Kurangi Makan Akan Awet Muda!

biological_clockForever Young… I want to be forever young….
Do you really want to live forever, forever and ever…..

Dua baris lagu merdu dari sebuah grup synthpop asal Jerman, Alphaville, di tahun 1984 yang sampai kini lagunya masih saya suka ini, menceritakan tentang bagaimana seseorang ingin awet muda dan kalau bisa dapat hidup selamanya. Ya, terlepas dari fakta bahwa beberapa orang yang putus asa lebih senang mengakhiri hidupnya sendiri, namun secara umum umat manusia sangat mendambakan agar dirinya dapat hidup lebih lama, tentu saja dengan masa muda yang lebih lama bukan hidup lebih lama namun dengan memperpanjang masa tua. Di abad pertengahan ketika orang Eropa (Spanyol) baru pertama kali menginjakkan kakinya di benua Amerika, mereka percaya bahwa di suatu tempat yang sekarang bernama Florida (sebuah negara bagian Amerika Serikat) terdapat mata air “Fountain of Youth” di mana jika seseorang meminum air dari mata air tersebut orang tersebut akan selalu muda.

Kini, tentu saja kita mengetahui bahwa Fountain of Youth adalah isapan jempol belaka, namun di abad ke-21 ini, para ilmuwan terutama para ahli genetika berharap menemukan sesuatu yang mungkin tak kalah ampuhnya dengan Fountain of Youth dalam membuat seseorang menjadi muda lebih lama. Di akhir tahun 2000, para peneliti di Universitas Connecticut di Amerika Serikat mengubah gen dari sebuah spesies lalat tertentu. Hasilnya?? Lalat tersebut dapat hidup rata-rata hingga 110 hari atau tiga kali dari usia normal yang dapat dicapai lalat tersebut. Namun yang terpenting bukan saja masa hidup lalat yang berhasil diperpanjang namun juga lalat-lalat tersebut tetap muda hingga menjelang akhir hayatnya bahkan lalat-lalat betinanya dapat terus bereproduksi hingga menjelang akhir hayatnya.

Apa yang sebenarnya terjadi? Para peneliti genetika tersebut merubah sebuah gen yang berada di salah satu kromosom lalat tersebut yang mencegah si lalat menggunakan energi atau kalori yang berlebihan! Sebenarnya para ilmuwan sudah mengetahui sejak puluhan tahun yang lalu bahwa konsumsi kalori atau energi yang rendah pada beberapa jenis binatang percobaan telah membuat binatang-binatang tersebut menjadi lebih awet muda dan lebih lama vitalitasnya. Namun begitu pengaturan konsumsi dan penggunaan kalori atau energi lewat rekayasa genetika memang masih dalam tahap yang sangat awal. Energi atau Kalori memang seperti dua sisi mata uang yang berbeda. Di satu sisi energi sangat diperlukan tubuh agar kita tetap hidup, sementara di sisi lain energi juga membuat sel-sel tubuh kita menjadi cepat aus (tua). O iya, agar tidak terjadi salah pengertian harus dibedakan antara zat-zat gizi (nutrien) dengan energi yang dihasilkan oleh makanan. Yang membuat sel-sel menjadi cepat aus BUKAN nutriennya TETAPI adalah energi yang dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi lewat proses metabolisme di dalam tubuh. Jadi jangan keliru!

Para ahli genetika yakin bahwa gen yang mengatur agar individu tidak menggunakan banyak energinya juga terdapat dalam diri manusia. Jika gen ini bisa ditemukan dan dapat dimanipulasi secara tepat diharapkan kelak manusia bisa mempunyai masa muda yang produktif sekitar 150 tahunan. Namun mungkin kita saat ini tidak bisa memanfaatkan teknologi tersebut karena jalan menuju manipulasi genetik manusia yang menyangkut masalah ‘awet muda’ ini masih sangat panjang jalannya, yang nampaknya masih harus menempuh jalan yang berliku dan sangat rumit dan tentu saja memakan biaya yang tidak sedikit. Namun begitu, sementara jalan menuju manipulasi genetik untuk pengaturan konsumsi energi pada manusia masih jauh, anda mungkin bisa mencoba cara primitif yang sudah ada sejak dulu, yaitu kurangilah makan terutama makanan yang kaya karbohidrat dan lemak (yang merupakan makanan sumber energi). Huehehehe…. Mungkin sabda Rasulullah SAW zaman dulu ada benarnya juga dengan bersabda “Berhentilah Makan Sebelum Kenyang”. ๐Ÿ˜€

Iklan

33 responses to “Kurangi Makan Akan Awet Muda!

