Maukah Anda Mematikan Lampu Anda Satu Jam Saja?

earthhourlogoMaukah anda mematikan lampu anda, minimal satu saja, yang biasa anda biarkan menyala pada malam hari selama 60 menit pada tanggal 28 Maret 2009 pukul 20.30 nanti?? Ya….. tanggal 28 Maret 2009 pukul 20.30 waktu setempat, di manapun anda berada, adalah merupakan jam bumi (earth hour), di mana 81 negara di dunia pada jam tersebut “bersatu-padu” untuk sejenak “mendinginkan” bumi dari serangan pemanasan global. Pendinginan bumi tersebut adalah dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya yang tidak perlu selama satu jam saja pada 28 Maret 2009 pukul 20.30 nanti.

Earth Hour dipelopori pertama kali oleh WWF Australia dan baru dilaksakan secara mendunia di tahun 2008. Di tahun 2008 tersebut baru 35 negara yang berpartisipasi. Kini, di tahun 2009, rencananya 81 negara akan berpartisipasi untuk melaksakan Earth Hour ini, dan Indonesia adalah satu di antaranya. Saya sendiri baru mengetahui Earth Hour ini dari National Geographic Channel beberapa bulan yang lalu. Dan rencananya National Geographic Channel Asia ini juga akan menunda siaran regularnya selama satu jam pada pukul 20.30 waktu Hong Kong guna ikut melaksanakan Earth Hour ini.

Kenapa dengan mematikan lampu (dan peralatan elektronik lainnya) kita dapat mendinginkan bumi dari serangan pemanasan global? Ini disebabkan karena pada lampu hemat energi yang biasa kita gunakan, misalnya, hanya kira-kira 10% dari energi yang digunakan dapat diubah menjadi cahaya yang kita perlukan untuk menerangi ruangan, sementara sisanya yang 90% akan diubah menjadi panas! Nah, dengan mematikan lampu diharapkan panas yang dipancarkan dari lampu-lampu perkotaan dan juga peralatan elektronik lainnya dapat sangat dikurangi. Namun yang paling penting adalah dengan banyak mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya yang tidak perlu diharapkan konsumsi bahan bakar hidrokarbon pada pembangkit tenaga listrik dapat berkurang cukup signifikan sehingga emisi gas CO2 dapat berkurang secara signifikan. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap konsumsi bahan bakar hidrokarbon seperti minyak atau batu bara akan menghasilkan gas CO2. Dan seperti yang kita ketahui bersama dan yang pernah saya tuliskan di sini, bahwasannya gas CO2 adalah gas rumah kaca yang dapat mencegah panas keluar dari atmosfir bumi ini, sehingga dengan banyaknya gas CO2 di atmosfir maka dapat meningkatkan suhu di permukaan bumi secara signifikan. Dan tentu saja kenaikan suhu di permukaan bumi secara signifikan akan membawa dampak-dampak yang negatif dalam lingkungan hidup kita di bumi ini. Sesuatu yang tidak akan kita kehendaki bersama jikalau hal tersebut terjadi.

Nah, kini dengan mengetahui bahwa dengan mematikan minimal satu lampu saja selama satu jam saja di setiap rumah tangga dapat ikut menyelamatkan bumi dari pemanasan global, apakah pada tanggal 28 Maret 2009 pukul 20.30 waktu lokal anda, anda menjadi tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam Earth Hour ini??

53 responses to “Maukah Anda Mematikan Lampu Anda Satu Jam Saja?

  1. setuju… mari kita dukung rame2

  2. Wah kalo semua stasiun tv dan radio mendukung acara ini dng menunda siaran selama sejam pasti hasilnya sangat signifikan deh. Tp apa ada yg mau di indo ini yg mau menunda siaran seperti ngc ini ya? Tp omong2 sejam gelap2an enaknya ngapain ya mas? Haha..

