Energi Dahsyat Dari Tempe!!

Tempe
Tempe

Jangan pernah meremehkan tempe karena energi yang dihasilkan bisa jadi melebihi energi yang dilepaskan oleh bom atom yang dijatuhkan AS di kota Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II yang lalu. Kok bisa begitu?? Nah, untuk itu tanpa bertele-tele lagi mari kita langsung ikuti energi-energi apa saja yang mungkin dapat dihasilkan oleh tempe tersebut.

Energi Kimia
Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs ini, 80 gram tempe dapat menghasilkan energi sebesar 150 Kalori. Energi tersebut kira-kira setara dengan 628 kilojoule. Energi sebesar itu dapat membuat suhu 2,1 kg air naik dari 25°C menjadi 95°C:
Q= mcΔt.
Q = 628.000 joule.  c air = 1 kalori/g°C = 4,19 joule/g°C
Δt= (95-25)°C = 70°C
628.000 = m x 4,19 x 70
m = \frac{628.000}{70 \times 4,19} \approx 2100 gram atau 2,1 kg.
Jikalau 2,1 kg air tersebut adalah air murni maka volume air tersebut kira-kira adalah 2,1 liter.
Energi dari 80 gram tempe tersebut saja sudah cukup dahsyat bukan? Walaupun energi sebesar itu masih jauh di bawah energi yang dilepaskan oleh bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima tentu saja. Energi dari tempe tersebut merupakan energi kimia yang terdapat di dalam tempe tersebut jikalau tempe tersebut dimakan. Energi tersebut kebanyakan berasal dari karbohidrat, lemak dan protein yang ada pada tempe tersebut. Energi tersebut didapat dari perubahan komposisi kimiawi dari sang tempe. Tentu saja banyaknya energi kimia dari sebuah makanan tergantung daripada komposisi zat gizi (nutrien) dari makanan tersebut.
Ok… sekarang energi apa lagi yang mungkin dihasilkan oleh sepotong tempe?? Yang dua berikut ini sedikit ‘maksa’ tapi serius dan ilmiah !!:mrgreen:
Energi Kinetik
Nah, jikalau anda ingin merasakan energi kinetik dari tempe mudah saja. Jatuhkan tempe seberat 1 kg ke kepala anda dari ketinggian 10 meter dari kepala anda. Berapakah energi yang dirasakan oleh kepala anda?? Seperti yang telah kita pelajari dari SMP, rumus energi kinetik adalah:
E_{k} = \frac{1}{2} m v^{2}
m = 1 kg.
v = \sqrt{2gh} <—— rumus kecepatan benda ketika sampai di tanah kepala yang berasal dari rumus Gerak Jatuh Bebas (namun tentu saja rumus ini sangat mengabaikan faktor udara).
g = 10 m/s2 <———– tetapan percepatan gravitasi bumi.
h = 10 m.
jadi v = \sqrt{2 \times 10 \times 10} \approx 14 m/s.
Jadi energi kinetiknya adalah: E_{k} = \frac{1}{2} \times 1 \times 14^{2} = 98 joule.
Tentu energi ini sangat ‘kecil’. Bandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh mobil seberat 1 ton yang melaju kencang 80 km/jam. Ketika anda berada di jalan dan anda tiba-tiba ditubruk mobil seberat 1 ton yang tengah melaju kencang 80 km/jam, maka anda akan merasakan energi (yang tentu saja dapat berakibat fatal tersebut)  sebesar:
E_{k} = \frac{1}{2} m v^{2}
m = 1 ton = 1000 kg
v = 80 km/jam \approx 22 m/s
jadi energi kinetiknya \frac{1}{2} x 1000 x 222 = 242.000 joule atau 242 kilojoule.
Nah, besar kecilnya energi kinetik dari tempe tersebut tentu bukan ditentukan oleh zat gizi yang terkandung di dalam tempe tersebut namun semata-mata tergantung dari massa (berat) tempe tersebut dan kecepatan tempe tersebut saat menimpa kepala anda suatu benda. Andaikata tempe yang dijatuhkan adalah seberat 1 ton dan kecepatan tempe pada saat menimpa kepala anda adalah 80 km/jam (untuk itu harus dijatuhkan dari tempat yang lebih tinggi lagi) maka energi yang dihasilkan 1 ton tempe ini sama besar dengan energi yang dihasilkan 1 ton mobil yang sedang melaju pada kecepatan 80 km/jam tersebut yang dapat dirasakan ketika mobil tersebut menabrak tubuh seseorang.
Konversi Massa Menjadi Energi
Nah, menurut fisika klasik ketika benda dalam keadaan diam maka ia tidak mempunyai energi (kinetik) karena kecepatan benda adalah 0 km/jam. Namun ternyata opa Einstein berpendapat lain. Ia berpendapat bahwa walaupun benda tersebut diam namun massa setiap benda adalah ‘kumpulan’ dari energi dan massa dapat dikonversikan menjadi energi lewat rumusnya yang sangat terkenal tersebut: E = mc2.
Contoh adalah 80 gram tempe di atas. Berapakah energi yang dihasilkan dari 80 gram tempe di atas jika seluruh massa tempe tersebut diubah menjadi energi?
E = mc2
m = 80 gram = 0,08 kg
c = 3 x 108 m/s <—— tetapan kecepatan cahaya
E = 0,08 x (3 x 108)2 = 7,2 x 1015 joule.
Energi sebesar itu tentu sangat besar sekali. Sebagai perbandingan energi bom atom yang dilepaskan di Hiroshima adalah sebesar 13 kiloton TNT yang setara dengan 5,4 x 1013 joule.  Jadi energi yang dihasilkan oleh 80 gram tempe yang dihasilkan ketika seluruh massa tempe tersebut diubah menjadi energi maka energi yang dihasilkan tersebut lebih dari 100 kali energi yang dihasilkan dari bom atom yang diledakkan di Hiroshima!! Dahsyat bukan?? Sayang…. sampai hari ini belum ada teknologi yang sanggup mengubah massa benda seperti tempe ini menjadi energi. Jikalau sudah ada tentu bisa jadi problema krisis energi yang terjadi saat ini dapat dipecahkan. Apalagi bukan hanya tempe yang bisa diubah menjadi energi, tetapi setiap benda yang bermassa dapat diubah menjadi energi termasuk barang-barang bekas anda yang sudah tidak terpakai lagi bahkan tahi kucingpun dapat diubah menjadi energi !!:mrgreen:

56 responses to “Energi Dahsyat Dari Tempe!!

  1. Iya ya, Indonesia jadi kaya, hehehe secara menghasil tempe dengan mudah, oh ya, jgn jgn nanti ada senjata yang terbuat dari tempe lagi.

  2. doh rumus lagi.. mumet sirahku (huehehehe)

  3. eheheheheh tempe tuh wajib dalams etiap masakan dirumah

  4. tapi kalo bom atomnya ga diledakin tapi diubah juga semuanya jadi energi tetap saja energinya lbh dahsyat dr 80 g tempe kan? hehe..

  5. Duh… aje gile … segitunya energi tempe, kl tahu gmn bang🙂

  6. kalau diubah seperti itu tidak menutup kemungkinan tempe menjadi barang mahal dan langka. kalau udah gitu gak akan ada tempe di meja makan.
    nice artikel om.

    • trus di mana bos…. jangan ngeres yah…

      • ngeres gimana sih. :pura2 gak tau mode on:
        kalau pikirannya aku dan kamu sama pasti pikirannya ke …
        ke restoran mewah maksudnya. nanti tempe akan menjadi hidangan bergengsi sampai2 ngalahin masakan cina, perancis, italia, dll. yang ada cuma tempe + sambal. Hmmm enaknya…

        apalagi kalo
        “belah duren di malam hari paling asik dengan kekasih. dibelah dibelah.. enak bang dibelah”
        ayo tebak judul lagu dan penyanyinya. apa judulnya? dan siapa penyanyinya?

  7. @Raffaell

    Kalau diubah dari massa ke energi. Semua makanan dapat menghasilkan energi yang dahsyat. Bahkan bukan hanya makanan tetapi semua barang yang bermassa tentu saja. Semakin besar massanya semakin besar energi yang didapat…😀

    @mantan kyai

    Biar nggak pusing perlu diparparkan kepada energi sebesar 7,2 \times 10^{15} joule. Ditanggung pusingnya hilang selamanya!:mrgreen:

    @omiyan

    Kalo yang makanan sunnah apa ya??:mrgreen:

    @Ag bint

    Huehehe…. iya juga seh. Tapi kalo bom atomnya lebih ringan dari 80 gram, ya masih menang tempenya dong!! **maksa**:mrgreen:

    @maskoko

    Tahu sama saja. Yang membedakan besar kecilnya energi yang dihasilkan dari konversi massa menjadi energi hanya besar massanya (beratnya) saja. Semakin besar massanya semakin besar energi yang dihasilkan…🙂

