Veksilologi

Veksilologi (vexillology) adalah ilmu tentang bendera. Veksilologi sendiri berasal dari kata vexillum (bentuk jamak: vexilla ) yaitu bendera zaman Romawi Kuno yang berbentuk bujur sangkar. Vexillum ini, tidak seperti bendera2 zaman sekarang yang ditopang oleh tiang vertikal, dikibarkan atau ditopang oleh tiang horizontal di atasnya yang disambungkan ke sebuah lembing. Istilah veksilologi ini sebenarnya relatif baru jika dibandingkan dengan sejarah perbenderaan dunia. Istilah ini baru digunakan tahun 1957 oleh seorang Amerika bernama Whitney Smith. Walau begitu veksilologi ini sudah sudah cukup luas cakupannya tentang permasalahan bendera. Boleh dikatakan bahwa segala sesuatu yang mencakup bendera, baik itu sejarahnya, desainnya, bagian2 dari bendera tersebut, protokol2 bendera dan lain sebagainya termasuk dalam ilmu veksilologi ini. Karena luasnya topik tersebut maka untuk postingan ini saya hanya akan membahas beberapa hal saja yang mendasar yaitu berupa veksilologi dari negara2 yang benderanya sudah cukup kita kenal.

Dalam sejarahnya, manusia sendiri telah menggunakan bendera lebih dari 5000 tahun lamanya. Bendera2 ini mempunyai variasi yang unik mulai dari bentuknya, gayanya, warna serta gambarnya. Bendera2 ini diperkirakan pada awalnya digunakan untuk membedakan fihak2 yang sedang berperang, namun pada akhirnya bendera2 ini dibuat sebagai simbol kelompok masyarakat, kelompok keyakinan atau agama, ataupun kelompok2 lainnya yang akhirnya berkembang menjadi simbol modern untuk organisasi2 dan juga negara2 seperti yang kita kenal sekarang ini.

Membuat sebuah bendera, apalagi itu bendera sebuah negara, tentu tidak bisa sembarangan. Di tahun 1990an saya sering menjumpai pedagang2 bendera hiasan di pinggir jalan, terutama di pinggir jalan Cihampelas. Pedagang2 tersebut menjual bendera2  untuk hiasan kaca mobil dan bendera2 tersebut dibuat  secara kasar dan sembarangan serta tidak memperhatikan detail. Tentu untuk membuat sebuah bendera negara, harus dilihat detail gambarnya sedetail2nya, mulai dari jumlah bintang, jumlah garis2, bentuk geometris atau gambar2 lainnya yang ada di bendera tersebut hingga, ini dia yang sering diabaikan, yaitu rasio panjang dan lebar bendera tersebut. Nah, untuk itu mari kita mengenal sedikit detail2 dan juga sedikit sejarah bendera2 negara2 yang sudah sangat kita kenal berikut ini:

INDONESIA

Bendera kita, atau bendera merah putih ini tentu sudah kita ketahui bersama sejak kita bersekolah di SD, baik itu sejarahnya maupun maknanya. Bendera Merah Putih kita ini (Merah berarti berani, Putih berarti suci, untuk itu mudah2an kesucian negeri ini tidak dinodai oleh ulah2 koruptor) sebenarnya sudah digunakan sejak zaman Kerajaan Majapahit dulu, yaitu berupa banner merah putih, hanya saja jumlah garis2 merah putihnya tersebut berjumlah sembilan. Bendera ini pertama kali diadopsi resmi sebagai bendera nasional pada tahun 1945 dan tetap digunakan hingga sekarang tanpa ada perubahan sedikitpun. Bendera merah putih kita adalah satu2nya di dunia yang mempunyai “kembaran”nya yaitu bendera Monaco yang juga berwarna merah putih. Perbedaannya adalah pada rasio panjang dan lebarnya. Bendera Indonesia mempunyai rasio 3:2 sedangkan bendera Monaco mempunyai rasio 5:4.

