Energi di Tubuh Kita

MakananSeiring dengan naiknya harga BBM di negeri ini dan menjadi salah satu pusat perhatian di berbagai media masa, maka kata “energi” kini menjadi salah satu kata yang paling disorot saat ini. Namun anda tentu semuanya mengetahui bahwa energi bukan hanya diperlukan oleh kendaraan bermotor, bahkan tubuh kita sendiripun sudah pasti membutuhkan energi untuk dapat mengerjakan tugas rutin kita sehari2.

Energi secara definisi adalah kapasitas untuk melakukan kerja atau memberikan panas. Energi yang diperlukan untuk kendaraan bermotor sebenarnya tak ada bedanya dengan energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hanya saja bahan bakar untuk menghasilkan energi tersebut berbeda. Jikalau pada mobil kita bahan bakar yang dibutuhkan adalah bahan bakar hidrokarbon (terutama oktana) sedangkan bahan bakar di tubuh kita adalah makanan2 yang kaya energi yaitu makanan2 yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.  Andaikan mobil mempunyai enzim2 yang diperlukan untuk menghasilkan energi dari karbohidrat, lemak atau protein maka mobil2 tersebut dapat dengan mudah disuapi nasi, singkong, ubi atau dimasukan hamburger ke dalamnya untuk menggantikan bensin, namun karena sistem pembakaran pada sebuah mobil jauh lebih primitif dari sistem pembakaran metabolisme di tubuh kita, maka untuk saat ini mobil kita hanya bisa disuapi dengan bensin saja. 😀

Sebenarnya, setiap saat, tubuh selalu membutuhkan energi, bahkan pada saat kita tertidur dan tidak melakukan apapun, tubuh tetap memerlukan energi. Energi tersebut tetap diperlukan untuk mengatur suhu tubuh, untuk membantu peredaran darah ke seluruh tubuh, untuk menjaga otak anda untuk selalu standby setiap saat, untuk bernafas, dan sebagainya. Pendek kata, hanya untuk sekedar hidup tanpa melakukan apa2 pun tubuh kita senantiasa memerlukan energi. Hal inilah yang disebut dengan aktivitas basal (dasar).

Satuan energi yang biasa digunakan untuk energi yang dihasilkan oleh makanan atau yang diperlukan tubuh kita adalah kilokalori (disingkat kkal) atau Kalori saja tapi dengan huruf ‘K’ besar. jadi 1 Kalori berbeda dengan 1 kalori, 1 Kalori sama dengan 1000 kalori.

Nah sekarang kita kembali ke masalah aktivitas basal manusia yang ternyata membutuhkan cukup banyak Kalori itu. Seorang pria dengan berat 70 kilogram, sekitar dua kilogram lebih ringan dari saya, misalnya membutuhkan 1 hingga 1,2 kkal per menit. Jadi dalam satu hari untuk melakukan aktivitas basal saja si pria 70 kilo ini membutuhkan sekitar 1440 hingga 1728 kkal. Tentu energi tersebut belum termasuk energi untuk bekerja ringan, untuk berjalan biasa, untuk mengangkat benda2 ringan bahkan untuk buang angin sekalipun. Semakin besar berat seseorang tentu semakin banyak energi yang diperlukan. Sedangkan untuk wanita dengan berat 58 kilogram memerlukan kira2 0,9 hingga 1,1 kkal per menit atau sekitar 1296 hingga 1584 kkal energi per hari hanya untuk melakukan aktivitas2 basal. Namun tentu dalam kenyataan energi yang diperlukan seseorang lebih besar dari angka2 di atas karena manusia juga memerlukan energi untuk bekerja, baik itu pekerjaan ringan ataupun berat dan juga berfikir. Seorang pria dewasa dengan aktivitas normal sehari2 rata2 membutuhkan 2700 kkal per hari sementara seorang wanita dewasa dengan aktivitas normal sehari2 rata2 membutuhkan 2000 kkal per hari. Jadi kita lihat di sini bahwa aktivitas basal manusia mengkonsumsi lebih dari separuh energi dalam kehidupan kita sehari2 dengan aktivitas yang normal.

