Merdeka !!!

Sebenarnya tema postingan ini sederhana saja kok….Β  Ingin mengetahui definisi merdeka itu seperti apa, karena kita sudah katanya 64 tahun merdeka, tetapi apakah kita menyadari apa hakikat kemderdekaan sesungguhnya?? Ingat ya…. kemerdekaan yang saya maksud di sini bukanlah kemerdekaan dari kemiskinan, kemerdekaan dari kebodohan, kemerdekaan dari korupsi dan lain-lain…. tetapi yang saya maksudkan di sini adalah definisi merdeka dalam arti kata “siapa yang memerintah kita”. Apakah menurut anda merdeka itu terletak hanya ketika bendera Belanda diturunkan dan bendera Indonesia dinaikkan?? Atau….. apakah merdeka hanya didefinisikan ketika orang yang memerintah negara kita sesuai warna kulitnya dengan warna kulit kita?? Ketika penduduk Hawaii asli yang warna kulitnya jauh dari bule, memilih untuk bergabung dengan Amerika Serikat misalnya yang presidennya kebanyakan bule, apakah berarti mereka masih “dijajah”?? Ketika hak-hak politik kita di zaman orde baru dulu dipasung, apakah kita benar-benar sudah merdeka waktu itu?? Ketika dulu Hongkong masih dijajah Inggris, namun penduduknya makmur luar biasa, sehingga kehidupan rakyat Hongkong yang waktu itu masih “dijajah” namun standar hidupnya bisa jauh lebih tinggi dari kebanyakan negara-negara yang sudah merdeka termasuk Indonesia waktu itu, apakah berarti rakyat Hongkong masih merasa terjajah waktu itu?? Ingat… ketika Hongkong ingin dikembalikan ke China waktu itu, justru banyak rakyat Hongkong yang merasa nyaman “dijajah” Inggris dibandingkan harus “merdeka” dikembalikan ke China.

Jadi menurut anda semua, sebenarnya definisi “merdeka” itu apa ya?? Apakah selama ini kita hanya ikut-ikutan saja mendefinisikan kemerdekaan itu??πŸ˜€

20 responses to “Merdeka !!!

  1. Kemerdekaan?
    Entahlah apa artinya itu…

    Kebahagiaan dan tidak sengsara mungkin lebih memiliki makna dibading kemerdekaan..

  2. menurut saya, kemerdekaan adlh bebas memilih dan bebas mengemukakan pendapat serta semua golongan penduduk diperlakukan secara sama dan adil.

  3. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  4. merdeka, mari kita ikut lomba panjat pinangπŸ˜€

  5. apakah suami takut istri itu dikatakan merdeka..πŸ˜€ (hehee maap ndak nyambung, berhubung saya belum nikah.., ini masih jadi pertannyaan)

  6. Ahaha, saya jadi ingat status fesbuk saya pas tanggal 17 kemaren itu:

    Kalo tahun 45 dulu gak merdeka, dan sekarang jadi negara persemakmuran Belanda, rasanya Indonesia.. eh, Hindia-Belanda bakal lebih makmur, nyaman, liberal, dan tidak jawasentris…

    :mrgreen:

  7. merdeka negaranya belum tentu merdeka pula rakyatnya. ternyata banyak sekali komponen kemerdekaan itu, mas, makro dan mikro. nah, definisi yang dicari ini untuk komponen yang mana dong, mas yari? *sengaja pertanyaan dibalas pertanyaan supaya nggak musti menjawab*:mrgreen:

  8. @skydrugz

    Nah itu dia…. merdeka namun merana (dan tidak terhormat)sama saja dengan merana karena nggak merdeka ya??πŸ˜€

    @Ag bint

    Huehehe.,…. itu kan nyontek dari saya…:mrgreen:
    Jadi kesimpulannya siapa yang memerintah itu nggak begitu penting dong ya??

