Mencari Hari Pasaran Jawa Dalam Kalender Masehi Menggunakan Aritmatika Sederhana

Kira-kira setahun yang lalu, saya pernah membuat artikel mengenai “Menemtukan Hari dalam Kalender dengan Menggunakan Aritmatika Sederhana“, dan yang komen menanyakannya begitu banyak walaupun banyak komentarnya juga yang OOT. Yang lumayan banyak juga adalah mereka yang menanyakan hari pasaran Jawanya pada tanggal kelahiran mereka. Untuk itu saya akan jabarkan bagaimana cara mencari hari pasaran Jawa menggunakan kalender Masehi dengan menggunakan matematika atau lebih tepatnya aritmatika sederhana.

Mencari hari pasaran Jawa dalam kalender Masehi sebenarnya metodenya tidak jauh berbeda dengan mencari hari mingguan biasa, perbedaan signifikannya adalah 1 minggu = 7 hari sedangkan dalam pasaran Jawa, 1 siklus pasaran (pancawara) = 5 hari pasaran. Kelima hari pasaran Jawa itu adalah Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan Legi. Nah, mari kita mulai hitung-menghitung mencari hari pasaran Jawa pada tanggal tertentu ini.

Kita mengetahui bahwa dalam 1 tahun biasa terdapat 365 hari dan dalam 1 tahun tahun kabisat terdapat 366 hari. Untuk itu 365 kita bagi dengan 5 (sesuai dengan banyaknya hari pasaran Jawa) yaitu 73 pancawara. Jadi dalam 1 tahun biasa terdapat tepat 73 pancawara. Namun dalam 1 tahun kabisat terdapat 73 pancawara ditambah 1 hari pasaran menyendiri, atau dengan kata lain 366 hari dibagi 5 = 73 ditambah 1. Jumlah hari pasaran menyendiri ini sangat penting karena inilah kunci kita mengetahui hari pasaran Jawanya.

Nah, sekarang dapatkah anda menghitung berapakah hari pasaran menyendiri yang terdapat pada 100 tahun? (Ingat: jumlah hari pasaran menyendiri adalah 0 sampai dengan 4. Dan tidak boleh lebih dari 4 karena jikalau lebih dari 4 ia sudah bisa membentuk sebuah pancawara.) Ok, mari kita hitung bersama-sama:

100 tahun terdiri dari 76 tahun biasa dan 24 tahun kabisat.
Jadi jumlah hari pasaran menyendirinya adalah:
76 X 0 + 24 X 1 = 24 hari pasaran menyendiri. Nah, karena hari pasaran menyendiri tidak boleh lebih dari 4 maka angka 24 kita bagi dengan 5 hasilnya adalah 5 pancawara ditambah 4 hari pasaran menyendiri. Jadi dalam 100 tahun ada 4 hari pasaran menyendiri. Tunggu dulu! angka 76 X 0 + 24 X 1 itu dari mana? Karena sudah dijelaskan di alinea sebelumnya bahwa dalam tahun biasa terdapat tepat 73 pancawara, jadi hari pasaran menyendirinya = 0. Jadi jikalau terdapat 76 tahun biasa maka hari pasaran menyendirinya adalah 76 X 0 = 0. Nah, begitu pula dengan yang 24 tahun kabisat, karena dalam tahun kabisat terdapat 1 hari pasaran menyendiri maka pada 24 tahun, terdapat hari pasaran menyendiri sebanyak 24 X 1 = 24. Mudah bukan?

Sekarang berapa banyaknya hari pasaran menyendirinya dalam 200 tahun? Mudah saja! Dalam 100 tahun terdapat 4 hari pasaran menyendiri, maka dalam 200 tahun terdapat 2 X 4 = 8 hari pasaran menyendiri. 8 hari pasaran menyendiri dibagi 5 maka sisanya adalah 3 hari pasaran menyendiri. Jadi dalam 200 tahun terdapat 3 hari pasaran menyendiri.

Sekarang berapa banyaknya hari pasaran menyendirinya dalam 300 tahun? Gampang! Dalam 100 tahun terdapat 4 hari pasaran menyendiri, maka dalam 300 tahun terdapat 3 X 4 = 12 hari pasaran menyendiri. 12 hari pasaran menyendiri dibagi 5 maka sisanya adalah 2 hari pasaran menyendiri. Jadi dalam 300 tahun terdapat 2 hari pasaran menyendiri.

Nah, sekarang berapa hari pasaran menyendirinya dalam 400 tahun? Nah, ini yang harus hati-hati!! Kita mengetahui bahwa pada kalender modern yang kita gunakan sekarang tahun seperti 100, 200, 300, 700, 900, 1900, 2100 dan angka-angka tahun abad yang tidak habis dibagi 400 bukanlah tahun kabisat. Sementara tahun 400, 800, 1200, 1600, 2000 dan seterusnya yang habis dibagi 400 adalah tahun kabisat. Sekarang berapakah banyaknya hari pasaran menyendirinya dalam 400 tahun? Ternyata nggak sulit juga:
Dalam 100 tahun terdapat 4 hari pasaran menyendiri, maka dalam 400 tahun terdapat 4 X 4 = 16 hari pasaran menyendiri. Nah, karena tidak seperti tahun 100, 200 ataupun 300 yang bukan tahun kabisat, tahun 400 merupakan tahun kabisat, jadinya hari pasaran menyendirinya ditambah satu menjadi 17 hari pasaran menyendiri. 17 hari pasaran menyendiri ini dibagi 5 maka sisanya adalah 2 hari menyendiri. Jadi dalam 400 tahun terdapat 2 hari pasaran menyendiri.

Begitu pula dalam 800 tahun, 1200 tahun dan 1600 tahun juga terdapat 2 hari menyendiri. Namun untuk 2000 tahun digunakan 1600 tahun + 400 tahun atau dengan kata lain jumlah hari pasaran menyendirinya adalah 2 + 2 = 4 hari pasaran menyendiri.

Nah, sekarang mari langsung kita praktekkan. Contohnya: 17 Agustus 1945, jatuh pada hari pasaran apa??
Pertama kali yang kita lakukan adalah mencari berapa hari pasaran menyendirinya dari awal tahun masehi hingga akhir tahun 1900. Nah, 1900 tahun = 1600 tahun + 300 tahun. Nah, 1600 tahun, hari pasaran menyendirinya adalah 2 sedangkan 300 tahun hari menyendirinya juga 2, jadi tinggal kita jumlahkan saja yaitu 2 + 2 = 4 hari menyendiri.
Langkah kedua adalah mencari jumlah hari pasaran menyendiri dari tahun 1900 hingga 1944 (44 tahun). Nah, 44 tahun terdiri dari 11 tahun kabisat dan 33 tahun biasa. (Ingat: 1 tahun biasa mempunyai 0 hari pasaran menyendiri sedangkan 1 tahun kabisat mempunyai 1 hari pasaran menyendiri) Jadi 44 tahun mempunyai 11 X 1 + 33 X 0 = 11 hari pasaran menyendiri. 11 hari pasaran menyendiri sama dengan 1 hari pasaran menyendiri. (11 bagi 5 sisanya 1).
Langkah ketiga adalah mencari jumlah hari pasaran menyendiri dari 1 Januari 1945 hingga 17 Agustus 1945. Nah dari tanggal 1 Januari hingga 17 Agustus terdapat 229 hari. Jadi hari pasaran menyendirinya ada 4. (229 dibagi 5 sisanya 4).
Langkah terakhir, jumlahkanlah seluruh hari pasaran menyendiri yang sudah dihitung sebelumnya (yang berwarna merah) yaitu 4 + 1 + 4 = 9 hari pasaran menyendiri. 9 hari pasaran menyendiri = 4 hari pasaran menyendiri. Nah, sekarang lihatlah tabel referensi berikut ini:

Jumlah Hari Pasaran Menyendiri Hari Pasarannya
0 hari Pahing
1 hari Pon
2 hari Wage
3 hari Kliwon
4 hari Legi

Nah, karena 17 Agustus 1945 mempunyai total 4 hari pasaran menyendiri seperti yang kita telah hitung di atas, maka menurut tabel referensi 17 Agustus 1945 jatuh pada hari pasaran Legi.

Soal kedua, tanggal 28 Oktober 1928 (sumpah pemuda) jatuh pada hari pasaran apa?
Langkah pertama, cari hari pasaran menyendiri dari awal tahun masehi hingga akhir tahun 1900. Hasilnya sama seperti di atas yaitu: 4 hari pasaran menyendiri.
Langkah kedua, cari hari pasaran menyendiri dari awal tahun 1901 sampai akhir tahun 1927. Nah, 27 tahun terdiri dari 6 tahun kabisat dan 21 tahun biasa. Jadi jumlah hari pasaran menyendirinya adalah 6 atau sama dengan 1 hari pasaran menyendiri.
Langkah ketiga, cari jumlah hari pasaran menyendiri mulai dari awal tahun 1928 hingga 28 Oktober 1928. Dari 1 Januari 1928 hingga 28 Oktober 1928 terdapat 302 hari. Jadi hari pasaran menyendirinya adalah 2.
Langkah keempat, kita jumlahkan hari pasaran menyendirinya yaitu 4 + 1 + 2 = 7. Jadi 7 hari pasaran menyendiri = 2 hari pasaran menyendiri. Nah, menurut tabel referensi di atas, 28 Oktober 1928 jatuh pada hari pasaran Wage.