Lantas dari mana energi tersebut berasal? Tentu saja dari makanan yang kita makan sehari2. Makanan2 (termasuk minuman2 juga tentu saja) yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dan juga alkohol adalah sumber2 energi untuk tubuh kita. Karbohidrat menghasilkan 4 kkal per gram. Protein juga menghasilkan 4 kkal per gram. Lemak menghasilkan 9 kkal per gram sedangkan alkohol menghasilkan 7 kkal per gram. Kita lihat di sini bahwa lemak menghasilkan energi terbanyak per gramnya, itulah sebabnya sering dikatakan bahwa “orang2 yang banyak lemak” sering lebih tahan dingin, itu karena “orang2 yang banyak lemak” dapat menghasilkan energi atau panas (ingat energi itu identik dengan panas) lebih banyak, jadi lemak bukan berfungsi seperti selimut yang melindungi orang tersebut dari dingin (mencegah kehilangan panas dari tubuh) tapi sebagai penghasil panas tubuh.

Sekarang, sebagai contoh, misalkan satu cangkir susu skim yang komposisinya adalah 9 gram protein, 12 gram karbohidrat dan 1 gram lemak. Berapa energi yang dihasilkan dari satu cangkir susu skim tersebut? Tentu jawabannya adalah:

 9 gram protein = 9 gram X 4 kkal/gram =           36 kkal 
12 gram karbohidrat= 12 gram X 4 kkal/gram = 48 kkal
 1 gram lemak = 1 gram X 9 kkal/gram =              9 kkal
                                                             —————-
Total Kalori yang dihasilkan =                              93 kkal

Tentu jumlah tersebut masih jauh di bawah kebutuhan energi per hari bukan??

Sekarang berapa jumlah asupan energi ideal per hari yang diperlukan seseorang? Menurut U.S. Food and Nutrition Board jumlah asupan ideal bagi seseorang dilihat dari jenis kelamin dan usianya adalah sebagai berikut:

 Asupan Energi Harian Ideal menurut U.S. Food and Nutrition Board (dalam kkal)

Usia Asupan Kalori (Pria) Asupan Kalori (Wanita)
15-22 3000 2100
22-50 2700 2000
51+ 2400 1800

Catatan:

Wanita hamil tambah 300 kkal dari tabel di atas sedangkan wanita menyusui tambah 500 hingga 1000 kkal dari tabel di atas.

Nah, sekarang apa yang terjadi jika tubuh kelebihan makan asupan Kalori? Maka kelebihan Kalori tersebut akan diubah di dalam tubuh menjadi lemak dan tentu saja berat badan anda menjadi bertambah. Secara kasarnya setiap kelebihan 7700 kkal  akan membuat tubuh anda bertambah 1 kilogram. Misalkan tubuh anda  memerlukan 2700 kkal namun tubuh anda setiap hari mengkonsumsi 3400 kkal, maka setiap hari tubuh anda akan kelebihan 700 kkal. Maka dalam sebelas hari kelebihan Kalori dalam tubuh anda menjadi 700 X 11 = 7700 kkal yang berarti dalam sebelas hari tubuh anda menjadi bertambah 1 kilogram. Begitu juga sebaliknya dalam kasus kekurangan Kalori. Nah, sekarang mengerti kan kenapa kita harus menjaga makanan asupan Kalori yang masuk karena kalau tidak tentu tubuh kita akan semakin “melar” (atau sebaliknya bisa “menyusut” ) setiap hari………. 😀

 

Iklan

22 responses to “Energi di Tubuh Kita

  1. Hehehe…pantesan saya ga tahan dingin….karena sulit gemuk….yang sering pengin kenyang tanpa perlu mengunyah. Aneh ya…..itu kalau lagi sibuk dikejar tugas, jadi yang digenjot minum susu.

    Sayangnya kebiasaan jelekku menurun sama si bungsu, jadi si mbak atau ibu mesti menyediakan susu “bear brand” agar dia tahan untuk kuliah, dan ujian-ujian.

