Indonesia Mengejar Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2022. Mimpi Indah yang Bakal Jadi Kenyataan?

logo FIFA

logo FIFA

Suatu hari di pagi hari, di TV One (entah lupa nama acaranya) saya tak sengaja menonton acara talk show mengenai keseriusan PSSI untuk menjadi kandidat tuan rumah piala dunia FIFA tahun 2022. Dan memang PSSI atau Indonesia dalam hal ini memang serius karena menurut orang nomor satu di PSSI Nurdin Halid yang diwawancarai mengatakan bahwa Indonesia akan maju terus untuk menjadi tuan rumah piala dunia FIFA tahun 2022. Tema yang akan diusung PSSI untuk piala dunia 2002 ini sebenarnya sangat indah yaitu “Green World Cup” atau Piala Dunia Hijau. Tentu saja dari tema ini diharapkan bahwa piala dunia tahun 2022 (jikalau Indonesia menjadi tuan rumah) akan merupakan piala dunia yang ramah lingkungan yang dapat memberikan sesuatu bagi planet ini.  Namun kenyataannya benarkah peluang Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia seindah tema piala dunia tahun 2022 yang diajukan PSSI??

Tahun 2007, FIFA mengganti peraturan rotasi atau perputaran tuan rumah piala dunia. Sebelumnya, piala dunia selalu digilir selang seling antara negara-negara Eropa dan negara-negara non-Eropa. Agar perputaran lebih merata maka sejak 2007 FIFA merubah peraturan perputaran atau penggiliran tuan rumah piala dunia. Negara-negara yang boleh mendaftar menjadi tuan rumah piala dunia tidak boleh berasal dari benua yang sama dengan negara-negara yang sudah  menjadi tuan rumah piala dunia sebelumnya dan yang sebelumnya lagi. Contoh: Jerman sudah menjadi penyelenggara Piala Dunia 2006 lalu, maka seluruh negara-negara Eropa dilarang mendaftar menjadi calon tuan rumah piala dunia 2010 dan 2014. Afrika Selatan yang menjadi tuan rumah piala dunia 2010, maka seluruh negara-negara Afrika dilarang mendaftar menjadi calon tuan rumah piala dunia 2014 dan 2018. Sedangkan Brasil yang akan menjadi tuan rumah piala dunia 2014, menjadikan seluruh negara-negara Amerika Selatan dilarang untuk mendaftar menjadi tuan rumah piala dunia 2018 dan 2022. Begitu seterusnya.

Nah, Indonesia sebenarnya boleh mendaftar menjadi tuan rumah piala dunia tahun 2018 atau 2022. Namun, Indonesia berkonsentrasi pada penyelenggaraan tuan rumah piala dunia 2022. Kenapa? Karena Indonesia merasa bahwa penyelenggaraan piala dunia 2018 akan diambil oleh negara-negara Eropa. Nah, jika salah satu negara Eropa terpilih menjadi tuan rumah piala dunia 2018, maka seluruh negara-negara Eropa dilarang untuk mendaftar menjadi tuan rumah piala dunia 2022 (dan 2026). Jadi kesempatan Indonesia untuk menang lebih besar dalam piala dunia 2022. Seperti kita ketahui bersama, adalah sulit untuk bersaing dengan negara-negara Eropa yang mempunyai dana yang banyak, infrastruktur yang kelas dunia serta prestasi kesebelasan-kesebelasannya yang kelas dunia pula. Negara-negara Eropa yang bakal bersaing untuk memperbutkan tuan rumah piala dunia 2018 adalah: Inggris, Rusia, Belanda-Belgia ( calon tuan rumah bersama) dan Spanyol-Portugal (calon tuan rumah bersama). Sedangkan negara-negara di luar benua Eropa yang berani bersaing untuk tuan rumah piala dunia 2018 adalah Amerika Serikat dan Australia. Sementara Jepang dan Korea yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia 2002 dan ingin menjadi tuan rumah piala dunia lagi ternyata cukup grogi juga melakukan persaingan dengan negara-negara Eropa dan kemungkinan juga akan berkonsentrasi bersaing menjadi tuan rumah piala dunia 2022 menjadi saingan Indonesia. Kita doakan saja mudah-mudahan negara Eropalah yang menang menjadi tuan rumah piala dunia 2018. Sebab jikalau Amerika Serikat yang menang terpilih, maka kemungkinan besar negara-negara Eropa akan mendaftar lagi untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2022. Ini tentu saja akan semakin mengecilkan peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2022. Bagaimana kalau Australia yang terpilih?? Lebih parah lagi!! Sebab jikalau Australia yang terpilih menjadi tuan rumah piala dunia 2018, maka Indonesia dan negara-negara Asia lainnya dilarang untuk mendaftar menjadi tuan rumah piala dunia 2022 dan 2026, karena kini Australia merupakan bagian dari Asia menurut FIFA karena Australia adalah anggota AFC (Asian Football Confederation).