Soal ketiga, hari ini (tanggal artikel ini terbit), 9 Desember 2008 jatuh pada hari pasaran apa?
Langkah pertama, cari jumlah hari pasaran menyendiri dari awal tahun masehi hingga akhir tahun 2000. Seperti yang telah dijelaskan di atas dalam 2000 tahun terdapat 2 + 2 = 4 hari pasaran menyendiri.
Langkah kedua, cari jumlah hari pasaran menyendiri dari 1 Januari 2001 hingga 31 Desember 2007. Nah, dalam 7 tahun terdapat 1 tahun kabisat dan 6 tahun biasa. Jadi jumlah hari pasaran menyendirinya adalah 1.
Langkah ketiga, cari jumlah hari pasaran menyendiri dari awal tahun 2008 hingga 9 Desember 2008. Nah, dari awal tahun hingga tanggal 9 Desember 2008 terdapat 344 hari. Jadi hari pasaran menyendirinya adalah 4.
Langkah terakhir, kita jumlahkan hari-hari pasaran menyendirinya di atas yaitu 4 + 1 + 4 = 9. Nah, 9 hari pasaran menyendiri sama dengan 4 hari pasaran menyendiri. Jadi hari ini (hari artikel ini terbit: 9 Desember 2008) hari pasarannya adalah Legi.

Nah, dengan aritmatika sederhana kita bisa kreatif menghitung baik mencari hari biasa maupun hari pasaran. Tidak terlalu sulit bukan?

About these ads

455 responses to “Mencari Hari Pasaran Jawa Dalam Kalender Masehi Menggunakan Aritmatika Sederhana

  1. Waaak iya sih ngitungnya cuma tambah kali kurang bagi tp algoritmanya cukup bikin saya pusing hehe..

  2. Hehehe…kang Yari emang hebat…..
    Tapi sebegitu pentingkah hari pasaran itu?
    Dulu, sebelum menikah, ibu kost saya mengingatkan jangan sampai orang yang hari pasarannya Wage menikah dengan yang hari pasarannya Paing…karena akan berantem terus. Dan karena hari pasaranku bukan kedua hal tsb, ya cuek aja…lagipula kalau udah seneng, mosok ditanya…ehh hari pasaranmu apa?….hihihi…terbayang gelinya si calon pacar atau suami ya….

  3. muahaha… ada sejarahnya tuh pasaran. sepekan 5 hari ala Hindu dikawinkan sepekan 7 hari ala Romawi :cool:

  4. waduh, binun, saya lahir Selasa legi kalo ga salah pak..
    umm..kalo untuk menentukan tanggal pernikahan, masih perlu hitung2 tanggal beginian ga ya? :d

  5. Wah, aku Jum’ah Pahing! Haha!

    Tapi sejauh mana ya kontribusi hari pasaran seperti itu dalam kehidupan sehari-hari seperti sekarang ini…

    Kalau aku nikah nanti, semoga calon mertuaku tidak ribet dengan urusan-urusan semacam ini. Semoga dia cukup moderat. Haha!

    Tapi kok aku rada terintimidasi dengan kalimat penutup tulisan ini:

    “Nah, dengan aritmatika sederhana kita bisa kreatif menghitung baik mencari hari biasa maupun hari pasaran. Tidak terlalu sulit bukan?”

    Pak Yari, please, yang seperti itu disebut aritmatika sederhana? Yang seperti itu disebut tidak terlalu sulit? Please, Pak Yari, please… Ngelu ndasku! :p
    Hehehe!

  6. Waduh Puyeng ngitungnya pak, hehehehe

  7. Wah, ternyata Pak Yari ini punya kerja sampingan juga ya? Carikan saya hari baik untuk pindahan rumah bulan ini, Pak? Hehehe…

  8. kalo untuk hari pasaran saya gak tau apakah udah ada di internet apa belon cara penghitungan otomatisnya tapi kalo sekedar tau lahir pahing apa wage hari minggu apa hari kamis…nah kalo itu udah ada yang otomatis.

  9. Hue..
    Algoritmanya mengerikan, yehehe…
    Duh, mau nyoba tapi males

  10. waduhh… saya lahirnya kapan yah? kalo nggak salah senin legi deh… cocok ndak pak kerja di air? we he he

  11. emang weton itu fungsinya buat nikahan aja ya kang ?

  12. @AgusBin

    Nggak apa2 bin, emang semua yang diajarin buat sampeyan semuanya membingungkan buat sampeyan kok! hehehe… just kidding…. :mrgreen:

    @edratna

    Kalau saya sih bu, pembuatan artikel ini karena banyak yang menanyakan “apakah weton saya?” Jadinya saya buatkan algoritmanya agar sedikit membantu mereka. Saya hanya tertantang untuk membuat logika algoritmanya. Mengenai percaya atau nggak, saya sih nggak percaya yang namanya weton, zodiak, astrologi bahkan psikologipun saya kurang percaya! huehehehe…... :D

    @sitijenang

    Satu minggu tujuh hari sudah ada jauh sebelum zaman Romawi. Ada yang mengatakan satu minggu tujuh hari ada sejak zaman Babylonia dan Sumeria bahkan ada yang mengatakan jauh lebih tua lagi…. :)

    @Habibullah El Firdausy

    Nggak tahu deh primbon apa nggak, wong saya cuma membikin algoritma pencarian wetonnya aja kok…. masalah hocus pocus-nya sih urusan masing-masing….. :mrgreen:

    @Pipiew

    Penting apa nggak ya?? Ya..itu sih masing2 individu…. kalau buat saya sih nggak penting…. :P

    @Daniel Mahendra

    Huehehe….. aritmatikanya memang mudah mas Daniel karena cuma penambahan, perkalian dan pembagian saja, mungkin logika algoritmanya yang agak ‘njelimet’, tetapi kalau mau dipelajari sih sebenarnya gampang2 aja kok mas….. :D

    @indra1082

    Kalau pusing minum bandrek Bodrex dong…. :mrgreen:

    @Edi Psw

    Wah… kalau saya sih pak…. cuma membuat algoritma dan perhitungannya saja. Jadi lebih pada sisi ‘ilmiah’-nya. Kalau bangsa pindahan rumah atau segala rupa, itu sih terserah individu masing2…. huehehehe…..

    @boyin

    Kalau saya dulu punya yang otomatis software tapi itu zamannya masih Windows 98 dulu. Tetapi software biasanya ada kelemahannya yaitu nggak bisa menghitung yang sebelum 1 Januari 1900 ataupun yang sesudah 31 Dsember 2099.

    Tetapi saya membuat ini sih hanya sebagai iseng2 dan tantangan saja. Perhitungan ini bisa untuk tahun berapapun dengan sedikit modifikasi saja (kecuali tahun2 sebelum Masehi tentu saja). :)

    @Ardianto

    Yah….nyobainnya kapan2 aja kalo lagi ‘mood’ huehehe…. :D

    @khofia

    Yang jelas sampeyan cocok sebagai kolektor gunpla dan penggemar anime…. :mrgreen:

    @ario saja

    Meneketehe…. hehehe…. wong aku cuma bikin algoritma dan cara penghitungannya saja kok. Tentang fungsinya ya…. silahkan masing2 individu aja deh mau percaya apa nggak…. kalau saya sih nggak percaya… :mrgreen:

  13. hehehe.. besok ketik REG YARI kirim ke ……
    buat tanya-tanya jodoh mungkin..

  14. waLah…
    berat banget omongannya..
    hMm…aku senin pon ik…

    wahh….
    asik!

  15. duuhhh udah kayak pelajaran matematika aja nihhh

    ^_^

  16. *moemet* :mrgreen:
    aku arep tanya bapakku ae lah pak :mrgreen:

  17. mbacanya aku jadi pusing..pipis dulu aah

  18. Thanks ilmunya Mas.

    ##

    Terus terang saya nggak mengerti tentang hari pasaran Jawa dan kegunaannya, yang penting dari sebuah kalender ialah, jangan sampai agenda acara ada yang terlewat, dan jangan sampai ketinggalan hari libur. :D

  19. Kalau ingin mencari hari pasaran pada tanggal dan tahun tertentu, saya punya software yang saya buat sendiri, kalau berminat silakan mail ke prazt@yahoo.com, Gratis akan saya kirimkan kepada siapa saja yang membutuhkan.