  2. Tapi ada juga tuh katanya ada orang2 yg makannya banyak tapi tetap kurus. Nah gimana tuh mas?

  3. wah, saya termasuk si pria kurus, bung yari, hehehehehe 😆 perasaan, asupan energinya juga nggak terlalu kurang banget 🙂 berkaitan dengan hal ini, saya tiba2 jadi inget angka kemiskinan yang terus merangkak naik di negeri ini. boro-boro kelebihan kalori, banyak di antara mereka yang harus kerja keras dan banting tulang, tapi asupan energinya nyaris tidak ada. kira2 berapa lama mereka bisa bertahan dalam kondisi seperti itu, yak? kalau hitung2an seperti yang dipaparkan bung yari di atas dicermati benar, seharusnya negara wajib memberikan perlindungan kepada warganya yang dikhawatirkan akan kehabisan energi tiap hari. dampaknya, jelas akan berpengaruh terhadap mutu generasi masa depan negeri ini. mudah2an orang2 pintar yang mengurus negeri ini masih memiliki kepekaan.

  4. Wah, Ini bisa aku dijadikan panduan untuk melangsingkan badan nih, karena aku gemuk tapi hanya bagian perut saja yang gemuk. Beberapa waktu yang lalu sudah kucoba untuk olahraga pagi dan berharap agar perut ini segera mengecil. Hehehe…

  5. Salam
    hmm saya kurus tapi rasanya energi ini alhamdulillah ada aja, makan biasa aja, gimana ya kalo penegn gemukan 😀
    Eh btw saya suka heran lho Pa kalau ada berita ttg anak yang kena gizi buruk kok rata2 ortunya pada gemuk tuh, napa ya *bingung*

  6. wah… baru tahu nih masalah kalori dan energi yang mesti kita makan setiap harinya…
    aku tergolong pria kurus dong….
    berat badan 55.. tapi tingi 173

    kalau masalah makanan sih jangan di tanya… apapun asal halal dan banyak.. langsung masuk ke perut…

    he he

  7. energi = kapasitas untuk melakukan kerja/usaha
    energi = diperoleh dari makanan
    harga BBM naik = harga makanan naik
    harga makanan naik = gaji saya ndak naik (T_T’)
    gaji saya ndak naik = daya beli menurun = harga makanan ndak mau turun
    jumlah pangan yang terbeli = mengalami penurunan
    jumlah yang dimakan menurun = energi yang dihasilkan menurun
    energi menurun = kinerja/usaha saya juga menurun…

    tapi yang dah bikin kebijakan naikin harga BBM tetep ndak mau nurunin harga BBM…
    moga2 mereka ndak kepilih jadi penjahat.. eh.. pejabat lagi…

  8. Secara kasarnya setiap kelebihan 7700 kkal akan membuat tubuh anda bertambah 1 kilogram.

    huhuhuhuhu

    harus mulai ngitung dulu dulu dan sekarang ini kelebihannya berapaan yah.. hiks hiks hiks 😦

  9. Hmmm… satuan energi simbolnya K besar ya? Bukannya K itu untuk Kelvin ya?

    Yang masalah melar ato ngga, kata guru saya sih kalo kita ga ada pikiran, ga ada beban, biasanya bisa melar dengan sendirinya. Cuma kalo lagi banyak pikiran, lagi sering stress, nanti jadi kurus. Saya mungkin tergolong yang sering stress, makanya kurus. Hehehe…

  10. Waduh di sini dingin, jadi aku makan banyak lemak, tapi kok aku dipanggil rumah sakit harus ikut program diet.

  11. waaaaaaaaa,ternyata ita byk bgt kekurangan kalori *asupan kalori krg* 😦
    pantesan gak ada tambahan berat bdn *45 kg* n sering merasa kedinginan, lah wong bykan tulang daripada lemak, kekekeke…

  12. mBuh yang penting saya dapat pegetahuan, makasih Pak Satpam. Apa di Bandung hujan?

  13. keknya diriku kekurangan kalori deh 😦

  14. mas, berat badanku kok berubah2 drastis terus yach, 3 hari yg lalu 67, 2 hari yg lalu 71, kemaren 68, skrg kok jadi 73… Kurang energi atau kelebihan energi niy ?

