Galaksi Kita Bertabrakan, Akankah Kiamat?

Tabrakan antara dua galaksi menurut impresi seorang artis

Tabrakan antara dua galaksi menurut impresi seorang artis. Walaupun galaksi terlihat terang dan padat dengan bintang namun sebenarnya di dalam galaksi-galaksi tersebut terdapat ruang hampa yang sangat luas.

Ya…. itulah menurut para ahli astronomi. Galaksi kita (bima sakti) akan bertabrakan dengan galaksi terdekat kita, Andromeda, yang berada 2.000.000 tahun cahaya dari galaksi kita. Namun tentu kejadiannya masih lama yaitu sekitar 3 milyar tahun dari sekarang jadi kita tidak perlu khawatir. Ya, walaupun menurut para ahli alam semesta ini terus mengembang (berekspansi), galaksi-galaksi semestinya saling menjauhi satu sama lain namun dalam beberapa kasus gaya gravitasi antargalaksi jauh lebih kuat daripada ekspansi tersebut yang menyebabkan galaksi-galaksi akan bertabrakan, contohnya seperti galaksi kita dan galaksi andromeda ini 3 milyar tahun mendatang.

Nah, apa yang terjadi jika nanti kedua galaksi tersebut  bertabrakan? Kiamatkah? Menurut para ahli walaupun galaksi bertabrakan tetapi kemungkinan besar tidak akan terjadi ‘kiamat’ karena bintang-bintang dan planet-planet di dalamnya tidak ikut bertabrakan. Jadi selamatlah matahari kita. Kenapa? Karena sebenarnya di antara bintang-bintang di dalam galaksi-galaksi tersebut terdapat ruang hampa yang maha luas sehingga kemungkinan bintang-bintang (dan planet-planetnya) untuk bertubrukan sangatlah kecil walaupun di sebuah galaksi terdapat milyaran bintang. Analoginya seperti ini, di sebuah padang rumput yang luas, ada sekelompok yang terdiri dari 5 orang yang ingin menerbangkan pesawat dari kertas lalu kira-kira 100 meter dari mereka ada sekelompok lain yang  juga terdiri dari 5 orang yang juga ingin menerbangkan pesawat dari kertas. Nah, jikalau kesepuluh orang dari kedua kelompok ini sama-sama menerbangkan pesawat kertasnya dalam waktu bersamaan kecil kemungkinan bagi pesawat-pesawat kertas dari kedua kelompok ini akan bertabrakan, karena mereka dipisahkan oleh jarak yang luas. Begitu pula dengan bintang-bintang yang ada di dalam galaksi tersebut kemungkinan bertabrakan sangat kecil karena di antara bintang-bintang tersebut sebenarnya terhampar ruang hampa yang sangat luas. Bahkan ketika kedua galaksi bertabrakan, kemungkinan tabrakan bintang-bintang di dalam galaksi-galaksi tersebut jauh lebih kecil dibandingkan kemungkinan bertabrakannya pesawat-pesawat kertas dari kedua kelompok orang di padang rumput yang luas pada contoh di atas.

Lantas apa yang terjadi jika kedua galaksi yang bertabrakan? Yang terjadi adalah kedua galaksi melebur menjadi satu dan membentuk sebuah galaksi baru…….

Catatan:

Jikalau 1 detik cahaya = 300.000 kilometer, maka 2.000.000 tahun cahaya kira-kira sama dengan 19.000.000.000.000.000.000 kilometer. Tidak sulit untuk menghitungnya.

23 responses to “Galaksi Kita Bertabrakan, Akankah Kiamat?

  1. Pagi Pak Yari,…. Wah walau masih lama, tapi semua prediksi bisa terjadi,.. maksih infonya Pak,….

  2. Perbanyak ibadah…

    nb:tampilan webnya bagus sekali. kolom commentnya juga lebih simpel untuk diisi. mantap dah..

  3. wadalah.. 3 milyar tahun lagi kok udah dipikirin dari sekarang ya? hehe..

  4. wew…. mash hidupkah kita ?!?!

  5. ^
    Mungkin pertanyaan yang lebih general adalah :
    Masih adakah umat manusia pada saat itu?

  6. weh ganti kulit lagi pak yari … mau mencontek blog hitam saya ya.. kekekeke *digampar pak yari*

    eh lagi ngomongin apa kiamat ya??? wes nunggu 2012 aja lah :))

  7. Kedua galaksi melebur menjadi satu dan membentuk sebuah galaksi baru…….Kenapa begitu??? Para ahli itu bisa menjelaskan nggak mas?

    Kunjungan perdana nih……..salam kenal mas Yari…QQQQ

  8. Soal kiamat mah rahasia Gusti Allah. Dalam pandangan ahli astronomi mungkin tabrakan galaksi akan terjadi 3 milyar tahun lagi dan tidak akan terjadi tabrakan antar bintang atau planet. Tapi kalau Gusti Allah menghendaki, besok galaksi dibenturkan dan bintang-bintang ditabrakkan, tidak ada yang bisa mengelakkan.

    Mari berdoa supaya saat kita dipanggil kiamat belum terjadi sehingga kita masih sempat memperbaiki diri. Eh, ini khusus untuk yang percaya adanya Tuhan. Yang atheis mah nggak perlu berdoa. Mau doa sama siapa mereka?