AMERIKA SERIKAT

Bendera Amerika Serikat ini adalah termasuk bendera yang paling terkenal di dunia. Bendera ini dikenal dengan nama The Stars and Stripes walaupun nama sebenarnya yang resmi adalah The Star Spangled Banner seperti nama lagu kebangsaan AS. Bendera AS ini bermula pada zaman kolonial Inggris dulu di mana sebelumnya bagian canton bendera AS ini bukanlah dasar biru dengan bintang2 putih seperti yang kita kenal sekarang, melainkan adalah bendera The Union Flag Inggris. Bendera tersebut dinamakan Grand Union Flag.  Canton adalah istilah dalam veksilologi yaitu bagian kiri atas sebuah bendera.Setelah merdeka barulah bendera Inggris di bagian canton tersebut diubah menjadi bintang2 putih dengan dasar biru seperti sekarang ini.

Sejak bendera The Stars and Stripes ini resmi digunakan tahun 1777, bendera AS ini sudah mengalami beberapa kali perubahan terutama di bagian canton-nya, di mana jumlah bintang terus bertambah sesuai dengan jumlah negara bagian di AS. Pada awalnya jumlah bintang hanya 13, namun kini jumlah bintangnya adalah 50. Pada awalnya pula, garis2 merah putihnya juga bertambah sesuai dengan jumlah negara bagiannya, namun pada tahun 1817, Kongres AS menetapkan bahwa jumlah garis2 merah putihnya kembali berjumlah 13 seperti awal dan hanya bintang2nya saja yang bertambah jika ada negara bagian baru yang bergabung dengan AS. Bendera AS ini mempunyai rasio dimensi yang sedikit aneh atau tanggung yaitu 19:10. Nanggung, kenapa nggak 2:1 aja sekalian!

UNI KERAJAAN (INGGRIS)

Bendera Inggris (atau tepatnya adalah Uni Kerajaan/the United Kingdom) adalah juga salah satu bendera yang paling terkenal di seluruh dunia. Bendera ini dikenal dengan nama The Union Jack walaupun yang benar sebutannya adalah The Union Flag. The Union Flag ini sebenarnya adalah gabungan daripada bendera Inggris (England)  St. George’s Cross, bendera Skotlandia St. Andrew’s cross dan bendera Irlandia (Utara) St. Patrick’s Cross.

Sejak pertama kali muncul tahun 1603, bendera The Union Flag ini mengalami sedikit perubahan hingga kini. Pada awalnya unsur bendera Irlandia (Utara) tidak dimasukkan sehingga pada awalnya tidak ada  garis merah diagonal pada bendera The Union Flag ini. Barulah pada tahun 1801, garis merah diagonal ditambahkan pada saat Irlandia bergabung dengan Uni Kerajaan. Lucunya, The Union Flag ini mungkin adalah satu2nya bendera nasional yang tidak pernah dinyatakan sebagai bendera nasional secara resmi baik oleh hukum maupun konstitusi negara tersebut. Bendera tersebut dipakai sebagai bendera nasional karena paling sering digunakan saja! Rasio The Union Flag adalah 2:1.

JEPANG

Bendera Jepang juga cukup terkenal di masyarakat kita. Hal itu mungkin disebabkan bentuknya yang cukup sederhana yaitu bulatan merah dengan dasar putih. Keterkenalan bendera Jepang juga didukung fakta sejarah bahwa Jepang pernah menjajah negara kita selama 3½ tahun dan juga didukung fakta bahwa Jepang saat ini merupakan sebuah negara industri yang maju. Nama resmi bendera Jepang adalah Hi-no-maru yang artinya adalah “bulatan/cakram matahari”. Bendera ini juga sesuai dengan arti nama negara Jepang itu sendiri yaitu “Nihon” yang berarti adalah “Asal Muasal Matahari”. Legenda Jepang mengatakan bahwa dewa matahari adalah keturunan langsung kaisar-kaisar Jepang dan lambang Hi-no-maru telah dipakai sebagai lencana kerajaan sejak abad ke-14.

