, steak dan lain-lain. Tak mengapa, yang penting tak ada salahnya (bahkan sangat dianjurkan) untuk meningkatkan konumsi buah pada diri anda mulai sekarang! (Ngomong sih gampang, padahal aku sendiri termasuk orang yang jarang mengkonsumsi buah walaupun akhir2 ini agak kerajinan mengkonsumsi buah2an hehehehe…. :mrgreen: )

 

Catatan:

VLDL = Very Low Density Lipoprotein
LDL = Low Density Lipoprotein
HDL = High Density Lipoprotein

Iklan

21 responses to “Buah-Buahan Membuat Anda Sehat!

  1. Pertamax! Tapi banyak juga buah yg ga bisa dimakan loh mas spt buah tangan, buah karya, buah d***, dsb. Hehe…

  2. wah, tergoda juga untuk menjadi pemakan buah2an murni nih, bung yari, hehehehe 😆 kayaknya logis banget tuh, seperti binatang pemakan buah yang rata2 energik, selalu bersemangat, dan memiliki vitalitas hidup. Tapi kayaknya utk bermigrasi menjai pemakan buah murni kok rasanya juga ndak etis seperti yang disinggung bung yari itu. ntar dikira mau beralih jadi hewan pemakan buah. *halah*

  3. ada lagi, buah yg gak boleh di pegang:

    Buahaya tegangan tinggi :mrgreen:

    *kok jadi ngejunk..

    btw, buah simalakama itu beneran ada gak sih?? apa cuma konotasi aja??

  4. Banyak temanku yang sarapan pagi makan buah dan minum jus….tapi karena kebiasaan, saya kalau pagi harus makan banyak (nasi/roti, lauk pauk dan susu)…tapi siang makan biasa(bisa apa aja plus buah)…dan malam bisa hanya buah atau sayur.

    Tapi kalau harus banyak mikir, entahlah cara makan tadi kurang pas…jadi ya tetap harus ada karbohidratnya kalau malam….biar perut nggak bunyi minta diisi. Btw, sebagain buah juga menandung anti oksidan, yang berguna untuk kulit…terutama buat cewek.

  5. Siap. Saya setuju, Pak. Setuju dengan judulnya.

  6. Buahahahaha… *ga jelas*

  7. jadi, karena kandungan buah 80% adalah air, saya milih minum air daripada makan buah 🙂

  8. terima kasih infonya…
    sy selalu makan buah asal bukan buah jadi-jadian 😀

  9. Tapi buah tu mang rada mahal yak daripada makanan pokok… pengen nya makan 2x sehari malem nya makan buah, tp buahnya mayan mahal pula… hehehehe

  10. @AgusBin

    Kalau Buah Batu-Margahayu Raya gimana Bin?? Itu tuh…. angkot yang sering sampeyan naikin! 😛

    @Nayantaka

    Buah tak bertulang kaleee! :mrgreen:

    @Sawali Tuhusetya

    Kalau pak Sawali nggak ingin jadi hewan pemakan buah, maunya jadi hewan pemakan apa dong?? Huehehehe…. Atau mau jadi manusia aja?? (emangnya sekarang apaan?) :mrgreen:

    @ridu

    Wah…. buahnyak yang ngejunk nih……! :mrgreen:

    @edratna

    Sebenarnya bu….. semua karbohidrat adalah sama jikalau rumus kimianya sama… kalori yang dihasilkan akan sama baik dari buah ataupun dari nasi jikalau jumlah karbohidratnya sama. Buahpun mengandung karbohidrat pula yaitu dari glukosa dan fruktosa yang dikandungnya, cuma masalahnya memang untuk mendapatkan jumlah karbohidrat yang sama dengan sepiring nasi, tidak cukup hanya makan 1 atau 2 buah saja. Buah yang mengandung karbohidrat hampir setara dengan nasi yang saya tahu adalah pisang (dengan jumlah yang sama).

    Betul bu…. buah juga mengandung antioksidan, sebenarnya Vitamin C, Vitamin E, Beta Karotin (provitamin-A) juga mengandung sifat2 antioksidan, gunanya bukan buat kulit saja, tapi juga untuk menjaga keremajaan bagian2 tubuh lainnya dari serangan radikal bebas.

    O iya satu lagi bu…. menurut para ahli makan buah yang paling baik adalah pada saat perut kosong dan bukan pada saat setelah makan (sebagai dessert) yang banyak seperti dilakukan orang Indonesia. Ini supaya penyerapan nutrien dari buah oleh tubuh bisa maksimal dan tidak banyak terbuang pada saat perut kosong.

