Benarkah Sebuah Foto Bermakna Sejuta Kata?

Gambar close-up layar laptop berpiksel yang terdiri dari 3 unsur warna: merah, hijau dan biru.

Gambar close-up layar laptop berpiksel yang terdiri dari 3 unsur warna: merah, hijau dan biru.

Banyak orang yang menyukai fotografi namun yang malas membaca mengatakan bahwa sebuah foto dapat mewakili sejuta kata. Sejuta kata? Sebanyak itukah? Atau malah kurang? Dalam artikel saya kali ini akan kita buktikan secara ilmiah apakah pernyataan tersebut benar atau salah?:mrgreen:

Sebagian besar dari anda tentu telah mengenal foto digital. Namun mungkin sebagian dari anda belum menyadari bahwa gambar digital dari sebuah foto terdiri dari piksel-piksel (pixel) kecil di mana pada tiap piksel tersebut terdiri dari kombinasi 3 warna dasar yaitu merah, hijau dan biru. Dari kombinasi ketiga warna itulah maka akan muncul sebuah warna dalam sebuah piksel bahkan warna hitam dan warna putih dapat dihasilkan dari kombinasi ketiga warna terebut. Sebuah gambar digital yang truecolor mempunyai 16,5 juta warna atau tepatnya adalah 224 warna sama dengan 16.777.216 warna. Dari mana angka 224 itu?

Seperti yang anda ketahui bahwasannya seluruh data komputer disimpan ke dalam kode biner yang dapat diwakilkan dengan angka ‘0’ dan ‘1’ tak terkecuali data digital foto anda. Setiap piksel dalam foto anda terdiri dari kombinasi gradasi tiga warna dasar (seperti contoh gambar di atas) yaitu merah, hijau dan biru. Nah, masing-masing warna dasar dalam gambar truecolor mempunyai 8 bit atau 8 angka biner. Jadi masing-masing warna dasar mempunyai kombinasi angka biner mulai dari ‘00000000’ hingga ‘11111111’ yang melambangkan gradasi warna tersebut. Nah angka biner ‘00000000’ jika dikonversikan menjadi bilangan desimal (bilangan sehari-hari yang kita gunakan berbasis 10) adalah bilangan ‘0’ sementara bilangan ‘11111111’ bila dikonversikan menjadi bilangan desimal adalah bilangan ‘255’. Jadi masing-masing warna dasar mempunyai 256 gradasi yaitu mulai dari 0 hingga 255.

Nah, angka 256 tentu saja itu sama dengan 28. Itu baru banyaknya gradasi satu warna dasar saja. Kalau total gradasi tiga warna tentu adalah 28 x 28 x 28 atau (28)3 = 224 = 16.777.216 warna. Jikalau pada gambar truecolor terdapat 16.777.216 maka dalam 1 piksel gambar truecolor terdapat 24 bit. Itu disebabkan karena dalam 1 warna dasar terdapat 8 bit. Maka di dalam satu piksel yang terdapat 3 warna dasar tentu saja akan terdapat 24 bit. Mudah bukan? Tapi pembahasan kita belum selesai. Kita akan membuktikan apakah sebuah foto memang bermakna sejuta kata? Ayo, mari sekarang kita buktikan!:mrgreen:

Misalkan kita mempunyai kamera digital 8 megapixel. Untuk mudahnya anggap saja setiap gambar yang kita ambil ukurannya adalah tepat 8 megapixel. Jadi dalam 8 megapixel terdapat 8.000.000 \: pixel \times \frac{24 \: bit}{1 \: pixel} = 192.000.000 bit atau 192 megabit. Sekarang kita bandingkan dengan sejuta kata. Anggaplah dalam sejuta kata tersebut rata-rata panjang sebuah kata terdiri dari 7 huruf. Seperti yang kita ketahui bahwa satu huruf atau karakter dasar Latin adalah ekuivalen dengan 1 byte atau 8 bit. Nah itu berarti di dalam sejuta kata yang satu katanya rata-rata terdiri 7 huruf maka akan terdapat: 1.000.000 \: kata \times \frac{7 \: huruf}{1 \: kata} \times \frac{8 \: bit}{1 \: huruf} = 56.000.000 bit atau 56 megabit. Jadi ternyata ‘nilai’ sebuah foto 8 megapixel jauh melebihi nilai sejuta kata yang rata-rata katanya terdiri dari 7 huruf.