  3. hmmmh… coba saya masukin dalam reminder saya… meski nggak jamin sih bakal ingat:mrgreen: e tapi kayaqnya bakal keren lagi kalau malah yang diadain itu pemadaman deh😆 mau ingat nggak ingat, atau pua2 nggak ingat, toh yang pasti lampu mati!😉

  4. Thanks for reminding me Mas. Termasuk mengingatkan, saya untuk menulis reminder ini di Blog AOE. Apa kabar Mas Yari?

  5. Jangankan 1 jam pak, seminggu saya jabanin deh, soale tanggal segitu lagi liburan ke luar kota, huahahahaha

  6. siap ndan. minta tlg sama pln juga bs. kan mrl yg plg rajin matiin lampu😀

  7. jadi ingat saat earth hour di sydney 2008 yang lalu. tapi saya malah berasanya de javu sama saat pemadaman di tanah air, walaupun sifatnya saat itu adalah voluntarily action.

    kalau soal earth hour, keren indonesia dooongg… negara kita udah lebih dulu menerapkan aksi ini sejak kapan zaman, mas. tak hanya voluntary, tapi obligasi! tak hanya satu jam, tapi bisa berjam-jam dalam sehari! dan tak hanya satu hari dalam setahun, tapi berhari-hari selama bertahun-tahun! kurang habat apa dong kita?

  8. Bisa kelupaan nih kalo gini. Berapa orang yang bisa tahu? Di National Geographic Channel sih ngasih tahunya.😕

  9. @serbagratisbuku

    Terims ya. Salam kenal juga…🙂

    @ario saja

    Ok. Siip deh….🙂

    @Ag bint

    Ya… itu sih tergantung dari stasiun TV atau radionya saja. Kalau niatnya nggak semata2 mencari keuntungan dan niatnya ikut menyelamatkan bumi yang hanya cuma satu jam saja pasti bisa deh. Tapi saya nggak yakin stasiun2 TV/radio di Indonesia mau ikutan, takut rugi. Padahal NGC yang berskala dunia saja mau ikutan……

    @Infinite Justice

    Huahahahaha….. apalagi pemadamannya semalaman, bukannya Earth Hour lagi tapi jadinya malah Earth Night.😆

    @agoyyoga

    Alhamdulillah saya baik2 saja. Ok deh, mari kita laksanakan Earth Hour ini bersama2 dengan sukarela dan gembira demi ikut menyelamatkan planet kita…🙂

    @Aria Turns

    Ok. Siiip deh…🙂

    @Raffaell

    Huahaha…. berarti nanti yang harus dimatikan bukan lampu di rumahnya dong, tetapi lampu di tempat penginapan atau di rumah luar kotanya. Huehehe….😀

    @mantan kyai

    wdh kok ini tlisnnya pd irt pk sngktn smua seh…..:mrgreen:

    @marshmallow

    Huahahaha…. Indonesia kalau soal “penghematan” energi memang paling jago ya?? Negara2 lain cuma bisanya Earth Hour negeri kita sudah lebih maju dengan Earth Day atau Earth Night.😆

    Tapi sialnya di Indo ini kalo listrik diperlukan malah padam, eh kalau waktunya Earth Hour untuk penghematan malah nyala terus. Tetapi nggak apa2 deh, toh bangsa kita masih termasuk bangsa yang paling “hemat” dalam menggunakan listrik…. huehehehe…..

    @Alias

    Di TV-TV Indonesia juga ada sih, tetapi memang tidak segencar di National Geographic Channel. Mungkin karena kebanyakan yang ditonton sinetron atau talkshow pemilu jadinya iklan Earth Hour terlewatkan.. huehehehe…. **just kidding**😀

  10. mau banget.. 2 jam juga gpp

  11. wah, kalo konsolidasi sama PLN bagus tuh. pasti mereka dengan senang hati memadamkan lampu, lha wong nggak disuruh aja mereka suka main byar pet, kok. hehe…

  12. Sejam..??? Waduh…. Kalo setuju ma setuju seh… Ku Netral aja dah….
    Coz, semenit lampunya padam aja udah bikin gelkisah setengah mati, apalagi sejam ya..???

