Bonobo Yang Biseks…

Dua betina bonobo sedang melakukan kegiatan seks di kebun binatang San Diego, AS.

Bagi sebagian dari anda mungkin masih merasa asing dengan nama “Bonobo”. Ya, bonobo adalah salah satu spesies kera yang walaupun secara genetik paling dekat dengan manusia namun kepopulerannya jauh dari “sepupunya” yaitu simpanse. Sepintas lalu, bagi kita yang tidak terlatih untuk membedakan antara simpanse dan bonobo, akan sulit membedakan kedua spesies tersebut. Namun, ciri-ciri umum yang membedakannya dari simpanse adalah badannya yang relatif lebih ramping, kaki yang lebih panjang sehingga jikalau ia berdiri dengan dua kaki proporsinya lebih mirip dengan manusia, bibirnya yang lebih berwarna merah muda, ada sedikit gumpalan ekor hingga masa dewasa, serta ada rambut (bulu) yang lebih panjang terutama di bagian samping kepala. Selain itu, biasanya jika bonobo berjalan dengan “empat kaki”-nya, “kaki depan”-nya (yang sebenarnya adalah sepasang lengan tentu saja) biasanya berjalan dengan telapak tangan yang terbuka, berbeda dengan simpanse yang kebanyakan berjalan dengan telapak tangan terkepal.

Keunikan lainnya dari spesies yang habitat aslinya hanya bisa ditemukan di Republik Demokratik Kongo ini adalah dalam struktur sosialnya telah menganut prinsip egalitarian di mana jantan yang secara fisik lebih kuat tidak selamanya dominan.Β  Bahkan dalam struktur sosial bonobo, betina cenderung jauh lebih dominan dibandingkan yang jantan. Hal ini sangat bertolakbelakang dengan struktur sosial simpanse atau kebanyakan dunia binatang lain, di mana yang jantan, yang secara fisik lebih kuat, cenderung untuk mendominasi struktur sosial yang ada. Selain itu yang membedakannya dengan simpanse adalah, spesies ini (bonobo) adalah spesies yang penuh kedamaian. Kekerasan antarkelompok yang dapat berakhir dengan pembunuhan yang sangat umum terdapat dalam masyarakat simpanse tidak pernah ditemukan pada masyarakat bonobo ini.

Dua ekor bonobo yang tengah berdiri tegak

Namun yang paling mencengangkan adalah perilaku seks dari spesies ini. Itu disebabkan karena tingkat biseksualitas yang sangat tinggi pada bonobo. Walaupun biseksualitas telah banyak ditemukan di spesies-spesies lainnya dan dianggap sangat alamiah, namun tingginya tingkat biseksualitas pada bonobo “cukup mencengangkan”. Itu karena lebih dari 75% bonobo melakukan kegiatan seks biseksual baik yang betina maupun yang jantan. Yang betina sering mengusap-ngusapkan genitalianya kepada betina yang lainnya (seperti gambar di atas), sementara yang jantan seringkali berhadap-hadapan untuk “mengadu” penisnya dengan penis jantan lainnya, atau saling menggesek-gesekan scrotum mereka.

Para ahli mengatakan bahwa kegiatan seks yang ada pada bonobo tidak selalu bertujuan untuk pengembangbiakan keturunan, namun juga bentuk daripada kegiatan sosial atau tanda persahabatan yang berguna untuk mengurangi tensi sosial yang ada pada individu-individu bonobo. Motivasi-motivasi seks seperti itu sangat tidak lazim di dunia binatang di mana binatang biasanya cenderung hanya punya satu motif dalam melakukan kegiatan seks yaitu: berkembang biak! Di dunia binatang (animal kingdom), hanya manusia yang punya motif-motif sosial dalam melakukan kegiatan seks. Yang juga tak kalah mengejutkan adalah ternyata bonobo (seperti halnya manusia) juga mempunyai variasi-variasi yang banyak dalam melakukan kegiatan seks, mulai dari hanya sekedar “mengadu” alat kelamin masing-masing hingga oral seks dan berhubungan seks langsung, sesuatu yang hampir tidak mungkin kita temukan pada hewan-hewan lainnya. Pendek kata, variasi kegiatan seks pada bonobo hanya kalah dari variasi kegiatan seks yang diciptakan oleh imajinasi yang ada pada manusia…..

20 responses to “Bonobo Yang Biseks…

  1. wah jangan2 yang dilihat charles darwin ini adalah bonobo bukan chimpanse..saya juga baru ini ngliat kera berdiri tegak setegak manusia.

  2. ckcckckkckckc jadi ini asal muasal nyaπŸ˜›

  3. Halo Yari,
    Posting yang sangat menarik tentang jenis kera Bonobo yang memiliki banyak kemiripan dalam bentuk maupun perilaku sex dengan manusia.
    Jangan2 yang dimaksud oleh Darwin dalam teorinya adalah Bonobo,

  4. semakin maraknya krimilaitas n pembunuhan dianata kita, masih kah kita layak meng-claim kita lebih tinggi dibanding kera?