  20. @ardianzzz

    Huahahaha…. emangnya mama lauren?? :mrgreen:

    @ILYAS ASIA

    Abis tarik tambang? :mrgreen:

    @eL

    Huehehe… sorry deh kalau berat…. emang beratnya berapa kilo? :mrgreen:

    @Indah Sitepu

    Ya… itung2 bernostalgia dengan pelajaran matematika kan? :mrgreen:

    @Menik

    Jangan2 nanti bapaknya mbak Menik larinya ke artikel ini juga…. :mrgreen:

    @nie

    Pipisnya jangan sambil pusing ya…. nanti salah2 pipis di panci lagi….. :mrgreen:

    @agoyyoga

    Saya aja yang orang Jawa nggak ngerti sama sekali bangsa seperti ini. Saya hanya tertantang membuat algoritma pencarian hari pasaran lewat kalender masehi. Selebihnya nggak peduli….. :mrgreen:

    @prazt

    Terima kasih atas infonya. Siapa yang berminat silahkan menghubungi alamat e-mail di atas….. :)

  21. bukan.. tapi papa yari.. eh oom yari.. (biar terkesan genit) heheh

    _________________________

    Yari NK replies:

    Hueheheh…. pasti sampeyan ini fans-nya mama loreng deh… :mrgreen:

  22. Wah, pak yari memang multi talenta…. :)

    Ruwet pak…. nilai berhitung saya merah terus… hiks

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Kalau nilai berhitungnya merah, ya tinggal ditebelin pakai spidol atau bolpen biru…. rebes kan!! :mrgreen:

  23. saya lahir jumat kliwon . jadi nggak cocok jadi blogger. cocoknya apa mbah?? jadi komentator saja .. kekeke

    ________________________

    Yari NK replies:

    Setidak-tidaknya jadi orang aja sudah cukup cocok kok! :mrgreen:

  24. waduh pak.. pusiiing euy… saya gak tau lahir hari apa.. hehe :D

    _______________________

    Yari NK replies:

    Huehehe…. ya nggak apa2 kok….. Nggak akan berpengaruh apa2 pada kehidupan kita selanjutnya….. Saya membuat algoritma seperti di atas karena iseng merasa tertantang saja….. :D

  25. Waduh…jadi inget iklan ‘ketik reg’ itu… yang nanya-nanya weton :)
    Jangan-jangan setelah tahu hari pasaran, kata si Mbah “Wetonmu ora cocok dadi blogger,” gitu :mrgreen:

    _________________________

    Yari NK replies:

    Huehehe….. wah kalau itu sih bukan urusan saya….. wong saya cuma membantu cari wetonnya saja secara algoritmis, kalau arti weton dan pengaruhnya terhadap kehidupan seseorang ya… itu di luar ilmuku…. :mrgreen:

  26. weleh…weleh..gitu aja kok repot…mau weton mau pasaran..yang penting belajar matematika dasar tul ga om yari? ( sok ngomong gini..soalnya matematika waktu SD dapet 5 terus..wkwkwkw..)

    _________________________

    Yari NK replies:

    Huahaha… betul…. yang penting menguasai matematika dasar…

  27. saya mau tanya kalau tanggal 2mei 1987 dan 1986 jatuh pada hari apa dan pasaran jawanya apa tolong di jawab ya soalnya ini penting sekali buat saya.

    _______________________

    Yari NK replies:

    2 Mei 1987 jatuh pada Sabtu Wage.
    2 Mei 1986 jatuh pada Jumat Wage.

  28. Ass…mHn BntuAnnya.klo laHiRnya haRi jmt bLn raJab di tahUn 1970-an, tgL, bLn, aND tahUNnya bRp ya?syuKran fi’lan.

    _____________________________

    Yari NK replies:

    Maksudnya tahun 1970an dari tahun 1970 sampai 1979?? Wah… kalau itu sih banyak sekali bulan Rajab yang jatuh pada hari Jumat. Maaf, anda harus lebih spesifik lagi….. :)

  29. mas, maaf mau tanya kalo tanggal 13 februari 1986 & 4 desember 1984 itu wetonnya apa y mas? terimakasih sebelumnya.

    ________________________

    Yari NK replies:

    13 Feb 1986 = Kamis Legi
    4 Des 1984 = Selasa Kliwon

  30. mas,saya mau tanya kalau tanggal 31 juli 1982 itu hari apa?pasarannya apa?

    ______________________

    Yari NK replies:

    31 Juli 1982 = Sabtu Pon

  31. mas,saya mau tanya kalau tanggal 3 november 1993 itu hari apa?pasarannya apa?

    ada ga software buat cari hari n pasaran untuk PC?

    ________________________

    Yari NK replies:

    3 November 1993 jatuh pada Rabu Legi.

    Untuk software coba anda lihat komentarnya prazt di atas. Coba kontak lewat emailnya. Tetapi saya sarankan mencari yang dapat di-download untuk umum di Internet. Lebih aman dari virus.

  32. i love you pak ! sampeyan cerdas.

  33. kalo lahir tgl 19 mei 2004 dan 29 Juli 2008 wetonnya apa pak, kok anak2ku nakal2 bgt yo!

    • 19 Mei 2004 = Rabu Legi
      29 Juli 2008 = Selasa Pon

      Yah… namanya juga anak2 bu, lumrah nakalnya, masih wajar kok. Yang lahir tahun 2008 kan masih bayi bu? Jadinya ya paling2 terlihat aktif jadinya kelihatannya seperti nakal. Sepertinya wajar sih bu… :)

  34. saya mau tanya pasaran saya
    tanggal 19 maret 1986
    wetonnya hari rabu
    pasarannya???legi,pon atau pahing????????

  35. saya mau tanya pasaran saya
    tgl 2 april 1986
    dan saya mau tanya hari saya lahir
    pasarannya legi,pon,kliwon atou pahing?

  36. nek mau nyari tanggal masehi yang bnr piye ya?
    yg laen pd bngung cari weton,aku bngung cari tanggalny berdasarkan weton, bulan dan tahun.

  37. pak saya minta tolong weton jawa saya

    24 januari 1982 hari apa dan wetonnya apa?
    22 juni 1978 hari apa dan wetonnya apa?

    terima kasih

  38. Pak saya mau tanya

    bagaimana kalau dengan tgl kematian 26 januari 2007 dan 26 mei 2009, katanya berhubungan dengan hitungan gunung,jugrug,segoro,asat. Hitungannya gimana ya Pak?

    terimakasih

    • Wah kalau itu sih saya tidak tahu menahu. Menurut saya,itu adalah rahasia Allah. Saya hanya mengajarkan cara menghitung bagaimana mencari hari pasaran Jawa menggunakan kalender masehi secara aritmatika dan logis. Itu saja. Jadi maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda. :)

  39. ada yang tau kelahiran 02 juli 1982 nggak,WETONnya apa….:(….tolong donk…..

  40. saya mau tahu hari lahir saya,dan weton itu apa ya?saya lahir tgl08 juni 1984

  41. saya mau tanya weton pacar saya apa ya lahir 5 oktober 1980. saya masih bingung dengan hubungan saya ini, segera dibalas email saya,trims. cocok ga dengan saya yang lahir 2 juli 1984.

    • 5 Oktober 1980 = Minggu Wage
      2 Juli 1984 = Senin Kliwon

      Mengenai cocok nggaknya, saya nggak tahu ya, sebab saya hanya menghitung dengan metode aritmatika sederhana. Jadi mengenai cocok nggaknya, maaf saya tidak tahu.

  42. saya mau tanya weton yang tanggal lahirnya 14 juni 1941.

  43. aku mw tnya..24 november 1982,,pasaran jawanya apa ya?krna ini penting sekali buat saya,,tolong dijawab.

  44. Klo tanggal 13 dan 14 juli 1987 hr pasarannya apa ya pak? Thx cayo p. Yari

  45. 4-4-1984 hari rabu apa ya mas…puyeng cerna na @_@

  46. saya lahir 08 nopember 1972 hr pasarannya apa? anak saya lhir tgl 27 juli 2000, 01 juli 2005, 27 nopember 2006, istri saya 18 agustus 1977

  47. kalau tanggal 30 september 1992 wetonnya apa

  48. Kemis Legi, 14 Ruwah 1918 Jé
    Kurup Asapon (1936 – 2052 M)
    Windu Sengara
    Lambang Windu Langkir
    Tahun Jé
    Lambang Tahun
    Soma Warjita (Cacing)

    Paarasan
    Lakuning Lintang
    Pancasuda
    Satriya Wibawa
    Kamarokam
    Satriya Pinayungan
    Watak Sasi
    Anggara Kasih (sasi iki ora ana dina Selasa Kliwon)
    Watak Dina
    Dina Rahayu
    Mangsa
    Kasewelas (XI, padrawana)
    19 April – 11 Mei
    Wuku Pahang
    Lintang Asma
    Padangon Jagur
    Padéwan Uma
    Dina Respati (Kamis)
    Paringkelan Aryang
    Pasaran Legi
    Lambang Dina Singa

    Daftar Pustaka
    Soemodidjojo, Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, Soemodidjojo Mahadewa,1977
    Wibatsu Harianto Ir. H., Almanak Mahadewa 2007, Cakrawala, Yogyakarta, 2007
    Penanggalan pada Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta
    40 Hr 100 Hr 1000 Hr
    April 1986
    24
    Kamis
    GMT+7 Thursday April, 24 1986
    Bausastra Mobile

  49. salam kenal…

    sy bingung ngitungnya nih…bantu ya mas
    kalo 13 september 1977 gmn??

    makasih

  50. saya lahir tanggal 6 juni 1984,hari pasarannya apa?

  51. langsung aja ya..
    saya mau nanya..anak saya lahir tanggal 26 desember 2000 jam 4 sore,
    itu masuk hari apa? dah hari pasaran nya apa??
    saya tunggu loh soalnya saya mau nyunatin anak saya
    sebelumnya sya ucapkan banyak trimakasih…

    • 26 Desember 2000 = Selasa Legi

      • halo..
        salam sejahtera

        saya mo tanya pa’ kebetulan saya punya calon suami beda daerah kelahiran 23 juli 1977 itu benr gk jatuhnya hari sabtu trs pasaranya apa? angka hokinya berpa?
        soalnya di adat mereka tidak ada perhitungan seprti org jawa.
        nah sedangkan saya orang jawa lahir 23 des 1983 benr gk jatuhnya hari kamis pon

        rencana kita mo nikah nanti 10 juni 2010 kira2 angka bagus gk tepatnya kamis wage tq

      • saya sedang bingung nich, saya mau nyunatin anak saya tp ga tau wetonnya…tlong di bantu ya anak saya lahir 09 Februari 2000 wetonnya apa ya…

  52. Pak saya mau tanya . Tgl lahir saya 9 september 1970 jatuh pada hari apa ? pasarannya apa ? wage , kliwon , manis , pahing , atau pon ?

    saya ucapkan terima kasih sebelum nya ..