  9. @avartara

    Pagi juga pak avartara. Semua memang diprediksikan tetapi tentu saja semuanya juga bisa meleset dari yang diprediksikan. Di sini yang paling penting adalah manusia harus dapat memprediksi sebaik mungkin walaupun mungkin tidak tepat…🙂

    @skyrdugz

    Huehehe… ya iyalah… perbanyak ibadah…. baik kiamat masih lama apalagi kiamat sebentar lagi ibadah harus jalan terus…😀

    Btw, terims ya untuk pujian webnya…🙂

    @Ag bint

    Daripada nggak mikirin apa2 nanti otaknya jadi tumpul dong. Huehehe…:mrgreen:

    @afwan auliyar

    Masih nggak ya??:mrgreen:

    @a3u5zli

    Jawabannya mungkin general juga: “Bisa ada bisa juga sudah tidak, atau mungkin sudah pindah ke planet lain…”:mrgreen:

    @mantan kyai

    Ho’oh ganti kulit. Maklum deh kulit kepalanya udah banyak ketombean. Huehehehe…😛

    Hmmm… kiamat 2012 ya?? Apa persiapan kita ya??😦

    @pakde

    Ya… karena bintang2 yang ada di kedua galaksi tersebut kini menjadi sebuah klaster bintang baru di dalam sebuah galaksi yang baru, mungkin bentuk galaksinya juga baru, tetapi bintang2 yang ada tetap yang lama….

    Ooo… kita baru kenalan ya pakde??:mrgreen:

    @Kombor

    Memang betul kalau Allah menghendaki besok kiamat, ya maka terjadilah kiamat. Namun ilmu pengetahuan tidak memperhitungkan hal tersebut karena hal tersebut merupakan hal yang eratik. Yang lebih penting bagi umat manusia adalah ‘wajib’ mempelajari alam semesta ini seperti yang diperintahkan oleh Allah juga agar manusia senantiasa ‘iqra’ dan ‘iqra’ terus….. Belajar tidak boleh putus termasuk belajar masalah2 prediksi seperti ini…..

    Bagi yang atheis?? Biarlah mau berdoa kepada siapa bukan urusan kita. Yang penting kita sendiri. Kiamat sebentar lagi atau masih lama, bagi mereka yang beragama tentu ibadah harus jalan terus….🙂

  10. galaksi tabrakan? mobil tabrakan aja udah kecelakaan hebat, apalagi kalo galaksi yang supermasif itu? bener2 kiamat lah..

    mudah2an, saya ga menyaksikan kiamat..

  11. Waduh sampai diitung kecepatan cahayanya. Pak Yari selalu detail suguhan informasinya. Mantap. Apa kabar, pak?

  12. Kayaknya ngga sempet tabrakan deh Pak, kan udah keburu kiamat duluan hehehe.

  13. Saat ada pelatihan di Lembang, kami bisa mengundang Boscha beserta teleskopnya untuk menjelaskan tentang perbintangan ini. Menurutku, marketing Boscha ini patut dipuji, risikonya memang hanya bisa setelah jam 9 malam.

    Dan kita jadi serem membayangkan jika antara galaksi, juga bintang2 ini berjalan diluar lintasannya…..tapi kayaknya masih aman saja…semoga

  14. Woowww… ngeri juga mas,,,

  15. @Billy Koesoemadinata

    Kalau tabrakan galaksi berbeda dengan tabrakan mobil. Pada tabrakan galaksi kemungkinan besar tidak akan terjadi tabrakan antar matahari2 dan planet2nya, karena masifnya ruang antarbintang di dalam sebuah galaksi. Jadi andaikan manusia masih ada pada zaman itupun kemungkinan besar akan aman jikalau terjadi tubrukan galaksi.

    @indra kh

    Kabar saya baik, alhamdulillah. Bagaimana nih dengan kabar pak indra sendiri??🙂

    @Iwan Awaludin

    Kiamat besar apa kiamat kecil nih??:mrgreen:

    @edratna

    Sebenarnya keberadaan Observatorium Boscha sudah nggak begitu optimal lagi untuk pengamatan bintang2 karena sudah terlalu dekat ke kota. Cahaya kota sudah banyak mengganggu observasi bintang2….

    @Irfan

    dikirain mau bilang wooww… keren… huehehe….😀

  16. Waduh, nol-nya banyak amat.. Kalkultor saya nggak muat..:mrgreen:

  17. stau gw nanti taon brapa gitu… ada meteor yang mau tabrakan ama bumi.. Meteor apa gtu lupa… waktu itu di osn di kasih tau… seinget gw meteor na berada di dket jalur orbit bumi gtu yah ga tau jg d.. Tp becarefull aj…. Pertanda kiamat… >.< But dont forget to pray your God everywhere. everytime..

  18. artikelnya membuat kita tertarik untuk embaca.hahaha

  19. wah keren baget,
    tapi semoga aja enggak kejadian dekat2 karang cz bencana karang aja dah sering n ngeri banget apa lagi kalau ada galaksi yang salinh tabrakan??

    oh ya mau tanya masalah badai matahari itu gmn sich ciri2nya?

  20. Kira2 masih adakah manusia 3 milyar tahun lagi,,,atau mungkin ganti sama makhluk yg lain kali yaa, yg mungkin bisa lebih hebat dari manusia sekarang… wallahu’aklam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s