Punya Domain Sendiri atau Tetap Gratisan di WP[dot]com ya?

Setahun sudah (lebih sedikit) keberadaan saya di WordPress[dot]com ini. Lewat blog “Spektrum Pemikiranku” ini aku berusaha berbagi ilmu menuangkan semua apa yang ada di kepalaku ini (belum semuanya deh…. database dan knowledge-base di kepalaku masih banyak yang belum aku tumpahkan! :mrgreen: ). Melalui WordPress[dot]com yang memberikan servis gratis untuk ngeblog ini saya mendapatkan media untuk menuangkan segala tetek-bengek yang ada di kepalaku. Sebenarnya servis yang ditawarkan oleh WP[dot]com ini sangat memuaskan (ya iyalah… namanya juga gratis!) walaupun masih ada kekurangan sedikit di sana sini yang sebenarnya tidak begitu mengganggu kenyamananku dalam beraktivitas ngeblog. Namun sejak empat bulan terakhir ini saya mulai memikirkan untuk mempunyai domain sendiri setelah melihat banyak rekan2 blogger yang mempunyai domain sendiri. Domain yang saya inginkan adalah domain yang  berakhiran web[dot]id. Jadinya adalah: spektrumku[dot]web[dot]id, atau yarink[dot]web[dot]id. Tadinya saya mau memakai spektrumku[dot]eu, berhubung karena saya tidak tinggal di Uni Eropa tetapi di Indonesia, dengan berat hati maka saya tentu “harus” memilih yang [dot]web[dot]id. Huehehe……

Namun…keputusan belum final…. saya masih mempertimbangkan baik buruknya alternatif antara ngeblog gretongan gratisan di WP[dot]com ini dengan ngeblog di domain sendiri. Karena saya yakin setiap alternatif pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing2. Berikut ini adalah kekurangan dari masing2 alternatif. Saya tidak akan menuliskan kelebihan2nya karena kelebihan2nya adalah tentu saja kebalikan dari kelemahan2 alternatif lawannya.

KEKURANGAN-KEKURANGAN NGEBLOG GRATISAN DI WORDPRESS[DOT]COM:

  1. Theme terbatas dan CSS tidak dapat dikostumasi.
  2. Tidak bisa menerima Script, baik itu JavaScript ataupun VBScript dan juga tidak bisa menerima animasi Flash sehingga kurang bisa diisi aplikasi2 canggih.
  3. Kurang bergengsi **halaah**, yang ini bener nggak alasannya? :mrgreen: dan juga alamat blog kurang mnemonic alias agak sulit diingat (padahal nggak juga seh…..)
  4. Tidak dapat diisi AdSense (emang ini penting ya?? Kali aja…. :mrgreen: ) dan harus tunduk pada peraturan2 yang dibuat oleh WordPress[dot]com.

SEDANGKAN KEKURANGAN2 NGEBLOG PAKAI DOMAIN SENDIRI ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Tidak gratis ( ya.. iyalaaaah……! :mrgreen: )
  2. Yang murah pasti bandwidth-nya dan space-nya terbatas, sehingga sering timbul masalah kelebihan bandwidth yang sering saya jumpai di hampir setiap blog yang punya domain sendiri.
  3. Kalau terjadi apa2 dengan blog kita di luar masalah teknis yang kita ketahui maka kita akan repot sendiri.
  4. Seperti yang saya alami ketika mengakses blog2 yang punya domain sendiri, waktu loading-nya rata2 lebih lambat dari blog2 yang gretongan. Dari yang lebih lambatnya tidak begitu signifikan hingga yang lambatnya sampai2 tidak bisa diakses oleh beberapa jaringan Internet Provider.
  5. Nah, ini dia jikalau saya pakai domain sendiri belum tentu saya bisa bikin rumus2 matematika seperti ini: {X}_{1,2}=\frac{-b\pm\sqrt{{b}^{2}-4ac}}{2a} atau seperti ini: {t}_{1}=\frac{{t}_{o}}{\sqrt{1-\frac{{v}^{2}}{{c}^{2}}}} Mungkin saja membuat persamaan matematika seperti ini jikalau ngeblog pakai domain sendiri tetapi tentu sangat tidak praktis karena harus memakai \LaTeX editor dan hasilnya harus di-upload.