Namun Hi-no-maru sendiri baru resmi diadopsi menjadi bendera Jepang pada tahun 1870, sewaktu awal restorasi Meiji, sebuah restorasi yang mengubah wajah Jepang dari negara yang paling terisolasi menjadi negara industri sejajar dengan negara2 barat dalam kurun waktu hanya 30 tahunan! Sejak pertama kali diadopsi hingga kini,  perubahan2 yang terjadi pada bendera Jepang tidaklah banyak. Perubahan2 kecil itu meliputi rasio panjang dan lebarnya. Pada awalnya dimensi Hi-no-maru mempunyai rasio yang sedikit “ganjil” yaitu  10:7 namun pada tahun 1999 rasio tersebut diubah menjadi 3:2. Perubahan lainnya adalah penempatan cakram merahnya. Pada awalnya cakram merah pada Hi-no-maru diletakkan agak sedikit ke kiri (kalau dilihat secara obverse view) atau mendekati tiang bendera, namun juga sejak tahun 1999  cakram merah tersebut diletakkan persis di tengah2 bendera.

ARAB SAUDI

 Bendera Arab Saudi juga cukup terkenal di kalangan masyarakat kita terutama mereka yang Muslim. Warna hijau dari Bendera Arab Saudi ini dipercaya sebagai “warna” nabi Muhammad SAW yang sangat disukai oleh kaum Wahabi, sebuah “sekte” dalam agama Islam yang didirikan oleh Muhammad ibnu-abdul-al-Wahab yang hidup di abad ke-18 Masehi. Di awal abad ke-20, faham Wahabi ini menyebar luas di seluruh jazirah Arab bahkan hingga kini faham tersebut masih sangat kuat di negara Arab Saudi ini.

Bendera Arab Saudi ini “cukup unik”. Ini disebabkan karena pada bendera hijau Arab Saudi ini terdapat dua kalimat shahadat. Karena kedua kalimat shahadat ini harus terbaca dengan benar dari kanan ke kiri pada kedua sisi bendera, maka  sisi sebelah belakang (reverse side) bendera dibuat terpisah dari sisi depannya (obverse side). Di bawah dua kalimat shahadat tersebut terdapat pedang berwarna putih. Nah, mata pedang tersebut harus selalu mengarah ke arah tiang bendera baik yang di sisi depan bendera (obverse) maupun yang di sisi belakang bendera (reverse).

Walaupun bendera Arab Saudi yang kita kenal ini sudah mulai dipakai sejak tahun 1901, namun pemerintah Arab Saudi baru resmi mengadopsi bendera ini sebagai bendera nasional di tahun 1973. Rasio bendera Arab Saudi adalah 3:2.

MALAYSIA

Sebagai negara tetangga yang sering disebut “serumpun”, bendera Malaysia cukup dikenal oleh masyarakat kita. Ide dari bendera Malaysia ini datang dari bendera AS, The Stars and Stripes. Bendera Malaysia ini disebut “Jalur Gemilang” (Jalur = strip atau garis). Walaupun ide bendera ini berasal dari bendera AS, namun ada perbedaan dalam jumlah garis-garisnya. Pada bendera AS jumlah garis (strip) adalah 13 yang dimulai dari warna merah (paling atas) dan diakhiri juga dengan warna merah (paling bawah). Sedangkan jumlah garis pada bendera Malaysia adalah 14, dimulai dari garis berwarna merah (paling atas) dan diakhiri oleh garis berwarna putih (paling bawah).

Detail yang harus diperhatikan pada bendera Malaysia juga jumlah sinar pada bintang kuningnya. Pada awalnya sinar yang memancar pada bintang kuningnya berjumlah 11 sama seperti jumlah awal strip2 merah putih pada bendera Malaysia. Ini pada awalnya menunjukkan bahwa di Malaysia terdapat 11 negara bagian federasi. Namun pada tahun 1963, Sabah, Sarawak dan Singapura bergabung ke dalam federasi Malaysia sehingga jumlah sinar pada bintang dan juga garis2nya berjumlah 14 hingga kini. Walaupun pada tahun 1965 Singapura memisahkan diri dari Malaysia, namun jumlah sinar pada bintang dan garis2 pada bendera Malaysia tetap 14. Ini dikarenakan sinar dan garis ke-14 tersebut adalah untuk Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur*) yang derajadnya setara dengan ketigabelas negara2 bagian di Malaysia. Bulan sabit berwarna kuning pada bendera Malaysia melambangkan Islam. Rasio bendera Malaysia adalah 2:1.