Sebenarnya apa sih keistimewaan Indonesia sehingga berani menawarkan diri sebagai calon tuan rumah piala dunia 2022?? Prestasi tidak begitu bagus, prasarana juga menyedihkan. Stadion yang punya video layar lebar saja baru stadion Gelora Bung Karno di Jakarta dan Stadion Palaran di Samarinda. Stadion Jaka Baring di Palembang sepertinya papan skor elektroniknya tidak bisa dibuat menampilkan gambar video layar lebar. Sedangkan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, papan skor elektroniknya masih primitif seperti papan skor elektronik tahun 1970an!! Padahal video layar lebar hanya sebagian saja dari persyaratan atau standard FIFA agar dapat menjadi stadion penyelenggara piala dunia. Hal-hal lain seperti tempat duduk, ruang ganti dan tempat penjualan tiket juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu agar dapat memenuhi standard FIFA. Lantas apa dong keistimewaan Indonesia?? Walaupun Indonesia berencana membangun stadion- stadion baru bertaraf FIFA dan juga memugar stadion-stadion lama menjadi stadion bertaraf FIFA di kota-kota Medan, (pulau) Batam, Palembang,  Jakarta, Bogor, Bandung,  Surabaya, Samarinda, Makassar dan Bali namun ‘daya tarik’ Indonesia agar dilirik FIFA menjadi tuan rumah piala dunia 2022 adalah karena atmosfir sepakbola Indonesia yang menurut FIFA adalah salah satu yang tertinggi/tarbaik di dunia, dan juga saat ini sebenarnya Indonesia sudah punya satu stadion yang sudah jadi yang sudah memenuhi syarat FIFA untuk menjadi stadion penyelenggara acara pembukaan dan final piala dunia yaitu stadion Gelora Bung Karno. Walau begitu, tentu saja hanya dengan “daya tarik” seperti itu saja tidak akan menjamin Indonesia terpilih menjadi tuan rumah piala dunia 2022. Walaupun kemungkinan besar negara-negara Eropa dilarang untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2022, namun saingan-saingan kita lainnya tetap berat seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Korea. Bagaimana menurut anda peluang Indonesia? Apakah anda bangga atau pesimis?? 😀

Iklan

63 responses to “Indonesia Mengejar Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2022. Mimpi Indah yang Bakal Jadi Kenyataan?

  1. Wah pertamax. Sptnya peluang indonesia berat sekali, saingannya berat2. Tp kita harusnya tetap optimis. Knp ya indonesia ga ngajak thailan malaysia atau vietnam jd tuan rumah bersama? Kan bebannya malah jadi lbh ringan asal jangan ngajak timor leste aja. Hehe..

