Satu Mol Gula dan Satu Mol Sendok Makan Gula

avogadro_numberSebagian dari anda mungkin pernah membeli sepasang sepatu (2 buah), selusin telur (biasanya yang di dalam wadah kotak plastik transparan) yang isinya 12 buah, satu krat Coca-Cola yang isinya 24 botol atau jika anda membeli 6 krat Coca-Cola yang sama dengan 144 botol berarti anda membeli 1 gros botol Coca-Cola, dan juga 1 rim kertas yang isinya 500 lembar. Ya, kata-kata seperti pasang, lusin, gros ataupun rim merupakan kata bantu bilangan (eh, benar ya istilahnya??😀 ) yang menunjukkan jumlah tertentu. Tetapi tahukah anda ada satu kata bantu bilangan lagi yang jarang sekali kita pakai sehari-hari yaitu: satu mol.

Kenapa satu mol jarang kita pakai pada percakapan sehari-hari?? Karena satu mol adalah sebuah kuantitas yang sangat besar yaitu 6,02 x 1023 atau 602.000.000.000.000.000.000.000. Ya, kata bantu bilangan ini memang hanya dipakai oleh para ahli (kimia dan fisika) untuk menghitung jumlah molekul atau atom yang ada pada suatu substansi. Walaupun kata bantu bilangan mol ini bisa kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari namun karena kita jarang berurusan dengan kuantitas yang sebesar ini maka tentu saja bagi kebanyakan kita kata bantu bilangan ini terasa asing.

Dari mana datangnya angka sebesar itu? Angka ini bermula dari sebuah hipotesis yang dikemukakan oleh seorang ilmuwan Italia bernama Amadeo Avogadro. Dalam hipotesisnya Avogadro mengatakan bahwa volume yang sama dari setiap gas (apapun ‘spesies’ gasnya) pada temperatur dan tekanan yang sama maka jumlah molekul gas tersebut akan sama! Untuk itulah angka 6,02 x 1023 ini sering disebut sebagai ‘bilangan Avogadro’ untuk menghormati ilmuwan Italia tersebut. Namun ingat, bahwa 6,02 x 1023 ini adalah satu mol bukan satu Avogadro. Namun, Avogadro sendiri waktu itu tidak tahu berapa jumlah molekul yang ada pada volume tertentu tersebut. Tahun 1860, seorang ilmuwan Italia lainnya Stanislao Cannizzaro menghidupkan kembali hipotesis Avogadro yang mulai terlupakan ini pada sebuah konferensi ilmiah dan baru pada tahun 1865 ilmuwan Austria bernama Johann Josef Loschmidt mengadakan penelitian dan pengukuran serius berdasarkan hipotesis Avogadro ini. Hasil pengukuran Loschmidt waktu itu adalah sebesar 4 x 1022. Memang meleset dari perhitungan modern yang menghasilkan angka 6,02 x 1023. Namun tentu saja hasil tersebut tidak buruk untuk usaha yang pertama kali dan mengingat keterbatasan teknologi saat itu. Untuk itu di negara-negara yang berbahasa Jerman, seperti Jerman dan Austria bilangan Avogadro seringkali disebut sebagai bilangan Loschmidt sebagai penghargaan terhadap ilmuwan Austria tersebut atas usahanya memenghitung dan mencari bilangan Avogadro tersebut secara riil untuk pertama kalinya.

Satu mol ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi gas namun juga bagi benda padat dan benda cair. Yang penting pada saat para ahli mengatakan 1 mol dari sebuah substansi atau zat maka dalam zat tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul dari zat tersebut. Jadi jika para ahli mengatakan “satu mol gula” berarti pada gula tersebut terdapat 6,02 x 1023 molekul gula. Jikalau kita konversikan ke dalam gram maka tinggal kita kalikan saja satu mol dengan berat atom satu molekul gula. Gula (sukrosa) mempunyai rumus kimia C12H22O11. Berat atom C = 12, berat atom H = 1, berat atom O = 16. Jadi berat satu mol gula adalah 1 x (12×12 + 22×1 + 11×16) = 342 gram (kurang dari setengah kilo). Jadi jika anda mau beli gula di pasar sebanyak satu mol berarti anda ingin membeli gula sebanyak 6,02 x 1023 molekul gula atau 342 gram gula. Tapi jangan pernah anda mengatakan bahwa anda mau membeli satu mol sendok makan gula!! Karena itu berarti anda mau membeli gula sebanyak 6,02 x 1023 sendok makan. Jika satu sendok gula (pasir) adalah sekitar 13,2 gram (sudah saya timbang semalam sebelumnya:mrgreen: ) maka jika anda ingin membeli satu mol sendok makan gula berarti anda ingin membeli 7,9 x 1021 atau 7.900.000.000.000.000.000.000 kilogram gula!! Sebagai perbandingan massa (bobot) bulan adalah 7,4 x 1022 kg. Berarti dengan satu mol sendok makan gula anda bisa membuat planet mini sendiri di luar angkasa, planet gula!:mrgreen:

Nah, sebagai bagian akhir dari artikel ini, anda bisa ‘merealisasikan’ sendiri dan merasakan sendiri banyaknya satu mol ini. Selamat mencoba::mrgreen:

  • Jika anda mempunyai kertas sebanyak satu mol lembar berarti anda bisa mempunyai tumpukan kertas dari bumi hingga ke matahari !! Anda bukan hanya akan mempunyai satu tumpukan saja tetapi anda bisa mempunyai lebih dari sejuta tumpukan kertas dari bumi ke matahari !!
  • Jikalau anda mengoleksi bola tennis sebanyak satu mol, maka bola tennis tersebut akan menutupi seluruh permukaan bumi dengan tumpukan bola tennis tersebut mencapai beratus-ratus kilometer !!
  • Jika anda mempunyai butiran pasir sebanyak satu mol, maka butiran2 pasir tersebut dapat menutupi seluruh Jawa Barat dengan setinggi kira-kira BNI Tower yang ada di Jakarta!!
  • Jikalau anda mempunyai uang sebanyak satu mol rupiah dan dibagikan kepada 6 milyar penduduk di muka bumi ini maka uang tersebut cukup untuk kita semua untuk dibelanjakan satu juta rupiah setiap menit selama 24 jam sehari sepanjang kita hidup dan kita masih punya sisa lebih dari setengahnya ketika kita meninggalkan dunia yang fana ini.