    @taufik

    Huehehe… ya kalau begitu… yang diubah jadi energi nggak usah tempe, tetapi tomat atau yang lainnya saja. Sama saja kan?? Karena 80 gram tempe dengan 80 gram tomat ataupun 80 gram benda2 lainnya akan menghasilkan energi yang sama besar jika seluruh massa benda2 tersebut diubah menjadi energi….🙂

  8. Ini dia Pak
    Makanya saya suka makan tempe

  9. di kampung sebelahku… termasuk sentra produksi tempe… tapai kayaknya pada ga pernah pake rumus segitu rumit ya… hehehehe

  10. terimakasih untuk pengetahuaannya…
    karena saya termasuk penggemar tempe

  11. Aih… mas-mas ini pada aneh-aneh deh…

  12. makanan favorit tuh, apalagi mendoan and bacem, seminggu aja ga ketemu udah pusing rasanya, sakao

  13. he,,he,,he,,,Q pun juga suka bgt mkan tempe,,, palagi tempe mendo,,:D

  14. Doh, bikin puyeng rumusnya

  15. Artikel Yang bodoh ,… Kalo cuma hitungan kayak gitu gak usah pake tempe 80 gram,.. debu aja juga bisa,.. masalahnya unsurnya radioaktif atau enggak.
    mendingan dalemin dulu ilmunya sebelum bikin artikel

  16. selain energi dari tempe, ada lagi energi dahsyat khas indonesia, yaitu energi bakiak! selain menggunakan cara rumit untuk konversi massa maupun hitungan kinetik, bakiak dapat pula diambil energinya menggunakan cara sederhana. Cukup digetokkan ke kepala ente😀

  17. BEST SIM-RS Sertifikasi Internasional, Rhinotones, kunjungi http://www.rent-at-soft.net

  18. Teorinya gitu ya. Hm…bersiap-siaplah nanti Indonesia memproduksi PLTT (Pembangkit Listrik Tenaga Tempe), atau BBT (Bahan Bakar Tempe) untuk rumah tangga ataupun kendaraan bermotor. Bisa-bisa juga batere HP hingga Laptop bahan dasarnya tempe. Tapi ngomong-ngomong Indonesia masih Impor kedele gak ya🙂

  19. gak usah tempe, kentut juga bisa dihasilkan energi
    kumpulin aja kentut orang seindonesia selama sebulan
    lalu ledakan pasti lebih dasyat dari bom atom
    ngumpulin kentut gratis loh….

  20. kalo jumlah orang indonesia 200 jt dan dihasilkan tiap satu orang 1 gram kentut
    maka dalam satu minggu bisa dibanyangkan untuk dihasilkan energi
    dan semua itu cuma2 terus ditampung lalu coba ledakan, mana yang lebih
    dasyat tempe atau kentut

  21. tempe digoreng, direbus
    disambal, tetap enak dimakan
    btw, kl tempe memendam
    energi dahsyat,
    kenapa pula mereka yang
    loyo dan pengecut disebut
    bermental tempe ?

  22. pembahasannya mantap sekali..

  23. untunglah kalau mau bikin tempe tidak perlu hitung-berhitung pake rumus rumit kayaq gini… kalau iya, bisa-bisa kudu sekolah sampai S2 buat bikin tempe:mrgreen:

    tapii, yang jadi pertanyaan adalah apabila kita punya sumber energi yang potensial macam ini, kenapa negara kita masih saja krisis energi? jangan-jangan orang indonesia lebih suka makan burger ketimbang tempe…?

    *soknasionalispadahaljarangmakantempe*

  24. haaayyyaaahh… ada itung”an fisika sama kimianya… (ngga ngerti) 😦
    tapi gw setujuh kalo tempe emang aajjjiiib ( Lhooo…! )

  25. Onde mande Dahsyat atuh .

  26. Dua orang pendukung sejati tempe dari kecil sampe menghasilkan karya-karya ada di disini

  27. Tempe memang makanan wajib di rumah………….baru tahu tempe segitu dahsyatnya……..

  28. oh tempe makanan favoritku, tapi kok katanya patennya tempe dipegang jepang yah, memilikan kalau begini
    info merek merek daging olahan di pasaran yang mengandung babi : http://indocashregister.com/2009/04/16/info-konsumen-ritel-5-merek-dendeng-mengandung-babi/

  29. @achoey

    Siip deh… lestarikan makanan nasional… walaupun kedelenya impor dari USA. Huehehe….

