Tri

Kemarin siang, hapeku menerima SMS singkat yang berbunyi: “Wah… blognya udah tiga tahun nih!”. Kulihat tanggal di arlojiku, wah benar juga sekarang tanggal 17 Juni, berarti blogku ini sudah tiga tahun usianya atau dengan kata lain, aku sudah ngeblog (di blog ini) selama tiga tahun. Tak terasa, tiga tahun serasa kemarin atau maksimal terasa seperti baru beberapa bulan. Tetapi begitulah, kenyataan memang blog ini ternyata sudah berusia tiga tahun. Seharusnya artikel ini dirilis kemarin, namun karena aku benar-benar lupa kemarin itu tanggal 17 Juni (mungkin karena demam piala dunia… Β **halaah lebay** πŸ˜› khusus untuk saya malah mulai senin depan ditambah demam Wimbledon ) Β maka dengan agak menyesal saya baru bisa merilis postingan ini pagi ini.. (sebenarnya EGP sih… πŸ˜› )

Saya mulai mencoba untuk menulis pada sebuah blog ketika saya melihat blognya Prof. Sjafri dan habis mengomentari salah satu artikelnya (saya mendapatkan link Prof. Sjafri dari blognya bang Riri Satria yang dulu…). Seketika itu juga saya berniat dan bertekad untuk menghasilkan tulisan-tulisan di sebuah blog juga, namun dengan kualitas yang “semau gue”, syukur-syukur kalau bagus, kalau nggak ya EGP…. :mrgreen: Semula saya membuka blog di Blogspot dan bertekad untuk hanya menulis dalam Bahasa Inggris saja, blog saya yang Bahasa Inggris masih bisa dikunjungi dan linknya masih ada di kolom widget hingga sekarang! Namun waktu itu entah kenapa saya ingin juga mencoba WordPress, namun saya berfikir saya sudah punya blog di Blogspot kenapa saya mau buka lagi di WP? Akhirnya dapat ide kalau blog yang WP buat saya tulis dalam Bahasa Indonesia. Jadinya punyalah saya dua blog. Namun begitu dengan seiring jalannya waktu, sepertinya kerepotan untuk mengurus dua blog sekaligus secara konsisten, saya berfikir untuk harus mengorbankan salah satu. Setelah mempertimbangkan banyak hal akhirnya saya memutuskan untuk mengorbankan blog saya di Blogspot, lagipula saya berfikir akan lebih bermanfaat bagi saya untuk menulis dalam Bahasa Indonesia, karena artikel berbahasa Inggris yang bermutu sudah banyak sekali bertebaran di Internet. Akhirnya terbengkalailah blog saya yang berbahasa Inggris tersebut sehingga saya lupa akun dan password yang saya pakai buat blog itu! :mrgreen: Namun entah kenapa, setahun yang lalu saya kangen dan ingin sekali menulis dalam Bahasa Inggris, namun apa daya password dan akun blog saya yang di Blogspot itu sudah saya lupa. Setelah dipertimbangkan masak-masak akhirnya muncullah ide kenapa tidak menjadikan blog saya ini dwibahasa saja?? Maka jadilah blog saya ini dwibahasa sampai sekarang…

Selama tiga tahun ini, blog ini sudah diklik lebih dari 350.000 kali dengan komentar sebanyak 9.789 serta 347 artikel yang saya buat. Sebenarnya belum seberapa karena masih banyak blog yang “lebih unggul” secara statistik. Namun begitu, saya sadar bahwa KUALITAS tulisan jauh lebih berharga dibandingkan dengan kuantitas tulisan. Hal tersebut tentu saja berlaku baik untuk postingan maupun komentar, walaupun saya sadar mungkin agak sulit bagi saya untuk menuliskan hal-hal yang bermutu terus karena terkadang menulisnya juga lebih menguras energi otak, belum lagi energi dan mood untuk mengetik yang entah kenapa hampir 6 bulan terakhir ini selalu konstan! Ya… konstan untuk naik turun! :mrgreen: Namun begitu, insya Allah, mudah-mudahan blog ini tetap ter-update walaupun berjalan agak lambat dan tidak bernasib seperti banyak blog-blog yang ber-mood dan bermental “panas-panas tahi ayam” sehingga banyak blog mereka jadi tidak terurus dan tidak ubahnya seperti seonggok…. (terusin sendiri! πŸ˜› )