Nah, itulah menurut saya pribadi kelemahan2 masing2 dari alternatif antara ngeblog gratisan dengan ngeblog pakai domain sendiri. Adakah dari rekan2 sekalian yang mungkin bisa menambahkan apa kelebihan atau kelemahan masing2 alternatif seperti di atas?? 🙂

46 responses to “Punya Domain Sendiri atau Tetap Gratisan di WP[dot]com ya?

  1. enak pakai domain sendiri
    bisa banyak belajar ngoprek dan langsung kliatan hasilnya
    berhasil ato error 😆

  2. Kalo mas yari pindah ke blog yg pake domen sendiri, yg ini buat saya ya…. saya terusin deh tp saya ganti identitasnya, bole ga mas? hehe.. saya tuh orgnya ga bakat nulis tp seneng baca2, entah knp kalo nulis rasanya kok tulisanku jelek gitu… kali aja saya pake blog ini nanti tulisanku bisa agak becus getu..

  3. Wah sama…Artikel ini cucok untuk saya… saya tunggu komentar pembaca yang lain aja deh 😀

  4. aku di WP dulu lah
    habis belum ada waktu kalo harus urus2 rumah baru 😀

  5. Banyak rumah banyak biaya 🙂

  6. lom banyak tau niy…

  7. ita sendiri sudah ada domain tp msh di arahkan ke wp. msh perlu wkt utk benahi rumah baru. kalo sudah domain sendiri pastinya lebih repot lah dibanding pake wp. kalo punya domain sendiri bisa lebih narsis krn gak ada embel2 “wp”, kekekeke 😆

  8. saya sebagai orang Indonesia tentunya lebih milih yang gratisan..

  9. mending kaya saya aja kang, tetap di wordpress.com tapi domainnya sendiri

  10. Saya rasa kalau sekaliber mas Yari, sebaiknya pake domain & hosting sendiri. Jujur, dengan tulisan-tulisan mas Yari yang bermutu dan bermanfaat akan berimbang jika dibungkus dengan blog bernuansa profesional. Peace..

  11. He he he HIDUP GRATISAN 😀

  12. sudah terlanjur cinta sama yang gratisan wordpress 😀

  13. hihihihi lebih asyik yang gratisan 😀

  14. Tergantung kebutuhan kali ya…. Untukku gratisan di WP masih ok untuk saat ini 🙂

  15. Sebenarnya kembali ke kebutuhkan kita kembali ya.. Kalau memang kita sudah cukup dengan yang gratisan.. Ya pake saja yang gratisan(tentunya dengan semua fasilitas yang terbatas itu). Hehe.. Kalau kita mau bebas berekspresi dengan blog kita, tentunya kita memerlukan domain+hosting sendiri, karena kalau menurut saya, dengan domain sendiri, tentunya WordPress-nya juga milik sendiri, kita bisa bebas memilih plugin, theme, dan kita bebas memodifikasinya, semuanya bisa disesuaikan dengan selera kita…

    Cuma ya, kembali lagi, sejauh mana kebutuhan anda? 😛

  16. waduh sayanya jadi bingung nich pak , masalahnya masih pengen yang gratisan apa ngga ya ?

  17. Saia WP donk…
    Soalnya kalo di WP gak susah klo ada error (Ya itung2 sgt jarang bgt ada error)
    Saia pernah ngalami error, toh dibantu Om “Mark”…

  18. Yang gratisan udah bagus, toh hanya sampingan. hehehe

  19. pak, saya juga punya yg di domain berbayar, tapi akhirnya sy ndak sempat utak-atik saya direct aja ke WP lagi 😀 hehehe…

  20. Saya udah siapin itu domain sendiri…..

    Tapi entah kenapa masih merasa nyaman ngendon di WordPress.com ini 😕

  21. @edy

    Sebelnya awal2nya ya…. kalo banyak errornya….hehehe….