    Trus setuju tuh ma komentarnya Ag Bint… Lampu dipadamin sedunia kayak gini enaknya mo ngapain..?? Hayo..!! Jangan Jorok yoo…!!

    mmm…. Sebagai pertimbangan, boleh gak Posting ini KU posting di blogku yao..????

  13. tak dimatikan pun….
    listrik di kota saya
    sering padam berjam-jam mas…hehehe
    btw, demi kebaikan, jangan mematikan lampu sejam,
    lebih dari itu pun seharusnya kita rela…
    inspiring bro…..thanks

  14. jangan…..maksudnya jangankan
    trlalu semangat komen, jd
    bersalahan nih.. 🙂

  15. setuju aja deh gan….tapi mata kita jadi harus kerja ekstra keras tuh…

    kenapa?

    soale…si rampok bilang “saatnya gue beraksi neh”

    jiakakakakakakakakak……

  16. Setuju..kalo matiin hape juga, gak gunakan laptop, gak nonton tivi trus uduk2 aja 1 jam juga ngaruh kan? pokoke Sabtu 20.30 kurangi konsumsi listrik? begitu kah pak..Ok deh,,Salam kenal pak..

  17. Saya setuju, namun akan lebih sukses kalau dipadamin dari gardu-gardu induk saja, dijamin padam semua.

  18. @zoel

    Satu jam saja. Yang penting benar2 dilaksanakan….🙂

    @goenoeng

    Huehehe…. jangan2 nanti pemanasan global dijadikan alasan oleh PLN jikalau terjadi pemadaman!:mrgreen:

    @Hayus

    Enaknya?? Ya… bobo dong!! Tapi jangan bobo plus, ya!! Huehehe…..

    Ok deh, silahkan memostingnya….🙂

    @mikekono

    Yang diminta sih sejam saja bang, bukan dua jam. Di sini yang penting adalah kesadaran dan keikhlasan serta kesungguhan untuk melindungi bumi kita dari pemanasan global, bukan berapa lamanya kita memadamkan lampu…🙂

    @RAY Globalindo Resources

    Lha…. bagaimana rampoknya juga mau beraksi, wong tempatnya yang akan dirampok juga gelap gulita kok!! Sama2 nggak bisa ngelihat. Paling2 pakai senter. Kalau pakai senter ya ketahuan dong! Wakakakak….

    @romailprincipe

    Bisa juga. Yang penting adalah kesungguhan kita untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Salam kenal juga….🙂

    @ubadbmarko

    Kalau begitu sekalian saja pasokan minyak dari Pertamina ke PLN distop aja. Ditanggung padam semua! Huehehehe…..:mrgreen:

    @hastu

    Terims kembali…🙂

  19. wah.. musti dijadiin gerakan yang lebih kuat lagi nih..
    hayoo.. DUKUNG!!

  20. salam kenal mas…kalau di sekolah kami selama siang hari meski mendung sekalipun tidak pernah menyalakan lampu di kelas-kelasnya..kecuali di ruang2 reuang tertentu..seperti audio visual dan komputer.itu pun juga jarang karena pemakaiannya tidak setiap hari ..kalau malam pun hanya beberapa lampu yang dinayalakan…saya mendukung gerakan tersebut…silahkan berkunjung ke almuslimsurabaya.wordpress.com..

  21. klo di gedung fasilitas umum seperti rumah sakit, bandara dll ikut mati listrik nggak pak?

  22. wah saya sangat setuju untuk menyelamtan bumi mari kita dukung!!!!!!!!!
    hayooooooooooo……….matikan lampu cuma 60 menit tapi dampaknya luar biasa……………….

