Asap Rokok vs Bau Kentut dan Alkohol

Lihatlah video di atas. Video layanan masyarakat yang aslinya dari Portugal ini sebenarnya pernah saya postingkan di blog saya yang berbahasa Inggris yang sekarang jarang di-update lagi karena selain tidak ada waktu menangani dua blog, saya juga sudah lupa alamat e-mail yang dipakai untuk ID blog tersebut, huehehe….. Video tersebut menggambarkan dua orang pria dalam ruangan yang sama. Pria yang satu merokok, yang satunya lagi sedang makan. Tiba-tiba yang sedang makan buang angin dan nampaknya mengganggu pria yang sedang merokok tersebut. Bagaimana konklusinya menurut anda? Silahkan menilai sendiri…. ๐Ÿ˜€

Sebelumnya sebagai iseng-iseng silahkan mengisi poll di bawah ini dulu:

Sebagai bahan perbandingan: Asap rokok mengandung 3 unsur yang utama yaitu: nikotin, tar dan karbon monoksida disamping terdapat lebih dari 30 komponen kimia yang mengerikan. Silahkan lihat lengkapnya di sini. Sedangkan kentut mengandung hidrogen sulfida, asam butirik, karbonil sulfida, metana serta gas-gas lain yang ada di atmosfir kita seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida dan lain-lain. Mana yang anda pilih? :mrgreen:

Kesimpulannya apa? Mudah…. bagi orang yang suka kentut sembarangan seperti saya, saya harus konsekuen jikalau ada orang yang merokok dekat saya, saya nggak boleh marah **halaah**, begitu pula bagi para perokok yang tidak sungkan2 untuk merokok di hadapan orang lain, jikalau ada orang yang kentut di dekat anda, juga anda tidak boleh marah! Adil kan?? Huehehe…..

________________________

Epilog:

Ini adalah postingan iseng. Pertama karena lagi malas mengetik, kedua ini terinspirasi dari acara Debat mengenai Fatwa Halal-Haramnya rokok di TV One beberapa waktu lalu. Dari sana saya mengetahui betapa biasnya manusia. Contohnya begini: Mari kita bandingkan minuman beralkohol dan rokok. Misalnya akan ada larangan pemerintah mengenai minuman beralkohol dan rokok. Bagi mereka (terutama bagi mereka yang beragama non-Islam yang memperbolehkan alkohol) yang minum alkohol walaupun mungkin tidak adiktif tapi tidak merokok kemungkinan AKAN MENOLAK larangan minuman beralkohol tetapi kemungkinan AKAN MENERIMA larangan merokok. Sebaliknya bagi mereka (terutama bagi mereka yang beragama Islam) yang tidak minum alkohol tetapi merokok kemungkinan AKAN MENOLAK larangan merokok tetapi kemungkinan AKAN MENERIMA larangan minuman beralkohol.

Bagi kelompok yang pertama yang menentang larangan minuman beralkohol karena kebanyakan cuma ikut-ikutan lihat bule-bule minum minuman beralkohol di film-film kemungkinan besarnya adalah alkohol tidak seperti asap rokok yang merusak orang lain yang tidak merokok lewat secondhand smoke-nya atau mungkin ada juga yang berpendapat itu tidak dilarang dalam agamanya. Sementara kelompok yang kedua akan menentang larangan merokok karena beralasan rokok tidak memabukkan dan juga tidak ada secara langsung dalam Al-Quran dan Hadits yang melarang rokok! **sigh**

Yang jelas, baik alkohol (etanol) ataupun asap rokok dua-duanya beracun, dan efek terburuknya jikalau kedua2nya dikonsumsi jangka panjang. Jadi, kenapa ada kelompok yang nggak setuju ini tetapi setuju yang itu sementara ada kelompok lain yang sebaliknya, padahal dua-duanya sama-sama buruk!! Apa memang pada dasarnya manusia tidakย  bisa membedakan mana yang lebih baik?? Walahualam……