  2. Mmm..dibanding dana yang besar digunakan untuk bangun stadion bertaraf internasional dan tetek bengek lainnya mending dipake untuk memejukan persepakbolaan nasional

  3. habis mabok berapa liter ya pssi :))

  4. keinginan menjadi tuan rumah
    Piala Dunia 2020 itu patut
    diacungi jempol….
    tapi, saya yakin petinggi
    FIFA dan anggota FIFA
    lainnya pasti belum akan
    merestui Indonesia sebagai
    tuan rumah. Soalnya prestasi
    sepakbola Indonesia, baru
    sebatas hebat di bidang
    keonaran melulu…
    btw, sekali lagi…apapun
    motivasinya keinginan PSSI
    menawarkan diri jadi tuanrumah
    patut diapresiasi dan
    merupakan langkah inovatif
    yg bakal bnyk sisi positifnya
    menaikkan gengsi Indonesia
    di mata dunia internasional

  5. wah kalo 12 tahun lagi kayaknya masih kecepetan deh… tapi sebagai orang pariwisata saya doain aja deh..khan lumayan bisnis pariwisata jadi bagus..

  6. mimpi yang harus kita wujudkan 🙂

  7. Mengurusi kompetisi domestik bertahun-tahun saja gak becus, kok mau nggelar Piala Dunia. 😕

    IMO sih layak diperjuangkan, toh FIFA yang memutuskan kelayakannya nanti. Saya cuma kurang sreg pada rencana penggelarannya yang rasanya tidak merata. Dari 13 stadion yang diajukan jadi arena; 7 ada di Jawa; dan yang paling timur cuma di Makassar. Kurang “Indonesia”… 🙄

  8. Kalau kita menjadi tuan rumah, kita bisa menjadi juara, Pak. Atau paling tidak masuk ke semifinal seperti yang dilakukan oleh korea dalam piala dunia lalu.

  9. Ambisi itu perlu ada, jadi ato ngga nya, kita liat aja nanti ya pak, hehe

  10. mas kasih liat stadiumnya dong

  11. Yang mendesak adalah meningkatkan prestasinya dulu baru kita bicara jadi tuan rumah. Topik yang sama bisa dilihat di http://www.husnun.wordpress.com

  12. mending kalo udah bisa ikutan piala dunia, baru ngajuin jadi tuan rumah…

  13. kalo angka tersebut dikonversi ke tahun hijriyah saya kira mungkin saja… :mrgreen:

  14. pemerintah tuh mau nya apa cih lah wong rakyatnya aja masih banyak yang kaga bisa beli beras nich malah mo bikin stadion yang banyak menguras dana,paling juga nantinya dananya pada masuk rekening tikus busuknya pemerintah

  15. saya berani taruhan itu gak bakalan jadi…
    PSSI cuma cari sensasi untuk mencari simpati masyarakat terkait kasus ketua umumnya….
    Lagian gak mudah jadi tuan rumah piala dunia, fifa akan melihat dari banyak aspek untuk menyetujuinya..

  16. @AgusBin

    Malaysia sepertinya lebih berminat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2020. Tetapi sukses apa nggak, perjuangan Malaysia tidak kalah beratnya dengan perjuangan Indonesia untuk kejuaraan dunia FIFA.

    @Aria Turns

    Mungkin PSSI ingin menangkat namanya lewat penyelenggaraan piala dunia karena menangkat namanya lewat prestasi yang juga sudah menelan biaya yang banyak selama ini tidak berhasil dan malah bikin ‘frustasi’. Huehehe……

    @mantan kyai

    PSSI mabuk PEPSI ya?? Entah berapa galon pepsi yang diminum sampai mabok gitu… :mrgreen:

    @mikekono

    Memang betul sih, sebagai bangsa yang besar memang seharusnya kita jangan mengecilkan kemampuan bangsa sendiri. Namun begitu tentu hal tersebut juga harus diimbangi dengan program2 pengembangan persepakbolaan yang nyata, jelas dan terarah termasuk pengembangan2 prasarananya…..

    @boyin

    Asal jangan huru hara kerusuhan hooligan sepakbola saja ya?? Nanti industri pariwisatanya malah merugi tuh jangan2… hehehe…..

    @arifudin

    Mari kita bangun dari mimpi…!! (maksudnya bangun ini, mimpinya dibuat kenyataan atau malah harus melupakan mimpi ya?? Hehehe….)

