Kurang dari 1 Gigabyte saja……

Struktur DNA

Struktur DNA

Postingan ini kelihatannya sulit namun jika dibaca seksama sebenarnya pengertiannya cukup mudah. Artikel yang akan saya tulis kali ini adalah mengenai banyaknya informasi yang ada dalam tubuh kita atau tepatnya banyaknya informasi yang terdapat dalam kode genetik di dalam DNA kita. Namun sebelumnya tentu anda yang pernah belajar teknologi informasi ataupun minimal yang pernah belajar matematika telah mengetahui apa yang dinamakan bilangan biner yang terdiri dari 0 dan 1. Ya, bilangan biner ini adalah satu-satunya ‘bahasa’ komputer yang langsung dimengerti oleh komputer sampai saat ini. Angka 0 dan 1 dapat direpresentasikan sebagai ‘ya’ dan ‘tidak’ atau bisa juga ‘menyala’ dan ‘mati’ dalam sinyal listrik komputer kita.

Sebagai contoh: Angka 200 (numerik) dalam bilangan biner direpresentasikan 11001000. Setiap angka ‘0’ dan ‘1’ disebut bit (BInary digiT). Jadi dalam angka 11001000 terdapat 8 bit atau tepat 1 byte (1 byte = 8 bit). Nah sekarang kita ambil contoh lain misalnya angka 2000. Angka 2000 (numerik) dalam bilangan biner direpresentasikan dengan 11111010000. Dalam angka biner 11111010000 terdapat 11 bit. Jadi jikalau memori komputer kita misalnya cuma 1 byte tentu ia tidak bisa memproses angka 2000 ini karena memorinya tidak cukup.

Nah, ternyata bilangan biner bukanlah satu-satunya ‘bahasa informasi’ di dunia ini. Dalam tubuh kita sebenarnya juga tersimpan informasi genetik yang disimpan dalam ‘bahasa’ basa (base). Di dalam DNA kita terdapat 4 buah basa yaitu: Adenine, Thymine, Guanine, dan Cytosine. Mereka selalu dalam keadaan berpasangan membentuk pasangan basa (base pair). Adenine selalu berpasangan dengan Thymine sedangkan Guanine selalu berpasangan dengan Cytosine. Menurut para ahli satu basa setara dengan 2 bit. Mengapa? Karena setiap basa harus merepresentasikan keadaan yang berbeda yang hanya bisa direpresentasikan oleh 2 bit yang berbeda. Contohnya adalah sebagai berikut:

Basa Bit ke-1 Bit ke-2
Adenine 1 1
Thymine 1 0
Guanine 0 1
Cytosine 0 0

Menurut para ahli genetika banyaknya basa yang terdapat pada genom (keseluruhan 23 pasang kromosom) manusia adalah sekitar 3 milyar basa. Jikalau 1 basa sama dengan 2 bit, maka 3 milyar basa sama dengan 6 milyar bit tentu saja. Nah, berapa megabytekah 6 milyar bit itu? Mudah saja menghitungnya:

6 milyar bit = 6.000.000.000 \: bit \times \frac{1 \: byte}{8 \: bit} \times \frac{1 \: kilobyte}{1024 \: byte} \times \frac{1 \: megabyte}{1024 \: kilobyte} \approx 716 megabyte.

Jadi ganteng jeleknya kita, mancung peseknya hidung kita, tinggi pendeknya kita, warna rambut kita, warna mata kita, terang gelapnya kulit kita dan seluruh sifat-sifat kita lainnya baik fisik maupun non-fisik bisa disimpan sebagai informasi genetik di dalam genom kita hanya dengan kurang dari 1 gigabyte saja! Sungguh-sungguh sangat ringkas! Bandingkan dengan harddisk anda yang dapat menyimpan 120 gigabyte data yang paling-paling cuma kebanyakan menyimpan program game yang onnozel menyimpan program-program yang kapabilitasnya tentu saja masih ‘jauh’ di bawah kemampuan manusia! 😀

Iklan

20 responses to “Kurang dari 1 Gigabyte saja……

  1. Jadi ganteng jeleknya kita, mancung peseknya hidung kita, tinggi pendeknya kita, warna rambut kita, warna mata kita, terang gelapnya kulit kita dan seluruh sifat-sifat kita lainnya baik fisik maupun non-fisik bisa disimpan sebagai informasi genetik di dalam genom kita hanya dengan kurang dari 1 gigabyte saja! Sungguh-sungguh sangat ringkas!

    mengagumkan 😀

  2. mas yariNK….apakah informasi yang dimaksud dalam artikel ini seperti yang terjadi dalam sistem saraf tubuh manusia?…..semua kegiatan tubuh seperti berjalan,ngangkat tangan, berbicara,mengunyah makanan dsb yang diatur dan dikendalikan suatu sistem saraf (sistem saraf pusat, periferi, dan autonom)….lalu sel-sel saraf bertugas menyampaikan INFORMASI ke sistem saraf pusat atau neuron sensori…sementara yang menyampaikan informasi dari sistem saraf pusat disebut sebagai neuron motor….

