Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa

Kemarin tanggal 24 Oktober 2008, tidak banyak orang yang sadar, atau mungkin sudah banyak terlupakan bahwa kita memperingati Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Walaupun piagam PBB lahir pada tanggal 26 Juni 1945, namun Dewan Umum (General Assembly) PBB menetapkan bahwa tanggal 24 Oktober sebagai hari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan tanggal 20 hingga 26 ditetapkan sebagai pekan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

PBB dibentuk pada tahun 1945, setelah Perang Dunia II, untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II (1939 – 1945) yang menewaskan puluhan juta orang. Dari hanya 50 negara yang menandatangani keanggotaannya pada tahun 1945, kini keanggotaan PBB hampir meliputi seluruh dunia. Hanya Taiwan dan Kosovo yang hingga kini belum bergabung dengan PBB karena tidak diakui ‘kemerdekaannya’. Taiwan dianggap bagian dari Republik Rakyat China sedangkan Kosovo dianggap sebagai bagian dari Serbia. Satu daerah lain yaitu Sahara Barat di Afrika juga belum bisa masuk PBB karena masih diperebutkan antara kerajaan Maroko, front kemerdekaan Polisario dan pemerintahan Republik Demokrasi Arab Sahrawi.  Sedangkan negara kecil Vatikan hingga kini masih dalam status pengamat. Swiss, negara yang selalu netral dalam percaturan politik dunia, dan selalu bersikeras untuk tidak pernah menjadi anggota PBB akhirnya bergabung juga di tahun 2002.

PBB sebagai badan dunia yang menaungi hampir seluruh negara-negara di dunia ini, mempunyai bermacam-macam misi yang berusaha untuk membuat negara-negara di dunia menjalani kerjasama agar dunia kita ini menjadi tempat yang lebih baik dan nyaman. Walaupun PBB seringkali dilihat sebagai misi2nya untuk menyelesaikan berbagai konflik politik antarnegara, namun sebenarnya kegiatan PBB bukan hanya di bidang politik melainkan juga dalam bidang ekonomi,  kebudayaan, sosial, hukum, hak azazi manusia, perdamaian dan lain sebagainya.

Walaupun banyak orang kini yang agak sinis dengan PBB karena menganggap PBB sebagai ajang “pemaksaan” oleh negara-negara besar terutama Amerika Serikat dan sekutunya, ditambah lagi dengan hak veto yang hanya diperoleh 5 anggota istimewa Dewan Keamanan PBB yaitu: Amerika Serikat, Rusia, Uni Kerajaan (Inggris), Perancis dan China banyak membuat beberapa negara yang terkadang kurang nyaman dengan resolusi yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB. Namun begitu, peran PBB tetap besar dan tetap berarti guna menyelesaikan konflik di antara negara-negara di dunia ini. Dan keluar dari PBB bagi sebuah negara (apalagi negara dunia ketiga) pada saat ini bukanlah sebuah opsi yang baik secara umum, bukan hanya dalam masalah politiknya namun terutama juga masalah ekonomi dan kebudayaan.

Saya tidak akan bercerita panjang lebar mengenai PBB. Namun di hari PBB kemarin, kita mengharapkan agar planet tempat kita hidup ini dapat menjadi tempat yang lebih nyaman dengan peran PBB, ingat! Tempat lebih nyaman di sini bukan saja berarti bebas dari perang, tetapi juga bebas dari kemiskinan, bebas dari wabah penyakit menular, bebas dari pencemaran lingkungan dan sebagainya. Selamat Hari PBB…….!!

Catatan:

  • Bahasa-bahasa resmi PBB adalah: Inggris, Perancis, Rusia, China, Spanyol dan Arab. Kapan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ya?
  • Sepuluh negara terbesar pembayar iuran untuk PBB adalah: Amerika Serikat (22%), Jepang (16,62%), Jerman (8,66%), Uni Kerajaan (6,16%), Perancis (6,03%), Italia (4,89%), Canada (2,81%), China (2,67%), Spanyol (2,52%), Meksiko (1,88%).
Iklan

26 responses to “Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa

  1. PBB = Amrik ? eh pertamax ?

  2. Lha, yang tanggal 1 Januari itu apa? Hari Dunia atau apa gitu…ciptaannya PBB juga kan?

    Dan BTW…kenapa terjemahannya jadi Uni Kerajaan (kesannya ambigu…Kerajaan apa)? Kalau Inggris Raya (Great Britain), itu nggak sama ya dengan UK?