  53. mo tnya niy, kalo tgl 30 desember 1984 itu hari apa, wetonnya apa???

  54. tanya hari pasaran 9 april 1977

  55. Wah, hebat…!
    Cerdik dan “motekar”!

    Salam…

  56. Tlg b0z, carikan tgl dan bulan berapa pada hari kamis legi bulan syawal tahun 1978 masehi.

  57. tolong saya punya pacar ingin tau wetonnya lahir tgl 20 oktober 1979 apa wetonnya??? cocok ga dgn saya wetonnya senin kliwon, segera dibalas ya pak trims…

  58. langsung saja. saya lahir 11 agustus tahun 1978.. hari pasaran apakah saat tanggaltsb.

  59. Minta tolong pak untuk tanggal 22 september 1982 pasran jawa nya apa yah?
    Makasih

  60. Tolong bisa dibantu tgl 22 september 1981 pasaran jawanya apa yah?

  61. 17 september 1987 hari dan weton jawanya apa???

  62. 27 oktober 1986 wetonnya apa yaah…??? thx b4..

  63. saya mau tanya ni pak,,,,
    kalo tanggal 2 februari 1982 dan 17 oktober 1987 hari dan weton jawa nya apa ya….?
    saya tunggu informasinya terima kasih……….

  64. mau tanya pak,,
    kalau tgl 26,27,28 april 1987 wetonnya apa aj y pak?
    trims

  65. Tolong carikan hari pasaran 16 mei 1985,22 oktober 1989.thanks

  66. Klo tgl 22 september 1986 wetonnya apa?

  67. Klo tanggal 22 Pebruari 1982, 27 Maret 1984, 25 Juli 1980..Hari pasaran Jawany pa ya…Please..tlg d’bantu…mumet hitung dw…Thank u…

  68. Pak, tolong kasih tahu kalau Tanggal 7 September 2000 dan 18 September 2004, hari dan pasaran jawanya apa ya? Terima kasih…

  69. saya mau tanya kalau 27 Nopember 1986 wetonnya apa ya…?

  70. mau tanya,kalau 26 maret2005 hari pasarannya apa ya?

  71. nah… ! kalo komennya order minta hari pasaran pasti pak yari pusing.. hehe.
    salam kenal pak.. numpang kunjung ngebangun blog yg inspiratif..

    • Saya sebenarnya sudah berhenti menjawab tentang hari dan hari pasaran, sebab topik ini hanyalah untuk menunjukkan cara2 menghitung atau algoritma untuk menentukan hari pasaran Jawa dalam kalender masehi…. :)

  72. Kalau 09 Mei 2005 wetonnya apa ya mas?? Nuwun.

  73. walah pak pusing kepala saya

  74. Pak tolong tanya tanggal 29 Juli 2000,haripasarannya apa tolong balas bos

  75. selmt sore pak,maaf mau ganggu sebentar.saya mau tanya tgl 11 november 1980 hari dan wetonnya apa ya..?tlong di jawab karna ini penting sekali,atau bisa sms ke nomer 081 914 026 545, terimakasih sebelumnya,

  76. Mas Yari…saya lahir Senin Pahing (kt ortu pas bulan ramadhan tgl tua) antara 1967-1970, tanggal berapa sih yg benar???
    Thank atas infonya….ditunggu!!!

  77. Maaf,pak ini penting buat saya.
    Pak klo 18juni 1984 weton nya apa betul legi ya?
    Saya sdh hitung pake algoritma bapak,ktemu legi.
    Saya mau tanya betul gak itungan saya ktemu legi.
    Terimakasih banyak pak.

  78. assalamualaikum…
    langsung saja ya pak saya mau tanya masalah kelahiran saya yg sekarang lupa ( bimbang )
    kalau tanggal 26 maret 1980,81,82 di antara tahun itu pokoknya, itu tepatnya hari apa ya pak minta tolong ya pak tepatnya hari apa kalau menurut hari kalender jawa itu.
    kirim email saya saja pak ke : iwandaru@ymail.com
    wassalamualaikum….

    Nama : subawi
    Tanggal : 26 maret 1980,81,82 Tahunya bimbang.

  79. saya mau tanya ………
    kalau tanggal 29 januari 1992 waton jawanya apa …matur nuwun

  80. Tanggal lahir 8 Juni 1983, wetonya apa ya?? Thanx

  81. Pak saya mau tanya, kalau tanggal 4 juni 1986 hari pasarannya apa?Penting banget pak, soalnya calon mertua saya nanya dan saya ga tau buat pernikahan,kalau bisa bales ya pak,secepatnya makasih …….

  82. 11 juni 1999 wetonnya apa yach……..

  83. 11 juni 1999 wetonnya apa yach….thx

  84. tgl 30 April 1995 wetonnya apa ya ? trims

  85. bapak saya mau menanyakan meninggalnya Almarhumah ibu siti marjam pada tanggal 18 desember 1999 pasarannya hari sabtu apa mohon dibalas terima kasih.

  86. mw tanya tanggal 11 september 1980 jatuh hari apa, pasaran apa ?

  87. saya lahir tanggal 12 mei 1972 weton lahir saya apa?

  88. kalo 7 mei 1987 itu ap tgl dn weton e pak,mksih….

  89. kalau 12 november 2005 wetonnya apa ya????
    makasih….

  90. P. yari, tggl 18 Maret 1970 Hari wetonya apa ya ?

  91. pak saya mau tanya weton paman saya 08 februari 1978
    trimakasih

  92. askum mao tanya kl tanggal lahirx 11 september 1985 itu wetonx pa?????makasih

  93. Mas, mau nanya weton utk tanggal 13 November 1982 apa yaa?? Matur nuwun, Mas..

  94. ada yang tahu nggak kalo hari ke-7 puasa tahun 1970 itu kapan ??
    mohon jawabannya, soalx penting banget, kalo gak tahu hari ke 7 nya puasa tahun 1970, hari pertama puasa aja dechhh
    mohon banget jawabannya

  95. saya pengen tau hari kelahiran jawa 28 agustus 1985 tolong segera dijawab bagi saya sangat penting banget.tangks

  96. saya pengen tau hari kelahiran jawa 26 juli 1982 tolong segera dijawab bagi saya sangat penting banget.tangks

  97. mohon bantuannya, anak saya lahir 06 juli 2002 hari sabtu, pasaran jawanya apa ya ?, tks atas bantuannya.

  98. mas tolong saya donk,,
    saya mau tanya weto 1 feb 1987,,11 mei 1987,,dan 16 okt 1989..
    makasih ya mas yuri..

  99. mas tong aku donk…
    saya pgen tau,,,weton nya kakak ku pa yach??…
    dia lahir tanggal 25 januari 1985

  100. bapak/ibu
    nike mau tanya nech kalo tanggal 22 november 1985 ma tanggal 20 oktober 1985 itu weton jawa nya hari apa yach??
    terimakasih sebelumnya

    nike

  101. Saya lahir pada tanggal 18 mei 1982,saya mau tanyakan hari apakah pada tanggal tersebut dan jatuh pada hari apa dlm perhitungan jawa ?(wage,pon.legi,kliwon)

  102. Sy mw tny klw lahir tgl 15 agustus 1982 jatonya hri ap yh?? Tq

  103. pak kalau 20 pebruari 1979 hari pasarannya apa? dan juga berjodoh ga sama 15 novembwr 1988.pasarannya apa?

  104. pak tolong secepatnya ya karena saya dan calon istri saya mau menentukan hari yg pas buat menikah nanti

  105. Daripada pusing ngitung sendiri, langsung nanya aja ya… Tanggal 18 April 1966 hari dan pasarannya apa ya… Trims

  106. 25 mei 1988,, hari pasarang jawanya apa ???

    mohon bantuannya,, terima kasih ^_^

  107. tgl 10 juli 1981 jatuh pada hari apa? dan wetonnya apa?
    thank… bals ke email saya…

  108. kl blh sy mnt tlong crkan psran sy
    sy lhir pd hari selasa tgl 10 juni 1986

  109. slmt siang pak
    saya mau tanya hari apa sih tggl 17 november 1972
    thanx sebelumnya pa

  110. Tgl 22 feb 1979..wetone apa ya?mumet je..

  111. salam kenal…

    sy bingung ngitungnya nih…bantu ya mas
    kalo 19 agustus 1984 gmn??

    makasih

    Balas

  112. tanya kelahiran(weton) 18 nopember 1988…
    tmksh

  113. Ping-balik: Lebih Independen Dalam Mencari Informasi? « Spektrum Pemikiranku

  114. teman saya kelahiran tgl 20 mei 1970 itu hari jawanya apa ya mas…
    saya udah cari tp ga dapat2 tuh,,,
    klo ada tlg kirim ke email saya ya mas…
    makasih

  115. Mas saya mau tanya sabtu 16 agustus 1989..wetonNy apa??

  116. kang mau nanya klo tgl 20 desember 1980, hari pasaran jawanya apa ya??

  117. saya mau nanyain weton untuk tanggal 13 maret 1992,blaz za pak q mohon

  118. hari lahir pak

  119. kalo 4 maret 1986 wetonnya apa ya mas?

