Waktu adalah Sampah Uang

pocket_watchTime oh time,

Yes I need more time,

Why do you keep on slipping away?

I hear wind chimes, jangle in my mind

Oh I wish you’d stay…..

 

Itulah sebait lagu yang indah dan manis dari seorang biduanita yang juga hitam manis bernama (panggung) Des’ree asal Inggris yang berjudul Time. Lagu ini mengisahkan  seseorang yang ingin sekali menghentikan waktu barang sesaat saja. Mungkin masalah menghentikan waktu ini, bukan hanya Des’ree ataupun tokoh dalam lagu ini saja yang ingin menghentikan waktu ataupun bahkan ingin memundurkan waktu tetapi mungkin ratusan juta orang di dunia ini yang ingin mendapatkan masa lalunya kembali karena alasan apapun.

Namun sayang hingga saat ini, minimal, manusia dengan teknologinya tetap tidak mampu untuk memutarbalikkan waktu. Waktu nampaknya sampai saat ini tetap solid sebagai dimensi yang ‘berjalan’ satu arah saja menuju masa depan yang ‘satu’. Bagi manusia yang menghargai waktu seperti uang, ia akan merasa puas dan tenang melangkah menuju masa depan, sementara mereka yang memperlakukan waktu seperti sampah, alias menyia-nyiakannya, ia akan cenderung untuk merasakan ketar-ketir dalam hidupnya atau jikalau saat ini ia belum merasakan ketar-ketir tersebut, suatu saat ia akan menyadarinya bahwa waktu memang sebaiknya diperlakukan lebih dari seperti uang, karena waktu yang hilang tidak akan bisa lagi dibeli oleh uang seberapa banyakpun. Jikalau kita sudah merasa kehilangan waktu, maka yang tinggal hanyalah penyesalan saja…..

Mungkin memang ada baiknya jikalau waktu diciptakan berjalan satu arah, agar manusia bisa menghargai waktu. Akan terbayang ‘kacau’nya dunia jika manusia bisa memutarbalikkan waktu seenaknya sendiri. Lupakan paradoks-paradoks yang ada dalam fisika ataupun filosofi yang bakal terjadi jika manusia dapat memutarbalikkan waktu. Lihat hal yang sederhana saja andaikan manusia bisa memutarbalikkan waktu. Waktu akan menjadi hilang nilai uangnya pentingnya. Kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh manusia di masa lalu menjadi dengan mudah diperbaiki dengan cara pergi ke masa silam. Bukan hanya itu saja, keputusanpun akhirnya menjadi tidak penting lagi, karena setiap alternatif yang ada dapat dicoba satu persatu dan jikalau gagal maka dengan mudah manusia akan beralih ke alternatif yang lain dengan kembali ke masa lalu. Dan yang paling “membahayakan” adalah manusia akan cenderung terus menerus membuat kecerobohan karena setiap akibat kecerobohan yang dilakukannya dapat dengan mudah diperbaiki dengan melompat ke masa silam.

Nah, mumpung manusia masih belum dapat memanipulasi jalannya waktu secara fisika, mari kita memanfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya. Jangan sampai kita menyesal kelak karena kita telah menyia-nyiakan waktu yang berharga ini. Kita manfaatkan tahun 2009 ini sebagai tahun yang produktif, sebagai tahun yang berharga baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang-orang di sekitar kita. SELAMAT TAHUN BARU 2009 (DAN TAHUN BARU HIJRIYAH 1430).

Iklan

28 responses to “Waktu adalah Sampah Uang

  1. Met taon baru juga pak…. 😀 lagunya emang enak tuh…. 😀

  2. Saya mengutip sebagian dari artikel berjudul “Islam dan Produktivitas” tulisan Nabiel Fuad Al-Musawa (Kota Santri.com; 16 Mei 2005)……… dalam konteks agama, artikel mas YariNK tentang waktu berkait dengan ajaran Islam dimana diungkapkan……. bahwa Islam sangat menghargai produktifitas dan kerja, sehingga dalam Islam tiada hari tanpa aktifitas dan produktifitas, demikian tinggi perhatian Islam terhadap kerja sehingga berkali-kali ALLAH SWT bersumpah agar ummat Islam sangat disiplin dalam membagi waktu-waktunya : Demi waktu (QS. 103 : 1), demi waktu Fajar (QS. 89 : 1), demi waktu Dhuha (QS. 93 : 1), demi waktu malam (QS. 92 : 1), demi waktu siang (QS. 92 : 2); sehingga sebagai seorang muslim kita harus pandai mengatur waktu antara aktifitas hablum minALLAH dan hablum minan naas; semuanya harus dilakukan dengan adil dan seimbang karena nabi SAW melarang sahabatnya ketika ada 3 orang dari mereka yang berniat untuk mencurahkan seluruh waktunya untuk hanya melakukan ibadah mahdhah (ritual ibadah) saja dengan meninggalkan urusan duniawi manusia seperti menikah, tidur dan makan……… semoga bermanfaat……

  3. waktu adalah blog 😀 blog = uang

  4. Menurut saya waktu ga bisa disia2kan mas. Krn mereka yg menyia2kan waktu sebenarnya mereka itu org yg menyia2kan dirinya sendiri.