    Soal hak veto…yah, menurut saya itu memang relik masa lalu yang harus dipikirkan ulang. Oke2, mungkin mereka memang berperan besar dalam pendirian dan pembiayaan PBB…tapi kalo memang niat situ bikin perkumpulan yang demokratis, jangan malah jadi tirannya dong ^^;. Mungkin lebih baik kalau hak veto digilir seperti keanggotaan DK tidak tetap? Atau hak veto ditiadakan, tapi tiap negara punya jumlah suara yang proporsional dengan populasinya (ini agak gak adil dengan negara kecil yang punya pengaruh besar sih)?

  3. Saya juga nggak tahu, Pak.
    Sampai terlewatkan.

    Pantesan amerika bisa berbuat seenaknya, wong mbayarnya paling besar.
    Indonesia kalau sudah kaya nanti membayar iuran terbesar ya, Pak.
    Biar bisa berkuasa. Hehehe.

  4. wah bahasa jerman ga masuk bhs resmi pbb ya? padahal bhs jerman kan cukup populer, malah bhs arab yg masuk sbg bahasa resmi.

  5. semoga harapan mas Yari terhadap PBB bisa terkabul. amin..

  6. saya nggak tau pak 🙂 ini publikasinya yang kurang atau saya yang kurang gaul ya? hehehehehhee

  7. Saya tahu itu pak….

    Tapi sekarang ulang tahun saya pak….

    Tanggal 28 besok, Hari sumpah pemuda……

    Hari PBB-Hari Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun sayas jaraknya berdekatan… Jodoh mungkin pak….

  8. PBB … dananya darimana yah bisa membantu begitu banyak?

  9. Wah, Pak Yari, sejak SD hingga SMA selalu dapat pelajaran soal sejarah UN, kini malah betul-betul lupa. Kalau Pak Yari tidak menuliskannya di blog, barangkali aku betul-betul tidak ingat. Wah-wah-wah…

  10. PBB memang baik secara konseptual, sayangnya sudah beberapa kali menunjukkan kelemahan yang bikin meradang, karena seolah-olah PBB (dan kebijakannya) dikangkangi oleh negara-negara adidaya, invalid.
    kalau sudah begitu, PBB selayaknya sebuah negara yang luasnya sebesar dunia, dengan presidennya adalah presiden amerika.

    walaupun demikian, saya tak menafikan manfaat perserikatan ini bagi bangsa-bangsa di dunia, termasuk indonesia. nothing’s perfect, anyway.

  11. @qzplx

    Ya… Amerika yang pertamax dalam membayar jumlah iuran… 😀

    @Catshade

    Oh…. 1 Januari itu mungkin World Day of Peace kali ya…..

    Uni Kerajaan itu sebenarnya terjemahan saya sendiri untuk UK = The United Kingdom. Sebab The United Kingdom itu berbeda dari Great Britain. Great Britain itu terdiri dari England (Inggris), Scotland (Skotlandia), dan Wales. Sedangkan The United Kingdom itu terdiri dari Great Britain ditambah Northern Ireland (Irlandia Utara). Jadi nama lengkapnya sebenarnya adalah: The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Jadi The United Kingdom itu berbeda dengan Great Britain (Britania Raya atau Inggris Raya —-> Memakai istilah Inggris Raya juga kurang tepat karena berarti itu sama dengan Great England, padahal seharusnya adalah Great Britain). Nah, karena The UK belum ada terjemahan resminya, maka saya buat sendiri sebagai Uni Kerajaan, karena selain translasinya sudah cukup tepat (menurut saya hehehe…..) singkatannya juga sama, yaitu UK. 🙂

    Mengenai hak veto, seharusnya dan idealnya memang bergantian. Tetapi apakah ego negara2 besar akan bersedia?? Hmmm…. andaikan Amerika Serikat diveto oleh Timor Leste misalnya, terasa aneh nggak ya?? Memang ya…. seharusnya PBB adalah badan yang demokratis, tetapi ternyata tirani juga bisa saja dijalankan oleh negara2 yang katanya demokratis…. ah tauk deh…. pusying… huehehe…. 😀

    @Edi Psw

    Pertanyaannya ada dua pak:

    1. Kapan Indonesia menjadi kaya?
    2. Andaikan Indonesia memang nanti menjadi kaya, apakah nanti Amerika sudah jauh lebih kaya lagi?? Huehehe….. :mrgreen:

    @AgusBin

    Bahasa Jerman memang tidak pernah dipakai secara resmi di PBB. Wong Jermannya sendiri baru masuk PBB tahun 1970an kok. Kita duluan malah yang masuk jadi anggota PBB. 😀

    @inos

    Amin. Terims ya mas inos. 🙂

    @parvian

    Kayaknya sih faktor kedua-duanya deh. Huehehe…. nggak deh becanda. Sepertinya memang banyak kok yang nggak tahu atau malah sudah lupa bahwa 24 Oktober itu adalah hari PBB. 🙂

