Kejujuran Dan Kebohongan

Setiap insan pasti dengan mudah dapat membedakan mana kejujuran dan mana kebohongan walaupun begitu tidaklah mudah bagi setiap manusia untuk menghindari kebohongan dan merangkul kejujuran. Kejujuran adalah kebajikan moral dasar yang dapat menumbuhkan sifat-sifat baik lainnya di dalam hati setiap insan. Kejujuran juga dapat membantu mencegah mereka yang merangkulnya untuk jatuh ke dalam jurang kehinaan dan kejahatan. Orang yang jujur adalah orang yang cenderung bersih hatinya, dapat dipercaya, tidak bermuka dua serta dapat dijadikan sumber informasi yang terpercaya. Ia juga cenderung untuk menjaga atau menepati janjinya serta tidak mengkhianati orang lain.

Ada beberapa ayat Al-Quran yang menjelaskan mengenai kejujuran dan kebohongan ini, antara lain adalah:

17_81

Dan katakanlah: “Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap”. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. (QS 17:81)

4_135

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan. (QS 4:135)

9_119

Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar. (QS 9:119)

Namun begitu kebohongan dapat diizinkan jikalau dalam keadaan kasus-kasus berikut ini:

  1. Untuk membawa rekonsiliasi atau perdamaian di antara kaum Muslimin yang saling berperang
  2. Untuk mendekatkan hubungan suami istri yang sedang retak
  3. Untuk menyelamatkan nyawa ataupun kehormatan dari seseorang yang tidak bersalah terhadap kekejaman tirani ataupun ‘penjajah’ jika tidak ada jalan lain untuk menyelamatkannya
  4. Dalam perang

Seperti yang diriwayatkan dengan kesaksian Asma’ binti Yazid bahwa Rasulullah SAW berkata: Kebohongan (kepalsuan) dilarang kecuali dalam tiga perkara: Kebohongan dari seorang suami kepada istri untuk menyenangkan hati sang istri, kebohongan dalam perang, dan kebohongan dalam menegakkan perdamaian di antara umat manusia.

Islam juga sangat menentang mereka yang bermuka dua. Diriwayatkan dalam kesaksian Abu Huraira bahwa Rasulullah SAW pernah berkata: “Seburuk-buruknya manusia adalah mereka yang bermuka dua; mereka datang kepada seseorang dengan sebuah mukanya dan datang kepada orang lain dengan mukanya yang lain.”

30 responses to “Kejujuran Dan Kebohongan

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Blognya bagus sekali, banyak memberikan pencerahan. Baru siang ini saya menemukan Anda. Maju terus !

    Kapan-kapan kalau ada waktu mampir ke tempat saya.
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr. wb

  2. kalo berbohong untk menutup aib orang atau aib diri dosa ga ya? hehe..

  3. Duh udah lama ga komen di sini. Maaf ya, Pak Yari. Met puasa aja deh…πŸ™‚

  4. Semoga kita bisa sama2 belajar jujur dan mencegah bohongπŸ™‚

  5. @ABDUL AZIS

    Wa’alaikum salam wr wb….

    Terima kasih ya telah mampir di blog ini… Ya… insya Allah saya akan balas mengunjungi blog anda jika saya ada waktu. Tunggu ya.πŸ™‚

    @Ag bint

    Hmmm… ya tergantung… kalau dari berbohong tersebut dapat menghasilkan keadaan yang lebih baik bagi semua fihak atau kedamaian di semua fihak (dan tidak ada jalan lainnya) mungkin bisa dibenarkan. Namun kalau motivasinya hanya semata2 untuk menipu dan merugikan orang lain dan menguntungkan dirinya sendiri tentu tidak bisa dibenarkan…πŸ™‚

    @Al Jupri

    Iya, nggak apa2. Kang Jupri pasti sibuk ya?? Selamat puasa juga deh buat kang Jupri…πŸ™‚

    @aRuL

    Amin. Belajar kejujuran memang sulit dan manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, yang penting adalah usahakan meminimalisasi kebohongan atau kepalsuan sebaik mungkin.πŸ™‚

  6. bermuka dua adalah ciri-ciri orang munafik bukan, mas? memang tak diragukan bahayanya, apalagi bila harus mengamanahkan sesuatu rahasia. pantaslah bila allah sangat memurkai sifat tidak terpuji ini.

    akan halnya dusta yang diperbolehkan, seringkali kita terjebak untuk berdusta karena takut menerima resiko bila harus jujur. padahal ternyata hanya empat hal yang memperbolehkan dusta putih ya, mas. weks!