    @KangBoed

    Selamat Puasa juga untuk kangBoed. I lap u pul juga deh!!!!πŸ˜€

    @adipati kademangan

    Lomba manjat pinang kan nggak perlu nunggu merdeka dulu?? Biar dijajah kalo mau lomba panjat pinang sih lomba panjat pinang aja… huehuehue…:mrgreen:

    @ridhobustami

    Kebanyakan nonton sinetron ya?? Terlalu banyak nonton sinetron termasuk sudah merdeka belon ya??:mrgreen:

    @jensen99

    Emang persemakmuran Belanda kalau ada anggotanya siapa aja?? Paling2 cuma Indonesia sama Suriname doang!!! Nanggung amat! Huehuehue….πŸ˜€

    @marshmallow

    Boleh makro, boleh mikro tetapi yang jelas harus berhubungan dengan “siapa yang memerintah”. Huehehehe…..πŸ˜€

  9. tema yang masih hangat dan tema yang say usung juga di blog saya. Kemerdekaan adalah kebebasan dari kemiskinan, kebodohan dan juga sekarang ini kita harus bebas dari yang namanya teror. Merdeka…

    salam kenal. mampir ke blog kami

  10. Merdeka ya bebas mau ngapain aja, mengekspresikan diri, berpendapat, selama masih dalam koridor aturan dan norma yang berlaku umum di masyarakat… *masih terpengaruh penataran P4 jaman jebot*

  11. Merdeka = Bebas, mungkin itu intinya ya, kalau menurut KBBI sih merdeka itu dari perhambaan, penjajahan, dsb, hehe.

    Menjelang Ramadhan ini saya ucapkan mohon maaf lahir bathin, Pak Yari.

  12. merdeka itu terbebas dari penjajah atau apalah yang menghambat. tapi, tidak semua merdeka itu ‘merdeka’. kita udah merdeka, tapi masih banyak yang korupsi (hanya contoh). jadi orang merasa belum merdeka.

    tapi kalau belum merdeka, sedangkan negaranya makmur sentosa dari atas sampai bawah, barulah orang merasa ‘sudah’ merdeka. contohnya seperti Hongkong itu.
    contoh lain: Malaysia (walaupun sekarang suka mengambil punya negara lain)

  13. Kemerdekaan seperti apa yang kita inginkan. Itulah kemerdekaan yg akan kita dapatkan.

    Salam kenal Mas…

  14. Ping-balik: Hari Kemerdekaan « Ini Bener Blog-nya Ihsan Kusasi?

  15. Sekali merdeka tetap… MERDEKA…!!!

  16. @Gostav Adam

    Bebas dari kemunafikan gimana??

    @Anderson

    Mungkin yang penting kita sekarang sudah merdeka dari penataran P4! Huehehehe….πŸ˜€

    @indra kh

    Saya juga mengucapkan mohon maaf lahir batin pak Indra.

    @andif

    Merdeka juga!πŸ˜€

    @diazhandsome

    Siapa bilang Malaysia udah merdeka?? Lha… wong itu negara sama juga sih bloonnya, hanya saja lebih makmur! Lihat aja, bikin Petronas Towers aja masih sepenuhnya harus dibantu bule!:mrgreen:

    @mas8nur

    Tentu keinginan kita juga harus bertanggungjawab karena kemerdekaan tersebut, jangan sampai merugikan orang lain, bukan begitu?πŸ™‚

    Salam kenal juga…

    @buJaNG

    Merdeka juga!πŸ˜€

    @alhejawi

    Yang penting tetap merdeka!!πŸ˜€

  17. Hahaha. Bener juga ya pak yari, jadi terbolak-balik. Tapi ya saya setuju dengan salah satu komentar di atas. Merdeka itu adalah bebas untuk memilih. Klo Belanda se-membangun Inggris, bukan tidak mungkin kita dulu juga terlena dan memilih untuk tetap bersama. Tapi kenyataannya (yang saya tangkap dari buku sejarah) kan kita malah diperas habis2an.

    • Sebenarnya jajahan Inggris banyak juga yang miskin-miskin loh, lihat saja Myanmar dan Bangladesh. Belum lagi yang di Afrika. Walaupun harus diakui memang secara umum Inggris masih lebih baik dalam menjajah daripada Belanda. Tapi mudah2an dengan semangat untuk membangun kualitas dan moral sumberdaya manusianya kita bisa mengejar ketertinggalan kita dari negara2 tetangga, walaupun kita juga sebenarnya punya banyak keunggulan yang sudah tercapai dalam bidang non-ekonomi dari negara2 tetangga kita…πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s