    @aditcenter

    Huahahaha….. iya mungkin juga jodoh…. tapi apa hubungannya hari ulang tahun anda, hari PBB dan hari Sumpah Pemuda ya?? Ah… tauk deh…. bingung… ya udah…. kalau begitu selamat ulang tahun aja ya….. 😀

    @Rindu

    Dari negara2 anggotanya mbak…. terutama dari negara2 kaya…. 🙂

    @Daniel Mahendra

    Wekekekek….. memang nih…. bukan Mas Daniel aja yang lupa kok….. saya sendiri bahkan hampir saja lupa…. bahkan banyak juga malah yang nggak tahu… 🙂

    @marshmallow

    Yang lebih berbahaya lagi jikalau kelima negara yang mempunyai hak veto saling kompak. Wah… itu bisa-bisa PBB jadi badan yang supertirani. Untungnya China dan Rusia suka tidak kompak dengan AS dalam mengeluarkan resolusi. Perancis setengah kompak dengan AS. Nampaknya hanya Uni Kerajaan (Inggris) aja yang kompakan dengan AS.

    Memang betul mbak…. nothing’s percect yang penting kita maksimalkan saja keuntungannya dari keanggotaan kita dalam PBB ini….. 🙂

  12. Sedang nggak ingin komentar yang serius… Gara-gara tulisan ini jadi ingat PBB masih ada… Gara-gara tulisan ini jadi ingat ada yang berulangtahun tanggal 24 Oktober kemarin… Gara-gara tulisan ini jadi ingat lihat kalender… asli hari ini saya pikir masih tanggal 20 Oktober 😉

    Thanks.

  13. Endonesah dah digeser posisinya sebagai DK PBB. Padahal itu merupakan salah satu kebanggaan lhoh.

  14. Selamat ulang tahun untuk PBB, walaupun terlambat.. 😦 postingannya juga menyegarkan kembali ingatan tentang PBB. thanks

  15. wuakz….
    malah saya yang ga tau tentang hari ‘ultah’ PBB, padahal kantor disebelah gedung PBB yang sudah tidak berpenghuni, satu gedung dengan beberapa badan PBB (ga ada hubungannya juga ya??)

    eniwei, makasih uda ngasih tau ya bung 🙂

  16. sebagai pembayar iuran kedua terbesar tentu saja Jepang ingin bahasanya juga menjadi bahasa resmi PBB.
    EM

  17. @Yoga

    Wah… untung pekerjaannya tidak harus memerlukan presisi tanggal yang tepat ya?? Kalau harus… wah bisa gawat tuh…. :mrgreen:

    @adipati kademangan

    Waduh….. mudah2an tidak akan terjadi bahwasannya menjadi anggota DK-PBB adalah satu2nya kebanggaan Indonesia, bisa gawat dong kalau kebanggaan Indonesia cuma menjadi DK-PBB aja… huehehehe……

    @yulism

    Ini bukan ulang tahun PBB, tetapi hari PBB saja atau United Nations Day tidak ada embel-embelnya ultah. Kalau ultahnya sih mungkin tanggal lahirnya piagam PBB. Begitu menurut dewan umum PBB. 😀

    @shierlynikodemus

    Wah… kalau gedung PBB yang udah kosong itu sekarang jadi gedung PHH dong….. alias gedung Perserikatan Hantu-Hantu. Huehehe…. 😀

    @Ikkyu_san

    Seharusnya sih begitu ya….. tetapi yang lebih penting mungkin adalah peranan Jepang di PBB sangat besar….. itu menurut saya lebih penting dibandingkan sekedar memasukkan bahasa Jepang sebagai bahasa resmi PBB. 🙂

  18. sekarang selamat hari sumpah pemuda..

    ___________________________

    Yari NK replies:

    Ketika saya menjawab komen ini, sudah tanggal 29, jadinya hari sumpah pemudanya kemarin tuh… hehehe…. 😀

  19. PBB, seperti kata Marsmallow memang belum menunjukkan hal yang diharapkan terutama bagi negara berkembang, Hal tsb wajar, karena yang dominan adalah negara besar…..Tapi betapapun kekurangannya, lembaga semacam PBB tetap diperlukan…

    Kang Yari, udah ndaftar ikutan PB 08?

    ____________________

    Yari NK replies:

    Yah…. PBB bukan badan yang sempurna…. tentu di sana sini masih ada kelemahan2nya. Namun memang bukan berarti PBB tidak berguna. Mungkin jikalau tidak ada PBB, keadaan dunia lebih carut marut lagi…..

