Selamat Bagi Yang Menang…….

Pengumuman hasil akhir resmi KPU masih lama, namun dari berbagai hasil Quick Count yang metodenya sangat terpercaya sudah bisa diketahui partai mana pemenangnya. Untuk itu saya mengucapkan selamat saja deh buat pemenangnya. Buat yang kalah semoga bisa belajar berbesarhati menerima kekalahannya karena dari setiap peristiwa elektoral seperti ini memang harus ada yang kalah dan harus ada yang menang.

Sementara buat yang menang tentu jangan merasa terlalu berbesarhati dan terlalu mabuk kemenangan. Karena kemenangan dalam pemilu ini baru sebagai titik awal saja untuk ujian lebih lanjut lagi (terlebih jika partai pemenang legislatif ini nantinya akan juga memenangi pemilu presiden nantinya) yaitu membawa negeri dan bangsa ini kepada status yang ‘lebih tinggi’ lagi di segala bidang (bukan hanya di bidang ekonomi) pada lima tahun mendatang. Seperti seorang mahasiswa, kemenangan dalam pemilu ini ibarat sang mahasiswa baru sukses dalam ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Namun tentu ujian seleksi masuk perguruan tinggi ini bukanlah tujuan akhir si mahasiswa, tujuan akhir si mahasiswa adalah tentu saja lulus dari perguruan tinggi tersebut dengan hasil sebaik mungkin. Begitu juga dengan parpol pemenang pemilu, apakah nanti lima tahun mendatang ia akan lulus dengan predikat memuaskan, biasa-biasa saja atau mungkin juga ia tidak lulus. Semuanya bisa saja tejadi.

Namun begitu, siapapun pemenang pemilu kali ini (dan tentunya juga pemenang pemilihan presiden kelak) harus sepenuhnya kita dukung. Karena pemenang pemilu ini sudah lewat mekamisme demokrasi yang cukup baik (walaupun masih banyak ada kelemahan di sana sini). Jadi siapapun pemenangnya mari kita dukung pemenang pemilu tahun ini untuk menjalankan roda pemerintahan dan fungsi legislasi untuk lima tahun mendatang. Mendukung di sini tentu saja bukan berarti harus seiya-sekata, namun juga termasuk koreksi dan kritik yang membangun. Ingat: kritik yang membangun yang kalau bisa dilengkapi dengan jalan alternatif yang komprehensif. Jangan hanya sekedar kritik dengan semangat hanya untuk menjelek-jelekkan lawan politiknya. Bagaimanapun juga jika setiap komponen bangsa di negeri ini dapat bekerjasama demi kemajuan bangsa dan tidak melulu hanya memikirkan parpolnya semata tentu hasilnya akan jauh lebih baik karena saya juga yakin bahwa partai ataupun pemerintahan yang bakal menang pemilu tahun ini bukanlah partai ataupun pemerintahan yang super. Merekapun membutuhkan input yang berharga dari setiap komponen bangsa. Ingat: Pemenang dari setiap pemilu hanyalah karena mereka adalah yang paling dipilih rakyat namun mereka belum tentu yang terbaik di negeri ini.

Nah, sebagai akhirul kata sekali lagi saya mengucapkan selamat bagi parpol pemenang pemilu legislatif kali ini……..

24 responses to “Selamat Bagi Yang Menang…….

  1. contrengan saya juga menang hehehe…

  2. wah sayangnyah saya gak nyontreng, pak 😀

  3. tdk ada gading yg tdk retak. setiap parpol dan pemerintahan masing2 ada kekuatan dan kelemahannya sendiri2. Dng saling membantu diharapkan bangsa dan negara ini akan menjadi kuat senantiasa..

  4. ya..selamat..selamat berjuang..
    jangan lupa ya ma janji2nya…
    heheheh….

    salam kenal🙂

  5. idem sama Pak Yari NK
    selamat, ingat jaga amanat

  6. senang bagi yg menang, susah bagi yg kalah. jalan masih panjang. *halah*

  7. hal yang paling saya banggakan dari pemilu kali ini adalah sudah mulai terlihatnya kesadaran dan kecerdasan politik rakyat indonesia (data anekdotal dari pengamatan sederhana saja). semoga pemahamam politik yang baik ini tak hanya jadi milik rakyat pemilih, namun juga para legislator yang terpilih.

    saya suka analogi mahasiswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi, mas yari.

  8. Semoga, siapapun yang menang membawa amanah, berbuat sesuai hati nurani untuk kepentingan negara dan rakyat

  9. @yudi

    Contrengannya menang ya?? Wah… selamat deh. Contrengan saya malah kalah… huehehe… tapi nggak apa2…. Yang kalah belum tentu lebih buruk dalam kasus elektoral seperti ini, bukan begitu?😀

    @abee

    Ya nggak apa2. Nyontreng sendiri di rumah, apa aja juga boleh dicontreng sebagai ‘balas dendam’ karena nggak nyontreng di pemilu. Huehehe….

    @Ag bint

    Yup. Itu dia intinya. Dengan kelemahan dan kekuatannya sendiri2 setiap komponen bangsa selayaknya bisa saling menutupi kelemahan2 komponen yang lainnya. Berfikir secara rasional nasional jauh lebih penting dibandingkan berfikir secara kepartaian melulu….😀

    @yessigreena

    Betul. Janji harus ditunaikan bukan digombalkan…😀
    Salam kenal juga…..