    @madhysta

    Yeee…. ini kan bukan rumus untuk bikin tempe tetapi untuk menunjukkan bahwa tempe kalau dikonversi semua jadi energi bisa menghasilkan energi yang dahsyat….:mrgreen:

    @dewi

    Terima kasih kembali juga. Ini bukan ilmu tentang pertempean loh… tetapi tentang energi yang dikandung dari sebuah materi….😀

    @Hanie

    Huehehe…. jadi tersanjung….:mrgreen:

    @tricks video editing

    Wah… rupanya penggemar tempe sejati ya?? Nggak apa2 bagus tuh…..

    @manja

    Siip deh. Tempe sip. mendo juga sip tentu saja.😀

    @Reynaldo

    Biar pabrik obat pusing laku….:mrgreen:

    @cashinoroyal

    Komentar yang bodoh pula dari anda. Ini bukan berbicara masalah radioaktif tetapi semata2 untuk mengapresiasi energi yang berada pada sebuah benda. Jadi sebelum berkomentar jadi pinter dulu ya…….😛

    @asal

    Wadauuuw….:mrgreen:

    @kellyamareta

    Iya betul tuh…. energi bakiak… juga kerasa kalau dipukulin ke kepala. Di rumah mbak sering meraktekin ya??:mrgreen:

    @guest

    Terims atas info linknya…..

    @pimpii

    Hmm… kayaknya sih masih lama. Soalnya teknologinya aja di dunia ini belum ada yang bisa mengubah sebuah benda menjadi energi. Masih harus nunggu ratusan tahun lagi kali.

    Kayaknya sih Indonesia masih impor kedele tuh. Belum ada kemajuan.😦

    @medi

    Nggak usah kentut…. kumpulin barang bekas yang ada aja… atau tiap orang nyumbang sehelai rambut, yang nggak ada rambut karena botak, boleh ehm… dari rambut bagian lainnya, kan praktis kan?? Huehehe….:mrgreen:

    @mikekono

    Itu karena mereka tidak tahu persis energi dan gizi yang dihasilkan tempe. Mangkannya bilangnya bermental tempe, seharusnya bilangnya ‘bermental fastfood’ macam hamburger karena hamburger itu yang junkfood. Huehehe….

    Btw… senang sekali bertemu bang Mike lagi di sini…🙂

    @kenmahdi

    Terims…..🙂

    @Infinite Justice

    Huehehe… ini kan baru harapan saja. Si tempe belum bisa 100% dikonversikan menjadi energi karena teknologinya di belahan bumi manapun belum ada…. Jadi belum bisa dijadikan $$$:mrgreen:

    Iya ya… kenapa orang Indonesia sekarang lebih senang burger?? Kelihatan lebih bergengsi kali… padahal burger sebenarnya makanan murah. Kalau cordon bleu, atau smoked salmon… nah itu baru berkelas… **halaah**:mrgreen:

    @curiouz

    Betul. Jadikan tempe tuan rumah di negeri sendiri…😀

    @airyz

    Sayang saat ini belum bisa direalisasikan karena teknologinya belum ada…😀

    @elexyoben

    Terims atas linknya…. nanti saya akan meluncur ke sana….🙂

    @umukamilah

    Sebenarnya yang dahysat adalah semata-mata karena massa yang ada di tempe tersebut…..🙂

    @mesin kasir

    Wah… jangan sampai tuh. Kan Jepang juga punya makanan yang mirip tempe (nggak mirip2 banget sih) yang lengket dari kacang kedelai juga yang namanya natto, kok bisa2nya mengklaim tempe ya??😀

    @rzf

    Terima kasih atas linknya, nanti saya akan coba menluncur ke sana….🙂

  30. Wah klo tempe sih memang makanan kesukaan, dari dulu nggak pernah bosen makan tempe…

  31. siapa siih yang gak suka kedelai ! saya pun suka

    perlu diperhatikan kedelainya dulu impor(amrik)/exspor darimana ?
    pernah dengar, organisme yang mengalami rekayasa genetika (genetically modified organisms, GMOs) ?
    efek samping kesehatan yang terjadi akibat GMOs ?
    Skrg lembaga/yayasan kesehatan konsumen lokal dan internasional dibungkam bila bersuara keras bila mempublikasikan tentang GMOs
    hampir di link-link manapun yang gencar dalam membahas GMOs selalu dibatasi ruang linkupnya bisa saja blog ini dan kita ditutup nanti akibat ngebahas efek samping kesehatan yang terjadi akibat GMOs

    wiih pokoknya ngerii kayak kejar-kejaran sama FBI atau BIN gitu dehh kayak di filem-filem😦