BELANDA

 Sebagai negara yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun, bendera Belanda cukup dikenal di masyarakat kita. Bendera Belanda yang nama resminya ini adalah Prinsenvlag atau The Prince’s Flag atau Bendera Sang Pangeran ini terinspirasi dari Bendera tricolore Perancis. Bendera Belanda ini bermula ketika Pangeran Oranye atau Pangeran Jingga  (Prins van Oranje) mengadakan pemberontakan terhadap raja Spanyol Felipe II. Waktu itu Belanda, Belgia dan Flandria (sekarang bagian dari Belgia) tengah dijajah Spanyol.

Karena bendera Belanda ini bermula dari Prins van Oranje (yang termasuk dalam “dinasti” Huis van Oranje-Nassau ), maka semula bendera Belanda ini berwarna Jingga (orange)-Putih-Biru Muda. Namun karena nampaknya warna jingga dan warna biru muda agak sulit untuk dilihat dari kejauhan maka akhirnya warna jingga diganti menjadi warna merah tua sedangkan warna biru muda diganti dengan warna biru tua pada tahun 1660.

Pada awalnya, urutan warna pada bendera Belanda dan banyaknya garis2 warna merah putih biru bisa seenak udelnya sendiri. Namun sejak tahun 1800 urutan dan jumlah garis merah putih biru ditertibkan menjadi seperti bendera Belanda yang kita kenal saat ini. Tapi baru tahun 1937 warna, urutan dan banyaknya strip/garis dalam bendera Belanda disahkan oleh Ratu Wilhelmina. Rasio bendera Belanda adalah 3:2.

—————-

Demikianlah gambaran sedikit tentang veksilologi. Sebenarnya masih banyak bendera2 negara2 lain yang mempunyai keunikan sendiri2 namun tentu saja tidak mungkin saya masukkan di sini semuanya. Mudah2an lewat artikel ini dapat sedikit terbayangkan bagaimana veksilologi itu.

________________________________________

Catatan Kaki:

*) Malaysia sebenarnya mempunyai 3 buah Wilayah Persekutuan yaitu: Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Putrajaya dan Wilayah Persekutuan Labuan. Wilayah Persekutuan ini di Indonesia mungkin setingkat dengan Daerah Istimewa atau Daerah Khusus.

Iklan

33 responses to “Veksilologi

  1. Jadi rasio beda-beda ya, paling aneh tuh bendera Nepal ya bang yang bentuknya ada dua kerucut.

  2. Hmmm… bendera juga salah satu atribut yang biasa dibawa suporter sepak bola. Cerita kreatif yang pernah saya baca, ada orang Indonesia yang sempat ke event akbar sepak bola (kalo ga salah World Cup 2006), trus dia mau nyari bendera Indonesia, tapi ga ada. Akhirnya, dia ga kehabisan akal dan mencari bendera Polandia, dan dibawa dengan terbalik. Orang-orang sana cuma komentar: “Hai, kawan! Benderanya terbalik tuh!” Hahaha… Btw, rasio bendera Polandia berapa, Om?

  3. Dibandingkan bendera M’sia bendera kita terlihat sangat sederhana kesannya didisain terburu2 dan kurang kreatip hehe.. ada lagi ga ya bendera negara lain yg lebih sederhana dr bendera kita?