Menurut Pribadi Saya: Jikalau ada larangan merokok (baik jenis fatwa ataupun apapun) harus kita fikirkan sekompleks mungkin dan saya tidak akan langsung menerima ataupun menolaknya. Begitu pula jikalau ada larangan minuman beralkohol, tidak akan saya langsung menerima atau menolaknya. Yang jelas, kedua-duanya menurut sains, HARUS KITA JAUHI kecuali tentu saja untuk pengobatan dan tidak ada alternatif lain….. (Catatan Tambahan: Mereka yang beragama Islam termasuk saya tentu sudah mengharamkan alkohol dari awalnya….. jadinya ya dari awalnya sudah menjauhi alkohol).

Iklan

23 responses to “Asap Rokok vs Bau Kentut dan Alkohol

  1. Larangan kentutu belum ada kan?
    Wah kalau ada bakalan heboh…apalagi yang tak berbunyi, tapi merusak hawa sekitarnya…

  2. Ogah dua duanya hehe..

  3. hmmm saya perokok.. pernah jadi perokok berat tapi sekarang udah agak stabil.. emang sih merokok dapat dikatakan berbahaya.. tapi banyak kasus orang tetep berumur panjang meski merokok.. hmm seburuk-buruknya asap rokok, kandungan tarnya masih relatif sangat kecil dibandingkan dengan bahaya tar dalam asap kendaraan bermotor… mmm kayaknya seorang perokok yg berjalan kaki lebih bersahabat dengan bumi deh… hehehehe…

  4. Saya setuju sama larangan merokok…
    Hhh…

    Entahlah, nanti di bawah pasti banyak perokok yang melakukan pembenaran…
    Salah satunya yang di atas saya itu…

  5. Menurut saya, semua minuman beralkohol gak bisa digabungkan begitu saja semuanya dalam satu kategori ‘alkohol’, karena kadar alkoholnya berbeda-beda. Minum anggur dalam porsi yang wajar secara teratur, misalnya, menurut penelitian malah bermanfaat bagi kesehatan. Tentu kadar alkohol dan pola aktivitas minum wine ini berbeda dengan minum2 bir, vodka, atau topi miring. ๐Ÿ˜›

    seburuk-buruknya asap rokok, kandungan tarnya masih relatif sangat kecil dibandingkan dengan bahaya tar dalam asap kendaraan bermotorโ€ฆ

    Perbandingannya gimana dulu ini? Orang merokok sebatang versus satu mobil truk? ๐Ÿ˜•

  6. wkwk..
    untung ga ad larangan kentut.. XD
    saya ogaahh sama keduany….
    sudah lama jadi perokok pasif ni saiaaaaa….
    nda tahan.. di skolah,di rumah, di warnet.. asap rokok smuah.. X(

  7. saya setuju kalo rokok di larang..

  8. Kalo saya sih ga suka semuanya ๐Ÿ˜€

    Pak pak, OOT nih, ada salju yang turun disini ya? bukan gangguan pada mata atau monitorku kan pak? ๐Ÿ˜€

  9. weh! kalau ada perokok yang gak sopan gitu, mending saya kentutin aja deh.
    (karena tulisannya iseng, komen saya jadi iseng juga, mas)

    tapi saya emang sebel banget sama kebiasaan orang merokok, apalagi yang egois dan gak beretika. mendingan orang yang kentut sembarangan.
    tapi konsepnya sama sih, keduanya berniat bagi-bagi, gak menikmati sendiri aja. huehehehe… :mrgreen:

  10. @edratna

    Untung belum ada bu….. kalaupun ada, bagaimana mendeteksinya ya bu? Moso harus menciumi p***at orang satu persatu….?? Kan nggak mungkin kan bu?? Dan lagian siapa yang mau!! Wakakakak…… ๐Ÿ˜†