  120. Kalau Kakek Saya meninggal tanggal 17-12-2008 Kapan jatuh 200 harinya dan 1 tahunnya? Mohon dibalas.

  121. pak,mau tanya tggal 10 bulan pebruari 1993 jatuh pd hari apa?dan apa pasaranya.terima kasih

  122. kalo tanggal 16 agustus 1985 itu jatuh pada hari n pasaran apa?

  123. Pak kalau tgl 25 mei 1978 wetonnya apa ya…

  124. saya mau tanya tanggal lahir saya 6 mei 1987, mau tanya hari lhir dan pasaran jawanya ap… trimakasih

  125. dari pada nanya-nanya coba sendiri aja. ini kodenya :
    udah tak coba, so far cocok ( sedikit modif dari blog orang. aku lupa alamatnya)
    ……………..
    implementation
    uses DateUtils;

    function getPasaran(tanggal: TDate): string;
    const wetons :array [0..4] of string[10] =(‘pahing’,’pon’,’wage’,’kliwon’,’legi’);
    var patokan : TDate;
    jarakHari : integer;
    urutanWeton : integer;
    begin
    // jika ambil dari tahun yg lebih dekat, pake ini
    //patokan := EncodeDate(2010,1,4); // jatuhnya pahing
    //jarakHari := DaysBetween(patokan,tanggal);

    jarakHari := DaysBetween(EncodeDate(1900,1,1),tanggal);
    urutanWeton := jarakHari mod 5;
    Result := wetons[ urutanWeton ];
    end;

    // cara panggilnya waktu tombol di klik :

    procedure TForm1.Button1Click(sender :TOBject);
    var hariKu : String;
    begin
    // misal dirimu lahir tgl 15 desember 1990
    hariKu := getPasaran(encodeDate(1990,12,15));
    showmessage(hariku);
    end;

    …………

  126. mw nx pak tgl lahir 20 maret 1985 itu pasaranx jatuh hari apa ya pak….
    lngsung jwb y pakkk
    trimakasih

  127. saya mau tanya idul fitri tahun 1984 apa jatuh padabulan september,,,dan itu hari apa serta wetonnya apa…?

  128. Ping-balik: Mengira Kalendar Pasaran Jawa Dalam Kalender Masehi Menggunakan Aritmatika Sederhana « KinoKatsu

  129. klo tgl 17 mei 1986 hari pasarannya apa?

  130. Kalo weton ma pasaran jawa saya apa ya?
    Saya lahir jum’at, 26 november 1993..
    Mohon d bls ya,pak!
    Soalnya ortu suruh cari tau

  131. pasaran 20 juni apa yah?

  132. weton 14 juli 1980 apa ya?

  133. q mau tanya tanggal 22 september 1989 itu hari pasarannya apa ya..?

  134. mas,.. tolong di bantu coz mau nikah..
    saya 18 april 1982, dan calon istri 19 oktober 1986.
    itu weton nya apa, dan waktu dekat ini baiknya tgl berapa?
    terima kasih.

    berhubung web ini saya dapat dr search di google, kalo bisa balas ke email saya. vebbyanto@gmail.com
    terima kasih banyak

  135. ngitung ngawor kayak yok-yoko…..

  136. Kalau pada pusing ngitung hari pasaran coba kunjungi http://www.babadbali.com pilih pariwagaan

  137. Mas tolong carikan hari dan pasarannya tanggal 25 Oktober 2002, trimakasih…..!!!!

  138. tanya donk ..
    saya lahir tanggal 25 maret 1995, wetonnya apa yaa ??
    trims

  139. saya unmau nanya? di ijazah 10agustus1970 kata emak selasa paing mana yg tepat pak matur nuw

  140. tanya hari pasaran 17 april 1983

  141. klo hr pasaran bwt tngl 19 feb 1984 apa y?

  142. Pak, saya mau nanya tgl 6 desember 1996 itu hari & pasarannya apa? Tx.

  143. kalo tanggal 31 maret 2000 itu hari pasaran jawa apa?

  144. tgl 27 08 1986
    apa arti dal;am pasaran jawa

  145. brarti kalo tanggal 18 Nopember 1985 hari pasarannya adalah Pahing ya pak…????

  146. tgl 29 agustus 1993
    wetonnya up yea??????

  147. tgl 21-7-1968 hari pasaranya apa?
    terim kasih

  148. tgl 7 juni 1986
    pasaran atau weton nya apa ya?

  149. tgl 13 september 1992 itu hari, pasaran, weton, APA YA ?

  150. pak saya mau tanya,, kalo tanggal 15 rajab 1990,,itu bertepatan hari & bulan apa ya pak, dikalendar masehi,, kalo taunya itu udah masehi,, dan weton saya juga sudah tau tp saya ga tau tanggal & bulan masehinya,, tolong bantu saya pak,, makasih banyak,,

  151. 16 oktober 1985 haripasaran jawa nya apa ya….?

  152. mas aku mu nanya…suamiku meninggal tanggal 12 september 2010 ngitung 100 harinya sampe 1000 hari gimana?cos aq buta akan hitungan jawa….nuwn

  153. mau tanya donk mbah..kalo tanggal 8 november 1977 itu jatuh pada hari pasaran apa yaa??penting dan perlunya cepet…mks.

  154. saya mau tanya mbah ? kalo lahir saya 6 agustus 1969 itu jatuh pada hari apa? dan weton saya apa ? trima kasih mbah ..

  155. Maaf mau tanya….kalo tanggal 9 September 1968 jatuh pada hari apa….terus kalo menurut tahun Hijriah jatuh pada tanggal, hari , bulan apa dan tanggal berapa ?
    saya tunggu jawabannya…terima kasih

  156. Maaf mau tanya….kalo tanggal 9 September 1968 jatuh pada hari apa….terus kalo menurut tahun Hijriah jatuh pada tanggal, hari , bulan apa dan tanggal berapa ?
    saya tunggu jawabannya…terima kasih

  157. Numpang nanya b0leh kan kang, saya bingung…
    Bulan ba’da mulud hari jum’at kliwon thn 1987 & 1988
    jatuh pd tgl berapa, n bulan apa, s0ale aq g tw ultahe temenku itu.
    Aq pengen tau tgl ultahe temen deketku.
    Hehehe
    m0s0k aq yg dirayain mulu, kan aq jg pengen ngrayain ultahe jg.
    Krm ke email y kang?
    trims y kang yari, sebelumnya

  158. adek sepupu sy lahir tgl 1 april 1987, hr netu apa y?

  159. maw nanya nich…
    Kl 4 maret 1977 wetonnya apa ya,,
    hari ama pasarannya ya..
    Misal (jum’at wage)..
    Tlg y booz…

  160. ass pak yari saya mau tanya,saya lahir tgl 11 april 1987 jatuh pada hari pasarannya apa yah pak?thanks di tungu jwbnnya klu ga kirim ke email saya aja pak

  161. ass pak, mhn dbantu hari pasaran kelahiran tgl. 30 Mei 1970; 24 Maret 1974; 5 Nopember 1998; dan 22 Oktober 2008 ??? jawaban tolong ke email saya juga yach…mksh byk… wass.

  162. Maaf mas mau tanya hari pasaran jawa tuk tanggal 9 maret 1969, hari apa?

  163. saya mau tau hari pasaran jawa pd tanggal 2 mei 1977 dan 07 november 1976 thank’s atas jawabannya

  164. sy mau tau hari pasaran jawa tanggal 26 Februari 1970 dan 27 oktober 1973?

  165. 23 feb 1991 weton apa?

  166. 23 februARI 1991 weton apa?

  167. tlg spa yg tau jwb,
    penting bgd

  168. Mau nanya ni pak Lahir pada tanggal 04 mei 1978 wetonya apa ya pak??. makasih

  169. Saya mau tanya weton dan hari lahir pasangan saya apa ya : lahir 29 Juni 1953 dan saya lahir 22 Desember 1967, kemudian ponakan saya yang mau menikah lahir 4 Mei 1980.
    Saya masih bingung apakah pasangan saya dengan saya cocok apa tidak …, mohon segera dibalas email saya ya Pak.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  170. Saya mau tanya weton dan hari lahir pasangan saya apa ya : lahir 29 Juni 1953 dan saya lahir 22 Desember 1967, kemudian ponakan saya yang mau menikah lahir 4 Mei 1980.
    Kita keluarga belum bisa menentukan tgl pernikahan karena tidak tahu hari lahir dan wetonnya.
    mohon segera dibalas email saya ya Pak.
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

  171. mau tahu hari pasar tgl kelahiran saya 11- juni 1965 yang jatuh hari jumat

  172. mau tau hari pasaran saya kalau lahir tgl 10 agustus 1986

  173. mau tanya pak……kalau tanggal lahir 10 oktober 1982 pasaranya apa benar minggu wage? makasih

  174. 3 november 1983 pasarannya jatuh apa?

  175. eh kang tolong carikan hari pasaran apa kalo lahirnya minggu, 12 desember 1987….tolong ya kang…. balas ke e-mail aq……tengyu maturswun.

  176. hahaha… mantab nich…. buat ngitungin weton seseorang…
    tapi koq puyeng sirahku ya…. ada yang lebih ringkas gak mas Yari?

  177. pak,sabtu 6 desember 2008 wetonya apa?