  4. Aku baru tau lhoo ilmu veksilologi ini… Btw bendera yang sederhana ya bendera berkabung putih only…heheheh

  5. Aku bangga menjadi orang Indonesia 🙂

  6. Mengapa veksilologi bukan flagslogi? 😉

    Dulu pas SD saya suka “misuh-misuh” sama negara-negara yang benderanya terlalu “indah” habis nyusahin saya pas disuruh gambar. Emang senang menggambar tapi kalo udah gambar bendera males aja bawaannya kecuali bendera kita sendiri dan bendera Jepun.:D

  7. ahuauahuhau anda benar agoy! huhuhu ko bukan flagsologi?

    ah… ternyata repot yah buat menentukan bentuk warna bla bla bla sebuah bendera negara pertimbangannya banyak bener…

    tapi moga moga ga kaya seorang temen bernama Advokat yang tingkah lakunya lebih mirip Imbisil karena sakit jiwa yang diderita… dengan kata lain keberatan nama

    kalo keberatan bendera……….. hmmmm……………

  8. Salam
    Hey umat Islam pun punya bendera (Liwa) berwarna dasar putih bertuliskan kata Lailahaillalloh dengan warna hitam dan sebuah panji (Ar raya) bercorak sebaliknya. 🙂

  9. setuju dengan mbak nenyok .. 🙂

  10. Bendera Indonesia mempunyai rasio 3:2

    seharusnya para penjual bendera sebagai salah satu lambang jatidiri bangsa *halah* mengetahui hal ini. tapi rasa2nya kok asal buat. yang lebih parah, seringkali perbandingannya terbalik jadi 2:3. repot. jangan2 guru2 sejarah atau PPKn di sekolah banyak juga yang belum tahun info ini, bung yari, hehehehehe 😆 info berharga buat dunia pendidikan, terima kasih telah memostingnya bung yari.

  11. waduh tulisannya panjang buanget, perih nih mata aye.

  12. Gimana dengan kanada pak ? itu gambar nya pake daun rasta gitu, wuakakakak ato polandia, yang pilosopinya kebalik ama kita ?

  13. wah.. menarik banget yah.. ridu baca sampe sedetil mungkin, karena ridu juga tertarik banget sama bendera-bendera.. bagaimana dengan singapore, apakah ada hubungannya sama Indonesia, jadinya benderanya merahputih juga tapi ada bulan dan bintangnya?

  14. @Laporan

    Benar sekali pak, bendera Nepal bentuknya memang “aneh”, bendera seperti itu dinamakan double pennant.

    @Ali Akbars

    Huahaha… iya…untung saja bendera Polandia sama sederhananya sama kita ya, jadinya gampang dibolak-balik. Tapi rasio bendera Polandia berbeda dengan Indonesia, rasio bendera Polandia, 8:5.

    @AgusBin

    Kalau menurut saya, yang paling “sederhana” adalah bendera Libya. Benderanya cuma warna hijau saja. Satu2nya bendera di dunia yang hanya mempunyai 1 warna saja.

    @nina

    Lho….bendera berkabung bukannya kuning mbak?

    @achoey sang khilaf

    Sudah sepantasnyalah….. 🙂

    @Yoga

    Lha…itu sama saja dengan “kenapa geology, bukan earthology?”, “kenapa biology, bukan lifeology?”, “kenapa archaeology, bukan ancientology“? dll….. Jawabannya: Kalau kita senang ngoprek-ngoprek kata dalam Bahasa Inggris maka bule2 sana senang sekali ngoprek2 kata pakai Bahasa Latin atau Bahasa Yunani. Habisan mereka udah bosan mengoprek2 kata pakai Bahasa Inggris, dan kalau keluar istilah “flagsology” itu sama aja kalau kita memakai istilah “benderalogi”, kurang kereeeen dan aneh di telinga…. huehehehe….. 😛

    @natazya

    Huehehe… asal jangan keberatan badan apalagi sampai keberatan dosa…. :mrgreen:

    @nenyok

    Oh ya?? Oooo… baru tahu saya… kok nggak pernah dikibarin ya??