    Saya udah daftar PB 08 bu…. udah dapat konfirmasi emailnya dan sudah saya balas. Walaupun sebenarnya tanggal 22 November saya sudah ada acara duluan di Bandung, tetapi saya pasti Insya Allah akan memilih datang ke Pesta Blogger 08. 🙂

  20. @ Mas Yari,
    Ya untung, saya bukan di HRD, bukan dibagian pay roll…kalau nggak bisa-bisa diamuk orang sekantor gara-gara telat transfer gajian… hehehe

    Maapgh… OOT :mrgreen:

    _______________________

    Yari NK replies:

    Huehehe….. kalau saya malah orang yang sangat ingat waktu. Entah kenapa. Teman2 saya bilang saya ini kelebihan disiplinnya dengan masalah waktu. Mungkin ini bermula dari saya yang suka koleksi arloji dan jam. Walaupun arloji saya tidak ada yang terlalu mahal, tetapi kalau ada yang sedikit “nyentrik” pasti saya beli. Nah, sejak ada pantauan jam yang berpresisi jam atom lewat internet, TV kabel dan juga GPS, seluruh koleksi jam saya, saya sesuaikan agar mereka semua tidak lebih lambat atau lebih cepat satu menit dari jam atom standard. Teman2 saya heran, kok bisa2nya si Yari me-manage semua jamnya agar selalu sinkron dengan jam atom. Ya…. eyalah…. kalo niat ya bisa dong! :mrgreen:

  21. itu sumbernya dari mana yg mengatakan AS negara penyumbang terbesar PBB?

    kenyataannya AS adalah negara pengutang terbesar ke PBB. AS tidak pernah membayar iuran PBB !

    • Tahukah kenapa AS negara penghutang terbesar PBB?? Ya… karena AS adalah negara pembayar iuran terbesar ke PBB. Yang bayaran iurannya kecil, tentu saja hutangnya juga kecil. Namun begitu, yang dibayarkan AS ke PBB tetaplah yang terbesar.

      Sumber informasinya dari mana?? Anda bisa cari sendiri di Internet. Sumbernya banyak sekali.

  22. setau saya, salah satu alasan kenapa bahasa inggris menjadi bahasa intenasional adalah karena di masa lalu ingris pernah mempunyai wilayah jajahan yang luas, kalau tidak salah sampai separuh dunia. karena itulah bisa dikatakan hampir seluruh dunia ini pernah melakukan interaksi dengan menggunakan bahasa inggris atau mengenal bahasa inggris (terlebih bagi wilayah bekas jajahan inggris).

    menurut saya kalau kita ingin jadikan bahasa persatuan kita (bahasa indonesia) tentu kita harus bisa menguasai dunia (bukan dalam artian menjajah seperti jaman dulu, tapi lebih kepengertian penguasaan ekonomi dunia).

    jika kita mampu mengendalikan jalannya ekonomi dunia dengan menguasai dunia perdagangan (tidak mutlak tidak apa-apa,yang penting diperhitungkan dengan sangat dalam percaturan ekonomi dunia), dengan begitu mau gak mau karena kita memegang peranan besar dalam bisnis dunia, para klien bisnis kita pasti mencari cara untuk melakukan suatu hubungan bisnis dengan sangat baik dengan kita ( salah satunya dengan mereka mempelajari bahasa indonesia agar dalam transaksi bisnis mereka bisa membuat para pengussaha indonesia merasa nyaman senyaman dirumah sendiri, sampai akhirnya transaksi bisnis berhasil). itu menurut saya, ada yang lain…

    • Menguasai ekonomi dunia saja tidak cukup agar sebuah bahasa diakui sebagai bahasa dunia. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana mengekspor budaya yang erat hubungannya dengan bahasa yang bersangkutan ke seluruh dunia. Budaya di sini adalah termasuk seni, teknologi dan aspek-aspek kehidupan lainnya. Kita lihat saja, bahasa Inggris, Inggris sebenarnya tidak perlu untuk menguasai dunia lewat penjajahan. Cukup mendirikan sebuah negara seperti Amerika Serikat untuk bekerja sama “menguasai dunia” lewat ekspor budayanya.

      Nah, China jika ingin menyaingi AS dan Inggris harus juga bisa mengekspor budayanya ke seluruh dunia lewat seni dan teknologi. Jikalau bisa seni modern yang dikembangkan sendiri oleh China yang tidak mengkopi budaya barat. Juga ekspor teknologi yang benar2 baru dari China, bukan hanya pengembangan komputer misalnya, yang bahasanya sudah dikuasai oleh Bahasa Inggris. Kalau China cuma mengandalkan perdagangannya saja?? Jangan harap bisa menyaingi hegemoni AS dan Inggris…. 🙂

  23. pelajaran PBB ne baik…
    sejarah indonesia perlu dikenang..

  24. Today, I went to the beach front with my kids. I found a sea shell and gave it to my
    4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the
    shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched
    her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but
    I had to tell someone!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s