    @jensen99

    Ya begitulah kalau pembangunan tidak merata… Soalnya mungkin kalau membuat stadion di Indonesia Timur, biayanya lebih mahal lagi karena harus membangun juga ketertinggalan infrastruktur pendukung lainnya. Tapi ya, tidak perlu kecewa deh, karena Indonesia ini “all for one, one for all”, gitu ya?? :mrgreen:

    @Edi Psw

    Semi Final Piala Dunia?? Lha wong… piala Suzuki ASEAN aja dikalahin Singapura sama Thailand kok! Huehehe… 😀

    @Raffaell

    Jadi apa nggak, yang penting pede… :mrgreen:

    @ajid

    Kasih lihat apanya?? Lha wong stadionnya juga belom jadi… gimana sih??

    @husnun

    Namun dulu AS ketika ditunjuk sebagai tuan rumah piala dunia, prestasinya juga amburadul. Bahkan mereka tidak ikutan prakualifikasi zona Amerika Utara pada Piala Dunia 1986. Eh tahun 1989 ditunjuk sebagai tuan rumah piala dunia 1994. Tapi, AS memang sih masalah duit dan prasarana tidak usah diragukan lagi, berbeda dengan Indonesia tentu saja…..

    @khofia

    Kalau ada Piala Dunia korupsi, Indonesia juara nggak ya?? :mrgreen:

    @sitijenang

    Kalau dikonversikannya ke tahun Jawa, cukup nggak?? :mrgreen:

    @fens barunya kang yari ga mo mikir panjang langsung ngefans aja boleh kan

    Huehehe…. mungkin juga ini strategi pemerintah untuk mengalihkan perhatian rakyat dari isu korupsi ke isu piala dunia?? Hiburan rakyat agar rakyat lupa sejenak dengan ‘kebobrokan’ pemerintahannya… :mrgreen:

    @junjung

    Lah… memang bukannya begitu sifat bangsa Indonesia?? Yang penting ngetop dulu. Lihat aja di blogsfer kita, yang penting blog2 ramai dan populer (serta cari sensasi) dulu, masalah isi dan kualitas?? Itu sih nomer sejuta, bukan begitu?? Hehehe… 😀

  17. Kalo lewat kompetisi kan susah untuk nembus quota Asia untuk piala dunia. Nah jalan pintas agar bisa lolos ke piala dunia adalah jadi tuan rumah. Nurdin bilang brasil, argentina yang scr ekonomi di bawah kita, bs jd tuan rumah. Lha dia lupa peringkat dunia kesebelasan mrk brp, kita brp?

  18. kalau terwujud saat itu saya umur berapa ya???

    tak doain semoga bisa rerkabul dan Indonesia bisa menjadi juara piala dunia.amin………

    http://nelsonkick.blogspot.com/

  19. hemat saya…ke depan 5-10 tahun’an….. yang jauh lebih penting disiapkan dahulu adalah perencanaan jangka pendek dan panjang persepakbolaan nasional yang prospektif….antara lain dalam hal peningkatan standar mutu sdm pemainnya….mulai dari tingkat prayunior sampai yunior……tidak saja fisik yang minimum tingginya 1,70 meter dan sangat fit…..maklum selama ini pemain kita cepat ngos-ngosan kurang stamina/gizi……tetapi juga sisi sdm lainnya yakni tingkat kecerdasan intelektual dan emosional para pemain….sehingga bisa mengikuti dan bahkan menciptakan strategi dan taktik bermain modern…… plus bagaimana mampu bekerja dalam suatu tim yang kompak…..untuk itu sebaiknya sekolah-sekolah sepakbola lebih dikembangkan jumlah dan mutunya…..plus sekolah untuk para pelatih….pertandingan kompetisi perlu ditingkatkan keteraturannya…dari situ dapat diselusuri para pemain yang berbakat tinggi dengan kondisi fisik dan mental yang prima…..kalau itu diprogramkan dengan terencana maka lambat laun prestasi internasional mulai dari tingkat asean sampai mendunia akan membawa hasil yang baik…..kalau sudah begitu tanpa promosi besar-besaran pun dunia persepakbolaan global akan melirik kita…..apalagi perilaku anarkis dalam persepakbolaan nasional semakin berkurang maka ini merupakan tambahan skor kepercayaan internasional terhadap kita…..kalau terlaksana dengan baik maka itu semua plus tersedianya fasilitas stadium bertaraf internasional…..dapat menjadi unsur-unsur positif bagi indonesia untuk bisa melangkah sebagai tuan tumah juara dunia sepakbola tanpa hambatan berarti…..