  15. @edratna

    Iya…itu wajar bu… karena kalau kita tengah sibuk.. maka tenaga kita membutuhkan energi lebih banyak… begitu juga kalau otak kita tengah berfikir… maka memerlukan energi yang lebih besar pula… wajarlah kalau kita pada saat sibuk lebih banyak memerlukan energi.

    @AgusBin

    Ya… banyak faktornya Bin, mungkin saja dia (secara tak sadar) melakukan aktivitas fisik yang sedikit berlebihan, atau mungkin banyak juga yang mengatakan ia sudah makan “banyak” namun ternyata itu hanya “banyak” menurut versinya, atau mungkin ia ada gangguan kesehatan, dan laiin-lain kemungkinan……

    @Sawali Tuhusetya

    Iya betul Pak Sawali…. Kita semua jadi turut prihatin…. di satu fihak, di negeri kita ini banyak orang2 yang dengan mudah “menambah lemaknya” sementara di fihak lain, boro2 “menambah lemak”, mencukupi gizi diri sendiri saja sulit…. bagaimana mau cerdas?? Wong untuk cerdas saja otak juga butuh energi dan nutrient dari makanan2 yang bergizi…. sungguh negeri ini merupakan potret keironisan….. 😦

    @Edi Psw

    Huahaha…. sama Pak Edi… perut saya juga sudah agak membuncit nih… mau rajin olahraga tapi belum ada waktu yang pas…. mungkin solusi terbaiknya untuk sementara adalah perbanyak jalan kaki…. dan jangan terlalu banyak memakai kendaraan pribadi… 😀

    @nenyok

    Jangan terlalu gemuk…. mendingan kurus sedikit atau normal2 saja. 🙂

    Itu karena gejala2 protein-energy deficiency biasanya terlihat jelas pada anak2. Sementara pada orang dewasa, walaupun ia kekurangan protein namun mendapatkan karbohidrat cukup (makanan yang mengandung kaya karbohidrat mudah sekali didapatkan termasuk nasi aking) atau berlebih maka ia akan terlihat gemuk. 🙂

    @alfaroby

    Kalau kurusnya anda bukan karena atau menyebabkan gangguan kesehatan sebenarnya oke2 saja, malah lebih bagus (sehat) sedikit kurus daripada kegemukan. 🙂

    @khofia

    Huehehehe…. yo wis… sing sabar mas…. nanti kalau marah2 malah mengeluarkan energi lebih banyak lagi, udah daya beli makanan menurun, energi dibuang2 untuk marah2 yang sudah pasti belum tentu ada hasilnya…. Ya udah…. pokoknya nanti pemilu presiden jangan milih presiden yang udah pernah menaikkan harga BBM tapi kompensasinya nggak jelas dan nggak merata…… hehehe…….

    @natazya

    Iya nih…. kayaknya memang lebih mudah nambah daripada nguranginya ya?? 😦

    @Ali Akbar

    K itu memang untuk kelvin, sedang maksudnya K besar di artikel ini adalah huruf K untuk kata Kalori, yang disingkat kkal atau Kal, jadi bukan hanya K saja…..

    Ya lumrah biasanya memang kalau stres jadi kurang nafsu makan ditambah pula kalau otak sedang bekerja membutuhkan energi lebih banyak, jadinya kecenderungannya memang menjadi lebih kurus…..

    @juliach

    Huahahaha….. waduh… mbak-mbak…. menjadi orang gemuk secara teoritis memang dapat lebih tahan dalam udara dingin…. namun tentu saja menjadi gemuk jauh lebih banyak merugikan daripada menguntungkannya, apalagi kalau dietnya diet yang kaya lemak, jadinya memang benar tuh harus ikut program diet kalau begitu….. 😀

    @eNPe

    Huehehehe….. saya dulu waktu setingkat SMP juga kurus mbak, baru waktu mahasiswa aja badanku jadi agak berisi. Dulu di SMA sering dikatain, wah badannya isinya cuma tulang, kentut dan dosa aja….. wakakak…. 😆