  32. Buset pak, berat banget tuh bahasannya….sampe gak ngerti, hehehe:-)
    http://engeldvh.wordpress.com

  33. Enak tenan tempenya… apalagi tempe buatan istriku…🙂

  34. oalaah ternyata tempe ada rumus fisikanya ya…

  35. Energi Tempe akan terasa banget pas saat keliling cari order perut lapar siang hari …ada tempe mendoan mengepul hangat …energinya terasa banget he he…

  36. wah, mumet saya melihat rumus2 itu, mas yari.
    cara paling gampang untuk menghitung energi yg dihasilkan tempe buat saya adalah, bersemangatnya saya setelah sarapan pagi dengan lauk tempe goreng atau makan siang dengan tempe bacem.
    kayaknya itu itung2an sederhananya. hehehe…

  37. wah tempe… dahsyat. pasti yang ngitung-ngitung pake rumus ini biasa makan tempe.

    btw, nggak ada lagi istilah mental tempe kalo gitu🙂

  38. kawanku karna sering makan tempe + tahu, gemuk uey

  39. saya gak nyangka kalo tempe bisa seampuh itu.

  40. Tempe dikenal sebagai makanan yang banyak sekali kegunaannya. Dan sebagai orang Jawa, yang tinggalnya di dekat rumah penjual tempe, di rumah nyaris tak ada sajian tanpa tempe. dan tempe yang baru saja keluar dari penggorengan…rasanya sungguh nikmat, dinikmati bersama sepiring nasi hangat dan sambal kecap…wooo…sungguh nikmat. Masakan mewahpun kalah….
    (pencinta tempe…anehnya, kesukaan pada tahu tak sebesa pada tempe)

  41. @buJaNG

    Sama…. seperti nggak pernah bosen makan nasi ya??😀

    @arytravel

    Kalau kedelai suka ya?? Kalau keledai?? Huehehe…..

    Iya sih… memang katanya benar makanan GM (Genetically Modified Food) masih dikatakan tidak 100% aman, masih harus diteliti lebih lanjut lagi, terutama efek dalam pengkonsumsian jangka panjang dan lingkungan. Namun begitu 80 gram GM tempe dengan 80 gram tempe biasa akan menghasilkan energi yang sama besarnya jikalau keseluruhan massa kedua tempe tersebut diubah.🙂

    @engeklvh

    Huehehe… sorry deh…. nggak apa2 nggak ngerti juga, nggak wajib kok.🙂

    @Abdul Ghofur

    Ya… bagus itu… berarti masih suka makan di rumah memakan makanan buatan istri sendiri…🙂

    @pakhanung

    Kedahsyatan ciptaan Allah pak…🙂

    @darupurwita1bdr

    Itu rumus fisikanya mengubah massa menjadi energi, bukan rumus khusus tempe…🙂

    @Sim Sal

    Huehehe… yang bikin terasa nikmat itu karena perut kita lapar….😀

    @goenoneg

    Bisa jadi seperti itu, apalagi kalau memang sedang lapar, pasti terasa lezatnya energinya… huehehe….😀

    @Admin

    Terims kembali.🙂

    @bodrox

    Saya suka sekali dengan tempe. Dan mental tempe lebih bagus daripada mental hamburger karena hamburger adalah makanan sampah junk. Huehehe……

    @okta sihotang

    Ya iyalah…. makan nasi terus juga bisa gemuk juga… lha… energinya yang dimasukkan banyak… apalagi kalau malas bergerak orangnya…:mrgreen:

    @artikel kesehatan

    Sebenarnya setiap benda yang mempunyai bobot yang sama dapat menghasilkan energi maksimal yang sama jika bobot benda tersebut dikonversikan seluruhnya menjadi energi….🙂

    @edratna

    Betul sekali. Tempe biar murah, tapi dari segi gizi bisa diadu dengan makanan2 mahal. Saya juga senang sekali dengan tempe. Dan saya juga sama seperti bu edratna, entah kenapa selera saya dengan tahu juga tidak sebesar selera sama terhadap tempe…😀

  42. Tempe emang keren banget cuy🙂

    jadi kangen tempe goreng + sambel terasi ibuku di rumah😦

  43. yang penting murah meriah,,haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s