  20. Wah.. itu niat yang luarbiasa… bukannya hebat tapi berlebihan pak.. lawong Indonesia saja masih semrawut kayak gini.. apalagi citra indonesia jelek dimata AFC juga FIFA.. lantaran berkali kali mereka merasa dilecehkan PSSI….

    Boleh-boleh saja mempunyai impian seperti itu… tapi bagi saya justru lebih meningkatkan mutu sepakbola nasional, entah pemain, wasit ataupun suporter..

    No Anarki! Bravo Sepakbola Nasional!
    Salam Satu Jiwa! Aremania!
    *hee.. saya terlalu semangat pak…* 😀

  21. Siapa tahu bakal terjadi! Mungkin dengan ini akan mendongkrak hobi anak-anak Indonesia ke profesional sepak bola.

  22. @waw

    Lagian Argentina sama Brasil juga nggak miskin2 amat menurut saya juga, dan prestasi mereka di sepakbola jauh melebihi kita. Tetapi memang semuanya harus diusahakan, tentu usahanya juga yang terprogram dan terarah dengan baik agar hasilnya juga ‘tajam’. 🙂

    @nelson

    Amin. Lantas kalau rakyat semua negara di dunia juga berdoa lantas yang dikabulkan doa dari rakyat negara yang mana ya?? Huehehe… 😀

    @sjafri mangkuprawira

    Betul prof, pengembangan sepakbola ini memang perlu program yang terarah, mungkin juga dilibatkan ahli dari berbagai macam disiplin ilmu. Mulai dari bidang olahraganya sendiri hingga ahli gizi dan mungkin juga psikologi. Hanya satu saja misteri yang belum terjawab, apakah faktor genetik juga menentukan prestasi atlit?? Maklum genetik itu adalah tempat kode-kode sifat2 intrinsik kita.

    Tetapi prof, sebenarnya prestasi sepakbola kita juga menanjak, hanya saja prestasi negara2 tetangga kita jauh lebih menanjak lagi, nah inilah yang patut dievaluasi. Sebenarnya negara2 Afrika juga miskin prasarana dan mereka juga tidak punya program pembinaan sepakbola yang canggih. Justru program2 pengembangan sepakbola yang canggih di Afrika kebanyakan dibuka/disponsori oleh klub-klub kaya di Eropa yang membuka sekolah2 sepakbola di Afrika, pengembangan bukan oleh pemerintahannya. Klub2 kaya di Eropa tersebut sangat tertarik dengan ‘bakat-bakat’ sepakbola orang-orang Afrika. Nah, kalau bicara ‘bakat’ apakah identik dengan faktor genetik?? Walahualam… prof.

    @azaxs

    Ya… anarki sepakbola harus dikurangi di Indonesia, baik supporternya maupun pemainnya.

    Pantas tidaknya Indonesia menjadi tuan rumah? Hmmm…. siapa tahu FIFA-nya lagi khilaf dan meloloskan Indonesia jadi tuan rumah piala dunia FIFA. Huehehehe…

    @juliach

    Betul. Daripada jadi pengamen di jalanan yang nggak jelas, mendingan disalurkan bakatnya jadi pemain sepakbola pro…

  23. Indonesia.
    Bisa !!!
    Salam kenal yya !!!

    ________________________

    Yari NK replies:

    Insya Allah bisa, kalau kita bekerja lebih keras dan lebih pintar lagi… 🙂

    Salam kenal juga, terims ya telah mampir di blogku.

  24. INDONESIA MAKE A MIRACLE
    NGATUR NEGARA SENDIRI AJE LUM BISA
    APALAGI PIALA DUNIA????
    IMPOSSIBLE !!!!
    TAPI INDONESIA GAK BOLEH NYERAH
    AWAS KALO NYERAH!!!