  23. Waah…saya malah hanya menyalakan lampu yang dianggap perlu, agar bayar listriknya murah..hahaha
    Dan kalau siang hari tanpa ada lampu menyala, karena matahari telah cukup terang…

  24. Memang bumi udah kepanasan udah mau kiamat, makanya pada tobat…
    sebelum dunia kiamat…..

  25. @Billy Koesoemadinata

    Ayo… kita ramai2 selamatkan Bumi kita, satu2nya tempat di mana kita bisa hidup….🙂

    @almuslimsurabaya

    Salam kenal juga. Wah bagus tuh, berarti penghematan listriknya dilakukan secara kontinyu dan tentu hal tersebut sangat berarti bagi planet kita tercinta ini. Ok, tunggu ya, nanti ada kunjungan balik…🙂

    @herr

    Gerakan ini tidak untuk membahayakan jiwa seseorang tentu saja. Andaikan listrik diperlukan untuk keselamatan banyak orang, tentu listrik tersebut tidak perlu dipadamkan atau dimatikan…. Jiwa manusia tetap diutamakan…. Namun jikalau ada lampu atau peralatan elektronik lainnya yang tidak diperlukan di RS atau bandara, tentu dapat juga dimatikan…🙂

    @andriani

    Betul…. 60 menit tetapi dampaknya luar biasa. Dampak pada bumi kita dan insya Allah dampak psikologis pada orang2 yang menjalaninya untuk menyadari bahwa temperatur bumi kita memang perlu dijaga…🙂

    @edratna

    Huehehehe…. malah bagus bu. Tetapi mudah2an yang paling penting adalah kesadaran bahwa dengan penghematan listrik berarti ikut menyelamatkan bumi kita. Jadi andaikan nanti misalnya listrik kita dibayarin oleh kantor, dengan kesadaran tersebut kita tetap berhemat dan tidak mentang2…🙂

    @Abdul Ghofur

    Tobat seharusnya dilakukan jauh sebelum hari kiamat malah… huehehe….

  26. Gerakan ini harus sering-sering dilakukan…
    Mengingat cadangan listrik kit ayng terbatas, kita hrus menggunakannya sehemat mungkin..
    Kalo satu orang menghemat 1 lampu aja dikali seluruh jumlah penduduk dunia, pasti akan berpengaruh banyak bagi bumi kita..
    save our earth start from our heart, start from our hand, and start now!!

  27. Menurut saya sih bagus-bagus aza,tetapi tinggal masyarakat dunia aza perlu memahami masalah ini dan apakah mau memadamkan lampu 1 jam wong beberapa menit aza banyak yang protes,yang bayar listrik aza kita sendiri ngapain diperintah untuk mematikannya

  28. Gerakan yang patut diikuti,… Baiklah pak,… saya akan lakukan,…..

  29. Saya mulainya dari sekarang aja ya Pak… Habisnya tagihan listrik ga pernah kompromi nih…🙂

  30. tentu saja…
    dan juga untuk menghemat listrik…

  31. @Daniel

    Ya saya setuju. Selain mengurangi emisi gas karbon dioksida ke udara yang merupakan gas rumah kaca, penghematan listrik juga menjurus kepada penghematan bahan bakar. Pokoknya penghematan listrik selalu ramah lingkungan dan tentu saja selalu ok…🙂

    @Samsul

    Nah… justru itu kita sekarang dilatih berfikir, terutama mereka yang ‘sok kaya’ yang merasa mampu membayar listrik, bahwasannya penghematan ini adalah untuk kita2 juga akhirnya. Kita dilatih untuk berfikir jangka panjang bukan hanya berhenti pada pemikiran jangka pendek saja….🙂

    @avartara

    Ok… terima kasih… ini semua untuk bumi kita… tempat tinggal kita satu2nya di jagad raya ini…🙂

    @soyjoy76

    Ya udah… malah bagus tuh… tapi yang penting nanti kalau sudah jadi milyarder mudah2an tetap ingat penghematan listrik demi planet kita tercinta ini…🙂

    @demoffy

    Sambil menyelam minum air….😀

  32. Setuju, dan saya ikutan jg akan mematikan lampu, juga akan mengajak serta teman-teman di desaku. Mudah-mudahan dapat banyak yg ikutan.