  5. pak yari hobi bgt membahas ttg keraπŸ˜† *kabuuur sebelum ditabok*:mrgreen:
    kalo manusia juga melakukan seks karena kegiatan sosial n persabahatan, apa kata dunia???πŸ˜†

  6. wakakakak tapi blue bukan sejenis itukan……….lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    salam hangat dari blue

  7. Wah, Pak Yari emang pengamat dunia kera….πŸ˜€.πŸ™‚ *Baru tahu neh ada jenis kera kayak gini. Jangan-jangan banyaknya kejanggalan saat ini karena niru-niru binatang ya?

  8. @boyin

    Yang dimaksud Darwin tentu bukan kera2 zaman sekarang. Karena kera zaman sekarang berbeda dengan kera2 zaman purba. Lagipula bonobo cuma ada di Republik Demokratik Kongo, tempat yang tidak dikunjungi oleh Darwin. Sebenarnya simpanse, gorilla dan orangutan juga bisa tegak seperti manusia loh… hanya saja jikalau berdiri proporsi antara panjang kaki dan tangannya berbeda dari manusia.

    @ulan

    asal muasal apa?? asal muasal sampeyan??:mrgreen:

    @Harry Nizam

    Sebenarnya bonobo adalah spesies yang “baru” seperti halnya manusia. Spesies kera zaman purba yang merupakan nenek moyang bersama manusia dan kera2 zaman sekarang berbeda dengan kera2 seperti simpanse, bonobo, orangutan dan lain sebagainya yang kita kenal sekarang ini.

    O iya… bonobo (habitat aslinya) hanya ada di Republik Demokratik Kongo (dulu Zaire), rute yang tidak dilalui oleh Darwin dulu.

    @Aria Turns

    Tergantung…. kalau masalah intelegensia jelas manusia nampaknya akan selalu lebih tinggi dari primata2 lainnya. Namun kalau masalah moral ya walahualam…..πŸ™‚

    @Nurita Putranti

    Kalau manusia (seluruh dunia) melakukan kegiatan seks untuk tujuan sosial dan persahabatan tentu tidak tepat pertanyaan: “Apa kata dunia??” Soalnya dunia yang mana nih?? Lha seluruh dunia kan sudah begitu…. huehuehue….:mrgreen:

    @bluethunderheart

    Bukan sejenis itu ya?? Lebih parahkah?? Huehehe…. just kidding…..πŸ˜€

    @mathematicse

    Sebenarnya suka tidak suka, menurut sains manusia dari dulu memang sudah merupakan bagian dari “animal kingdom” kok…. tidak ada penangkalan2 secara ilmiah yang mampu memisahkan antara manusia dan binatang. Faktor yang memisahkan antara kita dan binatang hanyalah ego kita sendiri.

    Kalau masalahnya mengenai moral, ya itu tentu masalah individu bukan masalah ilmiah….:mrgreen:

  9. Bonobo aja bisa sex, apalagi manusia

  10. Wah…bisa-bisa teori DARWIN menjadi kenyataan neh…hehehe

  11. Waduhh..nenek moyang kita???

  12. @Panduan Blogging

    Ya jelas bisa dong…. hampir semua binatang (terutama primata) ya bisa ngeseks, kalau nggak ya bagaimana cara berkembang biaknya??

    @jamalonline

    Lah… ini bukan masalah kenyataan atau tidak, ini kan masalah saintifik…..

    @edratna

    Bukan bu. Bonobo itu juga spesies baru seperti manusia. Sedangkan “kera” nenek moyang bersama antara kera zaman sekarang dan manusia adalah spesies yang sama sekali berbeda, yang perangainya belum bisa dipastikan hingga saat ini…

  13. ASTAGA.. saya baru tau hal ini haha.. sangat unik sekali yaa bonobo ini..

  14. Apakah Bonobo bisa dikenakan sangsi UU Pornografi?

  15. Beberapa tahun yang lalu saya nonton acara tv tentang bonobo, pembawa acaranya kalau nggak salah OJ Simpson (maaf kalo salah), kata-kata yang paling saya ingat ketika dari dia adalah…”because they realy love sex…”, dan ketika saya lihat perilaku hewan yang ada di kebon binatang di amerika tersebut, naudzubillah… hewan monyet itu bener2 cabul banget… bisex bukan hanya umum dalam kelompok binatang cabut tersebut… tapi juga segala variasi seksual dan.. masturbasi yang dilakukan hewan dewasa terhadap hewan yang masih balita!!!

    • Sebenarnya ya bukan cabul sih… memang sifat alamiahnya bonobo seperti itu. Kita tidak bisa menyalahkan si kera, karena si kera tidak punya fikiran…. Lain halnya jikalau manusia yang mengadakan kegiatan seks ditonton banyak orang, nah itu baru cabul!πŸ˜€

  16. Coba kamu tonton planet earth dari bbc keluaran tahun 2006, kamu tonton episode 8 deh
    di 15 menit terakhir ada monyet banobo dari kongo, ngebantai monyet lain trus dimakan, serem bgt baru liat monyet makan daging, kanibal ternyata banobo
    trus googling ternyata banobo homogen juga serem naudzubillah min dzalik ya Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s