    @Moh Arif Widarto

    Oh ya???

    @Alias

    Buahciiiiiiih……. *bersin yang nggak jelas!* :mrgreen:

    @isnuansa

    Efeknya beda….. kalau anda memilih banyak2 minum air, efeknya seperti “menenggelamkan tubuh anda dengan air”, kalau buah, air yang terkandung larut bersama zat2 nutrien yang ada, jadinya efeknya mirip penggantian cairan tubuh secara bertahap. Memang kalau minum air banyak2 rasa haus cepat hilang, tapi yang akhirnya terbuang juga banyak! Ngerti? 😉

    @aRuL

    Buah jadi2an itu buahnyak hantunya ya?? :mrgreen:

    @Raffaell

    Iya betul sekali….. memang buah2an itu rada mahal apalagi dibandingin makanan pokok….. itulah sebabnya banyak yg mengatakan makan buah nggak kenyang soalnya untuk bikin kenyang lewat buah, butuh modal yang banyak juga hehehe…… 😀

  11. Gw paling suka makan buah, apalagi durian 🙂 bikin sehat juga kan ?

    _________________________

    Yari NK replies:

    Durian juga sehat, minimal jauh lebih sehat dimakan daripada daging kambing! 😀

  12. Om kumisnya tu loccchhhh, bikin ngiriiii 🙂

    _____________________________

    Yari NK replies:

    Mau?? Kalau mau gampang kok! Tinggal ambil spidol terus hitamkan sendiri! :mrgreen:

  13. ooo
    om yari tukang buah toh :mrgreen:
    *kabur minta tolong ma ultraman*

    ________________________________________

    Yari NK replies:

    **Ultramannya lagi nyolong rambutan** :mrgreen:

  14. Betul itu Mas, sebaiknya makan buah sebelum perut diisi dengan yang lain, jadi baiknya pas sarapan atau kalau pas makan siang atau malam buahnya dimakan duluan baru makanan beratnya.

    ______________________________

    Yari NK replies:

    Kalau saya makan buah tidak tergantung makan beratnya, kapanpun saya suka saya makan aja! 😀

  15. thanks banget infonya boss, tapi aku masih belum puas soale aku nyari rekomendasi keterangan per buah gitu, misalnya buah pisang adalah buah yang paling baik kandungan apanya terus fungsinya apa gitu. tapi info ini berguna bagiku boss, soale beberapa hari belakangan ini saya lagi beli blender baru trus nyari2 buah apa yang enak n menyehatkan untuk dibuat juss. he he

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Iya…. tadinya sih…. mau dispesifikasikan kandungan vitamin, mineral dan jumlah kalori buah per buah, tapi bikin tabelnya yang rèsè! Hehehe….. 😀

  16. wah buah-buahan memang bermanfaat banget Pak 🙂
    nenek moyang kita makan yang mentah-mentah?
    keknya kalo di film2, api ungun jaman dulu juga buat masak hewan buruan deh

    _______________________________________

    Yari NK replies:

    Berarti itu nenek moyang yang udah “modern”, yang saya maksud di sini adalah nenek moyang dari nenek moyang kita (yang anda sebut itu) yang udah pakai api unggun tersebut, yang mungkin nama spesiesnya belum bernama “Homo sapiens” seperti kita ini….. 😀

  17. hmm…jaman skrg orang lebih bangga makan jus buah drpd buah asli. pdhl lebih baik buah asli, mgk krn hidup serba praktis n modern jadi gt? *halaaah sok2an* :mrgreen:

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Sebenarnya sih mbak…… kalau jus buah asli yang dijus langsung oleh blender sebenarnya sama baiknya dengan buah asli, namun asal jangan jus buah kardusan atau kalengan atau yang berbentuk serbuk keluaran pabrik, itu udah nggak asli lagi, banyak zat2 pengawetnya pula. Dan jus2 keluaran pabrik tersebut tidak sebaik buah2an asli ataupun jus buah asli. 😀

  18. Ping-balik: Bagaimana Mengatasi Asam Urat dan Trigliserida Tinggi? | MohArifWidarto.com

  19. kalau ike c cukanya buah da2…uuuuh, pasti lebih nikmuat drpd tuh buah2 yg diatas…hiks-hiks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s