  25. wekekekekek
    kalian brharaplah aq jadi pemain timnas biar indonesia terkenal and bisa ngadain piala dunia

  26. Untuk jadi tuan rumah Piala Dunia Saha punya saran nih, Sebaiknya Indonesia membangun stadion yang beratap hidrolik jadi atapnya harus bisa ditutup jika hujan turun. Cz Indonesia adalah negara tropis dengan curah hujan yang besar da deras..kerena dari riset saya stadion2x baru di Indonesia kualitas lapangan dan rumputnya hanya bertahan 6 bulan saja, setelah itu lapangan menjadi bergelombang, karena sering dimainkan waktu hujan turun..

    • Biasanya kalau bergelombang seperti itu kualitas rumputnya kurang baik atau tanahnya kurang padat atau kepadatannya tidak merata bukan karena hujannya secara langsung. Hmm bisa saja sih, membuat stadion hidrolik yang bisa buka tutup, tetapi tentu itu membutuhkan biaya tambahan yang sangat besar, apalagi jikalau semua stadion dibuat sistem atap hidroliknya…. Indonesia bisa bikin stadion2 kualitas internasional saja sudah bersyukur… hehehe…..

  27. sekedar saran :
    Assalam……
    To PSSI: kt boleh punya cita2 jd tuan rmh piala duni 2022, tapi………………
    alangkh baikny lw kt jgn mimpi yg trlalu muluk2 dulu,piala AFF aj kt
    blm prnh dpt.Kt mulai dr yg kecil2 aj dulu aj….,yg plng mndesak
    skrg adlah pembenahan kepengurusan PSSInya dulu.
    truz coba deh kejar PIALA ASIA 2010 ap 2011 tu, he…he…..
    ane lupa. ya minimal msuk 8 besar lah.
    ok deh…Bravo aj buat INDONESIA.
    Wassalam…..

  28. awalnya si gw ragu indonesia bakalan jd tuan rumah PD 2022,,
    tp setelah gw ngeliat program” yg di buat PSSI utk nyuksesin rncana ini, gw jd yakin kalo indonesia mampu jadi tuan rumah…
    saluuuut bwt PSSI

    • Menurut saya yang bisa diambil dari pelajaran ini adalah semangat bangsa kita untuk berjuang menjadi sejajar dengan bangsa lain, dan memang kita jangan mengerdilkan diri kita sendiri. Kita harus belajar yakin, bahwa kita juga mampu untuk menyelenggarakan piala dunia… (mudah2an juga disertai dengan kemampuan untuk berprestasi dalam sepakbolanya) 🙂

  29. tetap optimis dong gak usah ragu buktikan bahwa kita mampu,……
    lakukan dari mulai sekarang berawal dari mimipi dan kita yang akan mewujudkannya.,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!

    • Ya betul kita harus tetap optimis. Namun keoptimisan itu harus dibarengi dengan kerja keras dan kerja yang pintar agar optimisme itu tidak berakhir dengan kekecewaan dan keabsurdan. 🙂

  30. Ari panggih Nugroho

    Hebat juga ya indonesia bisa jadi tuan rumah piala dunia, apa lagi di palaran bisa liat ampe puas…,tapi di stadion madya kukar tenggarong seberang di pake juga buat piala dunia pa engga.,.kan gak kalah mewah…

    • Untuk menjadi stadion yang memenuhi syarat FIFA tidaklah mudah. Bukan hanya sekedar besar ukurannya saja, tetapi di antaranya juga adalah: Tempat pembelian tiket harus terpisah dari stadion utama, tempat duduk tidak boleh yang panjang beramai2 tetapi satu orang harus satu tempat duduk, lantas ruang ganti juga harus dilengkapi tempat massage yang nyaman dan tentu saja harus ada video layar lebar di stadion untuk papan skor bukan papan skor elektronik primitif apalagi papan skor manual. Nah itu baru salah satu syaratnya…. 🙂

  31. sepertinya sangat sangat sulit…
    tapi kita doakan saja…
    gak ada yg tidak mungkin bukan? 🙂

  32. ORA MUNGKIN ……………………………………………………………. OJO NGIMPI

  33. oo….ala2 pssi2
    liga aja belum beres d
    mau jd tuan rumah piala dunia
    sanggup gk pssi ?