  178. maaf mas saya mau tanya kalau jum’at 10 april 1992 jatuh hari jawanya apa ya mas?
    dan 2 september 1992 jg apa mas? mksih

  179. Saya msh bingung….. kalau lahir sesudah maghrib sampai menjelang tengah malam apakah masuk tanggal hari berikutnya? Sy lahir jam 10 malam

  180. Mas kalau lahir hari selasa wage bulan Mulud tahun 1970, tanggal & bulan serta tahun masehinya berapa ya. trims

  181. Ortu bilang aq lahir bln muharam hari jumat pon th masehi 1972, tgl dan bulan berapa ya thn masehinya..? tq

  182. Ass. Bapak Saya mau tanya nih saya Punya cewe lahir 1 Mei 1987 sedangkan Saya Lahir tgl 26 Juli 1986 . Cocok tidak klo jadi pasangan Hidup….Terima kasih.

  183. Ass. Bapak Saya mau tanya nih saya Punya cewe lahir 1 Mei 1987 sedangkan Saya Lahir tgl 26 Juli 1987 . Cocok tidak klo jadi pasangan Hidup….Terima kasih.

  184. Ass. Bapak Saya mau tanya nih saya Punya cewe lahir 1 Mei 1987 sedangkan Saya Lahir tgl 26 Juli 1987 . Cocok tidak klo jadi pasangan Hidup….Terima kasih…
    tolong kirim via Email ya jawabnya saya tunggu…

  185. ass. tolong carikan hari n pasaran jawanya tanggal ne pak < 25 juli 1991 sama 17 januari 1988

  186. weton jawa pada tanggal( 19 september tahun 1976) itu apa …?

  187. 20 mei 1976 dan 2 feb 1969 itu hari dan pasaran jawanya apa ya…????????mksi

  188. )8 januari 1989dalam kelender jawa hari apa ya?

  189. saya mau tanya hari pasaran jawa tanggl 31 desember 1979?

  190. saya mau tanya , tgl 13 april 1978 hari dan wetonya apa ?
    makasih ;-)
    kalo saya cari sendiri , saya budek :-(

  191. saya lahir tgl 27 bln oktober thn 1983,jdi apa hari pasaran saya

  192. pak sya punya cow tanggal lahirnya 18 jan 1975 wetonnya hari apa ya????

  193. kalo 1 november 1974 wetonnya apa yah ?

  194. kalo tanggal 1 november 1974 wetonnya aph yha ?

  195. Numpang tanya gan, kalau tgl 2 mei 89 harinya ap n pasaranx apa? Kalau sama jum’at kliwon cocok g? Thx y gan sebelumx..

  196. klo tggl 18 maret 1982 hari jawanya apa,wtonnya apa ?

  197. kalo tgl 12 april thn 2000 wetonnya apa ya pak ?

  198. mau nanya klo tgl 31 oktober 1990 & 11 desember 1190 tu hari pasaran nya apa? mksih ya.

  199. klo tnggal 5 februari thun 1992 hart jwanya pa ?
    mkkciih…

  200. Saya mau tanya weton dan hari lahir pasangan saya apa ya : lahir 29 Juni 1953 dan saya lahir 22 Desember 1967,

  201. Tanggal 20 Oktober 1987 itu bertepatan pada tanggal berapa hijriah..???

  202. 2 mei 89 hari apa?

  203. wah klo baca yang diatas bikin lier, coba klo ada programnya yang langsung gitu….klo tanggal 13 november 1984 apa ya wetonnya? ….

  204. untuk kelahiran tanggal 7 november 2001 wetonnya apa ya ?

  205. Nyuwun tulung pak, carikan weton keluarga saya sbb.:
    23 januari 1979
    2 april 2000
    16 agustus 2003
    2 juni 2006
    maturnuwun.

  206. Anakku lahir tanggal 4 Juli 2004, hari pasaran jawanya hari apa ya…???
    Maturnuwun

  207. Good Mbah…. Info yg Tooop banget, banyak yg membutuhkan.
    Bagi yang mau raih sehat sekaligus memanfaatkan peluang bisnis anti ruginya silahkan mencoba klik/copy paste : http//www.supexteam.com/salim.kp5
    Maturnuwun lho Mbah….

  208. 22 november 1992 wetonya ap?

  209. numpang tanya nih mas…kalo sabtu kliwon bulan sawal tahun 1972 itu dalam kalender umum tanggal berapa?

  210. Salam kenal mas.Kalau lahirnya tgl 19 Januari 1967 itu jatuh hari apa & wetonnya apa sih mas ? Makasih byk seblmnya.

  211. pak sya mau nanya
    kalau lahir pada tggal 28-4-1993
    hari dan weton pasran jawa apa ya….boleh dong bantuanya…..?aku tunggu pak…!

  212. mau tanya tgl 14 mei 1992, hari dan weton jawanya apa ya..? terima kasih sebelumnya..!

  213. tanggal 1 agustus 1987 itu hari wetonnya berapa adm ??

  214. setelah saya coba tuk menghitung tapi sy bingung juga akhirnya m bertanya aja langsung tuk mencari hari pasaran anak saya: dia lahir selasa malam jam 23, 15 Februari 1994,dan masuk dihari apa Selasa atau Rabu juga hari pasarannya apa terima kasih sebelumnya

  215. pada hari apa tgl 29 january 1979 di bulan jawa

  216. Saya mau tanya kalau tanggal 20 februari 1981 itu wetonya/tanggal jawanya apa yah…terima kasih

  217. Askum . . .mau tanya,kalau tgl 31 april 2007 jatuh pada hari dan pasaran apa ya?
    Thanks u/jwbnya kalo bìsa m0h0n kirim ke email sya..Askum . . .mau tanya,kalau tgl 31 april 2007 jatuh pada hari dan pasaran apa ya?
    Thanks u/jwbnya kalo bìsa m0h0n kirim ke email sya..

  218. pak saya mau tanya hari lahir saya dan weton saya yang pada tanggal 7 november 1982

  219. saya mau tanya mas untuk tanggal 28 september 1992 jatuh hari pasarannya apa ya???

  220. mas nama saya lasiyah lhr tgl 13 agust thn 1974,cowok saya nama nya. steven sullivan lhr tgl 3 january thn 1970 yg saya tanya apa saya cocok sama calon ku trimakasih mas atas balasanya

  221. mas, saya mau nanya kalau tanggal 27 januari 1987 jatuh hari pasarannya apa apa?trimakasih

  222. mas saya mau tanya, kalau 23 april 1984 dan 14 april 1987 wetonnya jatuh di hari apa tanggalan jawanya? tengkyu mas

  223. pak atau buuk mau tanyak 27 desember 1992 pasaran jawa nya bertepatan hari apa terus pasarannya apa ya……………………..
    terimah kasih

  224. saya bingung… :(
    nyari sendiri ga ketemu” malah tambah ruwezzz
    om nanya aja deh
    hehehehe
    kalo lahir tanggal
    27 Juni 1987 sama 27 juli 1987
    itu hariu apa dan wetonnya apa
    makasih sebelumnya om… :)

  225. kalou lahir tanggal .3 january thn 1970 itu hari apa weton nya apa ,makasih sebelunya

  226. pak minta dibalas yah maturnuwun

  227. 29-10-1988 nilai pasaran jawa nya brapa ya. thanks

  228. maaf mas mau tanya,tgl 9 september 1987 hari pasarannya apa ya.?makasih

  229. boz, mau tanya,,,
    tanggalan jawa/ iron untuk tanggal 24 oktober 1992 apa…
    tolong jawabannya di kirim ke email saya….
    sebelumnya terima kasih.

  230. boz, mau tanya,,,
    tanggalan jawa/ tiron untuk tanggal 24 oktober 1992 apa…
    tolong jawabannya di kirim ke email saya….
    sebelumnya terima kasih.

  231. Saya mau tanya, kalo tanggal. 06-Juli-1984?

  232. mw tanya…
    21 juli 2001 menurut tanggalan jawa itu hari apa???
    dan pasaran nya apa
    tolong krim ke email saya
    makash

  233. Hari rabu kliwon sama hari jum’at kliwon kalau di satukan bagaimana keterangan di primbon njenengan?
    Trus minta pendapat njenengan juga untuk pertimbangan,,,
    di tunggu kang yari,,,,

  234. Noviie ranadeviia twiister

    mau tanya nih …
    21 desember 1997 menurut tanggalan jawa pasarannya apa
    tolong krim emaill saya
    raja.noviani@yahoo.com

  235. mau tanya tgl 14 september 1989 itu tanggal jawanya apa?tkq

  236. tgl 8 mei 1972 jatuh hari apa, pasarannya apa?

  237. tanggal 5 oktober 1967 it tanggal jawa ny ap ya ? *thanks

  238. kalau 2 november 1967 tahun jawa ny ap ? *thanks

  239. hadduuhh..kayaknya nggak sanggup nih mas ngitung sendiri..
    mohon dibantu bantu yak… :)
    tanggal :
    22 oktober 1983
    8 april 1984
    19 maret 1988
    14 september 1994
    20 april 1959
    24 nopember 2010
    itu hari n pasarannya apa ya mas??
    maaf..merepotkan.. :)
    tolong yak…

  240. pak saya lahirnya tanggal 10 oktober 1982 hari jumat wetonnya apa???

  241. tolong pak

  242. @roni; wetonx bukan jum’at tapi minggu wage mas…

  243. Rieza@;22 oktober83=sabtu legi
    8april84=munggu kliwon
    19 maret88=sabtu legi
    14 september94=rabu legi
    20 april59=senin kliwon
    24 nov 2010=rabu legi
    @ kang yari nembe lebaran durung rampung…

  244. pak, tolong bantu saya klo tanggal 20 september 1983 dan 21 juli 1979
    trima kasih banyak.