    @tintin

    Kalau gitu jawabannya sama juga dengan mbak nenyok 😀

    @Sawali Tuhusetya

    Hehehe… kalau bendera dari kertas lilin yang ecek2 buat hiasan 17 Agustusan sih sepertinya nggak apa2 tidak memperhatikan rasio juga, tapi bendera yang dikibarkan secara resmi tentu harus memenuhi rasio 3:2, pak. 🙂

    @ubadmarko

    Bukannya bacaan yang pendek juga udah bikin perih mata ente?? :mrgreen:

    @Raffaell

    Wah… itu nama daun di Bendera Kanada nama Indonesianya daun rasta ya?? Wah… terima kasih atas infonya… selama ini saya tahunya hanya Bahasa Inggrisnya maple leaf dan Bahasa Perancisnya feuille d’érable nya aja. Nama resmi bendera Kanada adalah “Maple Leaf Flag” dalam bahasa Inggris atau “L’unifolie” dalam Bahasa Perancis.

    Bendera nasional Polandia punya sejarah sendiri. Warna putih dan merah sudah dipakai sebagai warna nasional sejak abad ke-15, walaupun bendera Polandia yang sekarang baru resmi diadopsi sebagai bendera nasional tahun 1919.

    @ridu

    Mungkin karena waktu itu Indonesia membenci Malaysia (tahun 1965) dan Singapura memerdekakan diri dari Malaysia, agar Singapura dapat sokongan dari Indonesia maka bendera Singapura agak dimirip2kan dengan bendera Indonesia ! Wakakakak……

    Nggak deh, versi resminya sih begini…. Dulu bulan sabit putih di bendera Singapura melambangkan etnik Melayu, namun kini arti bulan sabit putihnya sendiri diganti menjadi “negara yang baru lahir”. Sedangkan lima buah bintang yang berada pada bendera Singapura masing2 mewakili: Demokrasi, kedamaian, kemajuan, keadilan dan persamaan.

  15. kalau bendera yang dibawa saat nganterin orang meninggal (bendera kuning) ada teori dan sejarahnya nggak Kang ?

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Memang bendera berkabung yang berwarna kuning pasti juga ada asal muasalnya. Namun sayang sejarah/asal muasal bendera kuning tersebut tidak terdokumentasi dengan baik dan sejarahnya tidak ada yang pasti dan mungkin hanya cerita dari mulut ke mulut saja. Yang jelas, bendera kuning sering dipakai di luar negeri sebagai bendera karantina. 🙂

  16. Baru tahu nih kalau Bendera ada ilmunya juga…saya pikir hanya IPA IPS Matematika Bahasa serta apa apa yang di sekolahan saja yang ada ilmunya.
    Tambah Ilmu juga ilmu saya hari ini…Btw thanks bgt Mas Yari atas bagi bagi ilmunya.

    __________________________________

    Yari NK replies:

    Terima kasih kembali juga. Di dunia maya ini sudah sepatutnya kita saling berbagi pengetahuan dan juga pengalaman. Sekali lagi terims juga ya. 🙂

  17. sy pikir, bentuk, warna, dan ornamen bendera juga mempengaruhi filosofi yg digunakan di setiap negara.. oke, skrg katakanlah jepang dengan merah putih nya juga namun merahnya adalah bulatan yg ada didalamnya,,, itu menunjukan apa? kira2 klo mnrt sy dengan ada merah yg dilingkari dengan warna putih menunjukan bahwa “kemerahan” itu dibatasi oleh “keputihan” nya..
    nah, skrg merah putih kita..? merah yg sejajar dengan putih .. menunjukan bahwa, smua akan berjalan secara bersama2, entah dari “kemerahan” dan “keputihan”nya masing2..
    nb: merah: sbuah pemisalan thdp kearoganaan.
    putih: sebaliknya merah..
    *hahahaha, ga penting bgt om*

    ___________________________________

    Yari NK replies:

    Huahahahaha….. tapi kreativitas dan daya imajinasinya boleh juga loh. Tapi ada satu kata yang sepertinya kurang enak, itu loh, keputihan….. kalo itu urusannya wanita kali ya…. Huehehe… 😆