18 responses to “Tri

  1. ditunggu makan-makannya πŸ˜€

  2. Halo Yari,
    Selamat ya atas ulang tahun blog anda yang bagus menarik ini.
    Kalau saya 3 tahun nanti Oktoberm riwayatnya juga tidak benyak beda dalam arti buka beberapa blog tapi hanya satu yang bertahan.
    Semoga kita semua selalu sukses.

  3. selamat ya om… punya saya setahun juga blom, apa bisa ya setelah 3 tahun menyamai rekor om Yari.

    Ditahun ke empat ditunggu tulisan2 yang lebih keren lagi πŸ˜†

  4. memang org indonesia masih lbh melihat kuantitas drpd kualitas, banyk yg menyangka bhw jika semakin banyak pengunjung atau pengkomentar dianggap lbh bagus padahal spt negara kita aja penduduk banyak tapi ga pernah becus memilih 11 org utk tampil di piala dunia..hehe

  5. waw selamat y
    salam hangat dari blue
    tetap semangat

  6. Selamat ya pak.. semoga tetap semangat ngeblog dan mau berbagi ilmu hehe…

  7. Selamat ulang tahun. Keep blogging…

    GBU

  8. selamat ultah yg ketiga buat blognya ya pak.. sip semoga tetep rajin ngeblog bagi2 info ke kita2 πŸ˜€

  9. @Aria Turns

    Makan apa?? Makan angin atau makan ati?? :mrgreen:

    @Harry Nizam

    Rupanya yang kerepotan mengurus lebih dari satu blog bukan hanya saya saja ya?? Ok deh… sukses juga untuk anda selalu! πŸ™‚

    @agito

    Sebenarnya tidak perlu kita berfikir apakah blog kita bisa bertahan hingga berapa tahun, yang penting adalah usahakan kita menulis terus! πŸ™‚

    @Ag bint

    Sebenarnya semakin banyak pengomentar bisa membuat kegiatan blog kita semakin fun, tetapi bukan berarti yang banyak pengomentar adalah yang berkualitas, karena saya justru mendapatkan blog yang banyak komennya isi komennya cuma sekedar “nge-gong” artikel utamanya dengan sedikit variasi saja.

    @bluethunder

    Terims. Tetap semangat juga untuk anda!

    @fansmaniac

    Terima kasih. Tetap semangat juga untuk anda! πŸ™‚

    @Emanuel Setio Dewo

    You too. Keep all good things up, ok? πŸ™‚

    @ridu

    Siip, mudah2an dunia blog di Indonesia tidak pernah sepi, bahkan semakin bermutu dari waktu ke waktu! πŸ™‚

  10. hooo…. selamat milad blog ke-3 pak…

    kalo saya sendiri ragu apakah kebudayaan baru ini bisa bertahan lama πŸ˜€ soalnya saya orangnya wishy-washy sih…

    IMO, rasanya sekarang minat blogging orang2 pada turun ya? atau hanya perasaan saya saja?

  11. Selamat dech buat Mas Yari yang tahan ngeblog sampai 3 tahun ..dan rasanya yang konsisten sekarang udah enggak banyak …lain dengan 2 tahun yang lalu.
    Mungkin ini karena pengaruh FB atau barangkali Twitter,saya mencoba untuk bertahan dengan mengelola beberapa blog walau tiap tiap blog tidak mesti saya update dalam tiap bulannya.
    Saya punya maksud lain yaitu…ngeblog bukan hanya Hobby…namun Hobby yang menghasilkan sesuatu baik lahir maupun batin.Seperti Saran Mas Yari saya akan banyak tinggalkan jejak di mana mana dimana hal itu paling tidak akan menggugah minat orang untuk mencintai blog dan memberi pengaruh terhadap perekonomian negeri kita tercinta.