  5. met taun baru juga pak yari 🙂

  6. met tahun baru juga pak! 🙂

  7. kalo waktu adalah uang, berarti waktu bisa berinflasi, molor maksudnya… 😀
    *sugeng warsa enggal*

  8. Setuju, Pak Yari. Wah, ternyata Pak Yari hobi nyanyi juga ya? Memang bagi saya sendiri, waktu ini begitu cepat bergulir. Nggak terasa sekarang sudah tahun 2009, dan umur saya juga ternyata sudah banyak juga. Memang sangat disayangkan jika tidak bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

  9. Termasuk umur, meskipun kesehatan fisik bisa selalu diupayakan untuk tetap segar, tetapi umur selalu bertambah. Selamat tahun baru.

  10. Selamat Tahun baru Pak,

    Semangat pagi! 😀

  11. jadi teringat sekuel terakhir dari mitologinya homerus tentang kekalahan dewa-dewa..
    akhirnya dewa-pun kalah oleh waktu…

  12. SELAMAT TAHUN BARU 2009.Ada tiga hal yang tidak dapat kembali lagi : WAKTU,PERKATAAN dan KESEMPATAN

  13. andai ku bisa menghentikan waktu,
    maka aku kan bisa hidup seribu tahun lagi

    hehe …
    nyambung gak ya ?

  14. Saya suka ngayal bisa hidup kayak di film tv nya quantum leap..hee..Met tahun baru pak

  15. tanya aja ama Hiro Nakamura? Dia kan penghenti waktu 😛

    *penggemar Heroes nie*

  16. iya, sayang banget waktu tidak bisa dibalik, ya? no retrieve; once you start, you move on. kalau bisa dibalik, pasti chaos deh. gak kebayang bakal gimana. tapi mesin waktu masih obsesi banyak ilmuwan sableng kok, mas yari.

    selamat menempuh tahun yang baru buat mas yari dan keluarga. mari kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya karena ia memanglah berharga.

  17. @Raffaell

    Met tahun baru juga mas Raffaell…. Tahun baru semangat baru…. 🙂

    @sjafri mangkuprawira

    betul prof…. kita harus dapat membagi waktu dengan disiplin. Dan Islam selain menghargai waktu juga menghargai produktivitas kerja seperti apa yang dikatakan prof. Dan hidup memang harus berimbang, produktif dalam bekerja dan juga ‘produktif’ dalam beribadah/beramal. Tapi bekerja jikalau dengan niat ibadah, bisa juga jadi bernilai ibadah kan prof? Jadi kalau kita niat bekerja karena Allah, maka dapat menjadi “sambil menyelam minum air”. Sambil bekerja kita insya Allah dapat nilai ibadahnya pula…….

    @zoel

    bukan blog = uang, tapi adsense = uang 😀

    @AgusBin

    Benar juga ya bin. Orang yang menyia2kan waktu sebenarnya adalah orang yang menyia2kan dirinya sendiri, karena waktu milik bersama. Jika ada seseorang yang menyia2kan waktu maka ia akan merugi sendiri karena orang lain yang memanfaatkan waktu yang sama, ia akan mendapatkan manfaatnya….. 🙂

    @Aria Turns

    Met tahun baru juga…. 🙂

    @Sally

    Met tahun baru juga…. 🙂

    @siti jenang

    Huehehe…. sebenarnya yang berinflasi itu nilai mata uang bukan uangnya sendiri. Biarpun nilai mata uang berinflasi atau berdeflasi, uang tetaplah uang, ia tetap berharga hanya saja daya belinya yang naik atau turun. 🙂

    Selamat tahun baru juga, sugeng warsa enggal 1 Suro 1942.

    @Edi Psw

    Saya yakin kok Pak Edi bisa menggunakan waktu dengan lebih baik lagi di tahun 2009 ini. Amin. 🙂

    @laporan

    Umur boleh bertambah, namun insya Allah semangat untuk maju dan berbagi tidak boleh turun. Selamat tahun baru juga… 🙂

    @mezzalena

    Selamat tahun baru juga…..

    Semangat sepanjang hari…. 😀

    @ardianzzz

    Wah…. rupanya senang dengan legenda2 Yunani ya?? Saya sendiri ceritanya lupa2 ingat tentang Homēros ini…. hehehe….

