Setahun Blog “Rona Wajah” Prof. Sjafri Mangkuprawira

Saya sangat jarang sekali (bahkan tidak pernah) menulis tentang ulang tahun blog lain. Namun untuk blog yang satu ini, saya sepertinya “punya kewajiban” untuk ikut merayakan hari jadi yang pertama blog ini. Kenapa begitu?? Itu karena satu hal: Ya, kalau mungkin saya tidak membaca atau menemukan blog ini, mungkin blog saya “Spektrum Pemikiranku” ini tidak akan pernah ada! Ya keinginan saya untuk ikut meramaikan dunia blog dengan tulisan yang “serius” (walaupun kenyataannya banyak tema tulisan saya yang konyol) ini timbul setelah saya bertemu dan membaca blog ini.

Bagi yang belum kenal blog “Rona Wajah” yang saya maksud ini, inilah blog milik Prof. Sjafri Mangkuprawira, profesor dari Institut Pertanian Bogor yang baru saya kenal lewat blog beliau tersebut kira2 10 bulan yang lalu. Terus terang secara obyektif (dan bukan hanya mulut manis) harus saya katakan bahwa blog ini adalah salah satu yang terbaik yang ada di dunia blog Indonesia dan juga disusun dengan bahasa yang sangat baik (bandingkan dengan bahasa di postingan2 saya yang bahasanya amburadul semau gue!:mrgreen: ). Prof. Sjafri ini mungkin adalah blogger yang paling senior dilihat dari usianya (ada yang lebih senior lagi??) yang pernah saya temui di blogsfer Indonesia ini.

Dengan konsistensi tema yang luar biasa, blog ini cukup banyak diakses baik oleh rekan blogger maupun oleh para netters yang kebetulan mendarat di blog “Rona Wajah” tersebut. Dengan usia blog yang baru satu tahun, blog ini sudah diakses lebih dari 120 ribu kali! Jadi dipukul rata setiap bulan adalah 10 ribu kali akses. Bandingkan dengan blog ini yang sudah berusia 10 bulan namun hanya mendapatkan 50 ribu hit yang berarti satu bulan rata2 hanya 5000 kali akses! Namun seperti yang pernah prof. Sjafri sendiri katakan di salah satu respons terhadap salah satu komentator di blog beliau bahwa kepopuleran bukanlah target yang utama, tapi menyebarkan ilmu dan kebajikanlah yang merupakan target atau hal yang paling utama! Walaupun blog ini tidak masuk “hitungan” dalam Indonesia Matters, namun siapapun yang bisa berfikiran obyektif tidak akan menyangkal bahwa blog ini mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dari banyak blog yang terdapat di Indonesia Matters.

Seiring dengan berjalannya waktu dan berkembangnya blog “Rona Wajah” ini, saya ikut bangga karena saya telah ikut menjadi bagian (**halaah**) dari blog tersebut dengan meninggalkan banyak komen yang tidak bermutu di blog tersebut. Mungkin saya adalah termasuk salah satu komentator terbanyak di blog tersebut hehehe…. walaupun akhir2 ini saya agak jarang alias “kedodoran” dalam memberikan komentar di blog tersebut. Hal tersebut bukan berarti saya sudah bosan dengan blog itu (saya tetap membaca postingan2 beliau) namun akhir2 ini saya memang seperti kekurangan stamina untuk memberikan komentar2 yang bermutu. Maklumlah, di blog “Rona Wajah” ini saya sangat malu jikalau berkomentar sampah seperti di blog-blog lain, apalagi jika hanya berkomentar “pertamax” saja hehehe……

Sekali lagi, selamat ulang tahun yang “pertamax” bagi blog Rona Wajah. Dan mudah2an blog tersebut dapat terus menyiarkan ilmu dan kebajikan melalui blogsfer ini. Amin.

12 responses to “Setahun Blog “Rona Wajah” Prof. Sjafri Mangkuprawira

  1. tumben postingnya malem2. Memang saya juga heran apa kriteria im tidak memasukan blog itu ke dalam daftarnya. padahal blog tsb banyak pengunjungnya spt blognya pak eby.

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Huehehehe… abis tadi malem saya punya banyak waktu seh… jadinya bisa mosting….. iya saya juga bingung tuh Bin, apa ya kriteria IM, sehingga ada blog2 yang lebih senior dari saya tapi tidak masuk di jajarannya……. bingung saya juga…….. tapi bukan itu tujuan utama ngeblog, tujuan utama ngeblog adalah menyebarkan ilmu dan kebajikan agar yang membaca memperoleh manfaat……….

  2. Blog pak Syafri termasuk favorit saya, selain beliau adalah mantan dosen saya (tapi saya yakin beliau udah lupa, karena sejak lulus 32 tahun yang lalu…ternyata udah lama banget ya…ga pernah ketemu lagi). Awalnya saya ingin buat isi blog seperti beliau, pengunjungnya juga memberi komentar serius, dan terjadi bahan diskusi yang menarik…..namun ternyata susah juga menulis yang serius-serius. Saya salut dengan beliau, masih aktif menulis dan tetap setia pada jalur nya.