  7. kebohongan suami pada istri??
    hmm boleh juga tuh :p

  8. Sepertinya Mas Yari,sudah bisa membawakan ceramah di malam tarawih…

    Lanjutkan…πŸ˜€

  9. Berhubung ada kalimat rekonsiliasi, kalao rekonsiliasi di dunia akuntansi artinya apa ya pak, hehehe barang kali bapak tau

  10. tapi bohong tetaplah bohong

  11. Duhh…maaf…akhir2 ini kurang waktu, lama nggak sempat main ke rumah teman2..
    Yang jelas, jika kita jujur hati akan terasa tentram

  12. Pertama kali berbohong, orang masih merasa cemas, masih merasa bersalah. Tapi jika sudah menjadi kebiasaan untuk mengucapkan kebohongan, hati nurani sudah mati, tak ada lagi rasa takut dan bersalah. Maka jangan dibiasakan bohong, agar alarm di hati nurani kita masih berdering ketika kita mengucapkan sesuatu yang tidak benar …

  13. Hari Raya besar umat Islam yang ditunggu2 kemeriahannya. Namun hakikatnya tidak hanya sekedar ceremoni belaka, namun diharapkan kita menjadi insan yang lebih baik kedepannya

    salam mampir ke blog kami
    Support me in SEO Contest. Thanks for your atention

  14. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

  15. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal β€˜aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang β€˜tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  16. Mudah saja sebenarnya untuk mengukur.
    Jika kebohongan kita diketahui oleh orang, kita malu merasa berdosa atau biasa saja atau malah jadi pahlawan?

  17. Assalamu’alaikum wr. wb.

    Saya dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.
    Mohon maaf lahir batin.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    salam buat keluarga

  18. jadi ada bohong putih, bohong abu abu ya mas, sekalian ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1430H. Mohon maaf lahir dan batin

  19. Terlepas dari kebohongan yang ini saya bilang dari hbati saya..
    Mohon maaf lahir bathin mas Yari. Semoga kita kembali fitrah. Tetap jujur dan tidak bohong.

    Salam untuk keluarga ya..

  20. @marshmallow

    Itupun dusta putih hanya jika tidak ada cara lain, kalau masih ada ya tetap saja sepertinya harus dihindari tuh dusta putih…πŸ™‚

    @ardianzzz

    Kenapa?? Mau dipraktekin ntar kalo udah kawin??πŸ˜›

    @skydrugz

    Oh ya??πŸ˜›

    @Raffaello

    Hmmm… rekonsiliasi dalam akuntansi?? Hmmm… yang paling terkenal sih yang dinamakan ‘rekonsiliasi bank’ yang mencocokkan antara catatan akuntansi sebuah perusahaan dengan catatan bank terutama yang berkenaan dengan rekening kas… **halaah**

    @zoel

    Ya iyalah…. bohong ya tetep aja bohong nggak bisa jadi kaos oblong dong!:mrgreen:

    @edratna

    Tapi ada juga yang jujur tetap was-was karena sebelumnya mereka telah berbuat salah…

    @tutinonka

    Yang penting memang sejauh mungkin kita menjauhi kebohongan, kecuali demi kebaikan itupun dengan catatan apabila tidak ada jalan lain lagi. Setuju banget…πŸ˜€

    @Gostav Adam

    Good luck with the contest ya??

    @KangBoed

    Salam Idul Fitri juga buat kangBoed, mohon maaf lahit bathin… MUdah2an kangBoed selalu dalam lindunganNya. Amin.πŸ™‚

    @mandor tempe

    Jadi pahlawan karena berbohong?? Hmmm… rasanya aneh juga… tetapi mungkin saja sih jikalau kebohongannya itu dapat menyelamatkan banyak jiwa…πŸ™‚

    @ABDUL AZIZ

    Salam idul fitri juga…terims atas kunjungannya dan salam idul fitrinya…πŸ™‚

    @boyin

    Yang nggak ada mungkin bohong technicolour aja kali ya?? Huehehe…
    Selamat idul fitri juga buat kang boyin…πŸ™‚

    @pakde

    Pakde nggak pantes pakai pakaian santri, ganti sana avatarnya!πŸ˜›

    Kritik pedes dulu baru saya ucapkan selamat idul fitri juga buat pakde…:mrgreen:

  21. kunjunganpertama mas lam kenal ja ya dan monngo mampir heheheπŸ™‚

  22. sip…………………………
    kebohonga akan menyakitkan orang lain…………
    tapi,jadi orang yang benar-benar jujur sulit banget…………………

  23. “Kebohongan (kepalsuan) dilarang kecuali dalam tiga perkara: Kebohongan dari seorang suami kepada istri untuk menyenangkan hati sang istri…” –> kasihan bgt istri yang telah dibohongi, huehehehe…

  24. kenapa sich harus jujur dan bohong

  25. uvy' ingind menutup mata

    pak, knpa sulit bgt bwt nerima bhwa qta tlah dbhongi maorang yang sangadh qta p’cya, orang yg qta pkir gag akan pernah berbohong pd qta,,?

  26. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “Kebohongan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Kebohongan ?

  27. assalamu’aikum
    terimakasih atas penjelasannya
    bagaimana jika ada orang yang berbohong demi kebaikan?

  28. Hiduplah dengan jujur,, jgn pernah berbohong dlm hal yg serius,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s