  34. FIFA akan mengumumkan negara yang berhak menggelar Piala Dunia 2022 pada 10 Desember 2010 mendatang.
    Kita tunggu ketentuannya semoga negara kita kita terpilih menjadi tuan rumah piala dunia 2022.

  35. Ping-balik: Piala Dunia Hijau 2022: Tema Indah Sebatas Pemasaran Saja?? « Spektrum Pemikiranku

  36. jadi atau ga nya indonesia menjadi tuan ruma piala dunia 2022, yang terpenting adalah komitmen kita. trus…. dampaknya, syaratnya, dan juga motivasinya. yang jelas bangun lah 12 stadion yang ingin direncanakan pembangunannya. jgn g’jadi klo kita gagal menjadi tuan rumah 2022, tetapi kita berhasil merubah wajah baru dari status dunia persepak bolaan indonesia.
    hal2 terpenting adalah :
    Gaji pemain yang lancar
    stadion bertaraf FIFA
    mental pemain
    sporter fanatik
    dukungan pemerintah

  37. saya bangga dengan PSSI, perjuangkan terus untuk dapat benar2 terpilih sebagai tuan rumah piala dunia 2022 bukan impian belaka. walaupun berat tetapi saya tetap optimiz. tapi harapan saya semua rakyat khususnya para pecinta bola meraptkan barisan untuk menjadi tuah rumah yang baik dan bermoral.

  38. saya optimis insonesia bosa menjadi tuan rumah piala dunia 2022…indonesia adalah negara yg besar,n atsmosfir sepak bola yg besar…untuk masyarakat indonesia kususnya pemerintah indonesia mohon dukungannya,,,plizzz………..

  39. Indonesia pasti Bisa……Yang penting ada kemauan & Niat. Piala Dunia itu adalah suatu Ivent yang dibuat oleh manusia toh. Indonesia juga ada manusianya, banyak lagi 2 Milyar jiwa. jd klo Eropa, Amerika, Afrika bisa menyelenggarakan Pila Dunia. kenapa Indonesia Tidak…???? Kuncinya Banyakin Dana untuk Promosi Piala Dunia 2022. Prestasi mah Nomor 2 . yang penting kesungguhan untuk menjadi tuan rumah piala dunia 2022 dan yang utama Ada ga duitnya(……? Rupiah)?.

    • owh… stuju bngetitu impian bagi semua masyrakat indonesia dan saya pribadi juga sangat mengharapkan indonesia menjadi tuan rumah piala dunia wlaupun prestasi indonesia dianggap sangt menyedihkan tapi saya yakin indonesia bisa maju seperti negara negara lain. hidup indonesia…………n_n

      I LOVE INDONESIA

  40. woyyyy bangun PSSI ….

    MAU JADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA …CKCKCKKCKC

    GA BAKALAN……

    BELUM DIBANGUN AJA,, UANGNYA PALING UDAH DI KORUPSI…

    PALING EGA IKUT PIALA DUNIA DULU …LOLOS AJA ENGGAK …

    MAU JADI TUAN RUMAH PD

    • Laah… Indonesia memang udah gugur sekarang sebagai calon tuan rumah piala dunia 2018 dan 2022, karena tidak didukung pemerintah. Karena tidak didukung pemerintahnya maka terpaksa FIFA mencoret Indonesia sebagai calon tuan rumah piala dunia…

  41. kita harus berusaha agar bisa menjadi tuan rumah fifa world cup 2022 agar dunia tau bahwa indonesia memang layak untuk menjadi tuan rumah! maka dukung terus indonesia…..
    salam satu jiwa aremania……..