  3. ========
    ========

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SINI: http://www.leoxa.com/
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ========
    ========
    rame yang udah berpindah daripada blog-blog lainnya ke blog Leoxa.com karena theme yang keren

  4. Wah saya harus berkunjung kesana.. segera!

    namun akhir2 ini saya memang seperti kekurangan stamina untuk memberikan komentar2 yang bermutu. Maklumlah, di blog “Rona Wajah” ini saya sangat malu jikalau berkomentar sampah seperti di blog-blog lain, apalagi jika hanya berkomentar “pertamax” saja hehehe……

    sama..😦

  5. Berarti saya juga boleh dong mengucapkan selamat ulang tahun untuk sang komentator Rona Wajah!

    Ketika berkunjung ke blog yang serius (seperti blog spektrumku ini), saya jg mikir-mikir dulu kalau mau memberikan komentar. Kendati saya tidak pernah benci dengan blogger2 yang hanya komentar “pertamax!”, namun akan lebih menghargai penulis jika memberikan komentar yang bermutu.

    Sayangnya memberikan komentar bermutu itu tidak segampang berkata “pertamax!”

  6. ikut mengucapkan selamat ulang tahun nyang vertamax buat blog rona wajah. saya bener2 salut kepada guru besar yang berkenan berbagi, sharing, dan bersilaturahmi melalui dunia maya. angkat topi buat prof. sjafrie. salam buat beliau, bung yari.

  7. blog dengan susunan bahasa yang baik?
    duh, saya malu…punya saya nih contoh yang jauh dari kata baik😀

    eniwei, selamat ultah buat rona wajah🙂

  8. met ultah juga yaaa, moga panjang umur dan semakin banyak artikelnya hehehehe…. Om bagi rahasia buat ngerawat kumis donk

  9. @edratna

    Iya betul bu……. saya juga susah nulis yang serius2, bahkan di blog saya tema serius malah banyak candanya…. hehehe…..
    Btw…. saya juga berdoa mudah2an prof. Sjafri dapat terus berkarya minimal lewat dunia maya ini….Amin.

    @chuanwei

    Terims infonya.

    @Yoga

    Abis udah kebiasaan komentar “pertamax” sih ya…..:mrgreen:

    @FraterTelo

    Memang…. sayapun harus menghargai apapun komentar orang walaupun itu terkadang OOT atau hanya “pertamax” saja, karena dengan hanya begitupun sebenarnya maksud mereka minimal adalah mempererat tali silaturahmi, jadi ya harus dihargai juga…….😀

    @Sawali Tuhusetya

    Mari kita berdoa agar prof. Sjafri selalu dapat terus berkarya….🙂

    @wennyaulia

    Huehehehe….. kalau orang2 yang memang jarang menulis, terus menulis, ya bahasanya seperti kita2 ini, semau gue bahasanya! Huehehe…..😀

    @Bambosi

    Met ultah buat prof. Sjafri dan blognya……

    Btw, masih penasaran sama kumisku juga??😛

  10. Ikutan ngucapin selamet ultah juga ah… kebetulan saya juga sering mengunjungi blog beliau. Jarang-jarang professor ngeblog, menyempoatkan diri di tengah kesibukan, nyebarin ilmunya.😀

    Duh lewat warnet mah ngeblognya kurang nyaman niiih.. :D”

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Wah…. seharusnya meluncur juga nih ke TKP yang bersangkutan biar lebih afdol lagi. Hehehe….😀

    Btw… udah sampai ke Indonesia ya?? Selamat datang di tanah air kembali… udah bertemu pacar keluarga dan orang2 tercinta belum?? Mudah2an dahaga kerinduan dapat terpuaskan ya?? O ya…. bagaimana, sudah merasakan maboknya warnet Indonesia?? Huehehe… Tapi ada juga loh warnet di Bandung ini yang jalannya ngebut terutama kalau jam2 sepi. Kan ada tuh warnet yang buka 24 jam….. bisa milih jam2 yang sepi pengunjung.😀

  11. mas yariNK….terimakasih atas ulasan tentang blog saya…..maaf sangat terlambat merespon…….lebih baik terlambat daripada tiada……yang jelas saya sendiri akan terus fokus pada bidang sdm….walau sekali-sekali di luar itu……dan terus terang saya sangat menikmati blog spektrum…..banyak yang saya peroleh….terus ngeblog mas…..

    _________________________________________________

    Yari NK replies:

    Nggak apa2 prof. Yang penting prof masih ingat dengan blog saya. Terkadang memang kita hanya punya waktu sedikit untuk blogwalking dan meninggalkan komentar. Saya sendiri masih suka mengunjungi blognya prof hanya saja karena kalau berkomentar di blognya prof harus serius dan bermutu jadinya terkadang sulit berkomentar. Sementara sebagai bentuk “sosialisasi” saya juga ‘harus’ berkomentar di blog2 lain yang sudah memberikan komentar di blog saya. Kalau di blog2 mereka saya agak santai dalam memberi komentar… hehehe….

  12. Pak saya punya masalah tentang judul skripsi saya tentang model pembelajaran memorisasi, mohon petunjuknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s