  1. Waak kalo gitu manusia akan beranak lbh banyak dan makin banyak pengangguran dan masalah2 sosial lainnya.

  2. Wah liburan ini saya malah kebanyakan makan, gak ada kerjaan sih :mrgreen:
    Tapi demi awet muda, saya akan berusaha mengurangi makan ah… ๐Ÿ˜€

  3. huuuuuuuuwaaaaakaaakakak.. lagi DIET ya paaaaak.. kalau dah berhasil bagi bagi resepnya yaaaa..
    Salam Sayang
    Salam Rindu untukmu

  4. selain kurangi makan saya juga pernah baca (lupa di mana) bahwa vegetarian juga cenderung awet muda. ๐Ÿ˜Ž

  5. awet muda lewat susuk aja om.. hehehe ๐Ÿ˜€

  6. haduh… kalo gak makan, ntar perutnya jadi kurus… padahal udah kurus nih! haha

    btw, kok 2 postingan terakhir tentang makanan ya? jadi laper… ada toprak gak?

  7. Saya justru butuh banyak makan untuk awet muda.

  8. Lalat mah, beda metabolisme dgn manusia.

  9. awet muda, gagah. sepertinya ada sesuatu yang pengen dicapai dengan awet muda ini ๐Ÿ˜€

  10. makanya makanan yang masuk tak semata halal, namun juga baik toh, mas? saya pikir, usia sejak kita masih berupa “rencana” pun sudah diatur, tapi kualitas hidup itu loh. nah! hehe…

    terkesan banget soal memperpanjang masa muda, bukan sekadar panjang umur, mas. jangan sampe hidup lama tapi setengah hidup toh? :mrgreen:

  11. info yg menarik… trims.

    mungkin… kalo diteliti lagi selain mengurangi makan adalah efek menambah jam tidur… bisa jadi akan semakin awet muda kalik yaa…

  12. setuju pak. makanlah ketika lapar!!! *eh tumben komenku beneran* :))

  13. @Ag bint

    Semakin nyata perbedaan kaya dan miskin ya?? Soalnya mungkin yang bisa menikmati fasilitas ini mungkin hanya orang2 kaya aja ya?? Karena mungkin prosedurnya mahal. Tauk deh… ๐Ÿ˜€

    @Generasi Patah Hati

    Biasanya kalo orang patah hati, libur atau nggak, kerjaannya makan ati melulu…. :mrgreen:

    @KangBoed

    Nanti saya bikinin resepnya deh. Resep masakan saya. Ditanggung anda tidak akan berselera untuk makan. :mrgreen:

    @Sโ„ขJ

    Betul sekali. Tetapi kalau vegetarian sepertinya faktornya bukan faktor ‘penghematan’ energi saja tetapi ada banyak juga faktor2 lainnya yang menyehatkan tubuh…. ๐Ÿ˜€

    @aRuL

    Susuknya susuk apa rul?? Susuk cap bendera atau susuk Indomilk?? **halaah** :mrgreen:

    @diazhandsome

    Loh… sampeyan itu kurus bukannya karena kebanyakan berak dan kentut melulu?? Huehehehe…. :mrgreen:

    @skydrugz

    Sepertinya kalau masalah mendapatkan energi antara manusia dan lalat metabolisme (katabolisme)-nya hampir sama karena lalat juga memerlukan simple sugar untuk menggunakan energinya. Namun untuk saat ini, yang menjadi masalah adalah bagaimana pengurangan asupan energi ke dalam tubuh dapat memperlambat proses penuaan di tingkat selular. Karena hal ini juga berlaku bagi banyak spesies lainnya menurut penelitian, dan bukan hanya pada lalat saja.