    @AgusBin

    Jawaban yang jujur dari hati yang tulus….!! :mrgreen:

    @ardianzzz

    Wah… itu sih sebuah excuse huehehehe….. Kan lebih baik lagi kalau berjalan kaki tapi tidak merokok, lebih ramah dengan bumi lagi kan? :mrgreen:

    @Ardianto

    Semua orang biasanya mencari pembenaran (bahkan kalau perlu) menurut versinya sendiri jikalau ada sesuatu kebiasaannya atau kegemarannya yang terancam. Memang susah untuk melihat sesuatu minimal dari sudut yang netral kecuali orang tersebut tidak terlibat dalam kedua ekstrim yang dipertentangkan……. ๐Ÿ™‚

    @Catshade

    Memang betul, tetapi tetap perlu dilihat juga mana lebih banyak, keuntungannya atau kerugiannya. Memang, menurut penelitian data statistik memang peminum wine alkohol yang moderat dapat menurunkan resiko penyakit2 kardiovaskular walaupun pro dan kontra tetap ada. Jadi tetap harus mempertimbangkan mana yang lebih banyak?? Kebaikannya atau keburukannya?? Lagian menurunkan resiko kardiovaskular dapat dengan berbagai macam cara. Cara hidup yang lebih sehat misalnya dapat juga menurunkan resiko kardiovaskular. Percuma saja minum alkohol moderat tetapi gaya hidup tidak sehat. Lagipula mengkonsumsi alkohol tetap dapat beresiko tinggi untuk menjadi alcoholism yang tentu sangat merugikan apalagi kalau alkohol dijual bebas….

    Btw…. menurut penelitian terakhir, merokok juga punya benefit tersendiri juga, coba lihat di sini. ๐Ÿ˜›

    @sally

    Wah… keluarganya banyak yang merokok ya?? Wah… kasihan dong jadi perokok pasif.. huehehe…. tetapi bukan pengentut pasif kan?? **halaah apa pulak ini??** :mrgreen:

    @FaNZ

    Saya tidak tahu apakah rokok harus dilarang atau tidak, banyak pertimbangannya, yang jelas saya pribadi HARUS menghindari rokok! ๐Ÿ™‚

    @mezzalena

    Syukur deh kalau nggak suka kedunya… :mrgreen:

    Mbak mezzalena juga bisa kok dipasang saljunya seperti ini… Inikan hadiah akhir tahunan dari WordPress… coba deh…. ๐Ÿ˜€

    @marshmallow

    Wah… kalau saya di kantor dan di rumah sangat bermurah hati sekali loh, karena suka ‘bagi-bagi’ kentut…….. jadi yang kenal sama saya, harap siap2 dibagi kentut sama saya…. **halaah** ๐Ÿ˜†

  11. jadi kesimpulannya polingnya gini , kalo ada orang ngerokok, silahkan kita kentut…
    hahahaha :mrgreen:

    kadang manusia itu mencari2 alasan2 untuk kesenanganya sendiri, padahal dia tau akibatnya.. hmm

  12. Wah, saya 2 2 nya paling anti…. hehehehe, tapi kalo dah kena ya apa mau dikata. iklasin aja pak

  13. wekekekee… bener juga.. ah tapi ngrokok juga sebenernya gak masalah asal tidak di pom bengsin dan tempat yg ada larangan merokoknya ok!