Jadi apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah jikalau ada orang yang mengatakan sebuah foto bermakna sejuta kata jangan lantas percaya begitu saja. Periksa dulu resolusi fotonya dan rata-rata panjang kata-katanya. Kalau fotonya hanya mempunyai resolusi VGA (0,3 megapixel) walaupun foto tersebut indah tetap saja kemungkinan besar ‘nilainya’ akan lebih rendah dari sejuta kata. Huehehehe……:mrgreen:

Catatan:

Mengubah dari biner ke desimal (atau sebaliknya) sangatlah mudah: Ambil contoh: 1111 dalam bilangan biner jika dikonversikan menjadi desimal akan menjadi 23 + 22 + 21 + 20 = 15. Jikalau ada bilangan n buah biner maka cara mengkonversikannya adalah: 2n-1 + … + 20. Jika ada angka ‘0’ pada bilangan biner tersebut lompatilah angka tersebut. Contoh: 110101 dalam bilangan biner jika dikonversikan menjadi desimal akan menjadi 25 + 24 + 22 + 20 = 53. Mudah bukan? Untuk konversi sebaliknya anda dapat mencari sendiri lewat Google. Mudah juga sebenarnya.

21 responses to “Benarkah Sebuah Foto Bermakna Sejuta Kata?

  1. huahahahhaa.. awal-awalnya saya serius membaca dan mencerna *maklum pagi2 pikiran masih fresh*

    terus saya ikutin, eh yang terakhir saya tergelitik haha.. jadi makna sebuah foto itu dilihat dari resolusinya ya hahah

  2. mungkin bisa nambahin, tentang macam gambar digital, ada gambar bitmap 24 bit rgb dan gambar 256 warna (indexed color) jelas sekali komposisi jumlah warna yang ada jauh berbeda. hehe kalau dihitung tiap pixelnya pastilah sebuah foto digital memiliki lebih dari 1 juta pixel. jika tiap pixel mengusung 1 warna, berarti ada lebih dari 1 juta warna yang berbeda, dan bila tiap warna mengandung makna yang berbeda.. berarti..
    hmm.. masuk akal..
    hehe

  3. kalo itu foto pacar atau kekasih atau org yg kita cintai, tdk peduli resolusinya rendah atau kecil. kalo kita lagi kangen foto tsb mungkin nilainya lbh drpd sejuta kata. hehe..

  4. Wah menurut saya juga gak nyampe sejuta kata Mas, hehehe:mrgreen:
    wah ini blog benar2 ilmiah salut!😀
    ah, mengubah bilangan desimal ke biner, waktu SMP mahir, tapi sekarang sudah lupa:mrgreen:

  5. Btw, ini dalam rangka green ya pak, ganti theme

  6. Hahaha…:mrgreen: Boleh juga. Tapi, iseng banget bahas yang beginian, Om?

  7. Kalau saya sih ngga’ punya tuh foto yang memiliki sejuta makna, tapi thanks ya jd tau besarnya makna sebuah foto….

  8. Betapa powerfulnya bilangan binner.
    Apa kabar Bos? Saya sudah lama tak kemari, dan hampir-hampir tak pernah blog walking lagi, ketinggalan banyak! Thanks atas informasi di tulisan ini.

  9. @ridu

    Huehehe… iya tergantung dari banyaknya piksel. Kalau foto untuk gravatar kemungkinan besar nilainya pasti kurang dari sejuta kata….😀

    @ardianzzz

    Huehehe… tapi kalau mau membandingkan dua buah benda harus memakai satuan yang sama dong. Atau boleh dengan satuan yang berbeda tetapi yang bisa dikonversikan satu sama lain. Kalau membandingkan warna dengan makna ya perbandingannya jadi mengambang dong…:mrgreen:

    O iya… ada kekeliruan dalam indexed colour seperti yang anda utarakan. Sebenarnya satu piksel dalam gambar indexed colour bukan berisi satu warna tetapi berisi satu kode indeks warna. Kalau jumlah warnanya tetap 256 warna. Warna yang timbul sesuai dengan kode warnanya sementara warnanya sendiri disimpan di bagian lain file gambar tersebut yang disebut ‘palet warna’ (colour palette).

    Ukuran file gambar indexed colour untuk gambarnya sendiri setiap piksel adalah 8 bit sedangkan palet warnanya tetap 24 bit. Jadi ukuran file gambar 1 megapiksel yang indexed colour adalah: 1.000.000 x 8 = 8.000.000 bit ditambah palet warnanya 256 x 24 = 6144 bit. Jadi totalnya adalah 8.006.144 bit. Namun warnanya tetap 256.😀

    @Ag bint

    Udah sering ngerasain ya??:mrgreen:

    @Patah Hati

    Kalau fotonya ukuran pikselnya kecil sih memang kemungkinan nggak bakalan nyampe sejuta kata. Huehehe….😀

    @Raffaell

    Nggak. Itu dalam rangka menyebarnya virus flu babi. Tetapi karena nggak bisa menemukan gambar virus flu babi yang bagus, ya akhirnya yang dipilih untuk gambar headernya adalah gambar bakteri deh. Huehehe…..