  42. AYO, INDONESIA KAMU PASTI BISA MENJADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA TAHUN 2022 O.K

  43. @firsta pramudita

    Sepertinya kita sudah gugur kok dalam pencalonan tuan rumah piala dunia 2022. Negara kita sudah dicoret karena pemerintah kita nggak mendukung pencalonan tuan rumah piala dunia 2022 yang diajukan PSSI.. 😦

    @mitfah

    Kita udah gugur jadi calon tuan rumah piala dunia 2022.. 😦

  44. gimana sih pemerintah kita ini, belum apa2 udah pesimistis begitu.. padahal bnyak hal yang bisa kita (indonesia) raih dari penyelenggaraan event sebesar ini..
    oh ya ,,, untuk timnas Indonesia sebagus apapun skillnya kalo tinggi badannya masih dibawah 175cm kyaknya kita ga bakalan kuat bersaing di tingkat internasional .. lihat tim2 seperti korea dan jepang rata2 tinggi badan pemain mereka mencapai 180cm, makanya prestasi mereka bisa bersaing dengan benua lain khususnya eropa dan amerika latin…. memang ada sih di negara yang sepakbolanya majupun pemain yang tinggi badannya dibawah rata2 sperti lionel mesi (aargentina), xavi hernandez(spanyol).. tapi temen2nya yang lain tinggi badanya sangat mendukung jadi kelemahan postur seperti mesi dan xavi bisa ditutupi oleh rekan2 yang linnya ….
    so bagaimana dengan INDONESIA …lini kedua kita kalo kita lihat … PENDEK ABISS
    coba gimana kita bisa bersaing..??

  45. wah…….sampe ayam, Tumbuh GIGI pun Indonesia tak pernah bisa menjadi Tuan Rumah penyelenggara Piala Dunia. yang pertama BEnahi dulu SDMnya baru Fasilitas Olahraga. Olahraga dunia barat sama kita Indo beda jauh…. Kalau kita px prestasi olahraga yang bagus ujung-ujungnya juga diangkat sebagai PNS kan kasian bakat bolanya dibendung sama urusan birokrasi, kalu di dunia barat olahraga dijadikan PEkerjaan yang profesional..
    JAdi benahi dulu SDM nya baru fasilitas, kalu dahulukan fasilitasnya maka yang akan terjadi hanyalah Korupsi…. SETUJU

    • Menurut saya harus dua-duanya berjalan paralel. Ada satu saat kita harus membenahi fasilitas, apalagi kalau fasilitas itu minim sekali, namun begitu kita juga perlu membangun SDM dalam hal ini SDM persepakbolaan. Ya bagaimana bisa kita membangun SDM persepakbolaan kalau lapangan saja nggak punya??? Sama saja seperti bagaimana kita belajar komputer kalau nggak punya PC atau laptop?? Bisa sih bisa… hanya saja tentu tidak akan sebagus mereka yang punya PC atau laptop untuk praktek langsung…

  46. sebenarnya indonesia bisa jadi tuan rumah PD 2022 koq,tadi barusan aku lihat di situs web banyak kota2 di indonesia yg sudah me_design/masih dalam tahap pembangunan stadion di kota mereka masing2,& sebelum thn 2022 kayaknya udah pada selesai pembangunanya.. ya kita do’ain aja mudah2an duwitnya gak diKorup sama tikus2 koruptor supaya pembangunanya bisa cepat selesai,Amiiin……
    So… kita sebagai warga indonesia mesti optimis kalo indonesia bisa jadi tuan rumah PD 2022,oke brow…… BRAVO INDONESIAKU!!!!!

    • Ya…. tapi sayangnya Indonesia sudah gugur jadi calon tuan rumah piala dunia 2022, karena akhir batas pendaftaran pemerintah kita nggak mendukung PSSI untuk jadi tuan rumah piala dunia 2022…

  47. man jadda wajada ===>> barang siapa yg bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkannya..
    maju terus indonesia. amin

  48. indonesia pasti jadi tuan rumah piala dunia

  49. ayo Indonesia Bisaaaaaaaaaaaaaaa !

    smk PGRI 11 siap menyediakan lapangn untuk para atlit luar negeri…………..!

  50. ayo smoga menang dalam piala dunia……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s