  33. Dan tgl 29 Maret 2009 akan dilanjtkan dgn menanam 1.000 pohon di desaku. Jadi, total pohon yg ditanam selama 2009 ini adalah 4.500 pohon. Semoga terus bertambah. Dan pemanasan global dpt diperlambat, semoga.

  34. setujuuuu bangettttttttttt, semoga semua orang sadar dan mau. ini khan bukan sesuatu yang berat. mari kita mengingatkan tetangga, sodara2 atau rekan2 yang lainnya agar peduli dengan bumi ini. karena jika kita sayang bumi ini pasti juga akamn menyayangi kita. hehehehehehehe….

  35. @Mila

    Wah…. bagus itu….. selamat ya…… mudah2an bumi aksi tersebut bisa diikuti oleh daerah2 lain dan juga mudah2an aksi tersebut dapat diikuti oleh daerah2 lain sehingga bumi kita menjadi lebih hijau lagi dan bumi kita menjadi lebih ramah lagi kepada kita….🙂

    @melania

    Betul tuh, dan andaikan tetangga kita tidak mau ikutan ya biarkan saja. Kita matikan saja lampu dan peralatan elektronik kita sebanyak mungkin selama sejam saja, sebagai kompensasi bagi tetangga kita yang tidak mau ikutan…🙂

  36. tak ada alasan untuk menolaknya kan?😛

    http://reatheryan.co.cc

  37. xixixixixixixixi….
    (^_^)””
    semoga pemanasan global jadi berkurang

  38. bagus.. klo kito matikan alat listrik itu berarti sedikit menyelamatkan bumi kito.. klo byk yg matikan lampu kan >> ujung2 na bumi selamat
    tapi klo yg matiin tuh alat elektronik cuma dikit, ya.. ga da guna.

    wa mo komen ne….
    “Nah, kini dengan mengetahui bahwa dengan mematikan minimal satu lampu saja selama satu jam saja di setiap rumah tangga dapat ikut menyelamatkan bumi dari pemanasan global”

    klo gitu wa matiin lampu satu biji aj…. minimal satu bole kan : )

  39. @Ian

    Kalau penolakan sih nggak, cuma biasanya orang malas melakukannya. Lagian kalau cuma himbauan biasanya tidak ada penolakan. Yang ada penolakan biasanya adalah keharusan….🙂

    @Herlambang

    Amin.🙂

    @Bdk Jambi

    Ya… minimal memang satu saja sudah cukup membantu. Mematikan alat elektronik yang kecil2 juga lumayan kok, bukannya nggak ada guna. Jikalau satu orang mematikan alat elektronik yang kecil, sejuta orang atau lebih jadi cukup lumayan untuk membantu mengurangi pemanasan global….🙂

  40. Yg boros listrik gedung2 pemerintah, rakyat udah belain2 menghemat listrik, gedung pemerintah terang menderang, coba datang k pulau buru kota namlea liat gedung bupati, rmh dinas bupati n wakil bupati, krisis listrik di sini

  41. sama mas, di solo juga. saya tidur awal dan hp, tv, radio, tape, bahkan obat nyamuk juga gak saya nyalain,

    eh orang2 malah pada begadang semalam suntuk…piye…ki

  42. Ping-balik: Bagaimana Earth Hour Anda?? Apakah Anda Menggunakan Lilin? « Spektrum Pemikiranku

  43. info yang saya dapat, earth ournya tanggal 27 maret jam 20.30-21.30
    MANA YANG BENAR???

  44. bukannya tgl 27 mas?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s