  18. disiimpan dulu ya om…

  19. Masing-masing daerah di indonesia kalau tidak salah juga punya bendera atau semacam umbul2 simbol adat. Seperti di Minang kabau benderanya mirip sekali dengan bendera Jerman cuma susunannya veritikal, kemudian Riau juga punya umbul2/warna tersendiri. Trus ada juga aceh (bendera GAM?) dan Papua dengan bintang kejoranya.. 🙂

  20. Waduh.. Aku baru tau kalo bendera ternyata artinya sampai sedalam ini…. Makasih banget nih Infonya Pak 🙂

  21. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi
    amin

  22. keberatan badan mah saya sendiri aja om..

    susah kalo satu negara hauhauhauhauhau

  23. @tiar

    Silahkan…. terims ya telah mampir di blogku…. 🙂

    @coretanpinggir

    Ya… bukan hanya negara saja yang punya bendera tapi juga organisasi2, termasuk organisasi2 militant dan separatis. Tentu juga daerah2 juga punya bendera2nya sendiri untuk menandakan identitasnya. 🙂

    @Anggie

    Terima kasih kembali…. mudah2an info ini dapat bermanfaat.

    @realylife

    Terima kasih kembali. Moga2 bermanfaat. Amin.

    @natazya

    Huahahaha… iya ya…. kalau keberatan apa2 kayaknya hampir memang selalu memberatkan…. ya namanya juga keberatan….. kalau keberatan dengan hadirnya keberatan tersebut jadinya sudah maklum! :mrgreen:

  24. wow, cool article!
    ternyata hal-hal sederhana ada ilmunya sendiri yah? seru-seru…

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Yah…. begitulah adanya….. memang sesuatu yang nampak sederhana dan ada di sekeliling kita ternyata secara tidak sadar ada ilmunya juga. 🙂

  25. penasaran, mana yang lebih dahulu menetapkan merah putih sebagai bendera, indonesia atau monako? trus, merah putih kita dari mana ya? saya pernah dengar kalau merah putih itu diambil dari sebuah hadist. Soalnya pejuang2 islam semasa dahulu, misalnya tuanku imam bonjol, warna benderanya juga merah putih..

    ________________________________________

    Yari NK replies:

    Betul sekali…. sebenarnya kita sudah memakai warna merah putih sejak zaman Majapahit. Hanya saja desainnya bukan merah putih seperti sekarang ini, tapi garis2 merah putih sebanyak total 9 buah. Nah, bendera merah putih kita sekarang ini baru RESMI diadopsi sebagai bendera negara pada tanggal 17 Agustus 1945. Sedangkan Monaco sudah RESMI menggunakan bendera tersebut sejak 4 April 1881. 🙂

  26. bagimana sih kalo bendera Indonesia posisinya di tegakin/di berdiriin, warna merah sebelah kanan atw kiri? Terima kasih
    (sbg contoh: Foto The Beatles dgn background bendera Amerika Serikat yg di tegakin, di situ jelas sekali kalo itu bendera Amerika Serikat)

    • Secara resmi sih bendera Indonesia tidak ada yang ditegakkan. Tetapi andaikan dia ditegakkan biasanya ia tidak menggunakan bendera yang biasanya tetapi memakai bendera yang juga merah di atas dan putih di bawah. Jadi hanya dimensi bendera itu saja yang ditegakkan sementara warnanya tidak, tetap merah di atas putih di bawah.

  27. top dech bout veksilologinya.thank’s!aku dapet gambar bendera Jepang buat cover tugas makalah.

  28. wah….thaks banget ya mas for info benderanya. aku jd makin pintar aja utk hal yg satu ini. sekali thanks banget ya ???

    salam kenal untuk anda dan terus maju dlm ilmu benderanya….

  29. Informasi yang menarik. Bisa jadi bahan referensi neh. tingkiw

  30. Mas, gimana dengan bendera terbalik? saya mau tahu dong mas, katanya bendera Jepang kalau dibalik sama aja, tapi kena hukum kerja paksa kalau ketauan membalik. Betulkah? tolong jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s