    @adipati kademangan

    Iya, so pasti itu. Kalau awet muda tapi “kurang perkasa” ya rasanya ada yang kurang ya?? Sama aja oblong… huehehe… ๐Ÿ˜€

    @marshmallow

    Betul sih. Jangankan memperbaiki kualitas hidup, kalau hidup lama tapi kerjaannya cuma mabuk2an dan cuma bikin kerusakan di muka bumi saja dan kerjaannya cuma ngeselin orang kayaknya tuh orang malah bikin beban aja deh kalo hidupnya diperpanjang. Huehehe…..

    @HASTu W

    Mau menambah jam tidur nih?? Salah-salah kalo tidur melulu (apalagi kalo makannya ternyata malah lebih banyak) malah hanya memperpanjang perut. Huehehe…..

    @mantan kyai

    Catet ah. XKH komentarnya waras tiap hari Sabtu pagi. ๐Ÿ˜†

  14. wah… artikel yang menarik..
    terima kasih atas informasi yang berharga ini pak…

  15. pa kabar mas ??? judulnya asik tuh, sama seperti penulisnya, awet muda ๐Ÿ™‚

  16. Puasa puasa puasa….!
    oh ya kalau nggak salah yang menemukan florida tuh ponce de leon ya? dulu saya suka sekali membaca tentang penjelajah2 dunia.. tapi bukunya udah nggak ada, dah tak sumbangin

  17. Hihihihi… asal nggak telat makan, rencana mau awet muda malah kebablasan….

  18. @alfaroby

    Sama-sama ๐Ÿ™‚

    @Bisnis Online

    Saya heran kenapa ya setiap komen sampeyan masuknya selalu ke spam Akismet?? โ“

    @ardianzzz

    Mungkin maksudnya, orang Eropa yang pertama kali menginjakkan kakinya di Florida adalah Juan Ponce de Leรณn, bukan yang menemukannya. Kesannya gimana begitu. Kalau ada penduduk asli di sana, seolah2 mereka tidak diakui eksistensinya. Sama saja misalnya orang Eropa yang pertama kali menginjakkan kakinya di Pulau Jawa dianggap sebagai orang yang menemukan Pulau Jawa. Kan lucu?? Huehehehe…..

    @mamas86

    Asal jangan bablas anginรฉ seko mburi wae yo?? ๐Ÿ˜›

  19. Pak, kalau sebelum kenyang, makanannya udah abis duluan, bakal awet muda engga? :mrgreen:

  20. gan,
    pilih awet muda atau awet tua?
    kalo udah terlanjur tua gimana ya?

  21. wah.. nice info, paman..
    saya akan mengontrol pola makan saya.. hehe..

  22. @mathematicse

    Yang jelas….. awet rasa laparnya… :mrgreen:

    @yorick

    Kalau udah telanjur tua?? Ya…. awetin duitnya aja deh… **halaah nggak ada hubungannya** :mrgreen:

    @morishige

    Ya… mengontrol pola makan juga dapat menjadi mengontrol pengeluaran loh… kecuali pengeluaran tersebut akhirnya digunakan untuk keperluan lain. Huehehe…..

  23. Mas Yari jangan putus asa gitu deh, nggak bagus mas. Mas Yari bukannya masih muda? Eh Ini postingan dalam rangka ULTAH bukan ya?

  24. saya ada resep untuk mengatasi penuaan dini – tanpa efek samping
    silakan klik disini

  25. @pakde

    Ya…. emang kenapa kalo masih muda?? **wink wink wink** ๐Ÿ˜›

    Yeeee…. aku ulang tahun Agustus kok.

    @sakainget

    Terims atas linknya nanti saya akan coba kunjungi. ๐Ÿ™‚

  26. saya kalo telat mkaan suka masuk angin terus sakit mas…haaa..cepet mati donk kalo gitu…

  27. waduh saya lagi pengen makan terus belakangan ini.. melaparrr

  28. Hmmm.. pantaaaasan si Abang Yarri anu kasep awt muda terus
    Salam Sayang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s