    Tapi yang jelas dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, kita dapat sedikit ‘memenangkan’ pertempuran melawan waktu. Semoga. 🙂

    @Yung Mau Lin

    Selamat tahun baru juga mas Yung Mau. Benar juga ya?? Waktu, perkataan dan kesempatan adalah yang tidak bisa kembali lagi. Kalau kesempatan mungkin berkaitan dengan waktu juga ya. Kalau perkataan mungkin terkait erat dengan pepatah “sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tak percaya”. Begitu barangkali ya? 🙂

    @aisalwa

    Ya… nyambung dikit2 deh… huehehe…. 😀

    @boyin

    Huehehe…… kalau memang ada quantum leap mas boyin mau pergi ke masa apa nih? 😀 Selamat tahun baru juga ya?

    @Treante

    Wah…. saya kenalnya Hiro Tugiman, itu mantan dosen Akuntansi saya…. 😆

    @marshmallow

    Dulu…. para ahli alkimia di abad pertengahan pernah terobsesi untuk merubah semua logam menjadi emas, ternyata gagal! Mungkin obsesi ilmuwan zaman sekarang untuk menciptakan mesin waktu sama dengan obsesi para ahli alkimia tersebut di abad pertengahan ya? Sama sablengnya. 😀

    Selamat tahun baru juga buat mbak Yulfi dan keluarga (ibu, bapak, kakak, adik) dan juga orang2 tercinta lainnya….. 🙂

  18. Met tahun baru Hijriyah, Pak… 😀

  19. waktu sering berlalu begitu saja
    tanpa menghasilkan apa-apa
    terkadang memang tak mudah
    memenej waktu….

  20. tapi yuang pasti uang bukanlah sampah 😀

  21. Time is blogging.
    Tiada hari tanpa blogging.
    Begitu, ‘kan, mas Yari?

  22. @mathematicse

    Met tahun baru hijriyah juga…… 🙂

    @mikekono

    Memenej waktu memang tidak mudah, tetapi harus tetap kita usahakan…. bukan begitu?? 😉

    @mantan kyai

    Yang jelas kalau sampah sama dengan uang, kita nggak perlu bekerja lagi ya?? Alias kita tinggal mungutin itu uang di jalanan….. 🙂

    @M Shodiq Mustika

    Tiada hari tanpa blogging?? Saya ngeblog cuma tiga hari sekali kok pak… huehehehe…. 😀

  23. Kalau uang tinggal pungut seperti sampah ya dunia yang kacau mas..
    Nggak ada orang yang jadi petani, gak ada yang jualan, kan udah punya uang semua…

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Huahaha…. selain itu jikalau uang tinggal memungut seperti sampah, ya jelas bakalan terjadi hiperinflasi dong! 😀

  24. Selamat Tahun Baru Hijriyah dan Masehi, semoga semakin sukses.

    Benar mas, sementara ini, lupakan konsep waktu yang katanya paralel, dimana masa lalu, saat ini, dan masa datang bisa bersinggungan, jadi ingat film Butterfly Effect, Heroes, The One, dll. Yang penting, bagaimana caranya agar kita bisa memanfaatkan waktu yang seperti terbang ini dengan baik, untuk persiapan pindah ke alam akhirat dan tentunya agar dapat hidup dengan sebaik mungkin.

    Hidup di dunia hanya seperti singgah minum. Sebentar saja.

    _____________________________

    Yari NK replies:

    Yup…. hidup hanya sementara. Apakah nanti dengan rekayasa genetika kita dapat memperpanjang usia biologis kita ataupun tidak, namun tetap saja sistem dalam tubuh kita rentan akan kekuatan ataupun energi dari luar sistem tubuh kita yang membuat tetap saja kita tidak abadi. Bakteria misalnya, secara abadi jikalau tidak ada gangguan, ia akan hidup kekal. Namun tetap saja ia akan mati jikalau terkena panas, antibiotik, dan lain sebagainya……

    Selamat tahun baru juga, mari kita memanfaatkan waktu kita sebaiknya2…. 🙂

  25. Yang jelas Quran pun membahas soal waktu dan penggunaannya dalam satu surah khusus saking menekankan pentingnya.

    Nah, selamat tahun baru Masehi, Pak Yari, dan selamat memanfaatkan waktu kuucapkan…

    Cerah selalu!

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Betul mas Daniel. Waktu adalah dimensi yang sangat berharga, untuk kita pakai sebaik mungkin. Selamat tahun baru semoga semangat sepanjang waktu…. 🙂

  26. Ping-balik: Tua, Lalu... | Telling My Interest

  27. waktu adalah uang, tapi masih banyak orang yang belom menghasilkan uanng dengan waktunya…. termasuk saya sendiri.

  28. selamat tahun baru juga, tapi ngucapinnya nih sudah agustus… udah mau tahun baru lagi… hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s