17 responses to “Satu Mol Gula dan Satu Mol Sendok Makan Gula

  1. Untung saja Bilangan Avogadro itu adanya dalam bentuk molekul. kalau dalam bentuk yang lebih besar, ndak tahu harus tinggal di mana.

  2. huuuuuwaaaaaaaaaakaakakak.. beraaat bangeeet bang.. jadi puyeeeeeng.. kliyengaaaaaan.. *pulang duyuuu*.. cari obat pusing yaaaaaa.. bener bener OON surOON ya daku ini.. jadi malu.. *muka merah^.. kabuuuuuuur.. takut diketawain..
    Salam Sayang
    Salam Rindu.. kumismu..😆

  3. Satu mol kumis ada ga ya? Haha.. Kabur juga.

  4. kenapa straight or bent di garisin?

    bengkong atau lurus, uhm.. maksudnya mas?

  5. Wiih…poit trakhirnya…akh, seandainya terjadi padaku….uh…surga rasanya yaaa…

  6. @skydrugz

    Ya iya….. jangankan bilangan avogadro, bilangan kuadriliunan (seribu triliunan) aja kita sudah jarang berurusan dengan angka sebesar itu……

    @KangBoed

    KangBoed saya percaya nggak OON hanya saja mungkin kangBoed kumisnya kurang….
    **apa hubungannya yak???**😆

    @Ag bint

    Itungin aja dulu tuh kumis lo sendiri, udah satu mol apa belon??:mrgreen:

    @Huang

    I take down the explanation in your blog. Check it out.

    @ammadis

    Kalau punya satu mol rupiah duit sih serasa di surga ya, tapi kebalikannya kalau punya satu mol rupiah utang, wah pasti rasanya kebalikan ya?? Huehehe…

  7. hwaaaa.. puyengg…
    kalo sayah punya uang satu mol, indonesia mo di beli biar rakyatnya ngontrak ke sayah semua… hahahaa..

  8. Gile, perumpamaan yang berats… hehehehe imajinatif pak

  9. Kompooooor.. kompooooor.. sapa mauuuu.. apdeeeeeeet duuuuunk..
    Salam Sayang

  10. aq pengen uang sebanyak satu mol rupiah, smua buat beliin krupuk, pasti krupuknya menimbun daerah saya NTB, then, black_claw yg ada di Dompu dan saya yg ada di Bima, pasti ikut ketimbun, ckkk…ckkkk…🙂

    oh, salam kenal boz… a nice blog…

  11. @yorick

    Puyeng?? Minum bodrex satu mol tablet ditanggung sembuh dari puyeng selamanya!. Huehehehe…..

    @Raffaell

    Beratnya satu mol ton yah??:mrgreen:

    @KangBoed

    KangBoed jualan kompor?? Harganya jangan satu mol rupiah ya??:mrgreen:

    Udah diapdet tuh….😛

    @gaelby

    Kenapa duit sebanyak itu nggak dibeliin petai dompu aja sekalian?? Kan lebih klop dengan daerahnya! Huehehehe…..

  12. OHMYGOD, hahahaha… avogadrooo,,, tidaaakkk😀
    kimia-kalipuuunnn…. niat banget. sampe udah diitung gtu, satu sendok gula pasir 13,2 gram, hahaha…
    klo bilang ke penjual pasar “beli satu mol gula”, mungkin disangka satu (gedung) mall gula kali ya.. :p
    _lebih asik lagi klo bilang mau beli satu mol C12H22O11, hehe.. ini mau belanja di pasar apa mau masuk lab..

  13. Kalau bedli gula 1 mol…kira-kira bisa memenuhi kebutuhan orang kampung Cilandak berapa lama ya…apalagi kampungku ini, walau di tengah kota Jakarta Selatan, nyempil di belakang gedung tinggi, penghuninya sebagaian besar kaum manula. Dan yang jelas minumnya udah mengurangi gula

  14. @narpen

    Huahahaha….. kalau di pasar sih, jangankan dengan perkataan “mau beli 1 mol C_{12} H_{22} O_{11} ” wong dengan perkataan “mau beli 1 mol sukrosa” aja ditanggung masih bingung kok.:mrgreen:

    @edratna

    Wah bu… kalau mau beli 1 mol gula berarti sedikit, cuma 342 gram. Huehehe…. Tetapi kalau mau beli 1 mol sendok makan gula, nah… itu baru banyak. Seperti yang saya hitung di atas, itu berarti sama dengan 7,9 \times 10^{21} kg atau sama dengan 7,9 \times 10^{18} ton. Kalau 1 mol sendok gula jangankan untuk satu kampung di Cilandak, sebagai perbandingan, tahun 2008, konsumsi gula DUNIA setahun adalah 160 juta ton. Jadi satu mol sendok makan gula bisa mencukupi kebutuhan gula SELURUH DUNIA untuk waktu 49.375.000.000 tahun atau lebih dari 49 milyar tahun !!!

  15. di dalam hidup kita kenal betul tu gula
    gimana kita bisa mengambil tu gula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s