  245. Saya masih blm mengerti nih bagimana cara menghitungnya?? Blh saya minta emailnya g, biar saya bisa nanya secara mendetail atau langsung lewat email

  246. 18 08 1990 pasaranya apa mas,,mksh sblmnya ?

  247. Saya bingung, kan sudah dikasih rumusnya, koq masih saja pada nanya yah, padahal bisa dihitung sendiri..
    alhamdulillah saya jadi bisa ngitung pasaran hari lahir saya dan calon suami saya :) Makasih yah pak

  248. 8 mei 1988 jatuh pada hari apa ya…..? dalam hitungan jawa

  249. rabu 24 juni 1987 weton_nya apa ya…..??

  250. saya mau tanya hari senin tgl 16 bulan februari 1982 hari pasarannya apa?

    balas sekarang,penting

  251. maksud saya selasa bukan senin

  252. mau tanya’,wetonya tgl 20 mei 1987 apa ya…????suwun

  253. klw tanggal 9 maret 1979 jatuhnya hari jumat apa ya?

  254. mencari weton pasaran tgl 12 nopember 1966 itu hari dan pasaran apa…?

  255. mau nanya dong, klw 20 januari 1983 menurut tgl jawa kamis wage atw pon?

  256. tanggal 11 juni 1979 hari pasarannya apa ya

  257. mas, maaf mau tanya kalo tanggal 04 Oktober 1979 itu hARi dan wetonnya apa y mas? terimakasih sebelumnya.

  258. mau nanya tgl 10 december 1984 hari dan pasaranya jawa apa ya .

  259. pak saya lahir tggl 16 maret 1987
    hari pasaran jawa nya apa ya pak?tlng saya ya pak
    makasih pak,

  260. saya lahir tanggal 18 juni 1977
    hari pasarn jawanya apa ya pak ?

  261. saya sangat suka dengan kalender jawa’an yg mengandung maknah bnyak,trkadang orang menyepelekan kalender jawa padahal di kalender jawa bisa mengungkap semua keperibadian dirikita hingga 75%,itu sngat penting.maka dari itu saya menyukai kalender jawa.ya wlpn q blum bisa meng hitung tp q sangat suka dengan arkiologi jawa ini.

  262. saya sangat suka dengan kalender jawa’an yg mengandung maknah bnyak,trkadang orang menyepelekan kalender jawa padahal di kalender jawa bisa mengungkap semua keperibadian dirikita hingga 75%,itu sngat penting.maka dari itu saya menyukai kalender jawa.ya wlpn q blum bisa meng hitung tp q sangat suka dengan arkiologi jawa ini.
    Prmisi mas saya mau tanya kalau 29 mei 1991 jatuh pada hari apa dan pasaran jawanya ap ya mas?…
    tolong ya mas.sebelumnya makasih bnyak nich

  263. bingung banget……kl 05April 1971 hari pasarannya apa ya….?

  264. pak..mau tanya,,hari lahir 7 september 1977 dan 6 november 1977,,weton nya jawa apa ya …pak..mksih..blas cepat

  265. tgl 23 maret 1989 apa ya wetonnya.? penting bgt ditunggu jawabanya.
    terima ksih

  266. Tanggal 28 Januari 2009 hari Rabo, yang pengin aku tanya pasarannya pa ya, terima kasih aku tunggu jawabannya.

  267. senin, 6 juli 2009 pukul 23:00

  268. yg ingin saya tanyakan hari pasaran..trima kasih

  269. tgl lahir anak sy 29 nov 2010. Kira2 weton nya apa ya?? Thx

  270. tgl lahir anak saya 29 nov 2010,,kira2 wetonnya apa??

  271. senin, 25 januari 2010, wetonnya apa ya…

  272. pak mau nanya tanggal 29 november 1994 wetonnya apa?thank

  273. 24 november 1985 wetonnya apa………..

  274. 20 juni 1992 hari dan wetonnya apa?

  275. kalau menurut saya dimulai dari kliwon-legi-pahing-pon-wage… sedang jumlah hari ada 3 yaitu hari kemarin, sekarang, dan esok… sedang kan tahun ada 8 tahun…bulan tetep 12…. itu kalo menurut saya….. hehehe

  276. pak mo tanya, kakak sy lahir tgl 1 januari 1966 dan 02 agustus 1978 dan 28 juli 1985, trus sy tgl 26 november 1984.hari dan pasarannya apa yah pak. mohon dibalas

  277. saya mau tanya ne, tanggal 18 november tahun 1986 jatuh hari dan tanggal berapa dalam kalender jawanya???

  278. tanggal 07 juni 1988 wetonya pa ya

  279. zainal selasa 10 maret 1981 wetonnya apa?

  280. kalo 16 juni 1982 itu wetonnya apa ya pak??

  281. Mau tanya pak klo tgl 22 september 1987 ama 29 november 1989 itu wetonya ap ya pak,,,
    makasih

  282. tgl 14 juli 1970 hari dan pasaran nya apa?

  283. klo tgl 29 september 1984 hari pasarannya apa pak?mksh sblmny

  284. Kalo tanggal 01 oktober 1985 dan tanggal 02 juni 1979 hari pasarannya apa ya pa? makasih sebelumnya

  285. tanggal 11 januari 1993
    hari,dan pasaranya ap?

  286. Menghitungnya cukup rumit,saya cuma mau tanya 24 januari 1968 itu hari pasaran jawanya apa? Terima kasih

  287. 25 NOVEMBER 2010 pasaran nya apa ya???

  288. mbah mau nanyak,,,
    kalau tagl 8 maret 1987 wetonnya apa ya???

  289. kasi tahu dunk tgl 8 maret 1987 weton ya apa???

  290. bukan itu yg saya inginkan
    yg saya ingin,kan
    misal
    tgl.1januari 1995
    hari pasarannya senin legi.
    seperti itu

  291. boleh nanya gak?
    Klo tgl 23 mei 1984 tu lahir nya weton jawa nya apa ya?
    Cocok gak klo nikah sama sabtu pahing.
    Ditunggu konfirmasiny

  292. saya tengah mncri tnggal klhiran saya yg bnar d mna?kok ada yg blang thun 1982 dan 1983?antra 23 juli 1982 ato 18 mret 1983?tp smua kok gk da yg bnar?

  293. 25 Desember 1984

  294. 25 desember 1984 itu wetonnya apa iya??

  295. tanggal lair saya 8 Agustus 1985 weton nya apa ya?

  296. 9 agustus 1985 hari apa dam pasaran jawa nya apa?

  297. 22 januari 1986

  298. mau tanya gan?
    kk saya lahir tanggal : 29 bulan SURA tahun1967
    klo bulan masehinya bulan berapa.?
    dan harinya hari apa.?
    saya dah nyari2 tapi ga ketemu tolong di bantu ya gan..

  299. Saya mau tanya tgl 15 agustus 1982 hari dan wetonya apa?dan bagaimana peruntungan dg jodoh dg yg lahir tgl 16 januari 1981?trimksh sblmnya.

  300. mas saya mw tau hari dan taggal jawa pd taggal 11febuari 1994

  301. Saya lahir hari jumat bulan agustus.
    sebaiknya saya usaha atau kerja apa ?

  302. saya mo tanya hari pasaran saya, lahir tanggal 30-05-1978

  303. Saya mau tanya tgl 06 juni 1970 hari dan wetonya apa?

  304. mas bos anak saya lahir 08-06-2010 weton y apa ya tolong

  305. 3 mei 1989 , wetonnya ap yach???
    mksih sblmx….

  306. pasaran 07 nopember 1980

  307. MAU TANYA KLO LAHIRNYA TGL 2,BULAN 7,1992…..PASARANNYA APA YA

  308. bingung menentukan tahun kabisat dan tahun biasa..caranya gmana bung?

  309. pak saya mau tanya kalo hari minggu tanggal 29 oktober 1989 jatuh hari pasarannya apa?????????

  310. tangal 01 bulan 01 tahun 1992. jatuhnya hari apa & berdasarkan kalender jawanya apa?

  311. bila aku lahir pada hari sabtu legi bulan jumadi awal tahun 1994
    terjatuh pada tanggal berapa bila di kalender hijriah

  312. pak…? Lo tggl 22 agustus 1993 sh weton.y apa..?

  313. saya lahir tgl 6 maret 1980. wetonnya apa ya pak?

  314. dan klo tgl 14 juli 1978, wetonnya apa pak? sebelumnya maaf uda ngerepotin,,,,

  315. mas mo nanya weton utk tgl lahir 13 april 1980, 25 mei 1978, 30 nopember 2003, 25 februari 2008

    segera dibalas yaa

  316. Ass..saya lahir tgl 11-11-1987, apa nama hari weton jawa pak?kirim lewat imail aja pak

  317. Saya lhir tgl 21 oktbr 87 hr jawa ny pa yaaa? Cocok ggaa ssm co 20des 83?

  318. lahir tanggal 16 februari 1995…kira2 weton nya ap yaa..???

  319. tnggal lahir saya 3 mei 1977 wetonnya ap????

  320. pak, saya lahir tgl 29 april 1987
    adik saya lahir tgl 22 november1991 dn 3 juni 1990
    hari pasarannya apa ya,,??
    mhon d bls pak..??

  321. weton saya selasa kliwon tahun 1983 itu tangal berapa ya

  322. Klu 12 mei 2001 itu sabtu apa ya??trims

  323. tanggal 27 november 1965 itu hari dan weton nya apa ya pak ?

  324. tanggal 27 oktober 1965 itu hari & weton nya apa ya pak ?

