CV-CV Yang “Lucu”

Jikalau anda pernah melamar kerja, tentu anda mengetahui apa itu CV atau curriculum vitae itu. Ya, curriculum vitae (atau kalau di Amerika Serikat lebih populer disebut résumé ini) adalah dokumen yang mengisahkan secara ringkas mengenai pendidikan kita, sejarah pekerjaan profesionalitas kita dan juga kualifikasi pekerjaan kita di masa lampau. Dokumen ini tentu sangat penting untuk menginformasikan secara ringkas mengenai apa pengalaman dan kemampuan kita yang dapat ditawarkan untuk calon employer kita.

Nah, karena CV ini secara ringkasnya menceritakan kualifikasi kita tentu saja apa yang terkandung di dalam CV ini merupakan nilai jual dari diri kita sendiri. Jikalau barang dengan brosurnya, maka CV ini boleh dikatakan sebagai “brosur” yang menjelaskan kita. Karena CV ini boleh dikatakan sebagai “brosur”nya diri kita, terkadang banyak justru yang terlihat sangat menggelikan, terutama bagi mereka yang fresh graduate. Kebanyakan adalah hal-hal yang tidak perlu banyak dimasukkan. Tidak jarang daftar sertifikat-sertifikat seminar yang kurang penting juga dimasukkan ke dalam CV sehingga CV tersebut terlihat panjang  yang tidak perlu dan lebih dari satu halaman. Padahal CV yang baik sebenarnya satu halaman saja, pendek namun ringkas dan hanya hal-hal penting saja yang dimasukkan. Ada juga CV yang di-print berwarna-warni secara indah, tentu saja dengan harapan mem-print CV dengan warna-warni yang indah akan membuat CV-nya mempunyai nilai tambah, padahal tentu saja tidak begitu adanya.  Ada juga CV yang diprint dengan pas-foto yang sedikit narsisis dengan harapan tentu saja CV-nya juga akan mendapatkan nilai tambah dari fotonya tersebut padahal CV yang modern (kecuali untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu yang memang membutuhkan ketampanan atau kecantikan wajah) tidak perlu dilengkapi dengan pas foto karena dikhawatirkan pas foto akan membiaskan penilaian orang yang menilai CV tersebut yang (secara manusiawi) cenderung lebih memilih kecantikan dan ketampanan lahiriyah.

Namun begitu, ada dua pengalaman yang paling lucu yang dialami kolega saya sekantor. Tugasnya memang merekrut. Yang pertama, CV seorang fresh gaduate dari sebuah akademi di Bandung. Di bagian “Lain-Lain” terdapat satu hal yang aneh yaitu: “Mengetahui Bahasa Inggris”. Mengetahui?? Apa maksudnya?? Pada saat wawancara teman saya bertanya: “Ini maksudnya mengetahui Bahasa Inggris itu apa ya? Apakah maksudnya anda sanggup mengerti percakapan Bahasa Inggris atau dapat membaca Bahasa Inggris begitu?” Jawabannya sungguh di luar dugaan: “Maksudnya saya cuma mengetahui dengan baik bahwa apa yang saya baca dan yang saya dengar itu adalah  Bahasa Inggris!”  “Hah??????” Tentu saja teman saya bengong mendapatkan jawaban seperti itu. Lha wong, saya aja yang hanya diceritakan teman saya saja juga ikut bengong! Yeeee…. mbak…. itu sih anak SD juga tahu!!😆

Peristiwa kedua, seorang fresh graduate juga dari akademi juga namun akademinya lain, dalam CV-nya di kolom pengalaman kerja ada tercantum: – Ikut teman selama 3 bulan sebagai supervisor. Pada saat wawancara teman saya bertanya: “Ini sebagai supervisor apa ya mbak?” Jawabannya dengan polos: “Oh itu yang supervisor teman saya, saya cuma ikut ke kantornya dia dan mengamati pekerjaannya selama kurang lebih 3 bulan!” Gubraaaak!! Untung teman saya nggak pingsan!😆 Mbok ya… kalau belum punya pengalaman ya jujur saja, nggak usah maksa gitu!!😆

15 responses to “CV-CV Yang “Lucu”

  1. wkwkwkwk..*asli ngakak di ruang komputer guru* kok polos banget seh buat CV n wawancaranya

  2. Hehehehe…ngakak saya baca ini…tapi saya percaya hal itu benar-benar terjadi.
    Sebetulnya ada cara membuat CV yang benar…dan ini bisa dilatih…anak saya saat tingkat terakhir mendapatkan ceramah dari suatu perusahaan (lupa nama perusahaannya…..schlumberger atau apa?)..bagaimana cara membuat CV yang baik.