    @AgusBin

    Lho… kok udah nyerah duluan Bin? Tapi Bin, orang memang punya bakat sendiri2 kok, nggak perlu dengan menulis, ya kan? 🙂

    @Yoga

    Mari kita tunggu bersama….. 🙂

    @achoey sang khilaf

    Iya nih mas achoey… sepertinya sebelum punya rumah baru kita harus mahir dulu mendekorasi rumah sendiri kalo nggak malah nggak nyaman…. 😦

    @patchme2

    Banyak biaya harus banyak penghasilan dong…. 😀

    @sutanpamaleh

    Saya juga….. 😦

    @eNPe

    Ooo… jadi mbak Ita ini ingin punya rumah sendiri supaya bisa narsisis toh?? Naaa…. ketahuan ya narsisismenya! :mrgreen:

    @gunawanwe

    Kalau yang bajakan dipilih juga mas?? :mrgreen:

    @anggara

    Ide tersebut memang sedang saya pertimbangkan kang! Terims ya! 🙂

    @inos

    Aaah… pak inos ini saya jadi malu. Tulisan saya belum ada apa2nya kok mas. Ada juga yang tulisannya lebih bermutu dari saya tetapi tetap memakai yang gratisan. Btw, terims ya mas atas masukannya….. 🙂

    @Jauhari

    Huehehehe…..

    @Denny Eko Prasetyo

    Yah begitulah kalau orang jatuh cinta sulit dipisahkan….. sampai nanti bertemu yang lain yang lebih menarik hatinya…. 😀

    @zoel chaniago

    Huehehe…..

    @coretanpinggir

    Iya….. sebenarnya jujur saya akui, yang gratisan ini sebenarnya masih sangat akomodatif, cuma terkadang manusia ingin sesuatu yang baru…. hehehe….

    @Anggie

    Kalo yang suka narsisis pasti kebutuhannya yang punya domain sendiri! 😀

    @realylife

    Loh… kok…. jadi sudah berfikiran sama ingin pindah dari yang gratisan juga? 😀

    @rizkivmaster

    Betul…. pertimbangannya itu yang penting…. kalo ada masalah teknis yang tidak kita kuasai, kita tidak perlu pusing2 memikirkannya….. 🙂

    @Laporan

    Iya juga seh…. tapi terkadang bikin penasaran juga ingin yang “kreasi sendiri” maklum hasrat ingin belajar saya masih sangat besar…. 🙂

    @aRuL

    Iya kalo mengingat waktu yang sempit nampaknya saran arul ini memang sangat praktis… thanks ya… 🙂

    @alex®

    Belum ada waktu atau malas mengutak-utiknya nih? 🙂

  22. Kalau pak Yari sudah mulai pakek host sendiri, jelas saya tidak akan bisa lagi berkunjung ke blog bapak, iix sekalipun. Koneksi saya dan saya rasa gprs di Indonesia timur umumnya tidak kuat membuka tipe dari wp.org seringan apapun itu. Apalagi kalau sudah ditemplokin tema bertabel, ads, atau flash apalgi konten vb. Muntah.

    Kalau cuman sekedar dns sama kustomisasi css mah… beli saja kredit WP. 😀

  23. Kalau mau Latex diinstall aja pluginnya Pak. Jadi tetep bisa nulis kayak angka-angka dan formula di atas..

  24. Lho pakai domain sendiri bukan berarti mesti pakai webhosting berbayar lho Mas. Antara domain dengan webhosting kan bayarnya dipisah. Mending pakai domain sendiri dengan webhosting gratis. Atau upgrade aja wordpressnya dengan sedikit bayaran ke wordpress tentunya. Tapi khan dengan layanan yang lebih wah.

  25. Pake domain mapping aja, jadi masih bisa memanfaatkan kestabilan dan kebaharuan WP.com, sekaligus masih bisa nampang di BOTD. Sayang kalau satu blog berkualitas lagi harus hilang dari id.WP.com. 😦

  26. Kalo saya mah, tetep yang gratisan! HIDUP GRATISAN!

  27. ato gini aja pak, wordpress tetep jalan, buat domain pribadi, silahkan…
    tapi punya waktu gak ya?, secara pak yari khan super sibuk. he..he…

    keputusan mutlak ada ditangan bapak, pak Yari pasti tahu apa yang terbaik bagi perjalanan karier bpk di dunia maya.
    sukses selalu!

  28. memang benar, bung yari, blog gratis atau yang berdomain sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing2. kalau untuk kepentingan posting semata, tanpa mempertimbangkan tampilan atau adsense, blog gratis tentu saje lebih enjoy dan nyaman. yang berdomain sendiri memang kita bisa pakai tampilan theme sesuka kita. nah, mungkin ada bagusnya memiliki dua2nya, bung yari sebg perbandingan. saya yakin, kemampuan bung yari sudah sangat cukup utk mengelola domain sendiri.