  325. mas aku mau nanya,kalau tanggal 06 juni 1988 itu hari & weton nya apaan ya mas…tolong di bantu ya mas…pleace….tolong dikirim ke email ku ya mas….ozonkmaniez@yahoo.com

  326. assalamualaikum…saya mau tanya,bapak saya lahir pada hari kamis pahing 1muharam (syura) di thn 1928,tapi tidak tahu tanggal berapa,bulan apa di kalender masehi.tolong dibantu mencari tgl,dan bulan dikalender masehi,terima kasih .

  327. lahir tgl 16 pebruari 1998 hari dan pasarannya apa

  328. lahir 16 pebruari 1998 hari apa dan weton nya apa

  329. salam kenal……….maaf mau tanya kalau 20 Agustus 2009 kalo nggak salah waktu itu hari kamis, wetonnya apa ya? terima kasih banyak

  330. mau tanya tgl 24 maret 1977 hari dan pasaranya apa

  331. klo tanggal 22 maret 1980 hari dan pasarannya apa y?

  332. maaf mau nanya nih…saya lahir hari sabtu pon di bulan oktober 1971,kira2 tanggal berapa itu ya…?

  333. tolong yaaa….?hari sabtu pon di bulan oktober 1971…tgl berapa?

  334. boleh nanya zaaa,,,kalau tanggal 06 april 1986 thu pasaranx apa zaaaaaaaaaa??? ,,,,

  335. Saya mau tanya tolong jawabya soalnya ini panting banget,tgl 15 mei 1998;sama 27 juli 1996 hari pasaran jawa nya apa ya?

  336. 30 MARET 1978 TANGGAL LAHIR SAYA, HARI PASARANNYA APA???

  337. saya mau tanya 7 maret 1996 hari dan pasaran apa tolong di jwab karna penting?

  338. saya mau tanya tgl 20 mei thn 1970 hari dan apasarannya apa.maksih tolong dijawb ya penting

  339. Numpang nampang aja dulu,kapan-kapan kalau kepepet balik lagi di mari.

  340. saya mau tanya tgl 8 september 1981 hari selasa tapi apa pasarannya? maksih tolong dijawb ya penting

  341. mas tolong sy lahir tgl 2-6-1970 ,hari dan weton sy apa balas penting mks.

  342. sy lahir tgl 2 juni 1970 hari dan wetonnya apa mas tolong jawab mas , makasih.

  343. maaf saya mau tanya,tanggal 23 maret 1982 itu hari jawanya apa ya? makasih sebelumnya

  344. saaya mau tanya tanggal 20 januari tahun 1995 hari weton nya apa

  345. saya mau tanya klo lahir tgl 29 januari 2002, hari apa wetonnya apa, dan 2 oktober 2003 juga 8 agustus 1971. terima kasih sbelumnya

  346. Pak, saya mau menanyakan kalau tanggal lahirnya 5 mei 1986, hari pasarannya apa ya pak? thanks…

  347. waaahhhhh… klo aq gk tau tnggal lahir saya,,
    bisa bantu nyari’in gk pak…???
    heheheheee………

  348. 8 januari thn 2000 hr apa dan pasarannnya apa

  349. 8 November 1977, hari apa dan pasarannya apa ?

  350. tanya weton tanggal 12 april 1986. wetonnya sabtu apa?

  351. anggoro wahyu kristanto

    16 desember 1980 wetonnya selasa apa ya?

  352. kalo tanggal 4 mei 1984 hari dan pasarannya apa ya…. please….(Ricky)

  353. kalo tgl 22 februari 1994 itu wetonnya apa
    trus kalo tnggal 22 februari 1995 itu wetonya apa…
    sklian 6 januari 1990 itu wetonnya apa ….
    tolong di bales yaa…
    makasih…..

  354. kalau tanggal 29 mei 2005 hari jawa dan hari biasanya apa y mas makasih sebelumnya agus

  355. KL TANGGAL 21 PEBRUARI TU WETONE APA THN 84

  356. Pak,sy mo tanya,lo tgl 21 Mei 1981 jatuh d bulan jawanya apa ya?????
    apa Suro,atw sapar atw apa ya….mksiiih

  357. Pak. Saya lahir tanggal, 6 April 1988 jatuh itu weton hari apa..???

  358. pak,Istri saya lahir tgl.5 juni 1970,itu jatuh pada hari apa,dan wetonnya apa?trimakasih

  359. mas mohon tanya kalau….tgl 3 april 1960 dan 28 juni 1974 jatuh pada hari dan pasaran apa mas…mohon penjelasan…makasih sebelumnya….banyak banyak…terimakasih

  360. bisa minta tolong dihitungkan? kalo 26 Desember 1990 hari n pasaranya apa ya???terima kasih

  361. kalau 28 april 1977 hari dan pasarannya apa ya?terima kasih

  362. minta tlg yaa??
    26 desember 1988 weton apa ya??
    mksh..

  363. mas mau tanya 02 juni 1996 weton nya apa .. trimakasih

  364. hari senin pahing mas brow

  365. daripada nanya nanya mulu… cari aja di internet,, klik aja kalender pasaran n masuk kalender 1901 -2100 tinggal pilih aja disitu okey…. klik LABEL TAHUN N liat tanggal kalian okey… smoga bermanfaat

  366. assalamualaikum mau tanya kl tanggal lahirnya 11 januari 1978 sama 3 nopember 1984 itu hari dan wetonya apa? Mohon dijawab makasih

  367. Pak tolong dui bantu ya
    25 February 1979
    30 desember 1979
    30 desember 2010
    22 oktober 2008
    Hari pasaranx apa ya? Bingung sy ngitungx, hehehehe

  368. 20 april 1983 hari pasarannya pa ya?????????? makasih sebelumnya pak ….

  369. pak mau tau kalender jawa tgl 22 oktober 1986????apa ya

  370. pak mau tanya hari dan pasaran tgl 29 maret 1993 makasih sebelum ,
    jawabannya ditunggu sekali

  371. tanya ms bro tgl 29-06-1980 wetonnya apa ya….?
    mksh ditunggu.

  372. Putra Nagh Gokilsz Abez

    pak mau tanya tgl 20 mei 1979 itu weton nya apa?

  373. pak mau tanya.
    tanggal 25 Maret 1979 itu wetonnya apa…?

  374. pak minta tolong.
    kalau tanggal 12 januari 1992 hari pasarannya apa? makasih pk!

  375. tanggal 18 -11-1993 hari pasarabya apa’an ..mkasii di tunggu balesanya.. :-)

  376. Tanya Pak Yari, tgl 1 Feb 2002 dan 15 Juni2005, pasarannya apa ya Pak? Tks banget Pak Yari. Itu geblak nya Bpk dan Ibu saya, penting saya ketahui. Sekali lagi, suwun.

  377. Klo tgl 7 juni 2005 dan tgl 14 januari 2007 hri ma wetonnya apa yach…….♏∞ªªK∞ªª$∞îîî

  378. saya mau ngerangkum rumus ini ke dalam pemrograman ah..
    biar temen2 tinggal pake aja ga usah ngitung manual :D

    Tapi ribet sekali ya. hehe. membingungkan.

  379. apa pasaran hari minggu 15 agustus 1982

  380. kalau 10 agustus 2010 hari dan pasaran nya dalam kalender jawa apa gan? trims, suryo

  381. Saya mo tanya ne klo tanggal 15 oktober 1986 itu kn hari rabu, jadi pasaran jawa’y rabu apa? Makasih y…

  382. Mw tnya tnggal 12 desember 1994 sma 22 september 1985 pasaran jawanya apa ya.. Tlong ya pntink bngt

  383. Kalau tanggal 27 maret 1989 jatuh pada hari pasaran apa

  384. tanggal 12 agustus 1997 jatuh pada hari apa?

  385. 12 agustus 2006 wetonnya apa yaaa…????

  386. klo tgl 28 juni 2002 hari weton nya apa ya . .

  387. tanggal 02 february 1993 itu masuk hari apa dalam hitungan kalender jawa?

  388. nayla juliana tgl 7 juli 1980 wetonnya apa?

  389. Maaf mas yari mo nanya hari psaran pda tanggal 8 agustus 1995 dan tnggal 16 agustus 1995 c jtuhh pda hri apha ea,,,,,,trim

  390. saya lahir thn21maret1988 weton nya pa?

  391. kalau hari pasaran tanggal 15 oktober 2007 jatuhnya pasarannya apa ya….? Thanks

  392. 17 januari 2002 hari apa dalam weton jawa ?

  393. kalau tanggal 17 desember 1990 jatuh pasaran berapa ya….? thanks

  394. dan kalau tanggal 11 januari 1998 jatuh pasaran berapa…? thanks

  395. mas, tolong carikan sy hari pasaran tgl 24 januari 1987, ? thanks sblmnya..

  396. mas tlg carikan hari dan pasarannya 10 Agustus 1987.
    mkasih banyak n mohon cpat di blz cz penting bgets.

  397. Pak mau nanya klw minggu 15 agusts 2004 hari pasaran jawa ny ap, terus 20 atw 21 januari 2010 hari pasarn jawa nx ap..

  398. mau tanya tanggal 10 juni 1992 itu pasaran nya apa ya

  399. Ping-balik: 17 agustus 1945 jatuh hari apaCamfrog | Camfrog

  400. maaf mau nanya wetonnya 22 mei 1992 apa ya?

  401. klo tanggal 10 nopember 1983 pasarannya apa liur uy ngitungna tlong d bls

  402. 7 desember 1994 apa wetonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s