    @Alias

    Yang iseng kan yang membandingkan antara makna foto dan sejuta kata. Sementara informasi tentang foto digitalnya itu ya tentu saja serius dong…😀

    @Hanie

    Oooo… kenapa? Nggak pernah punya foto yang mengesankan?😦

    @agoyyoga

    Loh kok binner sih?? Kan bacanya jadi lain dengan biner. Huehehe….

    Ya… saya juga agak jarang blogwalking, yang diutamakan yang sudah meninggalkan komen di blog saya dalam waktu 24 jam terakhir. Soalnya bukannya sibuk, karena sibuknya siang hari. Alasannya waktu saya online dihabiskan dengan browsing untuk mengumpulkan bahan buat ngeblog yang berguna dan juga untuk mengumpulkan ide apa yang akan ditulis. Soalnya saya nggak akan mau menulis hanya dengan menterjemahkan atau meringkaskan. Yah, jadinya waktu online kebanyakan habis untuk itu. Huehehe…

  10. waowwwwwwwwwww template nya baru….

    heee coba casual cutie punya camera ya…

  11. omong2 soal layar dan piksel, lama saya gak kunjung ke blog abang ini.. kini kok background-color-nya hitam sih? bagi saya kok lebih enak kalo putih saja..🙂 maaf OOT

  12. @casual cutie

    Kamera biasa juga bisa, tinggal beli scanner aja. Fotonya terus discan terus di-save. Jadilah sebuah foto digital…😀

    @Kang Nur

    Kalau saya putih atau hitam atau warna lainpun sama saja. Yang penting asal tulisannya terbaca dan fontnya tidak terlalu kecil sehingga agak menyulitkan mata….🙂

  13. loh…. mank banyaknya makna berbanding lurus or kuadratis ma banyaknya kata??
    diam tanpa kata pun bisa juga bermakna sejuta kata lo pak, hehe..

  14. Saya menikmati bacanya…
    Sebuah foto mungkin menggambarkan sejuta kata, atau sejuta rasa, tergantung dari yang melihatnya. Jika yang melihat menyenangi foto tsb, mis. foto pacarnya yang lagi LDR (Long Distance Relationship)….tentu dia bisa menatapnya berjam-jam, sambil tiduran, bahkan memeluk foto tsb.

    Seorang yang sensitif, emosinya tergugah karena melihat foto korban bencana alam di media, sehingga ingin segera menyumbangkan sebagian harta pada korban…dsb….dsb nya
    (Ahh komentar OOT)

  15. Buseeetttt…. sampe sedetile itu ngitungnya… bikin otak saya makin puyeng….😦

  16. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

  17. oke, oke…
    sekarang saya mau memaklumi adop potosop yang selalu saja menghasilkan file berukuran besar buat setiap gambar yang pengin saya tampilkan di blog… itu gambar rupanya punya alibi kuat, jadinya mau ndak mau saya tidak bisa langsung mendakwa gambar tersebut bersalah😦

  18. @HASTu W

    Diam bermakna sejuta kata? Itu kata sastrawan ya?? Tetapi bisa nggak, para sastrawan membuktikannya hitam di atas putih?? Huehehe…:mrgreen:

    @edratna

    Memang betul bu… banyak juga orang yang tergerak hatinya untuk menolong atau menyumbang sesamanya ketika melihat foto2 di tempat kejadian karena memang dalam kasus seperti ini gambar adalah suatu bukti nyata yang menggambarkan penderitaan orang lain. Beda dengan kata2 yang mungkin dapat terjadi distorsi. Namun bagaimanapun juga, tentu saja gambar juga bisa saja menimbulkan distorsi apalagi gambar2 digital yang gampang dimanipulasi. Huehehe… jawaban yang OOT pula…😀

    @buJaNG

    Ya… sekali2 otak puyeng nggak apa2 kan?? Itung2 olahraga buat otaknya. Huehehe….

    @Pasa Firaya, ST

    Sukses juga untuk anda. Terims ya.🙂

    @Infinite Justice

    Wah… kalau begitu terdakwanya siapa dong??:mrgreen:

  19. Mantap nih pembahasannya. Saya juga dari dulu agak mumet sama yang kayak gini. Soalnya bidang saya bukan pixel-pixelan..:mrgreen:

  20. Tepatnya foto berwarna ya mas.. Bagaimana kalo foto tersebut dalam kondisi B/W alias Black and White..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s