Times When Prayers Are Disallowed

Allah has commanded the believers to offer prayers. This act of worship is the basic requirement of Islam since it is one of the five pillars in Islam. The object is to root in the deepest human heart the seed of the realisation of Allah as well as awaken his consciousness. Prayer is an important act to nourish the soul as nutrients are essential for the maintenance of the body. It is spiritual food for all of the believers.

Each prayer, whether it is obligatory (wajib) or voluntary (sunnah), has its own time. However there are times when prayers are not allowed or prohibited. At these times it is unlawful to offer prayers:

  • When the sun is in the process of rising
  • When the sun just hits the zenithal point in the sky (It approximately takes about three minutes for the solar disc to completely leave the zenith)
  • When the sun is in the process of setting

These prohibited times are reported on the authority of ‘Uqba bin ‘Amir (Allah be pleased with him) that the Messenger of Allah (peace and blessing of Allah be upon him) said: There are three times at which you should neither pray nor bury your deceased – when the sun begins to rise until it is fully up over the horizon; when the sun is at its full height at midday till it passes the zenith; and when the sun draws near to setting until it fully downs under the skyline. The prohibition seems chiefly due to the fact that a Muslim’s action must not be in conformity with the idolators. The object is to root out idolatry in any shape or form. The rising or the setting sun is worshipped by many tribes or people in various nations around the globe. That is why Islam has declared these occasions as prohibited times for offering prayers.Β  Prayers on Friday however are not unlawful when the sun hits the zenith but prostration (sujud) at that time is highly abominable. It should be avoided as far as possible. Abu Qatada (Allah be pleased with him) disfavours prayer at noon until the sun is sloping except on Friday because hell is heated up except on Friday.

12 responses to “Times When Prayers Are Disallowed

  1. i’ve heard about the disallowed time prayers, but the reason behind is quite new, mas yari. and also about the privilege on friday. wow, thanks heaps!

  2. kalau bulan terbit dan bulan terbenam gimana ya?? kayaknya ada juga tuh suku2 yg menyembah bulan kalo ga salah loh. heheh..

  3. Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

  4. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank..
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll..

  5. @marshmallow

    You’re always welcome! Yes, this reason behind the prohibition was perused from my old book on Islam. The book was already fully covered with dust and dog-eared before eventually I dusted it off and found so many precious teachings therein.

    @Ag bint

    Kalau bulan terbit atau terbenam sepertinya tidak apa2 deh. Soalnya tidak termasuk di dalam waktu2 terlarang untuk sholat. Lagian kalau bulan terbitnya siang hari atau terbenamnya siang hari (sangat mungkin kan secara astronomis!!) sepertinya si bulan kalah dominan dari matahari. Huehehe….πŸ˜€

    @KangBoed I & II

    Amin. Saya juga ikut berdoa bagi negeri ini dan juga buat teman2 di sini termasuk KangBoed agar selalu diberi rahmat dan hidayah dariNya. Amin.πŸ™‚

  6. Raihlah Jati Diri Manusia.. dan Mengembalikan Jati Diri Bangsa..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  7. selamaaaat malaaaam bang Yari.. makin ganteng aja yaaaaaa

  8. Let’s pray…

    May God Bless Us

  9. Jika ada waktu-waktu tertentu dimana sholat dilarang, ada juga waktu-waktu tertentu dimana sholat sunat sangat dianjurkan, yaitu antara matahari mencapai tinggi sepenggalah hingga mendekati tengah hari (antara jam 8 – 11 … tentang rentang waktu ini mohon konfirmasi ya Mas Yari) untuk sholat Dhuha, dan sepertiga di akhir malam untuk sholat tahajud.

    Mengapa waktu-waktu tersebut diutamakan? Karena pada waktu Dhuha, orang sedang ditengah kesibukan bekerja, sedangkan di sepertiga akhir malam orang sedang nyenyak-nyenyaknya tidur. Jika orang bisa meluangkan waktu dan bersujud kepada Allah di watu-waktu yang ‘sulit’ itu, maka berarti imannya memang kuat, dan ia ‘pantas’ memperoleh pahala yang besar.

  10. Saya juga sering mempertanyakan hal yg ditanyakan oleh tutinoka.

    Lalu apa benar kalau di Makah, kt bisa shalat kapan saja saat di Masjidil Haram, tanpa ada aturan pelarangan waktu?(maaf pakai bhs Indonesia, susah translatenya)

  11. because hell is heated up except on Friday

    Lho Mas, apakah kompor di neraka sudah dinyalakan? Kan belum ada isinya sebelum hari penghisaban? *just curious*

  12. @KangBoed I & II

    Mari.. mari… kita tegakkan selalu perdamaian di muka bumi ini.

    Btw, saya sih emang udah ganteng dari dulu. Baru tahu ya?? Huehehe…

    Ya udah… salam manis juga buat kangBoed yang manis seperti gula.πŸ˜€

    @skydrugz

    Amen. Sepertinya sih di Mekah atau Masjidil Haram juga berlaku larangan tersebut. Hanya saja di masjidil haram shalat di sana pahalanya jauh lebih banyak untuk itu sangat dianjurkan untuk banyak2 shalat sunnah di sana. Itu setahu saya loh…πŸ˜€

    @tutinonka

    Yup betul itu. Tapi itu jikalau seseorang sudah tidur nyenyak sebelumnya (pada malam hari) atau orang tersebut memang sibuk bekerja (pada siang hari) bukan berniat shalat untuk mangkir atau bolos dari pekerjaan. Huehehehe…. Sama juga seperti misalnya shalat tarawih malam hari, hari hujan dan becek terus berjalan kaki ke masjid, pasti pahalanya lebih banyak juga dibandingkan shalat tarawih pada malam yang cerah pakai mobil pula. Sebab tantangannya lebih banyak…πŸ˜€

    @Lambang

    Memang dikatakan di haditsnya begitu sih. Mungkin hanya kata-kata figuratif semata. Toh yang penting adalah, hindarilah shalat pada saat matahari di titik tertinggi bahkan di hari Jumatpun (ketika shalat sunah) agar pada saat sujud tidak bertepatan dengan titik kulminasi tertinggi matahari.πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s