  3. luar biasa!!! btw informasi genetik itu bs diedit gak ya. biar bs gantengan dikit.

  4. kalo ada yg didelete bgm jadinya ya?? heheh..

  5. wah….gimana cara meng edit ya mas??? sapa tau bisa jadi langsing, cantik, seksi

  6. waduh.. sayah lansung teringat hari pertama kuliah dikasih matematika binner pak… lansung jadi lupa jalan pulang hahhahahah *suseh*

    intinya data bit manusia cukup setara dengan pentium 3 tapi kemampuannya melebihi seluruh komputer yang pernah tercipta yah pak 😀

  7. ilmiah bgt nih..

    klo bisa dijelasin cara mengubahnya skalian..

    hehe.. salam kenal..

  8. @airyz

    Memang mengagumkan… 😀

    @sjafri mangkuprawira

    Oh bukan prof. Sama sekali bukan. Kalau informasi seperti itu adalah informasi berbentuk impuls listrik yang mengalir di antara sel saraf kita. Sementara informasi yang dimaksud di sini adalah informasi genetis yang kurang lebih adalah informasi mengenai sifat-sifat kita yang dapat diturunkan kepada anak-anak kita…….

    @xkh

    Walaah mas… mau diedit gimana lagi?? Biar mirip saya?? :mrgreen:

    @Ag bint

    Sampeyan sih nggak usah di-delete lagi, langsung aja di Ctrl-Alt-Del :mrgreen:

    @casual cutie

    Cara mengeditnya mungkin pakai Photoshop :mrgreen: Huehehe…..
    Just kidding. Sekarang teknologi rekayasa genetika masih sangat dini, mungkin nanti jikalau teknologi rekayasa genetika sudah maju mungkin informasi genetik orang bisa diubah-ubah, tetapi entah kapan teknologi itu akan ada….. 😀

    @almascatie

    Moso sih susah mengkonversikan bilangan desimal ke biner atau sebaliknya?? Gampang kok kalo memang serius ingin bisa sih…. huehehehe….

    Iya betul…. intinya dari dulu sampai sekarang manusia masih lebih oke dibandingkan komputer… 😀

    @madi

    Mengubah apaan nih?? ❓

  9. bukan susah sih pak.. tapi sayah memang matematika ga terlalu kuat lah baru dikasih penjumlahan biner 1 + 1 = 0 nyimpen satu.. woloh mpe bingun kalo beberapa angka aja seh gampang tapi kalo dah banyak malah makin bingun apalagi kalo dikalikan ato dibagi 😀

  10. wah.. berarti kita ini muat donk dalam 1 flesdis pak hahahahha 😆

  11. @almascatie

    Wah… saya matematika malah sebenarnya lumayan senang daripada belajar sejarah huehehe….. Kuncinya sih latihan aja, kalau banyak latihan biar angkanya banyak pasti ndak akan binun deh…. 😀

    @ridu

    Itu kan cuma cetak biru genetiknya, nggak termasuk materialnya apalagi nyawanya… 😆

  12. wah mungkin krn salah satu ada yg hilang makanya casual cutie ga jadi langsing ya. hahahaha

  13. itulah kebesaran Tuhan pak

  14. hmmm…
    saya bukan orang biologi, tp kq merasa agak aneh ya?
    yg hitung2an sampe dapet angka kurang dari 716 MB itu bukannya dalam 1 sel ya? (bukan dalam 1 tubuh manusia)
    brarti dalam 1 tubuh manusia = 716 MB x jumlah sel manusia.
    gitu ngga sih? 😀
    CMIIW
    mohon penjelasannya.

  15. oiya, baru inget: informasi di setiap selnya sama ya. jadi 718 MB tidak perlu dikalikan dengan jumlah sel.
    my bad, hehehe..

  16. cuma mau bilang nice post.
    kalo 718MB berarti sama dengan kapasitas 1 CD kosong. mirip dengan satu sistem operasi komputer. klo virus di komputer biasanya berukuran 32KB, kira2 virus di manusia ukurannya segitu nggak ya?

  17. @casual cutie

    Huehehehe….. jangan khawatir mbak. Setiap orang punya kelemahan sama kelebihan sendiri2. Jadi jangan khawatir… 😀

    @reallylife

    Betul. Allahu Akbar.

    @frozen

    **terpana juga karena melihat orang terpana** :mrgreen:

    @ahnshev

    Iya betul. Nggak usah dikalikan lagi karena di setiap sel dalam tubuh yang sama kode genetiknya juga sama… 🙂

    @taufik

    Itu sepertinya tergantung dari jumlah basa si virus. Tetapi virus di manusia bisa mengubah data di dalam tubuhnya sendiri dengan cara bermutasi…. 😀

  18. ilmu genetika memang rumit ya
    mempelajari DNA yang ukurannya sangat kecil
    dan sangat banyak
    pantas klo tes DNA biayanya mahal sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s