    @ILYAS ASIA

    Ingat jaga amanat agar rakyat selamat dan kehidupan bernegara senantiasa sehat…😀

    @almascatie

    Mau makan angin apa makan ati??:mrgreen:

    @siti jenang

    Yang menang kini hati terasa lebih tenang, yang kalah hati harus lebih tabah tapi jangan menyerah karena masih ada kesempatan di masa yang akan datang….😀

    @marshmallow

    Iya ya…. jangan kebalik….. anggota legislatifnya lebih ‘bloon’ dibandingkan rakyat yang memilih. Sebab kalau kebalikannya, nggak kebayang, malah lebih runyam kelembagaan negara kita….😦

    @edratna

    Ya… ketika pemilu usai, kita harus berfikir kembali ke dalam kerangka nasional demi kemajuan bangsa…….

  10. Selamat..
    Partai saya juga menang…😛

  11. selamat buat yang menang, stress buat yang kalah…
    ngeblog jalan terusssss..

  12. Wah Sial…….
    Pemilu kali ini roy gak dapet kartiu pemilih……………
    yah selamat juga lah wat yang menang…

    kasihan yang kalah banyak yang setress

  13. bjah… yang menang partij saya pak… partij putih!:mrgreen: sekarang lagi sibuk nentuin capres yang paling pas buat mewakili golput yang notabene adalah pemenang contrengan kemaren😆

    e tapi kalau yang menang itu lagi, berarti ndak seru dong contrengan kemaren… bisa2 orang nomer wahid di negriku indonesia beliaunya lagi?

    *gontai*

  14. @Tuyi

    Partai Golput??:mrgreen:

    @muhamaze

    Bikin Partai Ngeblog yuk?? Visi dan Misinya adalah “Mangan ora mangan sing penting ngeblog!”:mrgreen:

    @ardianzzz

    Yang dipaksa juga nggak keberatan kan??:mrgreen:

    @roy

    Kalau begitu anda termasuk dalam partai yang menang. Soalnya yang menang pasti golput deh…. huehehe…..

    @Infinite Justice

    Apa sebaiknya Golput mempunyai capres dan cawapres tersendiri??:mrgreen:

  15. PD suaranya melangit, moga sejahterakan rakyat ya
    PKS suaranya bergerak naik, moga makin berssih dan peduli ya
    Golkar, PDIP, PKB, PPP turun, perbaiki kualitas kerjanya ya
    PAN menurun dikit, moga benar-benar amanah ya
    Gerindra dan Hanura bintang baru kali ini, tunjukkan kelebih baikannya

    Setidaknya ini hasil quick count🙂

  16. ……tema pokoknya adalah pemilu buat semua…..intinya siapapun pemimpinnya dan apapun parpolnya…..kalau kalah siap lapang dada dan ikhlas….kalau menang tidak harus takabur….. harus kental dengan rasa syukur…tidak ingkar nikmah……….dan pegang-tegakkan amanah….insya allah menuai berkah….. buat semua, bukan buat golongan semata…..insya allah…..amiiin….

  17. Weh…… karna sya GOLPUT, maka sya ucapkan SELAMAT Juga deh…

  18. @achoey

    Pendek kata, baik yang suranya meroket ataupun yang menurun, mudah2an semuanya bisa berbuat yang terbaik bagi bangsa dan rakyat negeri ini. Jangan hanya memikirkan masalah kepartaian melulu. Bukan begitu?🙂

    @sjafri mangkuprawira

    Betul prof. Baik yang menang maupun yang kalah, semua adalah ujian daripadaNya. Mudah2an semua fihak dapat menterjemahkan arti kemenangan dan kekalahan masing-masing dengan arif, bijaksana dan cerdas sehingga mereka dapat berbuat lebih banyak dan lebih positif lagi baik bagi kelompoknya sendiri terlebih bagi bangsa ini…. Insya Allah dengan begitu bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

    @Raffaell

    Selamat buat GOLPUT sebagai pemenang absolut pemilu kali ini. Huehehehe…..:mrgreen:

  19. saya juga berharap jika benar para pemimpin PARTAI yang selama in berkoar atas nama bangsa agar bisa menerima kekalahan bukan membuat percikan api yang kelak bisa membara

  20. lanjutkan perjuanganya ..he…he…
    partai contrenganku urutan ke 4 hehe.. tapi moga tetep setia melayani rakyat.

  21. selamat bagi yang menang…. sering-sering bikin Pemilu yah…. jadi serig-sering dapat honor… hehehehe

  22. @omiyan

    Ya… betul… percikan api semacam itu akan menghambat kemajuan bangsa ini bahkan dapat membahayakan keutuhan bangsa ini…..

    @Aa Yohan

    Partai contrenganku malah urutan ke-5. Huehehe…. Tetapi saya tidak pernah setia pada sebuah partai. Tiga kali ikut pemilu pasca reformasi, partai2 yang dicontreng (atau dicoblos) lain-lain semua. Huehehe…..

    @madhysta

    Wah dapat honor ya?? Bisa makan-makan dong….😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s