  29. waduh kl bisa sich 2 2 na dijalanin
    sayangkan wp na

  30. Berhubung saya cowok MODIS (Modal Gratis) maka saya hanya pilih wp. Alasannya cuma mematuhi anjuran pemerintah, berhematlah. Kalau bisa gratis, kenapa harus pake yang bayar! 😀

  31. Oh ya kalau bikin sendiri, saya juga tolong di pesankan hueheheh. saya juga punya domain sendiri yg eror contohnya nih tesiskripsi.com eror ngak bisa diapa-apain.

  32. Hidup gretongan hehehehehe :mrgreen:

  33. wah ajarin triknya pake Latex editor dunk..

    Soalnya berencana mau bikin tulisan tentang matematika, tapi kebingungan bagaimana cara nulisnya di blog..
    saya biasa nulis pake Latex, tapi cuman untuk bikin tugas kuliah, thesis dan laporan jurnal. Itupun di compile ke PDF. Blum tau yang bisa nulis langsung di blog..
    Thanks buat infonya
    salam kenal

  34. wah….kebeneran sama-sama lagi dipersimpangan jalan kang, kang yari lagi dipersimpangan domain gratis dan bayar…lha kalo saya….. lagi dipersimpangan provider internet…..speedy unlimited, quasar, apa tetep aja di speedy 50 jam…he…he

  35. untuk sementara karena belum berpenghasilan mending gratis ah pak yari…
    heheh…
    gratisan..

  36. @Black_Claw

    Iya sih…. kalau kebanyakan script-nya kadang2 jadi lemotnya minta ampun. Nanti saya coba pertimbangkan lagi deh! Keputusan belum final kok mau pindah apa nggak. 😀

    @ardianto

    Oh…. \LaTeX itu plug-in-nya di client toh, aku kira di server-nya! Hehehe…. ok..ok..

    @Rafki RS

    Hmmm… ya…ya… usul yang bagus juga, meng-upgrade servis WP dari yang gratisan. Coba deh nanti dipertimbangkan dan saya juga mau lihat dulu dengan blogger2 yang pakai upgraded-WP. Terims ya atas sarannya. 🙂

    @Catshade

    Ya…ya… saya tengah mempertimbangkan upgraded-WP, mau lihat dulu mereka2 yang sudah menggunakan servis ini. Terims ya. 🙂

    @ahsinmuslim

    Wah… kalau harus bikin 2 blog kayaknya nggak ada waktu deh, kalau dua-duanya isinya sama, hmmm sepertinya sih sedikit mubazir ya? 😦

    @Sawali Tuhusetya

    Berpoligamii dengan blog susah pak…. kalau isinya sama sih… sepertinya agak mubazir ya? Tapi terims ya pak Sawali atas sarannya. 🙂

    @tusyalrasyid

    Iya… padahal yang di WP ini udah cukup dikenal ya…. **halaah** sayang kalo harus ngulang lagi dari 0 pakai domain sendiri…. 😀

    @qizinklaziva

    Huehehe…. MODISnya MODal gratIS sih nggak apa2 pak, asal jangan MODISnya MOnyong dan saDIS aja! Huehehehe…. becanda pak! :mrgreen:

    @Laporan

    Kalau begitu saya mau belajar dari yang nggak error aja deh site-nya…. :mrgreen:

    @pr4s

    Nah… lho… doyan yang gretongan ya?? Kalo mas pr4s sendiri gretongan nggak?? Emangnya apaan ya?? Wakakakak….. 😆

    @proletarman

    Gampang mas… seperti \LaTeX biasa kok cuma di awal syntax \LaTeX diberi “$latex” sedangkan akhirnya diberi “$”. Jadi deh… 🙂

    @Kang Aom

    Kalo pemakaiannya lebih dari 3000 MB per bulan mendingan pakai yang Speedy Unlimited deh…. 😀

    @Sir Arthur Moerz

    Ya… iyalah…. kalo belum bisa cari duit sendiri ya sebaiknya pakai yang gratisan…. ntar kalo udah bisa cari duit sendiri boleh berfikir untuk yang macam2! :mrgreen:

  37. Wah, kalo dengan gratis aja sudah memenuhi sarat ? knapa ngga ? ehehehehe

  38. kalo menurut saya lebih baik pakai domain sendiri, karena bisa kustomasi abis yang mencerminkan diri kita sesungguhnya 😀 dan kelihatan lebih profesional

  39. Berhubung saya masih taraf belajar ya pake dagdigdug aja. theme tinggal tempel bongkar pasang semaunya (terbatas tentunya)

  40. Kalau menurut saya, Pak Yari sudah saatnya menggunakan domain sendiri. Karena sepengetahuan saya, Pak Yari nampaknya sudah serius untuk ngeblog. Apalagi domain & sewa hosting sekarang sudah murah-murah koq, Pak.

  41. @Raffaell

    Hehehe… iya sih….bener juga 😀

    @jimmy

    Iya… betul sih mas jimmy…. memang salah satu daya pikat punya domain sendiri adalah blognya bisa dikostumasi seenak kita sendiri. Tapi ya itu…… ada juga kelemahan2nya… Coba nanti deh saya pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan saya. Terims ya mas jimmy. 🙂

    @kishandono

    Iya…. kalau buat yang masih baru memang sebaiknya menggunakan yang gratisan. Karena memang yang gratisan itu sangat mudah memakainya bagi para pemula dan tentu sangat memudahkan bagi para pemakainya yang pemula. 🙂

    @Edi Psw

    Iya sih…. banyak yang bilang begitu, pak. Tapi saya juga lagi memikirkan bagaimana meminimalisasi kekurangan2 pakai domain sendiri seperti yang saya tuliskan di atas terutama dalam penulisan memakai \LaTeX . Terims ya pak atas inputnya. 🙂

  42. Terus terang saya belum terpikirkan untuk ganti domain sendiri, karena saya anggap saya masih latihan menulis…. maka dengan menulis di blog, selain bisa diakses dari mana saja, juga bisa untuk sharing pengalaman. Mungkin juga saya tak ahli di bidang IT, apalagi anak-anak makin sibuk, dan kemungkinan si sulung segera menyusul istrinya ke negara jauh disana…si bungsupun sibuk sekali, hanya sebulan sekali ketemu…jadi akhirnya ya dinikmati aja. Theme nyapun tak di ubah-ubah…..
    Memang bagi saya yang penting bisa dapat terus menulis….

    ________________________________

    Yari NK replies:

    Sebenarnya sayapun tidak berpendidikan formal sebagai ahli IT bu. Hanya saja saya penasaran, dan sesuai dengan sifat saya yang selalu mau belajar sendiri di tengah2 waktu senggang yang hanya sedikit itu. Kalau mau, tidak begitu susah kok bu. Asal benar-benar niat. Anggaplah sebagai “Just for Fun”, kalau kita menganggapnya susah, ya kita akan selalu tidak akan pernah mencobanya. Saya yakin ibu juga bisa kok, asal mau dan mensugesti diri ibu sendiri bahwa ibu pasti bisa, dan juga ada waktu luang sedikit.

  43. Kalau saya sih pake WP aja dulu aaaaaaaah… ga tahu bakal punya domain sendiri atau engga.

    Mumpung gratis, praktis, dan saya pikir WP sangat memuaskan servisnya
    😀

    ________________________________

    Yari NK replies:

    Iya seh… sebenarnya servis WP sudah dan masih sangat memuaskan, hanya saja saya orangnya senang sekali belajar sesuatu yang baru…. Yah, lihat aja nanti deh! Hehehe….. 😀

  44. Gratis… gratis… gratis
    Sebagai nubie… pake WP adalah solusi…

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Ya… iya lah…. gratisan memang selalu solusi enak kok! :mrgreen:

  45. Jangan pake gratisan….yang murah ada kok…servisnya pasti lebih baik lah…

  46. itu mah pilihan buat yg masih muda2 Pak, tp buat yg udah sepuh2 sebaiknya hindarkan domain sendiri utk jaga2 kalo sewaktu2 death ndak ninggalin warisan tagihan apa2 (e.g perpanjangan expired) ke anak cucu, dan lagi di blog gratisan kemungkinan ndak dihapus meskipun pemilik blognya udah lama game over

    ____________________________________

    Yari NK replies:

    Huahahaha…… ini sebuah masukan yang “unik”…. 😆

Tinggalkan Balasan