  12. Wah ada yang blognya baru ulangtahun ternyata ..:D

    Biar pun rada telat ngomongnya, Met Ultah ya …

  13. Maaf ..! bagi yang butuh software translator yang anti online untuk kebutuhan kerja Anda bisa kunjungi situs kami…

  14. @Kurotsuchi

    Memang animo blogging secara sepintas memang tengah menurun (walaupun mungkin blogger baru sebenarnya juga banyak bermunculan), mungkin mereka yang sekarang telah menghilang dari blogosfer itu hanya ikut2an ngeblog saja dulunya. Maklum deh orang Indonesia, bisanya hanya ikut2an (meski nggak semua orang Indonesia begitu tentu saja), pas blog lagi booming pada ikut2an ngeblog, pas Facebook booming, ikut2an ngeFacebook juga… ya begitulah cuma ngebebek aja bisanya.. hehe… πŸ˜€

    @Komunitas Salesman

    Ya betul… biar jarang terupdate yang penting terlihat terurus blognya. Memang ngeblog adalah salah satu kegiatan yang paling positif di dunia maya, mudah2an cita2 anda untuk menggugah minat orang dalam ngeblog di negeri ini dapat tercapai. Amin. πŸ˜€

    @lovepassword

    Yah nggak apa2 terlambat juga. Terims ya… πŸ˜€

    @rochman

    Ayo… siapa yang butuh software translator?? Software-nya bisa menterjemahkan ‘phrasal verb’ dan idiom secara bagus nggak? πŸ˜€

  15. Selamat kang Yari…tak mudah untuk bertahan selama itu, banyak blogger lain yang tidak aktif.
    Saya masih berusaha menulis terus di blog, walau akhirnya banyak tulisan yang ringan2 aja

    • Terima kasih bu. Memang bu, selama masih ada waktu diusahakan untuk menulis. Jikalau jenuh ya berhenti dulu. Menulis banyak manfaatnya bagi pemeliharaan otak kita…. Semoga tetap terus berkarya lewat tulisan….

  16. selamat berusia tiga tahun mas…untuk blog tentunya….blog yg berisi tulisan gado-gado termasuk di bidang iptek pop…dari tema yg kelas berat sampai ringan…namun tetap enak dibaca…seperti halnya perilaku produksi dan konsumsi…suatu ketika produsen dan konsumen blog bisa saja akan mengalami perasaan jenuh…dan hampir dialami oleh siapapun…termasuk saya…seperti sudah pasti terduga…alasan klasiknya adalah aspek-aspek manajemen alokasi waktu,kreatifitas,tantangan, dan semangat…barangkali yg bisa dilakukan adalah menulis blog tak harus jadi unsur “kewajiban” namun lebih pada tataran dorongan indahnya berbagi…dan juga lebih mementingkan mutu ketimbang frekuensi…memang syukur-syukur bisa kedua-duanya…dan akhirnya semua berpulang pada kemampuan mengelola diri…sebab semua sumberdaya blog ada pada diri sang blogger sendiri….semoga tetap lancar dan sukses…

    • Terima kasih prof. Ya, saya sendiri adalah orang yang lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas, walaupun tentu saja terkadang dari segi kualitaspun tulisan saya masih banyak yang harus diperbaiki. Dan memang menulis di blog bukan sebagai kewajiban tetapi sebagai semangat berbagi untuk memperkaya bahan bacaan yang ada di Internet terutama yang berbahasa Indonesia. Saya sendiri juga senang membaca tulisan-tulisan prof, sayang akhir2 ini saya agak jarang berkomentar karena sedikit terkendala waktu. Mudah2an dunia blog di Indonesia bisa tambah maju dan tidak bernasib seperti persepakbolaan kita! Hehehe…. Salam.

Tinggalkan Balasan