  14. Pak yanri, banyak Judul postingnya jujur saya nggak konsen baca artikelnya ..
    intinya saya sering kentut, tapi nggak ngerokok ..
    halah nyambung nggak

  15. emohhh… aku mau bau ketek aja ๐Ÿ˜€

  16. @aRuL

    Betul RuL…. seyogianya orang yang merokok di depan umum tidak boleh marah jikalau ada orang kentut di sampingnya. Tapi begitu pula dengan orang yang sering kentut sembarangan, nggak boleh marah jikalau ada orang merokok di sampingnya, jikalau nggak suka, ya silahkan menjauh! :mrgreen:

    @Raffaell

    Ya… kalau nasi sudah menjadi buat, ya apa boleh bubur! Ya… kita harus menerimanya… :mrgreen:

    @ardianzzz

    Yang penting saling menghormati, jikalau ada orang yang tidak suka asap rokok ya kita menghormatinya sedikit. Bukankah kita juga merasa tidak nyaman jikalau ada orang melakukan sesuatu di dekat kita yang tidak kita sukai? ๐Ÿ™‚

    @dikma

    Ya iyalah…. kalau nggak ngerokok dan juga nggak pernah kentut, ya bukan manusia namanya dong…. huehehe…. :mrgreen:

    @mantan kyai

    Lah… kok… pasrah gitu seh…. mentang2 diri sendiri bau ketek. Wakakakak…..

    **ngumpet duluan ah** :mrgreen:

  17. terutama bagi yang dengan santainya merokok di dalam angkot. luar biasa atas kepeduliannya terhadap orang lain di sekitarnya (applause). lebih applause lagi sama yang kentut, huahahaha…. iklannya bagus. salam -japs-

    ____________________________

    Yari NK replies:

    Kalau ada yang ngerokok sambil kentut gimana ya?? :mrgreen:

  18. saya nggak suka both of them :))

    _________________________________

    Yari NK replies:

    Ya nggak apa2…. tapi kalau kentutnya sendiri sering kan? :mrgreen:

  19. Mungkin karena masih mendatangkan cash negara yang begitu besar. Juga menyokong banyak event penting di negeri ini. Jadi larangannya rada-rada elastis.

    Aku perokok aktif, Pak Yari, tapi aku tidak suka pada perokok yang tak beretika. Karena aku pun tak suka asap rokok. Di habitat orang yang tak merokok, aku bisa menahan untuk tidak merokok. Karena aku tahu: mereka pasti tidak suka.

    Tapi kalau disuruh milih, ya jelas bukan kentut. Haha!

    ________________________

    Yari NK replies:

    Ya bagus mas Daniel….. berarti Mas Daniel nggak egois karena juga mementingkan perasaan orang. Siip deh mas Daniel ini…….. ๐Ÿ˜€

  20. Saya nggak pilih dua-duanya Mas, saya pilih udara segar saja. Hanya tentang kentut, jangan sampai ada UU anti kentut deh, coba bayangkan susahnya orang yang nggak bisa kentut, bisa-bisa disuruh dokter bongkar mesin tuh.

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Huahaha…. ya iyalah…. moso ada UU antikentut. Kalau sampai ada, yang bikin UU itu yang harusnya diperiksakan ke dokter fikirannya. Huehehe…. ๐Ÿ˜€

  21. yang jelas klo dibandingkan masih lebih tidak sehat asap rokok kan?

    jadi menurut spektrum saya (halah) membalas asap rokok dengan ‘asap’ kentut adalah terpuji, knapa? karena ini adalah membalas sesuatu yang tidak sehat dengan sesuatu yang lebih sehat… hahahahaha

    ______________________________________

    Yari NK replies:

    Ya betul….. mangkannya orang yang sedang merokok terus ada orang kentut di depannya, dia tidak boleh keberatan, karena toh asap rokok yang dia keluarkan lebih berbahaya dari kentut yang orang lain keluarkan itu. Hehehe…..

  22. jangan lupa join group nya yaa.. hehehehe

    http://www.facebook.com/group.php?gid=49820513923

    ______________________________

    Yari NK replies:

    Wah…. maaf saya untuk sementara ini belum tertarik/membutuhkan untuk bergabung dengan facebook. Selain itu waktu saya saat ini juga agak terbatas. Tetapi mungkin ada orang lain yang berminat untuk ikut grup facebook-nya? ๐Ÿ™‚

  23. kalo ane sih mendingan bau ketek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s