    Bahkan bagi orang seperti sayapun harus selalu siap dengan CV..ada CV untuk menjadi pengajar, ada CV untuk pekerjaan (kadang ditelpon teman untuk mengirim CV)…dan sebaiknya, walau kita sudah bekerja tetap membuat CV yang terus diupdate. Kang Yari juga selalu mengup date CV kan? Siapa tahu suatu ketika ditelepon head hunter….

  3. Ha ha ha ha ……….
    Mungkin strategi baru pencari kerja untuk menarik perhatian
    dengan membuat tertawa yang akan mewawancarainya (LOL).

  4. Salam hormat.
    Satu catatan yang menarik tentang CV yang perlu diketahui, juga pengalamn lucu yang boleh menjadi peringatan di kemudian hari

  5. wkwkwk geli banget ya? nah itulah fungsinya wawancara… karena terkadang kompetensi seseorang bisa dilihat secara langsung dari gaya bicaranya, cara menjawab, dan pola fikirnya. Dalam pekerjaan tidak mutlak hanya kecerdasan yg menjadi tolok ukur, tetapi multi talenta lainnya yg hanya bisa dilihat bila kita bertemu langsung… nice post
    monggo mampir ya mas?😀

  6. wah kebetulan banget!..ntar saya juga mo cerita ah..soalnya 4 hari ini saya capek interview masal dengan total lebih dari 15.000 pelamar….

  7. @Nurita Putranti

    Polos dari lubang jarum ya?? Eh salah…. itu mah lolos ya?? **MODE Plesetan garing ON**:mrgreen:

    @edratna

    Memang bu, menulis CV ada tekniknya tersendiri, namun sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang jelas CV yang panjang belum tentu merupakan CV yang terbaik. Saya juga masih punya CV, namun satu saja. Saya buat ringkas (dalam Bahasa Indonesia, Inggris dan Perancis), edukasi di bawah SMA saya hilangkan. Pengalaman pekerjaan yang kurang signifikan dan yang sudah lampau juga saya hilangkan…

    @Harry Nizam

    Huahaha…. kalau ada lowongan pekerjaan pelawak pasti diterima ya??😆

    @Along

    Hehehe… iya… jadi nanti siap2 kalau ada peristiwa yang lucu seperti ini lagi nggak perlu pingsan!😆

    @fansmaniac

    Iya betul…. dari wawancara juga dapat diketahui mana orang yang bersifat “superfisial” dengan menutup2i “keadaan sebenarnya” dan mana orang yang bersifat “natural” yang apa adanya…

    @boyin

    Haha…. ditunggu ya nih ceritanya bang boyin!🙂

  8. hah? ada aja ya orang yang ngirim CV garing gitu. hahaha…

  9. hahahaa.. saya cengar cengir bacanya..😆

  10. Ha ha…🙂

    Mmm… ada enggak, Pak, CV yang isinya: Pengalaman Kerja: Belum/Tidak berpengalaman?

  11. hihihi…., lucu juga ya kak?

    thx ya…, bisa dijadikan pengalaman besok kalau dah lulus🙂

  12. ahuhuhuuu… maksa banget deh.

    membuat CV memang memiliki seni tersendiri ya, mas. karena seperti kata mas yari, selembar CV adalah iklan mengenai kapasitas diri kita yang bisa dijual kepada orang/pihak lain, sehingga kalau iklannya tepat, nilai jual kita pun bisa didongkrak. tapi kalau maksa seperti contoh CV-CV lucu di atas, yang ada malah bikin empet dan jadi konyol sendiri.

  13. @diazhandsome

    Iya… CV-nya garing tapi mulut ini basah berbusa2 karena tertawa terkentut-kentut😆

    @ridu

    Asal jangan keterusan aja cengar-cengirnya ya?? Salah-salah nanti malah dicengar-cengirin orang lagi…. hehehe…

    @mathematicse

    Ada nggak ya… orang masukin pengalaman kerja di CV:
    Pengalaman Kerja:
    – Sebagai manajer produksi (dalam mimpi).

    Huehehe… **garing ON**😆

    @redesya

    Yang penting berusaha mungkin untuk membuat CV yang jujur, andaikan kalau mau bohong juga jangan yang maksa banget seperti di atas….😆

    @marshmallow

    Huehehe… ya begitulah… terkadang orang mau memasukkan apapun yang bisa dijadikan nilai tambah bagi dirinya sekecil apapun terutama mereka yang masih miskin pengalaman, agar terlihat lebih mempunyai bobot daya saing di antara persaingan dengan kandidat2 lain. Tapi memang kalau caranya konyol memang bikin empet. Walau begitu kita harus tetap adil dan obyektif, karena setiap orang pasti punya kelebihan2 dan kelemahan2 masing2 yang patut dipertimbangkan secara riil walaupun itu datang dari seseorang dengan CV yang konyol…😀

  14. saatnya meng updatet CV………..😀😀

  15. hahaha pengalaman yg lucu. jadi tahu tentang cv yg bagus. makasih sob🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s