    @Ersis Warmansyah Abbas

    Bandung hujan…. tapi nggak setiap hari…. hanya saja kemarin2 sering terjadi pemadaman listrik hehehe…. tapi hari Minggu kemarin alhamdulillah nggak ada pemadaman. 😀

    @hanggadamai

    Kenapa?? Badannya kurus banget ya?? 😦

    @Bambosi

    Wah…. kenapa begitu?? Apa pola makannya berubah2?? Kalau nggak… mungkin ada keabnormalan metabolisme dalam tubuh anda, mungkin loh, kalau memang apa yang anda ceritakan itu benar, berubah2 dalam hanya satu hari saja. Sebaiknya konsultasikan saja pada dokter kalau begitu….

  16. 3 tahun lalu saya disuruh diet tinggi kalori tinggi protein, sekarang…? kebalikannya… 😀 untung termasuk yang doyan olahraga jadi gak sengsara amat…

    _________________________________

    Yari NK replies:

    Lha… kenapa mbak?? Emangnya sebelumnya kekurangan protein ya? :mrgreen:

  17. Argh…beberapa hari ini gue kehabisan energi pak!
    Huuf..
    Tu tuh…lampu merahnya udah kedap kedip di dada

    (dikira pilem ULTRAMAN)

    Piss!!!(yiha)

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Mangkannya Ultraman biar berenergi minum susu Ultra dan kalau pusing minum Ultracap! Betul ?? :mrgreen:

    (Yihaaaa!)

  18. btw buah buahan ada gak mengandung energi ?
    tipsnya oke juga, secara sekarang mau diet sehat, bukan karna ngurusin badan karna rasanya kadar gula meningkat, soalnya kemaren gak sengaja tangan kebaret, dan kering nya susah, biasanya sih ga begitu….

    😀

    _________________________

    Yari NK replies:

    Buah juga tentu ada energinya…. tapi energi buah banyak yang dari fruktosa dan bukan glukosa atau ada juga dari karbohidrat2 kompleks….

    Wah… gula darahnya tinggi?? Udah dicek di lab belum?

  19. horeee makaan makaaannnn…

    btw jarang kunjungan nih.. sibuk abiss.. heheh lucu bannernya.. kayak covernya kasetnya hadad alwi?

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Wah sibuk ya?? Bagus deh! Mendingan sibuk daripada jadi pengangguran. Bener kan?? Hehehe….

    Wah… saya belum lihat cover kasetnya hadad alwi nih?? Hadad Alwi kayak gimana juga nggak tahu aku! Wakakakakak…… maklum deh ngga bisa ngebedain mana Hadad Alwi sama Alwi Shihab! :mrgreen:

  20. waduh, jadi takut niy, masa aku abnormal yach ???? Semua normal2 aja, kecuali satu, olahraga gak pernah sama sekali

    _______________________

    Yari NK replies:

    Kalau pola makannya sama, dan cerita anda di atas benar, bahwa dalam beberapa hari dapat berubah drastis sampai 5 kilo, itu namanya ngga normal, atau mungkin timbangan badannya yang ngaco habisan Made In Cibaduyut timbangannya kaleee…. 😆

  21. dapet tips untuk diet, asyikk…
    tapi ada juga lho, Kang, yang kurus itu tahan dingin.

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Betul mbak Hanna…. banyak orang kurus tahan dingin….. sebenarnya “teori” orang gemuk lebih tahan dingin daripada orang kurus hanya teoritis saja. Itu disebabkan karena orang gemuk punya “bahan bakar” yang lebih yaitu lemak. Padahal yang membuat hangat atau panas dalam tubuh adalah metabolisme tubuh itu sendiri, bukan hanya semata2 banyak2an “bahan bakar” dalam tubuh. Hehehe….. 😀

  22. pak, mau tanya kok dari dulu aku gak bisa gendut?
    makan udah, tidur udah, olahraga udah, minum obat udah, biar gendut gimana?

    _________________________________________

    Yari NK replies:

    Mungkin faktor genetis juga yang menyebabkan metabolisme anda agak sedikit cepat. Tapi tidak apa2 kok, kurus yang penting sehat! Terlalu gemuk juga tidak baik buat kesehatan. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s